Samsung Galaxy Z Fold4 5G merupakan perangkat pertama yang menjalankan Android 12L, sebuah pengembangan dari Android 12 yang ditujukan khusus untuk perangkat dengan layar besar seperti foldable dan tablet. Dengan Android 12L, Galaxy Z Fold4 5G mampu memberikan pengalaman multitasking yang lebih intuitif, navigasi di dalam perangkat yang lebih simple, hingga tampilan seluruh aplikasi yang lebih optimal. Hal ini membuat pengguna bisa merasakan pengalaman perangkat lipat yang lebih baik dari generas-generasi sebelumnya.

Android 12L merupakan turunan dari Android 12 yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar di atas 600 dp. Dan yang berbeda yang bisa dirasakan penggunanya yaitu pengalaman berpindah aplikasi lebih mulus. Selain itu, Android 12L juga membawa antarmuka two-column untuk toggle notifikasi dan pengaturan cepat. Seperti yang Samsung temukan, bahwa pengguna Galaxy Z Fold adalah mereka yang kerap melakukan multitasking di smartphone mereka, untuk itulah kerjasama bersama Google dengan hadirnya Android 12L akan sangat membantu aktifitas aktif pengguna dengan kemampuannya membuat lebih banyak aplikasi mampu menjalankan fitur two-column.

“Samsung berkomitmen untuk membuat perangkat lipat mampu memberi pengalaman lebih kepada konsumen dan membantu penggunanya memcapai tujuan mereka lebih mudah lagi. Dalam mencapainya, kami berupaya menghadirkan pengalaman pengoperasian yang lebih praktis dibanding smartphone biasa, termasuk untuk mendukung pengguna mendorong produktivitasnya. Maka dari itu, Galaxy Z Fold4 5G kini hadir dengan Android 12L untuk menawarkan greater foldable experience yang membuat perangkat ini semakin unggul dibanding smartphone konvensional dan mampu membuat pengguna do greater dengan multitasking yang lebih dinamis. Kami pun bangga bahwa pengguna bisa merasakan pengalaman perdana dari Android 12L di Galaxy Z Fold4 5G melalui kemitraan strategis Samsung dengan Google yang kami harap akan terjalin semakin kuat secara jangka panjang di masa depan,” ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

“Di Android, kami berfokus pada peningkatan pengalaman yang membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari mereka, bersama dengan mitra dan komunitas pengembang di seluruh dunia.  Android 12L dibuat dengan mengedepankan personalisasi pengguna. Kami memahami bahwa foldable phone memiliki keunikan tersendiri dibanding smartphone pada umumnya berkat layar yang lebih besar dan fleksibel. Maka dari itu kami senang dapat bekerjasama dengan Samsung untuk memberikan manfaat lebih bagi pengguna dalam menikmati keunggulan form factor dari perangkat lipat di setiap penggunaannya, baik itu ketika multitasking, menonton film, maupun mencoba berbagai fitur produtivitas pada perangkat baru mereka ketika baru membelinya,” ujar Denny Galant, Head of Android Platforms and Ecosystems Google Indonesia.

UI terbarukan untuk navigasi yang lebih mudah

Layar foldable yang besar memungkinkan jenis perangkat ini untuk menampilkan lebih banyak informasi sekaligus. Dari situ, Android 12L hadir memaksimalkan keunggulan tersebut dengan mengoptimalkan UI di setiap aspek, baik itu saat pengguna mengakses home screen, cek notifikasi, hingga melakukan pengaturan perangkat. Navigasi pun jadi lebih efisien dan pengalaman menggunakan perangkat jadi lebih praktis.

UI yang lebih optimal dan beda dari smartphone biasa ini bisa pengguna nikmati di Galaxy Z Fold4 5G. Misalnya, saat mengakses quick panel di smartphone biasa, notifikasi dan fungsi-fungsi seperti Wi-Fi dan Bluetooth akan bertumpuk dalam satu baris panjang. Di Galaxy Z Fold4 5G yang didukung Android 12L, quick settings dan notifikasi tampil dalam kolom yang terpisah sehingga pengguna bisa mengaktifkan fungsi tertentu atau cek pesan masuk dengan lebih mudah dan cepat.

Tampilan serupa juga bisa ditemukan di bagian pengaturan. Di smartphone biasa, saat ingin beralih dari satu menu pengaturan ke menu lainnya, pengguna perlu masuk ke tampilan utama pengaturan secara berulang. Sedangkan di Galaxy Z Fold4 5G, pengguna akan dimanjakan dengan layout yang terdiri dari dua kolom, yaitu menu utama pengaturan dan tampilan dari menu yang sedang dipilih. Jadi, pengguna bisa beralih dari satu menu ke menu lainnya dengan navigasi yang lebih simple.

Pengalaman multitasking yang lebih intuitif untuk produktivitas maksimal

Kemampuan multitasking merupakan salah satu keunggulan utama dari seri Galaxy Z Fold sejak pertama kali diperkenalkan ke konsumen. Kini, adanya Android 12L di Galaxy Z Fold4 5G membawa pengalaman multitasking terbarukan yang semakin powerful dan intuitif untuk menawarkan cara baru dalam menjalani produktivitas yang lebih maksimal.

Android 12L memungkinkan Galaxy Z Fold4 5G untuk menjalankan fungsi Multi Window terhadap semua aplikasi dengan tampilan yang lebih optimal. Jadi, penyesuaian ukuran window untuk semua aplikasi akan lebih smooth dengan rasio yang lebih proporsional untuk meningkatkan kenyamanan pengguna. Android 12L juga berperan besar dalam mematangkan gesture terbaru dalam mengaktifkan Multi Window, di mana kini pengguna bisa beralih dari tampilan full screen ke split screen secara instan hanya dengan sekali swipe.

 

Selain meningkatkan kemampuan Multi Window, Android 12L juga memungkinkan Galaxy Z Fold4 5G untuk menjalankan fitur Taskbar dengan lancar; sehingga transisi lebih smooth ketika pengguna berpindah-pindah aplikasi maupun mulai menggunakan Multi Window via Taskbar. Fleksibilitas lebih pun bisa pengguna nikmati dengan fungsi untuk menyembunyikan maupun menampilkan Taskbar hanya dengan menekan lebih lama Taskbar itu sendiri.

Aktivitas jadi makin lancar berkat tampilan yang lebih optimal untuk seluruh aplikasi

Dari waktu ke waktu, Samsung konsisten berkolaborasi dengan berbagai pihak–termasuk Google–untuk menghadirkan tampilan aplikasi yang lebih optimal di lini perangkat lipatnya. Hal ini pun berlaku untuk Galaxy Z Fold4, di mana pengguna bisa menikmati tampilan dan fungsi yang lebih intuitif saat memakai aplikasi teroptimalkan seperti Instagram, WhatsApp, TikTok, Netflix, Spotify, Microsoft Office, hingga berbagai aplikasi penunjang produktivitas dari Google.

Menariknya, kehadiran Android 12L membuat Galaxy Z Fold4 5G mampu menjalankan aplikasi yang tidak secara khusus dioptimalkan untuk perangkat lipat dengan lebih baik. Dalam hal ini, Galaxy Z Fold4 5G mampu memberikan tampilan yang lebih proporsional untuk seluruh aplikasi, seperti aspect ratio yang lebih ideal, sudut-sudut yang dibuat melengkung menyesuaikan layar perangkat, hingga status bar yang lebih transparan agar tidak mengganggu tampilan dari aplikasi yang sedang dibuka.

Selain itu, Android 12L juga memungkinkan Galaxy Z Fold4 5G untuk menjalankan fungsi Multi Window terhadap semua aplikasi dengan lebih responsif. Hal serupa juga bisa pengguna nikmati untuk fungsi-fungsi lainnya, sehingga Galaxy Z Fold4 5G bisa lebih optimal dalam menjalankan aplikasi dalam Flex Mode. Android 12L juga mengoptimalkan pengalaman yang menjadi ciri khas dari perangkat lipat, yaitu kontinuitas tampilan aplikasi saat pengguna membuka perangkat. Jadi, pengguna akan merasakan transisi tampilan aplikasi yang semakin smooth dari Cover Screen ke Main Screen saat menggunakan Galaxy Z Fold4 5G.

Dapatkan Galaxy Z Fold4 5G sekarang dan rasakan greater foldable experience yang beda!

Upgrade dari smartphone lama kamu ke Galaxy Z Fold4 5G sekarang dengan mendapatkannya secara langsung di toko daring dan toko retail terdekat. Apalagi, Galaxy Z Fold4 5G hadir dengan inovasi terkini dan pengembangan fitur signifikan tanpa peningkatan harga dibanding generasi sebelumnya. Galaxy Z Fold4 5G tersedia dengan harga Rp24.999.000 (12GB/256GB), Rp26.999.000 (12GB/512GB), dan Rp30.999.000 (12GB/1TB) dalam pilihan warna Graygreen, Phantom Black, Beige, dan Burgundy.

Samsung pun memberi berbagai penawaran spesial untuk pembelian Galaxy Z Fold4 5G. Pelanggan bisa menikmati keuntungan senilai total lebih dari Rp4.400.000 yang terdiri dari cashback hingga Rp1.000.000 untuk Purchase with Purchase dan Trade In, paket data hingga 840GB yang berlaku 12 bulan, cashback dari mitra bank hingga Rp750.000, 1 Year Full Protection by Samsung Care+ senilai Rp2.739.000, serta cicilan 0% hingga 24 bulan.

Untuk mendapatkan berbagai promo menarik dan mencoba pengalaman langsung menggunakan Galaxy Z Fold4 5G, kunjungi consumer launch terdekat di kotamu. Consumer launch akan hadir di Summarecon Mal Serpong (Tangerang) pada 12–16 Oktober, kemudian di Ratu Indah (Makassar) pada 26–30 Oktober. Kunjungi juga Samsung Galaxy Pop-up Store 2022 yang berlangsung hingga 15 Oktober di SCBD Lobby Ashta District 8, Jakarta. Ini jadi must visit place bagi milenial dan Gen Z untuk menikmati new flagship experience dari smartphone, foldable, wearable, dan ecosystem terbaru Samsung Galaxy.

Informasi lebih lanjut mengenai Galaxy Z Fold4 5G bisa diakses melalui www.samsung.com/id.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here