Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy A5 2016 VS Samsung Galaxy S8 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

a5-vs-s8

Di penghujung tahun 2016, ekspansi yang dilakukan Samsung memang tidak bisa dibendung lagi. Setelah sebelumnya kita mereview dua flagship anyar lansiran perusahaan asal Korea Seletan itu lewat Samsung Galaxy A3 2016 dan juga Samsung Galaxy A7 2016.

Sama seperti seri Galaxy A3 dan juga A7 yang juga merupakan versi pembaruan, kali ini seri Galaxy A5 yang akan kita bahas kali ini adalah smartphone edisi lanjutan dari versi lamanya.

Mulai dari mewarisi material berkomposisi metal, hingga ketangguhan di sektor visual dan juga performa. Secara segmentasi, Samsung Galaxy A5 2016 in akan ditempatkan di atas segmen Samsung Galaxy A3 2016 yang lebih menyasar kelas menengah.

Samsung Memang baru saja meluncurkan smartphone flagship terbarunya Samsung Galaxy S8 yang memang telah dinanti-nantikan oleh pecinta gadget Samsung pada akhir Maret lalu. Hadir untuk menyasar segmen pasar premium, maka sudah bisa dipastikan jika Samsung Galaxy S8 ini harga jualnya sangat mahal dan tentu dibekali dengan spesifikasi kelas atas. Hal ini bukanlah sebuah hal yang baru dan mengejutkan.

Sebagai ponsel flagship hasil racikan Samsung, maka tak perlu diragukan lagi kegaharan dari spesifikasi yang diusung Samsung Galaxy S8. Hal ini tentu karena Samsung telah menggunakan komponen-komponen terbaik untuk menciptakan spesifikasi Galaxy S8 yang menjanjikan. Kali ini Tim Futureloka berkesempatan untuk membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy A5 2016 VS Samsung Galaxy S8 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 VS Samsung Galaxy S8

Spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016

  • Smartphone dengan Layar Super AMOLED dan Bodi Berbalut Metal

Untuk bagian tampilannya sendiri, smartphone Samsung seri Galaxy A5 2016 terlihat jelas aura premiumnya. Apalagi melihat detail komposisi material yang dibawanya, Galaxy A5 versi 2016 ini mengusung material yang mewah lewat frame full metal, serta pada bagian cover belakangnya menggunakan komposisi bahan kaca seperti halnya Galaxy S6.

Sedangkan untuk bentuk atau model desainnya, Samsung Galaxy A5 2016 tampak minimalis dan masih mirip seperti Galaxy A5 terdahulu. Didukung dengan material solid, untuk dimensinya juga cukup pas lewat ukuran yang dimilikinya. Bobotnya sendiri terbilang berat, lebih berat dibanding pendahulunya, namun masih terhitung standar untuk ukuran sebuah smartphone berlayar 5,2 inci. Beranjak pada sektor visualnya, layar pada Samsung Galaxy A5 2016 terbilang mumpuni dengan layar lebar Super AMOLED.

Layar tersebut memiliki resolusi besar. Dengan resolusi dan juga kerapatan yang sangat tinggi, maka tampilan gambar yang dihasilkan oleh layar Samsung Galaxy A5 2016 pun akan sangat tajam dan jernih layaknya smartphone kelas atas. Spesifikasi Galaxy A5 2016 dikonfirmasi akan menggunakan proteksi layar Corning Gorilla Glass 4 untuk melindungi permukaan layar dari goresan.

12475a5__50130_zoom

 

  • Performa Dijamin Tangguh  Dipadukan RAM Besar

Galaxy A5 2016 akan dibekali dengan chipset berkualitas. Secara kemampuan, prosesor pada ruang mesin Samsung Galaxy A5 2016 ini memang sudah cukup bagus dalam menopang kinerja operasional, dan tenaganya juga meningkat dari seri sebelumnya. Apalagi Samsung Galaxy A5 versi 2016 ini juga sudah didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB untuk hasilkan peforma multitasking lebih lancar.

Lalu, untuk menjalankan semua hardware yang ada di dalamnya, layaknya smartphone Android masa kini, spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 juga sudah berjalan di dukungan platform terbaru Android lewat OS Android \yang menjamin ketersediaan aplikasi dan pembaruan software yang lebih lengkap.

  • Ruang Penyimpanan Andalkan Memori Plus Slot MicroSD

Rasanya tak lengkap jika sebagai smartphone modern namun tidak didukung dengan ruang penyimpanan yang maksimal. Untuk sektor yang juga tak kalah penting ini, yaitu bagian ruang penyimpanan atau storage, tentunya spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 ini pun juga dibekali dengan ruang penyimpanan yang berkapasitas ekstra luas.

Sebagai gadget kelas atas, sudah sewajarnya jika Samsung Galaxy A5 versi 2016 ini dibekali dengan kapasitas memori yang sangat luas. Kali ini, smartphone dari Samsung seri Galaxy A ini dibekali dengan memori internal berkapasitas besar.

Untuk ukuran smartphone modern, kapasitas sebesar itu yang hadir pada Samsung Galaxy A5 2016 merupakan kapasitas yang cukup cocok. Dengan memori internal seluas itu, bisa menyimpan berbagai jenis file, baik itu file audio video, game, atau aplikasi yang membutuhkan space memori yang sangat besar.

Tak seperti smartphone premium merek lain yang banyak meninggalkan slot memori eksternal, Samsung Galaxy A5 2016 ini juga masih dibekali dengan slot memori eksternal yang mampu menampung kartu microSD hingga kapasitas maksimal.

Kehadiran slot memori eksternal pada spesifikasi Galaxy A5 2016 ini dipastikan sangat berguna bagi yang menginginkan ruang penyimpanan yang lebih luas untuk menyimpan file berukuran besar. Berikut  spesifikasi Lengkapnya :

a5-1-1

  • Layar
5.2″ Super AMOLED , 1280 x 1920 Pixel,
  • Bodi
144.8 x 71 x 7.3 mm, 155g, Frame metal + Cover Glass
  • Jaringan
4G LTE Cat 6 300/50 Mbps
  • Sistem Operasi
Android v5.1 Lollipop
  • Chipset
CPU Exynos 7580 Octa + GPU Mali-T720MP2
  • Memori
RAM : 2 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 64 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , OIS, Autofokus, LED Flash
  • Kamera Depan
5 MP
  • Sensor
Proximity , Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Hitam. Putih, Gold, Pink
  • Baterai
Li Ion 2900 mAh, Fast Charging

Spesifikasi Samsung S8

  • Phablet Super Premium 5.8 Inci dengan Visualisasi Atraktif

Terlihat jika desain yang dibawa oleh smartphone ini jauh lebih premium dibandingkan dengan rekan-rekan sekelasnya. Tak hanya desainnya saja yang terlihat premium, balutan bodi metalnya yang terdiri dari warna midnight black, orchid gray, arctic silver, coral blue, and maple gold juga membuat Samsung Galaxy S8 ini tampak begitu premium.
Terlihat jika ponsel ini juga mengadopsi desain dual-curved edges dan bezel tipis pada bagian atas dan bawahnya. Hilangnya tombol home di bagian mukanya secara otomatis membuat sensor pemindai sidik jarinya ditempatkan di bagian punggung berdampingan dengan kamera utama Samsung Galaxy S8 ini.
Alih-alih tombol home, justru akan menemukan iris scanner di bagian muka untuk memindai mata pengguna. Bodinya cukup tangguh sehingga bisa dibawa berenang karena telah mendapatkan sertifikat IP68 yang membuatnya tahan terhadap debu dan rendaman air pada kedalaman 1.5 meter selama 30 menit.
Smartphone ini mengusung layar berteknologi canngih dan berukuran besar sehingga memasukkannya dalam kategori phablet. Layarnya juga sanggup menghasilkan resolusi Quad HD  sehingga tampil visual dari Samsung Galaxy S8 ini tak hanya maksimal namun juga sangat atraktif. Layar tersebut juga sudah didukung dengan multitouch dan dipermanis antarmuka khas Samsung.
Untuk mengoptimalkan sektor visual, Samsung juga membekali layar dari perangkat ini dengan Corning Gorilla Glass 5 yang bisa melindunginya dari berbagai benturan dan goresan. Yang menarik dari spesifikasi Galaxy S8 ini adalah dukungan fitur bernama Samsung DeX yang bisa mengubah fungsinya menjadi PC.
  • Performa Tangguh Hasil Kombinasi Prosesor Octa-core dan RAM 4 GB

Selain dari tampilan, spesifikasi Samsung Galaxy S8 pada sektor permesinannya pun juga menawarkan kualitas yang tak kalah premium. Sebagai otak pemrosesan data, Samsung mengandalkan chipset terbaik saat ini.

Namun untuk pasar Indonesia, Samsung Galaxy S8 ini nanti akan menggunakan chipset dengan prosesor dua inti yang terdiri dari dua cluster. Meski berbeda, namun performa yang disuguhkannya tak kalah kencang dengan cluster sebelumnya.

s8-9

Kedua jenis prosesor tersebut akan dipasangkan dengan RAM 4 GB sehingga kinerja yang dihasilkan Samsung Galaxy S8 untuk menunjang aktivitas multitasking memang sangat lancar.

Samsung juga diketahui memakai kartu grafis teranyar untuk Galaxy S8 versi US sehingga kemampuannya dalam memutar game-game dan multimedia canggih tak perlu diragukan lagi.

Dijalankannya sistem operasi Android terbaru pun akan membuat kinerja komponen pada spesifikasi Galaxy S8 ini semakin ringan dan fitur-fitur baru yang disediakan lebih berlimpah.

  • Ruang Simpan Data Sediakan Memori Internal serta Dilengkap Slot microSD

Sektor ini menjadi salah satu bagian vital pada smartphone karena akan menunjang kinerja operasionalnya. Sehingga agar tak menghambat kinerja operasionalnya maka, Samsung membekali ponsel premium terbarunya ini dengan memori internal yang sangat luas.

Kapasitas memori internal dari Samsung Galaxy S8 ini dirasa sudah menyediakan ruangan yang lumayan luas bagi pengguna untuk menyimpan file-file hiburan koleksinya serta menampung file-file sistem.

Bahkan untuk lebih memuaskan penggunanya, ruang penyimpanan pada Samsung Galaxy S8 tersebut masih bisa diperluas dengan menambahkan microSD berkapasitas maksimum.

Namun, penggunaan microSD ini nantinya harus merelakan slot SIM 2 sehingga perlu dipertimbangkan terlebih dahulu mana yang lebih diutamakan. Tapi secara keseluruhan spesifikasi Galaxy S8 ini cukup memadai. Berikut spesifiikasi lengkapnya :

s8-1

  • Layar
5.7 inci Super AMOLED , 1440 x 2560 Pixel,
  • Body
148.9 x 68.1 x 8 mm, 155 g , Gorilla Glass 5
  • Jaringan
4G LTE Cat 16 1020/150 Mbps
  • Sistem Operasi
Android v7.0 Nougat , Grace UX
  • Chipset
CPU Exynos 8895 + GPU Mali-G71MP20
  • Memori
RAM : 4 GB , Internal : 64 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
12 MP , Dual Pixels Autofocus, OIS , LED Flash
  • Kamera Depan
8 MP,  f1.7,  Autofocus
  • Sensor
Iris , Fingerprint, Proximity , Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Black , Gray , Blue , Silver , Gold
  • Baterai
Li-lon 3000 mAh + Fast Charging

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy A5 VS Samsung Galaxy S8

Lini Fotografi Maksimal dengan Dukungan Duet Kamera 13 MP dan 5 MP

Samsung tak lupa memberikan komponen fotografi yang sangat berkualitas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fotografi pada Samsung Galaxy A5 versi 2016 ini. Sebagai kamera utamanya, digunakanlah kamera berukuran 13 MP yang mampu menghasilkan jepretan foto beresolusi besar. Kamera yang terletak pada bagian belakang Samsung Galaxy A5 2016 itu juga sudah dilengkapi dengan fitur modern seperti Autofocus, Optical Image Stabilization dan juga LED Flash.

Keberadaan ketiga fitur tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan fotografi smartphone ini. Fitur-fitur fotografi modern pun juga tak lupa hadir pada smartphone Samsung Galaxy A5 2016 ini. Selain bisa menghasilkan jepretan foto yang cukup bagus, kamera utama pada Samsung Galaxy A5 versi 2016 ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan hasil rekaman yang cukup baik pula dengan ukuran video mencapai Full HD.

Sebagai pelengkap spesifikasi teknis Samsung Galaxy A5 2016 di bagian fotografinya, Samsung pun menempatkan kamera depan yang berukuran lebih kecil dari kamera utamanya, yakni 5 MP. Keberadaan kamera sekunder 5 MP pada spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 tersebut sudah cukup bagus, dan pastinya bisa kawan Begawei gunakan untuk berfoto selfie atau melakukan panggilan video call.

Dokumentasi Berkualitas dengan Duet Kamera 12 MP dan 8 MP

Meski lini kedua kamera yang dibawanya belum membawa resolusi secanggih ponsel-ponsel premium lain, namun resolusinya pun sudah cukup tinggi sehingga mampu menghasilkan fotografi yang berkualitas. Pada bagian punggung tersemat kamera utama 12 MP. Kamera dari Samsung Galaxy S8 ini telah ditemani beberapa fitur seperti OIS, phase detection autofocus, dan LED flash sehingga bidikan foto yang dihasilkannya terlihat lebih jernih dan nyata.

Kamera utamanya pun bisa menghasilkan beberapa jenis video dan menciptakannya dengan resolusi tinggi, HDR, dan dual-video rec. Samsung juga menghadirkan berbagai macam fitur pendukung kamera pada Samsung Galaxy S8 ini untuk menunjang kebutuhan dokumentasi. Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera 8 MP yang siap untuk menunjang aktivitas selfie dan video call pada spesifikasi Galaxy S8 ini karena bisa membuat beberapa jenis video yang tidak kalah bagusnya dengan kamera belakang, dual video call, dan Auto HDR.

s8-2

Perbandingan dari Segi Harga Samsung Galaxy A5 VS Samsung Galaxy S8 di Indonesia

Harga Samsung Galaxy A5 2016 untuk bulan ini turun menjadi 3,5 jutaan jika dibandingkan dengan bulan lalu yang mencapai 3.6 Jutaan. Sementara itu untuk harga bekasnya masih kisaran 2,5 Jutaan. Untuk harga 3,6 Jutaan saat ini Samsung Galaxy A5 2016 ini masih sangat masuk akal karena ponsel pintar dari Samsung ini sudah membawa tampilan yang sangat cantik dan spesifikasi yang sangat mumpuni.

hp a5

Sementara, harga Samsung Galaxy S8 untuk saat ini mengalami penurunan harga menjadi 9,5 jutaan dibandingkan bulan lalu yang mencapai 10,4 Jutaan. Mengingat smartphone ini yang baru saja dirilis harga bekasnya masih ada dikisaran 9,0 Jutaan. Harga ini kami rasa sebanding dengan spesifikasi dan fitur – fitur yang akan kita dapatkan. Lagi pula ini adalah smartphone paling canggih saat ini. jadi wajar kalau kita harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Perbandingan dari Segi Baterai Samsung Galaxy A5 VS Samsung Galaxy S8 di Indonesia

Pasokan Daya Memadai Didukung Baterai Berkapasitas 2.900 mAh

Keberadaan baterai sebagai pemasok daya sendiri tidak bisa dikesampingkan, karena percuma jika sebuah smartphone memiliki kinerja mumpuni dan hardware berkualitas namun tidak dilengkapi dengan kapasitas baterai memadai. Pada bagian yang satu ini, sepertinya Samsung sudah menyadari bahwa smartphone seri Samsung Galaxy A5 2016 ini memang memiliki komponen-komponen hardware yang butuh suplai daya cukup besar.

Untuk itu, Samsung Galaxy A5 versi 2016 pun dibekali dengan baterai berkapasitas memadai. Tercatat, Samsung menanamkan baterai Li-Ion berkapasitas 2.900 mAh pada ponsel barunya ini. Dengan kapasitas mencapai 2.900 mAh tersebut, Samsung Galaxy A5 2016 akan mampu bertahan hidup selama seharian penuh, jika digunakan secara normal.

Sedangkan istimewanya lagi, untuk baterai yang ada pada spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 juga sudah didukung dengan fitur fast battery charging layaknya smartphone kelas atas lainnya yang bisa mengisi daya lebih cepat.

s8-3Baterai Berkapasitas 3.000 mAH

Komponen-komponen canggih yang ada pada phablet ini tentu membutuhkan pasokan daya yang besar terutama bagian layar, dapur pacu, dan koneksi internetnya yang super kencang. Sehingga Samsung Galaxy S8 akhirnya memilih baterai berjenis non-removable Lithium Ion sebesar 3.000 mAH untuk menjadi bagian penyuplai dayanya. Kapasitas baterai yang dipakai Galaxy S8 ini tentu sudah lebih dari cukup untuk menunjang kinerja operasionalnya.

Namun, Samsung Galaxy S8 telah menyediakan fitur fast charging agar daya bisa diisi lebih cepat jika baterai lebih cepat habis karena pemakaian yang sangat aktif. Selain itu, ponsel ini telah didukung fitur wireless charging sehingga pengisian daya lebih fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja.

Demiikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy A5 2016 VS Samsung Galaxy S8 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat.

Kedua smartphone terbaik Samsung dengan mengusung target premium ini masih tetap saja memiliki kekurangan, namun bukan berarti tidak memiliki kelebihan. Pilihlah smartphone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here