Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 7 VS Samsung Galaxy S8 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

coverrr

Hallo guys balik lagi nih bareng futureloka yang akan membahas seputar tentang teknologi, kali ini futreloka akan membahas tentang perbandingan hp dari dua product yang berbeda yaitu Samsung Galaxy S8 dengan iPhone 7, jika kamu yang berminat untuk beli antara kedua hp tersebut atau kalian sudah memilikinya namun masih belum tau apa saja spesifikasi lengkapnya disini kami akan membantu untuk menjawabnya, yuk langsung saja kita bahas bersama.

Perbandingan Harga HP iPhone 7 VS Samsung Galaxy S8

Harga HP iPhone 7

Untuk harga iPhone 7 sangat peragam pasalnya harga tersebut menyesuaikan dari besarnya memori iPhone tersebut, disini kami melakukan survei harga baru dan bekas dari hp iPhone 7 melalui toko online berbasis aplikasi yang ada di Indonesia, berikut kisaran harganya:

  • iPhone 7 32GB Harga Baru Rp.11.000.000,00- dan Harga Bekas Rp.8.500.000,00-
  • iPhone 7 128GB Harga Baru Rp.14.000.000,00- dan Harga Bekas Rp.11.500.000,00-
  • iPhone 7 256GB Harga Baru Rp.16.500.000,00- dan Harga Bekas Rp.14.000.000,00-

dan untuk harga bekasnya tergantung dari kondisi hp tersebut ya, jika hp masih bagus tidak ada kerusakan dan lengkap maka harga jualnya pun masih tinggi. Namun perlu di ingat bahwa harga setiap toko berbeda-beda tergantung dari ketentuan setiap tokonya, harga tersebut dapat sewaktu waktu berubah ya guys.

Harga Samsung Galaxy S8

Sedangkan untuk harga Samsung Galaxy S8 kami juga melakukan pencaharian melalui toko online berbasis aplikasi yang ada di Indonesia, untuk harga baru Samsung Galaxy S8 adalah kisaran Rp.9.000.000,00- dan untuk harga bekasnya berkisar Rp.7.000.000,00- untuk harga bekasnya tergantung dari kondisi barangnya ya guys jika masih bagus lengkap dan tidak ada kerusakan maka harga jualnya pun masih terbilang tinggi. Untuk harga sewaktu-waktu dapat berubah ya guys dan setiap toko memiliki ketentuan harga yang berbeda pula.

Perbandingan Segi Kamera HP iPhone 7 VS Samsung Galaxy S8

Kamera HP iPhone 7

iPhone 7 dibekali kamera dengan ukuran dan resolusi yang siap menghasilkan fotografi berkualitas membekalinya dengan kamera utama atau kamera belakang berukuran 12 MP. Hal ini pastinya akan memberikan kualitas jepretan foto yang maksimal.

Selain memiliki resolusi lensa yang sangat bagus, kamera belakang pada Apple iPhone 7 ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fungsi-fungsi fotografi modern, seperti misalnya Phase Detection, Autofocus, Dual LED Flash dan juga fitur Touch Focus. Selain itu, kamera utama pada Apple iPhone 7 ini juga telah didukung oleh teknologi terbaru dari Apple, yaitu teknologi Simultaneous 4K Video Recording.

Selain bisa menghasilkan jepretan foto yang bagus, kamera utama pada Apple iPhone 7 ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan hasil rekaman sebesar 2160 pixels.Tidak sampai disitu, iPhone 7 juga memiliki kameradepan berukuran 7 MP. Ukuran kamera tersebut tergolong kecil untuk keluaran ponsel pintar saat ini, namun dapat dipastikan kamera yang dibenamkan dalam iPhone 7 sangat memuaskan. Berikut adalah hasil dari jepretan kamera hp iPhone 7.

7

Kamera Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8 Pada bagian belakang memiliki kamera utama 12 MP dengan aperture f/1.7. Kamera dari Samsung Galaxy S8 ini telah ditemani beberapa fitur seperti OIS, phase detection autofocus, dan LED flash sehingga bidikan foto yang dihasilkannya terlihat lebih jernih dan nyata.

Kamera utamanya pun bisa menghasilkan beberapa jenis video seperti [email protected], [email protected], HDR, dan dual-video rec. Samsung juga menghadirkan berbagai macam fitur pendukung kamera pada Samsung Galaxy S8 ini untuk menunjang kebutuhan dokumentasi seperti 1/2.5” sensor size, 1.4 µm pixel size, geo-tagging, simultaneous 4K video and 9MP image recording, touch focus, face/smile detection, auto HDR dan panorama.

Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera 8 MP beraperture f/1.7 yang siap untuk menunjang aktivitas selfie dan video call pada spesifikasi Galaxy S8 ini karena bisa membuat beberapa jenis video seperti [email protected], dual video call, dan Auto HDR. Berikut adalah hasil jepretan kamera Samsung Galaxy S8.

s8

Perbandingan Segi Spesifikasi HP iPhone 7 VS Samsung Galaxy S8

Spesifikasi HP iPhone 7

Segi Desain dan Body

Desain spesifikasi iPhone 7  tentunya dengan memberikan sentuhan baru dan modern, dengan mengusung pilihan warna casing yang lebih banyak pilihan yang membuatnya nampak lebih fresh. Ketebalan Apple iPhone 7 ini hanya 6,1 mm. Hal ini akan menciptakan bodi yang sangat nyaman untuk digenggam. Untuk urusan display, Apple iPhone 7 ini masih sama mengandalkan jenis layar LED-backlit IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan kekayaan warna warna mencapai 16 M. Dengan layar berukuran 4.7 inci yang memiliki resolusi 750 x 1334 pixels dengan kerapatan layar 326 ppi ini akan memberikan tampilan visual yang cukup bagus dan jernih serta nyaman di mata.

Selain memiliki display yang jernih, Apple iPhone 7 sudah juga dilengkapi dengan proteksi layar yang cukup canggih, yaitu dengan menggunakan Ion-strengthened glass yang akan melindungi layar ponsel dari goresan benda tajam sekalipun. Kemudian, layar smartphone ini juga dilengkapi dengan proteksi Oleophobic Coating yang akan membuatnya tahan terhadap tekanan benda cair sekalipun, sehingga tidak akan menyebabkan layar mengembun. Untuk bagian display, Apple iPhone 7 ini memang memiliki banyak sekali fitur canggih. Salah satunya adalah fitur terbaru dari Apple, yaitu 3D Touch Display yang merupakan fitur yang mampu mendeteksi segala macam jenis tekanan. Kemudian, ada juga fitur Display Zoom yang akan memberikan tampilan layar lebih terlihat longgar. Tak ketinggalan juga, untuk bagian display dari spesifikasi iPhone 7 ini sudah dilengkapi dengan teknologi Fingerprint Sensor yang mampu memindai sidik jari.

Segi Dapur Pacu

Chipset terbaru pada Apple iPhone 7 ini, yakni chipset versi Apple A10. Rangkaian chipset pada Apple iPhone 7 ini akan menghadirkan performa mumpuni khas gadget kelas tinggi. Menggunakan prosesor berteknologi 64 bit. Untuk mendukung optimalisasi kerja pada ruang dapur pacu, iPhone 7 ditandem dengan RAM 2 GB. Kehadiran RAM berkapasitas 2 GB pada iPhone 7 ini akan membantu meningkatkan kemampuan olah data serta menjamin kelancaran dalam menjalankan semua jenis aplikasi. Terakhir, spesifikasi iPhone 7 pada bagian ruang dapur pacu akan berjalan pada sistem operasi terbaru yakni iOS 10 yang pastinya akan membawa fitur lebih canggih dan menarik.

Segi Koneksi

iPhone 7 sudah menggunakan teknologi jaringan data 4G LTE. Meskipun iPhone seri 7 ini hanya memiliki single nano SIM card, namun tidak mengapa karena konektivitas jaringannya telah andalkan teknologi 4G LTE. iPhone 7 dengan kecepatan minimal download 150 Mbps. Sedangkan untuk upload, kecepatannya bisa mencapai 50 Mbps.

Selain itu, ada juga jaringan alternatif lain yang juga dapat menjadi andalan saat tidak ada 4G LTE, yaitu jaringan HSPA. Sektor konektivitas pada smartphone ini juga semakin lengkap dengan adanya fitur tambahan yang fungsional. Sama seperti smartphone pada umumnya, Apple iPhone 7 ini sudah dilengkapi dengan WiFi dan juga hotspot yang akan memberikan kemudahan dalam berbagi akses internet gratis.

Sementara untuk keperluan berbagi data dengan perangkat lain, Apple iPhone 7 pun juga telah dibekali dengan fitur Bluetooth v4.2 A2DP, LE yang akan membantu sharing data menjadi lebih cepat. Untuk terhubung dengan perangkat lain secara langsung, smartphone dari Apple ini juga telah dibekali dengan microUSB v2.0 dan reversible connector. Kemudian, untuk sistem navigasi pun juga telah dihadirkan untuk melengkapi spesifikasi iPhone 7 ini, dimana smartphone ini telah menggunakan teknologi navigasi yang cukup canggih, yaitu A-GPS dan GLONNAS.

Segi memori

iPhone seri 7 ke dalam tiga pilihan kapasitas memori, yakni 32 GB, 128 GB, dan juga 256 GB.  Untuk ukuran sebuah smartphone, kapasitas memori pada Apple iPhone 7 ini sudah sangat besar. iPhone 7 memang dibekali dengan memori internal yang sangat besar karena tidak dibekali dengan slot microSD atau eksternal memori.

Hal ini sebenarnya juga demi kebaikan pengguna Apple iPhone 7 karena saat ini banyak kartu microSD abal-abal yang tidak kompatibel dengan perangkat pada iPhone. Jadi, meski spesifikasi iPhone 7 di bagian memori ini tak dibekali dengan slot microSD, hal ini tak akan menjadi masalah karena slot memori internalnya sudah berkapasitas besar.

Segi Baterai

iPhone 7 memiliki kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 1986mAh dan beterai iPhone 7 bersifat non removable yang tidak bisa di lepas pasang sembarangan.

  • SPEK
iPhone 7
  • Layar
4.7 inci LED-backlit IPS LCD Capacitive , 750 x 1334 Pixel, IP67 Certified
  • Body
138.3 x 67.1 x 7.1 mm, 138 gram, Full Metal
  • Jaringan
3G HSDPA+, 4G LTE Cat9 450/50 Mbps
  • Sistem Operasi
iOS 10.0.1
  • Chipset
CPU Apple A10 Fusion + GPU PowerVR Series7XT Plus
  • Memori
RAM : 2 GB , Internal : 32/128/256 GB , MicroSD : No
  • Kamera Belakang
12 MP , PDAF, OIS, Quad-LED (dual tone) flash
  • Kamera Depan
7 MP
  • Sensor
Proximity , Accelerometer , Ambient Light , Gyro, Fingerprint
  • Warna
Jet black, gold, rose gold, hitam, silver
  • Baterai
Li lon 1960 mAh, Non-Removable

Kelebihan:

  • Menawarkan desain yang sangat menawan dengan ketipisan hanya 6.1mm yang dikombinasikan dengan material full metal.
  • Dukungan konektifitas 4G LTE.
  • Layar 4.7 inchi sangat pas saat pengoperasian dengan satu tangan.
  • Teknologi layar LED-backlit IPS LCD yang menawarkan kualitas layar yang tajam & jernih.
  • Tampilan OS yang sangat mewah dengan berbekal iOS 10.
  • dilengkapi dengan dengan IP67 certified yang memiliki ketahanan air dan debu.
  • Performa yang sangat tangguh dengan mengandalkan CPU Apple A10 Dual Core 1.4 GHz.
  • Multitasking dibekali 2GB RAM.
  • Kapasitas penyimpanan yang luas dengan memori internal 64/128/256 GB.
  • Kamera utama yang sangat tajam dengan 12 MP lengkap Dual-LED Flash & PDA.
  • Selfie & Video Call dengan kamera depan beresolusi 7 MP.
  • Didukung fitur Fingerprint Sensor sebagai fitur keamanannya.
  • Selain itu juga dilengkapi dengan baterai cukup besar 1960 mAh.

Kekurangan:

  • Tidak didukung Gorilla Glass.
  • Hanya dilengkapi dengan sigle SIM saja.
  • Tidak tersedia MicroSD untuk mengekspansi memori eksternalnya.
  • Baterai menyatu dengan body tidak bisa dilepas pasang sendiri.
  • Harga cukup mahal.

Spesifikasi HP Samsung Galaxy S8

Segi Desain dan Body

Hp Samsung Galaxy S8 memiliki balutan bodi metalnya yang terdiri dari warna midnight black, orchid gray, arctic silver, coral blue, and maple gold juga membuat Samsung Galaxy S8 ini tampak begitu premium. Terlihat jika ponsel ini juga mengadopsi desain dual-curved edges dan bezel tipis pada bagian atas dan bawahnya. Hilangnya tombol home di bagian mukanya secara otomatis membuat sensor pemindai sidik jarinya ditempatkan di bagian punggung berdampingan dengan kamera utama Samsung Galaxy S8 ini.

Samsung Galaxy S8 telah mendapatkan sertifikat IP68 yang membuatnya tahan terhadap debu dan rendaman air pada kedalaman 1.5 meter selama 30 menit. Secara dimensi, Samsung Galaxy S8 memiliki panjang 148.9 mm, lebar 68.1 mm, dan lebar 8 mm sedangkan beratnya adalah 155 gram. Smartphone ini juga mengusung layar berteknologi Super AMOLED seluas 5.8 inci sehingga memasukkannya dalam kategori phablet.

Layarnya juga sanggup menghasilkan resolusi Quad HD 1440 x 2960 piksel dengan kerapatan 570 ppi. Layar tersebut juga sudah didukung dengan multitouch dan dipermanis antarmuka khas Samsung, TouchWiz UI. Untuk mengoptimalkan sektor visual, Samsung juga membekali layar dari perangkat ini dengan Corning Gorilla Glass 5 yang bisa melindunginya dari berbagai benturan dan goresan. Yang menarik dari spesifikasi Galaxy S8 ini adalah dukungan fitur bernama Samsung DeX yang bisa mengubah fungsinya menjadi PC.

Segi Dapur Pacu

Samsung Galaxy S8 mengandalkan chipset terbaik saat ini, Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 yang di dalamnya terdapat prosesor delapan inti dari hasil konfigurasi Quad-core 2.35 GHz Kryo dan Quad-core 1.9 GHz Kryo. Namun untuk pasar Indonesia, Samsung Galaxy S8 ini nanti akan menggunakan chipset Exynos 8895 Octa dengan prosesor dua inti yang terdiri dari dua cluster, yaitu Quad-core 2.35 GHz dan Quad-core 1.7 GHz. Meski berbeda, namun performa yang disuguhkannya tak kalah kencang dengan Snapdragon 835.

Kedua jenis prosesor tersebut akan dipasangkan dengan RAM 4 GB sehingga kinerja yang dihasilkan Samsung Galaxy S8 untuk menunjang aktivitas multitasking memang sangat lancar. Samsung juga diketahui memakai kartu grafis teranyar untuk Galaxy S8 versi US. Dijalankannya sistem operasi Android v7.0 Nougat pun akan membuat kinerja komponen pada spesifikasi Galaxy S8 ini semakin ringan dan fitur-fitur baru yang disediakan lebih berlimpah.

Segi Koneksi

Galaxy S8 mendukung pemakaian single SIM atau dual SIM berukuran nano yang sudah terdukung dengan akses jaringan 4G LTE Cat16 sehingga menyuguhkan koneksi data yang super kencang. Dengan jaringan ini pengguna Samsung Galaxy S8 bisa mengunduh data pada kecepatan 1024 Mbps dan mengunggah data pada kecepatan 150 Mbps. Selain 4G LTE, Samsung juga masih memberi dukungan pada penggunaan jaringan GSM dan HSPA.

Koneksi secara nirkabel pun juga bisa dilakukan dengan optimal pada Samsung Galaxy S8 ini berkat fitur-fitur seperti Wi-Fi 802.11, dual-band, Wi-Fi direct, dan hotspot. Kebutuhan transfer data pun tercukupi dengan maksimal lewat fitur Bluetooth v5.0, A2DP, LE, aptX, USB v3.1, dan USB Type-C 1.0 reversible connector. Spesifikasi Galaxy S8 juga dibekali dengan teknologi navigasi yang terdiri dari A-GPS, GLONASS, BDS, dan GALILEO sehingga penguncian lokasi bisa dilakukan dengan akurasi tinggi.

Segi Memori dan Baterai

Samsung Galaxy S8 membekali ponsel premium terbarunya ini dengan memori internal sebesar 64 GB. Kapasitas memori internal dari Samsung Galaxy S8 ini dirasa sudah menyediakan ruangan yang lumayan luas bagi pengguna untuk menyimpan file-file hiburan koleksinya serta menampung file-file sistem. Bahkan untuk lebih memuaskan penggunanya, ruang penyimpanan pada Samsung Galaxy S8 tersebut masih bisa diperluas dengan menambahkan microSD berkapasitas maksimum 256 GB. namun, penggunaan microSD ini nantinya harus merelakan slot SIM 2 sehingga perlu dipertimbangkan terlebih dahulu mana yang lebih diutamakan.

Samsung Galaxy S8 akhirnya memilih baterai berjenis non-removable Lithium Ion sebesar 3.000 mAH untuk menjadi bagian penyuplai dayanya. Kapasitas baterai yang dipakai Galaxy S8 ini tentu sudah lebih dari cukup untuk menunjang kinerja operasionalnya. Namun, Samsung Galaxy S8 telah menyediakan fitur fast charging agar daya bisa diisi lebih cepat jika baterai lebih cepat habis karena pemakaian yang sangat aktif.

  • SPEK
Samsung Galaxy S8
  • Layar
5.7 inci Super AMOLED , 1440 x 2560 Pixel,
  • Body
148.9 x 68.1 x 8 mm, 155 g , Gorilla Glass 5
  • Jaringan
4G LTE Cat 16 1020/150 Mbps
  • Sistem Operasi
Android v7.0 Nougat , Grace UX
  • Chipset
CPU Exynos 8895 + GPU Mali-G71MP20
  • Skor Antutu
172910 point
  • Memori
RAM : 4 GB , Internal : 64 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
12 MP , Dual Pixels Autofocus, OIS , LED Flash
  • Kamera Depan
8 MP,  f1.7,  Autofocus
  • Sensor
Iris , Fingerprint, Proximity , Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
black, grey, blue, silver,gold
  • Baterai
Li-lon 3000 mAh + Fast Charging

Kelebihan:

  • Tampilan yang sangat mewah dengan desain bezelles yang mewah.
  • Layar Lebar 5.8″ QHD+ Super AMOLED yang menawarkan tampilan yang tajam.
  • Dilengkapi dengan Corningg Gorilla Glass 5 sebagai pelindung layar dari goresan.
  • Dilengkapi dengan sertifikasi Tahan Air dan debu.
  • Keamanan lebih terjamin dengan irish scanner / retina sensor.
  • Sudah menggunakan Os versi terbaru dari Google yaitu 7.0 Nougat.
  • Performa tanpa lemot dengan Chipset Exynos 8895, Octa core (4×2.3 GHz Mongose & 4×1.7 GHz Cortex A53) dan GPU Mali-G71.
  • Kapasitas ruang penyimpanan yang luas dengan kapasitas 64gb.
  • Dilengkapi dengan Asisten digital Bixby yang inovatif.
  • Hasil bidikan Kamera utama sangat jernih dengan 12 MP yang didukung Optical Image Stabilisation, Dual Pixel Autofocus LED Flash.
  • Selfie & Video call akan sangat menyenangkan dengan kamera beresolusi 8 MP + Autofocus.
  • Baterai mampu bertahan lama dengan kapasitas 3000 mAh yang dilengkapi dengan Fast Charging.

Kekurangan:

  • Bahan licin dan rawan retak saat jatuh.
  • Kapasitas RAM ” cuma ” 4GB saja masih kalah saing.
  • Simcard Hybrid sehingga tidak mendukung untuk Dual SIM yang mampu hidup secara bersamaan.
  • Baterai Non Removable.

Nah diatas adalah perbandingan hp iPhone 7 vs Samsung Galaxy S8, menurut kalian lebih bagus mana guys? jawabannya tergantung selera masing-masing ya guys, kedua hp tersebut sangat bagus dengan kelebihan kecanggihan dan kekurangan dari product masing-masing.

Untuk saran saja jika kalian ingin membeli hp lebih baik kalian mencari yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kalian masing-masing dengan cara melakukan perbandingan dari beberapa hp tapi sekarang kalian gaperlu repot untuk mencarinya karna disini futureloka banyak artikel yang membahas perbandingan hp secara lengkap.

Yup cukup sekian untuk artikel kali ini, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk kalian yang membaca. Sampai ketemu di artikel selanjutnya guys!!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here