Perbandingan Bagus Mana HP Asus Zenfone 3 VS Apple iPhone 6 Plus Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Zenfone-3-ip-6-plusVendor Apple selain merilis Apple Iphone 6, Apple telah meluncurkan Apple Iphone 6 Plus sebagai alternatif bagi para pencinta smartphone layar besar. Apple yang sebelumnya berorientasi dengan ukuran layar ponsel yang kecil seperti yang sering digaungkan oleh foundernya Steve Jobs pada tahun ini mulai merubah orientasinya. Dengan layar sebesar 5.5 inchi tentunya akan membuat hiburan multimedia apa saja seperti game ataupun menonton film menjadi lebih nikmat. Apple Iphone 6 Plus diklaim merupakan ponsel untuk kelas menengah keatas. Praktis versi ini merupakan ponsel layar besar yang baru pertama kali dirilis perusahaan Apple karena sebelumnya Apple hanya mengusung layar ukuran kecil pada smartphone-nya. Tidak hanya layarnya saja yang besar karena Anda juga akan mendapatkan kepadatan warna lebih tinggi yakni mencapai 401 ppi pixel density. Warna natural, lebih jernih dan tentu saja membuat penggemarnya terpukau. Tidak lupa juga teknologi LED Backlit IPS LCD turut disematkan 5 dengan kemampuan untuk menghasilkan resolusi 1080 x 1920 pixels.

Salah satu pesaing iPhone 6 Plus dikelas ini adalah Asus Zenfone 3 yang lebih dulu dirilis sejak november 2016 lalu. Selain hadir dengan desain premium, selain terjangkau juga dilengkapi dengan sederet fitur yang sangat mumpuni dikelasnya seperti untuk tampilan antar dengan antar mukanya yang telah mengadopsi OS Android v6.0 Marshmallow dengan ZenUI 3.0. Terlebih tampilan semakin nyaman dengan Layar 5.2 Inchi dengan teknologi IPS LCD. Untuk Multitaskingpun juga sangat nyaman dengan dukungan dari RAM sebesar 2 GB. ah untuk memenuhi kebutuhan sosial medianya, Asus Zenfone 3 Max ZC520TL ini dibekali dengan kapasitas baterai yang super besar yaitu dengan membawa kapasitas baterai sampai 4130 mAh. Kali ini Ti Futureloka berkesempatan untuk membahas tentang Perbandingan Bagus Mana HP Asus Zenfone 3 VS Apple iPhone 6 Plus Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia. Berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi HP Asus Zenfone 3 VS Apple iPhone 6 Plus

Spesifikasi Asus Zenfone 3 membawa bodi yang terlihat proporsional meski untuk ukuran dimensi dan bobotnya masih belum diketahui secara pasti. Namun bukan berarti pembhasan ini akan berhenti sampai di sini saja. Pasalnya pada urusan visual display, Asus Zenfone 3 menghadirkan layar bertipe IPS LCD kapasitif berukuran 5.5 inci. Meskipun masih belum disempurnakan dengan teknologi layar AMOLED, namun berkat resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dan kerapatan layar mencapai 401 ppi tentu saja membuat layar Asus Zenfone 3 ini menampilkan display yang jernih, dan sangat nyaman di mata. Hal yang positif, para pengguna juga tak perlu repot-repot memasang perangkat screenguard sendiri untuk melindungi layar. Karena ternyata dalam spesifikasi Asus Zenfone 3 telah dilengkapi  dengan Corning Gorilla Glass 3 yang siap melindungi layar secara maksimal dari segala macam goresan. Dari sektor dapur pacunya pun juga turut dipersenjatai dengan berbagai macam komponen kelas wahid. Pertama pada chipsetnya, Asus Zenfone 3 ini akan dipersenjatai dengan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 di mana chipset tersebut akan dipadukan dengan prosesor Octa Core 2,0 GHz Cortex-A53 sehingga tak mengherankan jika nantinya performa smartphone besutan Asus ini akan memberikan performa yang begitu handal dan gahar. Bahkan, Asus Zenfone 3  ini juga disematkan 2 varian RAM yang memiliki kapasitas tinggi, yaitu 3 GB dan 4 GB. Dengan turut disematkannya RAM tersebut maka akan semakin memperkuat kinerja dari sistem operasional Asus Zenfone 3 ini, terutama akan lebih responsif ketika digunakan untuk aktivitas multitasking. Tak cukup sampai di situ, bagi pengguna yang suka nonton film atau pun game, akan dimanjakan dengan tampilan grafis yang lebih jernih, atraktif dan memukau. Pasalnya, Asus Zenfone 3 akan dipersenjatai juga dengan kartu grafis (GPU) Adreno 506. Kemudian, untuk memberikan kinerja yang sempurna pada seluruh komponen yang tersusun dalam smartphone ini, Asus Zenfone 3 ini mengandalkan platform OS Android Marshmallow. Lalu, seperti pada keluarga Asus Zenfone yang lain, spesifikasi Asus Zenfone 3 ini juga akan mengandalkan interface Asus ZenUI 3.0 yang atraktif. Berikut spesifikasi lengkapnya :

Spesifikasi Asus Zenfone 3 ZE552KL

Hasil gambar untuk zenfone 3

  • Layar
5.5 inci IPS LCD Capacitive , 1080 x 1920 Pixels
  • Body
149.5 x 73.7 x 8.6 mm , 145 gram , Metal
  • Jaringan
4G LTE Cat 6 300/50 Mbps
  • Sistem Operasi
Android v6.0 Marsmallow
  • Chipset
CPU Snapdragon 625 + GPU Adreno 506
  • Memori
RAM : 4 GB , Internal : 64 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
16 MP , Dual LED Flash, Laser, Phase Detection & Continous Autofocus
  • Kamera Depan
8 MP
  • Sensor
Proximity , Accelerometer , Ambient Light, Gyroscope, Finger Print Sensor
  • Warna
Black Sapphire , White Moonlight , Gold Shimmer
  • Baterai
Li lon 3000 mAh + Fast Charging

 

Dari sisi pesaing, desain perangkat yang ada pada spesifikasi Iphone 6 Plus sendiri mengusung desain yang bergaya dan keren. Ponsel ini ketika anda bawa hangout akan meningkatkan kharisma anda secara drastis. Ukuran handset ini adalah 158.1 x 77.8 mm dengan ketebalan 7.1 mm dan berat 172 gram yang menjadikannya nyaman untuk digenggam karena tipis. Ponsel pintar Apple Iphone 6 Plus ini juga menggunakan slogan bigger than bigger yang menunjukkan bahwa smartphone Apple ini mempunyai layar besar yang terbaik. Hal ini memang sesuai dengan slogannya karena dilengkapi dengan layar berteknologi tinggi dengan panel LED Backlit IPS LCD berukuran 5 inci yang dapat menghasilkan resolusi 1080 x 1920 pixels. spesifikasi Apple Iphone 6 Plus yang tampilan layar sangat menawan ini sudah lebih dari cukup dengan tambahan teknologi Scratch resistant glass dan Oleophobic coating. Handset tipis dengan display yang cantik ini memiliki fitur Multitouch untuk mendeteksi multijari pada layar , Fingerprint sensor (Touch ID) dan Apple Pay. Lalu kinerja dapur pacu yang disematkan pada spesifikasi Iphone 6 Plus terbilang gahar dengan processor Dual Core 1.4 GHz Cyclone (ARM v8-based). Processor yang gahar tersebut disokong oleh kartu grafis kualitas tinggi PowerVR GX6650 dan Chipset A8 buatan vendor Apple. Sistem operasi yang mengusung Apple Iphone 6 Plus menggunakan OS terbaru i OS 8 yang kinerjanya mantap. Sayangnya pada lini kapasitas RAM spesifikasi Apple Iphone 6 Plus masih menggunakan kapasitas 1 GB yang kemampuannya standar dalam menghandle proses multitasking. Spesifikasi Iphone 6 Plus juga memiliki ruang kapasitas penyimpanan yang tinggi walaupun tanpa ekspansi kartu Micro SD. Ukuran kapasitasnya sendiri dengan pilihan memori internal sama dengan Iphone 6 yaitu dengan tiga varian memori 16 GB, 64 GB, dan paling tinggi 128 GB. Dengan kapasitas memori internal dari Apple Iphone 6 Plus yang besar tersebut membuat anda dapat menggunakan ponsel ini sesuai kebutuhan yang anda perlukan dalam menyimpan data-data dan file multimedia. Spesifikasi Apple Iphone 6 Plus yang disisi pilihan memorinya beragam tersebut membuat anda semakin mudah untuk memilih Iphone 6 Plus yang sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut spesifikasi lengkapnya :

Spesifikasi iPhone 6 Plus

Gambar terkait

 

  • Layar
5.5 inci LED-backlit IPS LCD Capacitive , 1080 x 1920Pixel
  • Body
158.1 x 77.8 x 7.1 mm, 172 gram, Full Metal
  • Jaringan
4G LTE Cat4 150/50 Mbps
  • Sistem Operasi
iOS 8
  • Chipset
CPU Apple A8 + GPU PowerVR GX6450
  • Memori
RAM : 1 GB , Internal : 16/64/128 GB , MicroSD : No
  • Kamera Belakang
8 MP, phase detection autofocus, OIS, dual-LED flash
  • Kamera Depan
1.2 MP
  • Sensor
Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
  • Warna
Space Gray, Silver, Gold
  • Baterai
Li Po 2915 mAh, Non-Removable

 

Perbandingan Hasil Kamera Asus Zenfone 3 VS Apple iPhone 6 Plus

Rupanya, tak hanya desain dan ruang dapur pacu saja yang dibekali dengan spesifikasi tinggi. Bahkan, lini fotografi dari Asus Zenfone 3 ini pun juga sudah dipersenjatai dengan dual kamera berkualitas kelas premium. Pasalnya, pada kamera utama sudah dibekali resolusi 16 MP lengkap dengan laser/phase detection autofocus, OIS, dual LED (dual tone) flash. Tak perlu diragukan lagi, dengan hadirnya kamera utama yang beresolusi tinggi dalam Asus Zenfone 3 tersebut tampaknya bakal memberikan hasil bidikan yang sangat  jernih, nyata, dan tampak lebih natural. Lalu, pada kamera depan memiliki resolusi 8 MP yang bisa digunakan untuk foto selfie dengan hasil kualitas foto yang cukup mumpuni. Bahkan, kamera depan ini juga bisa digunakan untuk aktivitas video call dengan kualitas 1080p sehingga akan menampilkan gambar yang lebih jelas dan nyata. Tak hanya itu saja, sektor fotografi dari Asus Zenfone 3 ini pun juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur, antara lain, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama dan HDR. Tentunya hal tersebut semakin melengkapi kecanggihan spesifikasi Asus Zenfone 3 ini.

Gambar terkait

Sedangkan pada sektor kameranya spesifikasi Iphone 6 Plus menggunakan dual kamera dengan resolusi 8 MP dan 1.2 MP yang sama dengan saudaranya yaitu Iphone 6. Pada bagian belakang perangkat dari Iphone 6 Plus ini sama kualitasnya dengan Iphone 6 standar dengan lensa kamera ukuran 8 MP dengan resolusi 3264 x 2448 pixels. Fitur yang ditawarkan juga tidak berbeda dengan optical image stabilizatio , phase detection autofocus, dual LED flash ,1/3” sensor size, 1.5µm pixel size, geo-tagging, simultaneous HD video and image recording, touch focus, face/smile detection. Kamera Apple Iphone 6 Plus juga dapat merekam video dengan kualitas [email protected] fps dan [email protected] fps dengan optical stabilization yang maksimal. Sementara bagi anda pecinta selfie pada spesifikasi Apple Iphone 6 Plus anda akan mendapatkan kamera depan resolusi 1.2 MP yang tidak terlalu besar. Namun dapat menghasilkan kualitas 720p dengan tambahan fitur burst dan HDR yang dipergunakan untuk video call.

Hasil gambar untuk ip 6 plus hasil kamera

Perbandingan dari Segi Harga Asus Zenfone 3 VS Apple iPhone 6 Plus di Indonesia

Saat ini kedua smartphone yang mmnenjadi bahasan pada artikel ini tidak emiliki perbedaan harga yang cukup jauh. Asus Zenfone 3 saat ini dibandrol dengan harga Rp. 4,3 jutaan dan untuk harga bekasnya Rp. 2,7 jutaan. Dirasa Asus harus berhati – hati akan harga yang dimainkan, karena sudah banyak pesaing – pesaing yang lebih intens. Dan untuk iPhone 6 Plus dibandrol dengan harga 5,1 jutaan dan untuk harga bekasnya Rp. 3,5 jutaan. Tentunya dengan memiliki smartphone layar super ini dapat menaikkan pamor anda karena selama ini smartphone Apple ini dianggap sebagai ponsel kelas atas dan menjadi mode trend di dunia. Walaupun harga Apple Iphone 6 Plus terbaru terlihat mahal, namun lihat saja pembeli dari smartphone ini juga pasti akan membludak seperti yang terjadi pada saudaranya Iphone 6 yang sangat laris di pasaran.

Hasil gambar untuk zenfone 3 hasil kamera

Perbandingan dari Segi Baterai Asus Zenfone 3 VS Apple iPhone 6 Plus

Setelah mengetahui berbagai macam spesifikasi yang diusung smartphone garapan Asus ini, tampaknya memang membutuhkan suplai daya yang cukup besar. Oleh sebab itu, Asus membekali Asus Zenfone 3 ini dengan baterai jenis Li-Ion yang memiliki kapasitas 3000 mAh. Dengan mengetahui kapasitas tersebut,tampaknya kapasitas tersebut dirasa sudah cukup untuk menunjang dan mendukung kinerja operasional dari spesifikasi yang diusung Asus Zenfone 3. Namun, jenis baterai yang digunakan masih Li-Ion (Lithium Ion) di mana masih berada di bawah jenis Li-Po (Lithium Polymer). Akan tetapi, hal yang jelas bahwa baterai yang diusung dalam spesifikasi Asus Zenfone 3 tersebut mampu bertahan seharian penuh meskipun dioperasionalkan secara terus menerus.

Hasil gambar untuk iphone 6 plus

Pada lini kapasitas baterai, spesifikasi Iphone 6 Plus juga meliki baterai yang tahan lama dan dapat digunakan secara optimal dalam waktu seharian. Dengan kapasitas 2915 mAh, waktu stand by yang dapat dicapai ponsel ini mencapai 384 jam pada jaringan 3G dan talk time mencapai 24 jam pada jaringan 3G. Sedangkan untuk memainkan musik secara marathon Apple Iphone 6 Plus dapat hidup terus-menerus selama 80 jam tanpa henti. Minusnya adalah baterai pada ponsel Apple ini tidak dapat dilepas dari segel perangkatnya. Namun secara keseluruhan spesifikasi Apple Iphone 6 Plus ini akan sangat menunjang kebutuhan mobile anda yang semakin meningkat baik itu untuk membantu pekerjaan, maupun untuk hiburan.

Demikianlah artikel tentang Perbandingan Bagus Mana HP Asus Zenfone 3 VS Apple iPhone 6 Plus Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Dengan harga yang terbilang cukup tinggi ini dirasa setimmpal dengan spesifikasi yang ternanam di kedua smartphone ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here