Perbandingan Bagus Mana HP Asus Zenfone 3 VS Oppo F3 Plus Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Zenfone-3-f3

Hadir dengan membawa embel-embel “Plus” di belakang namanya, sudah pasti bahwa Oppo F3 Plus memang dipastikan lebih tinggi dibandingkan dengan varian standarnya. Smartphone ini juga diklaim oleh Oppo bakal mengusung spesifikasi yang lebih premium dari ponsel andalan Oppo yang sebelumnya, yaitu Oppo F1 Plus. Hadir dengan konsep desain premium dan mewah, Oppo F3 Plus ini juga dibekali dengan layar kapasitif seluas 6.0 inci beresolusi Full HD sehingga bakal menyuguhkan tampilan visual yang cukup memanjakan mata. Apalagi, layarnya terbilang tangguh karena sudah diproteksi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Tak hanya memiliki tampilan luar yang menarik, Oppo F3 Plus juga memiliki performa yang lumayan tangguh dalam operasionalnya karena sektor dapur pacunya ditenagai oleh prosesor delapan inti yang ditandemkan dengan RAM berkapasitas 4 GB.

Lalu dari sisi pesaingnya, Asus Zenfone 3 Asus Zenfone 3 telah mendapat beberapa pembaruan pada sektornya. Sebagai generasi penerus yang menempati segmen smartphone kelas atas, Asus Zenfone 3 menghadirkan penampilan dan performa kerja yang lebih baik. Meski untuk desain, Asus tetap mempertahankan gaya khasnya. Dengan desain kompak, Asus menghadirkan layar seluas 5.5 inci dengan resolusi Full HD. Selain itu, visualisasi yang nyaman dari resolusi layar Asus Zenfone 3 tersebut kemudian akan terasa lebih atraktif dengan sistem antar muka Asus ZenUI 3.0. Selain itu, dapur pacu yang ditawarkan juga lebih bervariasi. Pilihan komponen di dalamnya seperti RAM dan kapasitas memori internal terbagi dalam 2 varian, yang ketiganya akan sama-sama memberikan performa tangguh. Urusan fotografi, Asus Zenfone 3 telah disematkan kamera dengan kualitas sekelas profesional. Kamera utama berukuran 16 MP yang siap mendokumentasikan momen-momen penting dengan sangat maksimal. Kali ini Ti Futureloka akan membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Asus Zenfone 3 VS Oppo F3 Plus Prime Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia. Berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi HP Asus Zenfone 3 VS Oppo F3 Plus

Oppo F3 Plus ini mengadopsi kamera depan yang lebih superior yaitu dengan dua lensa kamera beresolusi 16MP + 8MP atau bisa juga disebut Dual Kamera. Dengan teknologi dual camera depan ini kita bisa membuat foto selfie kita memiliki efek bokeh / blur yang keren. Terlebih lagi, Oppo F3 Plus ini kamera depannya memiliki fitur Screen Flash yang tetep menghadilkan gambar yang tajam meskipun dalam keadaan minim cahaya. Berikut spesifikasi lengkapnya :

Spesifikasi Oppo F3 Plus

Hasil gambar untuk f3 plus

  • Layar
6.0 inci IPS LCD Capacitive , 1080 x 1920 pixels
  • Body
157.5 x 77.6 x 6.9 mm , 167 gram , Full Metal
  • Jaringan
GSM , 3G , HSDPA+ , 4G LTE
  • Sistem Operasi
Android v6.0 Marsmallow
  • Chipset
CPU Snapdragon 653 + GPU Adreno 510
  • Memori
RAM : 4 GB , Internal : 64 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
16 MP , Dual PDAF , LED Flash
  • Kamera Depan
Dual Camera 16 MP + 8 MP
  • Sensor
Proximity, Accelerometer, Ambient Light, Gyro, Finger Print Sensor
  • Warna
Hitam , Gold , Rose Gold
  • Baterai
Li Lion 4000 mAh, VOOC Fast Charging

Spesifikasi Asus Zenfone 3 ZE552K membawa bodi yang terlihat proporsional meski untuk ukuran dimensi dan bobotnya masih belum diketahui secara pasti. Namun bukan berarti pembhasan ini akan berhenti sampai di sini saja. Pasalnya pada urusan visual display, Asus Zenfone 3 menghadirkan layar bertipe IPS LCD kapasitif berukuran 5.5 inci. Meskipun masih belum disempurnakan dengan teknologi layar AMOLED, namun berkat resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dan kerapatan layar mencapai 401 ppi tentu saja membuat layar Asus Zenfone 3 ini menampilkan display yang jernih, dan sangat nyaman di mata. Hal yang positif,para pengguna juga tak perlu repot-repot memasang perangkat screenguard sendiri untuk melindungi layar. Karena ternyata dalam spesifikasi Asus Zenfone 3 telah dilengkapi  dengan Corning Gorilla Glass 3 yang siap melindungi layar secara maksimal dari segala macam goresan. Dari sektor dapur pacunya pun juga turut dipersenjatai dengan berbagai macam komponen kelas wahid. Pertama pada chipsetnya, Asus Zenfone 3 ZE552K ini akan dipersenjatai dengan chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 di mana chipset tersebut akan dipadukan dengan prosesor Octa Core 2,0 GHz Cortex-A53 sehingga tak mengherankan jika nantinya performa smartphone besutan Asus ini akan memberikan performa yang begitu handal dan gahar. Bahkan, Asus Zenfone 3 ZE552K  ini juga disematkan 2 varian RAM yang memiliki kapasitas tinggi, yaitu 3 GB dan 4 GB. Dengan turut disematkannya RAM tersebut maka akan semakin memperkuat kinerja dari sistem operasional Asus Zenfone 3 ZE552K ini, terutama akan lebih responsif ketika digunakan untuk aktivitas multitasking. Tak cukup sampai di situ, bagi pengguna yang suka nonton film atau pun game, akan dimanjakan dengan tampilan grafis yang lebih jernih, atraktif dan memukau. Pasalnya, Asus Zenfone 3 ZE552K akan dipersenjatai juga dengan kartu grafis (GPU) Adreno 506. Kemudian, untuk memberikan kinerja yang sempurna pada seluruh komponen yang tersusun dalam smartphone ini, Asus Zenfone 3 ZE552K ini mengandalkan platform OS Android Marshmallow. Berikut spesfifikasi lengkapnya :

Spesifikasi Asus Zenfone 3 ZE552KL

Hasil gambar untuk zenfone 3

  • Layar
5.5 inci IPS LCD Capacitive , 1080 x 1920 Pixels
  • Body
149.5 x 73.7 x 8.6 mm , 145 gram , Metal
  • Jaringan
4G LTE Cat 6 300/50 Mbps
  • Sistem Operasi
Android v6.0 Marsmallow
  • Chipset
CPU Snapdragon 625 + GPU Adreno 506
  • Memori
RAM : 4 GB , Internal : 64 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
16 MP , Dual LED Flash, Laser, Phase Detection & Continous Autofocus
  • Kamera Depan
8 MP
  • Sensor
Proximity , Accelerometer , Ambient Light, Gyroscope, Finger Print Sensor
  • Warna
Black Sapphire , White Moonlight , Gold Shimmer
  • Baterai
Li lon 3000 mAh + Fast Charging

 

Perbandingan Hasil Kamera Asus Zenfone 3 VS Oppo F3 Plus

kelebihan dari spesifikasi Oppo F3 Plus memang terletak pada lini fotografinya. Piranti kamera yang dibawa oleh perangkat ini sangat berkualitas sehingga tak bakal mengecewakan para penggunanya yang hobi dengan fotografi. Kamera utama beresolusi 16 MP tampak tersemat pada bagian belakang tubuh Oppo F3 Plus ini, yang tentu bakal menghasilkan jepretan foto yang jernih dan tajam. Kamera ini pun telah dibekali dengan fitur phase detection autofocus untuk tangkapan fokus yang lebih mantap serta fitur LED flash untuk mendukung pengambilan foto di tempat yang minim cahaya. Sementara itu, karena Oppo F3 Plus ini difokuskan untuk pasar selfie maka pada sektor depan bisa ditemukan dua buah kamera beresolusi 16 MP dan 8 MP yang pasti tak hanya bakal memanjakan para pecinta selfie tapi juga mumpuni untuk aktivitas video call. Ditambah lagi fitur-fitur lain seperti phase detection autofocus, dual-led (dual tone) flash juga turut melengkapi spesifikasi Oppo F3 Plus ini.

Hasil gambar untuk f3 plus hasil kamera

Bukan hanya desain dan ruang dapur pacu saja yang dibekali dengan spesifikasi tinggi. Bahkan, lini fotografi dari Asus Zenfone 3 ini pun juga sudah dipersenjatai dengan dual kamera berkualitas kelas premium. Pasalnya, pada kamera utama sudah dibekali resolusi 16 MP lengkap dengan laser/phase detection autofocus, OIS, dual LED (dual tone) flash. Tak perlu diragukan lagi, dengan hadirnya kamera utama yang beresolusi tinggi dalam Asus Zenfone 3 tersebut tampaknya bakal memberikan hasil bidikan yang sangat  jernih, nyata, dan tampak lebih natural. Lalu, pada kamera depan memiliki resolusi 8 MP yang bisa digunakan untuk foto selfie dengan hasil kualitas foto yang cukup mumpuni. Bahkan, kamera depan ini juga bisa digunakan untuk aktivitas video call dengan kualitas 1080p sehingga akan menampilkan gambar yang lebih jelas dan nyata. Tak hanya itu saja, sektor fotografi dari Asus Zenfone 3 ini pun juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur, antara lain, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama dan HDR. Tentunya hal tersebut semakin melengkapi kecanggihan spesifikasi Asus Zenfone 3 ini.

Gambar terkait

Perbandingan dari Segi Harga Asus Zenfone 3 VS Oppo F3 Plus di Indonesia

Saat ini, Oppo F3 Plus dibandrol dengan harga Rp. 6,4 jutaan dan untuk harga second sebesar Rp. 5,8 jutaan, dipastikan bahwa hanya konsumen golongan tertentu saja yang bisa mencicipi kehebatan performa dan fitur-fitur canggih yang dimiliki oleh varian Plus dari Oppo F3 ini. Namun, harga tersebut memang dirasa sepadan dengan apa yang ditawarkan oleh perangkat ini. Harga Oppo F3 Plus tersebut juga masih tergolong standar jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel flagship. Sedangkan, Asus Zenfone 3 saat ini dibandrol dengan harga Rp. 4,3 jutaan dan untuk harga bekasnya Rp. 2,7 jutaan. Dirasa Asus harus berhati – hati akan harga yang dimainkan, karena sudah banyak pesaing – pesaing yang lebih intens.

Hasil gambar untuk f3 plus

Perbandingan dari Segi Baterai Asus Zenfone 3 VS Oppo F3 Plus

pada bagian akhir segmen ini kita akan melihat seberapa kuat spesifikasi Oppo F3 Plus mampu bertahan pada segala operasionalnya. Membicarakan mengenai kebutuhan daya dari perangkat ini tentu tak bisa dilepaskan dari komponen-komponen yang ada di dalamnya. Karena hampir sebagian besar komponen-komponen yang digunakan oleh Oppo F3 Plus masuk ke dalam kategori unggulan, maka bisa dipastikan bahwa konsumsi dayanya juga lumayan besar. Untuk itu, Oppo memilih untuk menggunakan baterai berjenis non-removable Lithium Polymer berkapasitas 4.000 mAH. Kapasitas baterai Oppo F3 Plus yang terbilang besar ini tentu bakal mendukung operasionalnya dengan maksimal. Baterai ini juga diklaim cukup awet meski dipakai untuk selfie dan mengoperasikan berbagai konten yang ada di dalamnya. Tak hanya itu, sektor ini juga telah dilengkapi dengan fitur fast charging untuk pengisian daya yang lebih cepat.

Hasil gambar untuk zenfone 3 wallpaper

 

Setelah mengetahui berbagai macam spesifikasi yang diusung smartphone garapan Asus ini, tampaknya memang membutuhkan suplai daya yang cukup besar. Oleh sebab itu, Asus membekali Asus Zenfone 3 ini dengan baterai jenis Li-Ion yang memiliki kapasitas 3000 mAh. Dengan mengetahui kapasitas tersebut,tampaknya kapasitas tersebut dirasa sudah cukup untuk menunjang dan mendukung kinerja operasional dari spesifikasi yang diusung Asus Zenfone 3. Namun, jenis baterai yang digunakan masih Li-Ion (Lithium Ion) di mana masih berada di bawah jenis Li-Po (Lithium Polymer). Akan tetapi, hal yang jelas bahwa baterai yang diusung dalam spesifikasi Asus Zenfone 3 tersebut mampu bertahan seharian penuh meskipun dioperasionalkan secara terus menerus.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Asus Zenfone 3 VS Oppo F3 Plus Prime Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan semoga bermanfaat. Kedua smartphone ini bisa dibilang memiliki perbedaan yang cukup jauh, tetapi kedua smartphone ini tetap menjadi kesukaan banyak orang walaupun berbeda kasta ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here