Perbandingan Bagus Mana HP Apple iPhone 8 VS Apple iPhone SE segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

iPhone SE dibekali dengan chipset Apple A9. Chipset ini berhasil mengangkat performa iPhone 6s meraih skor tinggi pada AnTuTu benchmark, ditambah dengan RAM 2 GB dan GPU 6-core PowerVR GT7600 maka bisa dipastikan bahwa inilah smartphone terbaik di kelasnya dengan ukuran yang compact saat ini. Pasalnya saat ini sangat sulit mencari smartphone mungil dengan performa tinggi.

Sementara itu, berdasarkan rumor yang telah beredar, iPhone 8 memiliki spesifikasi hampir sama persis dengan produk sebelumnya yaitu iPhone 7 seperti bentang layar yang berukuran 4,7 inchi, memiliki resolusi layar full HD 750 p menjadikan pengguna nyaman untuk menonton file, hanya saja iPhone 8 menggunakan teknologi layar Edge OLED sehingga akan menghasilkan warna yang berkualitas.

Pada kesempatan kali ini, Tim Futureloka akan membahas tentang perbandingan mana yang lebih bagus antara Apple iPhone 8 VS Apple iPhone SE.

Spesifikasi Lengkap Apple iPhone 8 VS Apple iPhone SE

Tabel di bawah adalah spesifikasi lengkap Apple iPhone 8 VS Apple iPhone SE yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

iphone 8 vs iphone se

Dimensi, Desain dan Layar Apple iPhone 8 VS Apple iPhone SE

Dari segi dimensi, desain dan layar, untuk Apple iPhone 8, meski dimensi dan bobotnya belum diketahui, namun handset ini sudah pasti bakal menyuguhkan tampilan yang maksimal berkat diusungnya layar super AMOLED seluas 4.7 inci.

Layar pada Apple iPhone 8 ini mampu menghasilkan resolusi 750 x 1334 piksel dengan kerapatan 326 ppi serta sudah didukung dengan multitouch sehingga lebih responsif. Tombol home yang biasanya dijumpai pada iPhone juga akan lenyap dan fungsi tombol tersebut serta sensor fingerprint bakal terintegrasi langsung pada layar sentuhnya.

Apple pun memaksimalkan layar dari Apple iPhone 8 ini dengan proteksi ion-strengthened glass dan oleophobic coating. Sementara untuk Apple iPhone SE, Ponsel pintar terbaru besutan Apple ini mengusung layar widescreen Retina HD LED-backlit multi-touch display selebar 4 inci dengan resolusi 1136 × 640 pixel yang menganut teknologi IPS Display.

Layarnya memiliki tingkat kerapatan sekitar 326 ppi dan memiliki tingkat kontras 1400:1. Layar yang digunakan oleh iPhone SE mampu menghasilkan kecerahan hingga 500 cd/m2 dengan paduan warna Full sRGB standard display dan dibekali lapisan sidik jari oleophobic pada bagian depannya.

Sayangnya, Apple tidak menambahkan fitur sentuhan 3D pada ponsel yang satu ini. Seperti yang kita ketahui, tahun lalu Apple memperkenalkan fitur baru dengan sebutan 3D touch pada iPhone 6s dan iPhone 6s Plus yang berguna untuk mendeteksi tekanan sentuhan pada layar iPhone.

Memory Apple iPhone 8 VS Apple iPhone SE

Dari segi memori, untuk Apple iPhone 8, RAM yang disematkan pada ponsel ini terbilang tinggi. iPhone 8 sendiri dibekali dengan RAM berkapasitas 3 GB. Tingginya kapasitas RAM tersebut membuat kinerja dari ponsel akan lebih stabil dan mampu menjalankan berbagai aktivitas gaming dan multitasking.

Beralih ke sektor memori, smartphone besutan Apple ini hadir dalam tiga varian penyimpanan, yakni 32 GB, 128 GB dan 256 GB. Tingginya kapasitas memori internal tersebut tentu memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai jenis file pada ponsel.

Sementara untuk Apple iPhone SE, media penyimpanan Apple iPhone SE hanya terdapat memori internal berkapasitas dua versi yaitu 16GB atau 64GB, masing-masing memiliki dukungan 2 GB RAM untuk penyimpanan aplikasi yang lebih banyak.

Kamera Apple iPhone 8 VS Apple iPhone SE

Dari segi kamera, untuk Apple iPhone 8, di bagian belakang bodinya bisa ditemukan kamera utama beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.8. Kamera dari Apple iPhone 8 ini juga sudah ditemani dengan fitur phase detection autofocus, OIS, dan quad LED flash.

Sementara itu, di bagian depannya terdapat kamera sekunder yang sangat mendukung aktivitas selfie dan video call karena hadir dengan resolusi 7 MP dan beraperture f/2.2. Kamera selfie Apple iPhone 8 yang juga dilengkapi dengan fitur face detection, HDR, dan panorama tersebut mampu menghasilkan video dengan kualitas [email protected] dan [email protected]

Fitur pendukung fotografi modern seperti 1/3” sensor size, geo-tagging, simultaneous 4K video dan 8MP image recording, touch focus, face/smile detection, serta HDR (photo/panorama) juga turut melengkapi spesifikasi iPhone 8 pada sektor ini.

Untuk Apple iPhone SE, Apple juga menyematkan kamera beresolusi 12 MP ke dalam iPhone SE. Kamera ini juga bisa merekam video 4K dengan kualitas sangat baik yang bisa digunakan untuk kebutuhan profesional. Sayangnya, kamera depannya masih menggunakan resolusi 1.2 MP seperti halnya kamera depan iPhone 5s.

Baterai Apple iPhone 8 VS Apple iPhone SE

Dari segi baterai, untuk Apple iPhone 8, kapasitas Baterai yang dibawa oleh smartphone ini sebesar 3000 mAh. Kapasitasnya yang besar membuatnya mampu bertahan seharian tanpa masalah. Tidak dilengkapi dengan fitur fast charging dan baterai tidak bisa dilepas, sehingga akan menyulitkan anda apabila ingin melakukan Hard Reset dengan melepas baterai.

Sementara untuk Apple iPhone SE, untuk ukuran baterai sebesar 1642 mAh ini secara teori baterai di iPhone SE mampu mengalahkan umur baterai di iPhone 6 dan iPhone 6s, setidaknya saat digunakan untuk browsing internet di jaringan 3G, 4G LTE, atau Wi-Fi.

Baterai iPhone SE mampu bertahan untuk 12 jam penggunaan internet 3G atau 13 jam di jaringan 4G LTE dan WiFi. Sementara baterai iPhone 6 dan iPhone 6s mampu bertahan 10 jam untuk internet 3G dan 4G LTE, serta 11 jam di jaringan Wi Fi.

Harga Apple iPhone 8 VS Apple iPhone SE

Dari segi harga, untuk Apple iPhone 8, ponsel ini belum dapat dipastikan harganya ketika rilis nanti. Namun, untuk ponsel keluaran Apple ini tentu harga yang dipasarkan cukup menguras kantong Anda nantinya.

Sementara untuk Apple iPhone SE, untuk kondisi barunya ponsel ini memasang harga di kisaran 6 jutaan. Untuk kondisi bekas, ponsel ini memasang harga di kisaran 5 jutaan.

Kelebihan dan Kelemahan Apple iPhone 8 VS Apple iPhone SE

Setelah melihat perbandingan spesifikasi antara Apple iPhone 8 VS Apple iPhone SE, kali ini kami akan membahas tentang kelebihan dan kelemahan kedua ponsel pintar ini.

Kelebihan Apple iPhone 8

1. Memiliki tampilan yang sangat mewah dengan body full metal aluminium yang akan memberikan kesan mewah bagi para penggunaya.

2. Aktif disosial media atau bermain game online akan terasa semakin lancar tanpa terkendala lelet dengan dukungan konektifitas 4G LTE

3. Membawa layar lebar 5,8 inci beresolusi 1080 x 1920 pixels yang saat nyaman digunakan, pasalnya tampilan layar jernih dan memanjakan mata

4. Ditambah lagi dengan penggunaan panel layar OLED yang mampu memberikan tampilan layar tajam dan jernih serta viewing anglenya juga lebih luas dari segala sisi.

5. Sebagai smartphone kelas atas iPhone 8 juga sudah dilengkapi dengan IP68 Certified tahan air dan debu

6. Selain itu juga sudah dilengkapi dengan fingerprint sensor yang akan menjadim keamanan data dari penggunaya.

7. Tampil kekinian dengan menjalankan sistem operasi terbaru Apple 11 yang suguhkan performa sangat smooth serta mendukung berbagai fitur terbaru

8. Memiliki kinerja yang powerfull karena ditenagai prosesor Apple 11 yang dikombinasikan dengan memori RAM besar mencapai 6 GB

9. Mampu digunakan untuk menyimpan banyak file dan aplikasi kesukaan kamu dengan penyimpanan internal luas yakni 64/128 GB.

10. Kemampuan fotografi canggih dengan Dual kamera utama beresolusi 12 MP + 12 MP yang dilengkapi fitur PDAF, OIS dan Dual LED Flash yang menyuguhkan hasil foto lebih berkualitas

11. Kamera depan beresolusi 8 MP yang sangat menunjang untuk foto selfie ataupun video call.

12. Baterai besar berkapasitas 3000 mAh lengkap dengan fitur Fast Charging untuk mengisi daya cepat. Jadi selain baterainya awet, isi daya juga sangat cepat.

Kelemahan Apple iPhone 8

1. Hanya dilengkapi dengan Singlle SIM saja, yang cukup merepotkan buat yang memiliki SIM Card lebih dari satu

2. Selain itu juga tidak dilengkapi dengan SLOT MicroSD untuk mengekspansi memori eksternalnya.

3. Foto selfie atau vidio call  ditempat gelap kurang maksimal karena kamera depan belum didukung dengan fitur LED Flash

Kelebihan Apple iPhone SE

Salah satu kelebihan yang paling diunggulkan oleh iPhone SE ini adalah spesifikasinya yang mantap. Walaupun desainnya terbilang jadul, namun spesifikasi smartphone ini bisa diadu dengan iPhone generasi terbaru, yakni iPhone 6s. Ya, smartphone yang satu ini sudah menggunakan prosesor Apple A9 yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 2 GB.

Dengan dapur pacu tersebut, smartphone ini mampu melahap berbagai macam aplikasi dan game dengan lancar tanpa hambatan sedikitpun. Menurut info yang kami peroleh bahwa performa dari iPhone SE ini 50 persen lebih baik dibandingkan dengan iPhone 5s. Ukurannya yang mungil juga membuat smartphone ini nyaman berada dalam genggaman tangan.

Selain itu iPhone SE juga memiliki fitur-fitur terbaru seperti yang ada pada iPhone 6s, mulai dari Live Phone sampai dengan 3D touch. Kamera yang dibawa oleh smartphone ini juga sangat mantap dan mampu menghasilkan tangkapan video dan foto dengan kualitas jempolan. Yang terakhir, harga smartphone ini juga lebih murah, yakni hanya 5 jutaan sampai dengan 6 jutaan

Kelemahan Apple iPhone SE

  • Baterai Non removable
  • Layar 4.0 inchi kekecilan namun buat kamu yang suka layar kecil gak masalah
  • tidak terdapat slot SD Card, namun bisa di akali dengan Pakai USB OTG atau simpan file secara online di icloud

Setelah melihat perbandingan spesifikasi antara Apple iPhone 8 VS Apple iPhone SE, kini Anda dapat memutuskan ponsel pintar mana yang memiliki spesifikasi yang lebih canggih. Jangan lupa untuk terus update informasi Anda seputar teknologi dan gaya hidup di laman Futureloka. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here