Dari namanya bisa diketahui bahwa smartphone ini merupakan anggota terbaru di jajaran keluarga “A” series milik Samsung sekaligus menjadi generasi penerus dari Samsung Galaxy A5 2016 yang sepertinya cukup sukses di pasaran pada tahun ini.

Samsung Galaxy A5 2017 sendiri pertama kali menunjukkan dirinya ke hadapan publik pada bulan Agustus yang lalu. Kini, identitas dari perangkat ini sedikit demi sedikit mulai terkuak sebab bocoran mengenai detail tampilan dan spesifikasi yang dibawanya sudah beredar di dunia maya.

Tampaknya tahun baru 2017 dimanfaatkan Samsung untuk kembali mempersiapkan sebuah phablet yang bertajuk Samsung Galaxy A7 2017. Phablet dari jajaran keluarga Galaxy A Series ini memang dipersiapkan oleh Samsung sendiri untuk meramaikan segmen kelas menengah.

Sebagai generasi penerus, tentu saja phablet besutan pabrik asal Negeri Ginseng ini akan membawa desain elegan khas Samsung salain itu juga Samsung Galaxy A7 2017 akan dibekali dengan beragam komponen spesifikasi yang gahar di kelasnya.

Kali ini Tim Futureloka akan membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy A5 VS Samsung Galaxy segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi HP Samsung Galaxy A5 VS Samsung Galaxy A7

Spesifikasi Samsung Galaxy A5

  • Ponsel Adopsi Desain Premium Pendahulunya

Desain yang dibawa oleh anggota terbaru di seri A ini memang tak jauh berbeda dengan milik pendahulunya. Dengan desain premium yang dimilikinya membuatnya terlihat menawan dengan bezel pada layar yang terlihat tipis.

Selain, itu bagian belakang bodi dari Samsung Galaxy A5 2017 ini juga sepertinya masih mempertahankan material kaca dan frame metal yang hadir dalam warna hitam, biru, emas dan pink seperti bocoran yang baru-baru ini beredar.

Sedangkan untuk sensor fingerprint juga tampaknya masih akan tertanam pada tombol home di bagian depan. Peningkatan pun diberikan pada handset ini dengan dimilikinya IP67 certified yang mengklaim bahwa perangkat ini mampu bertahan dalam air dan debu.

Bahkan fitur water resistantnya mampu membuatnya tahan dalam air di kedalaman 1 meter selama 30 menit. Menghiasi bagian visualnya dilengkapi dengan salah satu jenis layar terbaik dengan kekayaan warnanya.

Layar ini mampu menghasilkan resolusi Full HD sehingga tampilannya terlihat lumayan jernih dan tajam. Layar yang tersemat pada spesifikasi Samsung Galaxy A5 2017 ini juga telah dioptimalkan dengan proteksi mumpuni sehingga aman terhadap goresan dan benturan.

a5-2017-2

  • Performa Tangguh dan RAM Besar

Sektor ini ternyata tak kalah menarik karena dibekali dengan komponen-komponen hardware berkualitas tinggi. Hal ini karena bagian dapur pacu dari Samsung Galaxy A5 2017 ini akan dipersenjatai dengan mesin teranyar serta memang untuk smartphone dengan kelas menengah.

Belum lagi kehadiran RAM berkapasitas besar yang turut mengoptimalkan kinerja dari Samsung Galaxy A5 2017 ini karena mendukung jalannya aktivitas multitasking dengan lancar dan responsif.

Untuk urusan pengolahan grafisnya sendiri hingga kini belum diketahui jenis kartu garfish yang digunakan. Samsung bisa saja menggunakan kartu grafis seperti pada generasi sebelumnya.

Namun, yang pasti untuk menjalankan semua komponen yang tersemat pada spesifikasi Samsung Galaxy A5 2017 tersebut, ponsel ini mengandalkan sistem operasi Andorid terbaru sehingga kinerjanya tak perlu diragukan lagi.

  • Storage Ekstra Luas Dilengkapi Slot microSD 

Performa yang tangguh tentu menjadi kurang sempurna jika tidak didukung dengan ruang penyimpanan yang memadai sebab seluas apa storage yang dimiliki oleh ponsel biasanya akan mempengaruhi operasionalnya.

Untuk urusan yang satu ini, Samsung sengaja menghadirkan ruangan extra luas dengan bekalan memori internal besar pada Samsung Galaxy A5 2017 ini. Kapasitas memori internal yang dimiliki oleh smartphone terbaru Samsung ini tentu tak hanya mampu mengcover file sistem saja, tetapi juga menyediakan ruangan yang leluasa bagi pengguna untuk menyimpan koleksi file hiburan milikinya.

Tak puas dengan itu, Samsung Galaxy A5 2017 ini juga didukung dengan slot microSD yang bisa mendukung perluasan ruang penyimpanan hingga kapasitas maksimal. Sehingga pengguna dari ponsel ini nantinya akan sangat terbantu dalam urusan simpan menyimpan file, mengingat sektor penyimpanan dari spesifikasi Samsung Galaxy A5 2017 ini tergolong mumpuni. Berikut spesifikasinya :

  • Layar
5.2 inci Super AMOLED Capacitive , 1080 x 1920 Pixel
  • Bodi
Frame Metal + Backcover Glass , Sertifikasi IP 68
  • Jaringan
GSM , 3G , HSDPA , HSPA+ , 4G LTE
  • Sistem Operasi
Android v6.0 Marshmallow
  • Chipset
CPU Exynos 7880 + GPU Mali-T830MP3
  • Memori
RAM : 3 GB , Internal : 32 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
16 MP , OIS , LED Flash &  Autofocus
  • Kamera Depan
16 MP
  • Sensor
Fingerprint, Proximity , Accelerometer , Ambient Light ,
  • Warna
Black Sky, Gold Sand, Blue Mist, Peach Cloud
  • Baterai
Li ion 3000 mAh , Non Removable , Fast Charging

Spesifikasi Samsung A7

  • Phablet Kelas Premium dengan Layar Luas

Phablet besutan Samsung ini hampir memiliki ketebalan yang mirip dengan generasi sebelumnya di mana sama-sama mengusung bodi yang cukup tipis. Hal tersebut tak lepas dari ukuran dimensi dari Galaxy A7 2017.

Dengan membawakan desain yang khas dan sentuhan mewah, tentu saja pengguna Samsung Galaxy A7 2017 ini akan semakin tampil percaya diri. Selain itu, perangkat canggih ini akan mengusung layar yang sedikit lebih lebar dari generasi pendahulunya.

Menariknya, dengan dibekalinya panel terbaik pada layarnya dan membawa resolusi Full HD yang tentu saja Samsung Galaxy A7 2017 ini akan membuat penggunanya bisa menikmati pemandangan layar yang sangat tajam dan berkualitas tinggi.

Kehebatan tak tertandingi dari teknologi layar Samsung Galaxy A7 2017 yang super canggih tersebut akan semakin terlindungi dan terjaga dengan adanya sistem proteksi layar Corning Gorilla Glass yang sanggup menahan segala goresan termasuk benda tajam.

  • Sekot Dapur Pacu Andalkan dan RAM Besar

Jika secara fisik tak membawa banyak perubahan namun spesifikasi Samsung Galaxy A7 2017 pada bagian ruang dapur pacu pun menawarkan pembaruan yang tentunya berkualitas lebih baik dari generasi sebelumnya.

Dengan kombinasi dari kedua hardware pada ruang mesin tersebut, tentu akan membuat phablet besutan Samsung ini mampu bekerja lebih maksimal dan stabil. Selain itu, phablet premium ini juga akan didukung oleh RAM berkapasitas besar.

a7-2017-2

Samsung Galaxy A7 2017 ini pastinya akan tetap tangguh menjalankan segala aplikasi dengan lancar tanpa hambatan. Sementara itu, untuk urusan gaming dan grafisnya, phablet Samsung seri Galaxy A7 versi 2017 ini mempercayakan pengolah grafisnya yang akan memberikan tampilan grafis berkualitas tinggi untuk menjalankan game atau memutar video dengan kualitas Full HD.

Apabila pada Galaxy A7 versi lama masih menggunakan platform Android Lollipop maka pada spesifikasi Samsung Galaxy A7 2017 ini berjalan pada sistem operasi Android dengan segudang fitur yang memiliki lebih banyak fitur seru.

  • Dibekali Ruang Penyimpanan Luas dengan Memori Internal Berkapasitas Besar

Tentunya Galaxy A7 versi 2017 ini akan dibekali dengan kapasitas ruang penyimpanan yang longgar. Kapasitas memori internal yang ditanamkan pada smartphone Samsung seri Galaxy A7 2017 ini memiliki kapasitas yang lebih luas dari pendahulunya.

Untuk ukuran smartphone modern, storage pada Samsung Galaxy A7 2017 tersebut bisa dibilang cukup luas di kelasnya. Dengan adanya memori internal tersebut maka kawan Begawei bisa menyimpan berbagai jenis file, baik itu file audio video, game, atau aplikasi yang membutuhkan space memori yang sangat besar.

Tak sampai di situ saja, sektor ruang penyimpanan dari Samsung Galaxy A7 2017 ini juga dibekali dengan slot memori eksternal yang mampu menampung kartu microSD hingga kapasitas maksimal.

Kehadiran slot memori eksternal ini sangat berguna unutk yang menginginkan ruang penyimpanan yang lebih luas. Berikut spesifikasi lengkapnya :

  • Layar
5.7 inci Super AMOLED Capacitive , 1080 x 1920 Pixel
  • Bodi
156.8 x 77.6 x 7.9 mm, 186g, Metal Glass
  • Jaringan
GSM , 3G , HSDPA , HSPA+ , 4G LTE Cat 6
  • Body
Frame Metal + Backcover Glass , Sertifikasi IP 68 : Tahan Air
  • Sistem Operasi
Android v6.0 Marshmallow
  • Chipset
CPU Exynos 7870 + GPU Mali-T830MP2
  • Memori
RAM : 3 GB , Internal : 32 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
16 MP , F/1.9 , OIS , PDAF , dan LED Flash
  • Kamera Depan
16 MP , F/1.9
  • Sensor
Fingerprint, Proximity , Accelerometer , Ambient Light
  • Warna
Black Sky, Gold Sand, Blue Mist and Peach Cloud
  • Baterai
Li Po 3600 mAh , Non Removable , Fast Charging

Perbandingan Hasil Kamera HP Samsung Galaxy A5 VS Samsung Galaxy A7

Lini Fotografi Canggih Bersenjata Dual Kamera 16 MP

Pada sektor fotografi dari spesifikasi Samsung Galaxy A5 2017 nampaknya sudah mengalami peningkatan disbanding generasi sebelumnya. Samsung menghadirkan dua buah kamera berspesifikasi tinggi yang tentu akan menjadi daya tarik utamanya untuk mencuri hati para konsumen.  Ini bisa dilihat pada bekalan kamera utama dari Samsung Galaxy A5 2017 yang beresolusi 16 MP yang tersemat pada bagian punggungnya.

Kamera ini pun sudah ditemani dengan fitur OIS, autofocus, dan LED flash sehingga selain bisa digunakan untuk menghasilkan foto pada kondisi minim cahaya dan sedikit goncangan, foto yang dihasilkan juga tampak berkualitas karena minim blur.

Kamera dari Samsung Galaxy A5 2017 ini pun mampu merekam video dengan kualitas jernih. Sementara itu, dibagian depannya tersemat kamera sekunder yang menakjubkan beresolusi 16 MP.

Kamera tersebut tentu akan memanjakan para pengguna yang hobi berswafoto karena sangat mumpuni untuk menghasilkan foto selfie serta mengakses video call dan mendukung video full HD. Fitur pendukung kamera modern lainnya  juga turut melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy A5 2017 pada sektor ini.

kamera-samsung-galaxy-a5-2017

Duet Kamera Beresolusi 16 MP Hasilkan Jepretan Foto Jernih

Di zaman yang serba maju dan berkembang seperti saat ini, kemampuan fotografi pada suatu perangkat ponsel memang menjadi salah satu bagian yang cukup vital karena menjadi faktor penentu kualitas sebuah gadget.

Seakan ingin memenuhi kebutuhan fotografi penggunanya maka Samsung Galaxy A7 2017 ini pun hadir dengan sepasang kamera berkemampuan cukup baik. Pada perangkat ini, penggunanya bisa memanfaatkan dua buah kamera (belakang dan depan) yang sama-sama memiliki ketangguhan dengan resolusi 16 MP.

Dengan kamera tersebut, pengguna pun bisa menghasilkan foto yang begitu tajam dn jernih. Selain itu, fitur touch focus juga sudah disematkan pada kamera tersebut yang akan membuat hasil foto Samsung Galaxy A7 2017 semakin optimal karena berfungsi untuk meningkatkan titik fokus saat mengambil gambar.

Kemudian, kamera belakang dari phablet garapan Samsung ini dilengkapi juga dengan fitur LED Flash yang akan lebih mengoptimalkan pengaturan pencahayaan yang bagus. Tak sebatas menghasilkan foto berkualitas, kamera utama pada Samsung Galaxy A7 2016 ini juga bisa membantu dalam menghasilkan video dengan resolusi Full HD.

Sementara itu, pada bagian depan perangkat ini akan mendapati kamera sekunder beresolusi sama dengan kamera belakang, yaitu 16 MP. Kamera depan pada spesifikasi Samsung Galaxy A7 2017 tersebut juga bakal mampu untuk memberikan hasil rekaman video yang berkualitas tinggi.

Perbandingan dari Segi HargaHP Samsung Galaxy A5 VS Samsung Galaxy A7

Harga Samsung Galaxy A5 2017 untuk bulan ini masih stabil diangka 4,5 Jutaan. Sedangkan untuk harga bekasnya masih 3,5 Jutaan. Untuk harga 4,4 jutaan Samsung Galaxy A5 2017 kami rasa sangat masuk akal karena smartphone ini sudah dibekali dengan spesifikasi yang sangat istimewa.

Sedangkan, harga Samsung Galaxy A7 2017 untuk bulan ini mengalami sedikit penurunan menjadi 5,6 Jutan dari bulan lalu yang berada ddiangka 5,7 jutaan. Sedangkan untuk harga bekasnya masih berada dikisaran 4,8 Jutaan. Dan untuk harga yang ditawarkan rasa Samsung Galaxy A7 2017 ini sangat sesuai dengan spesifikasi yang dibawanya.

Perbandingan dari Segi Baterai HP Samsung Galaxy A5 VS Samsung Galaxy A7

Baterai Berkapasitas 3.000 mAH

Menilik kembali pada komponen-komponen unggulan yang menghiasi spesifikasinya maka bisa dikatakan jika konsumsi daya dari perangkat ini tentu akan lumayan besar. Tak salah sepertinya jika Samsung membenamkan bateray Lithium Ion berkapasitas 3.000 mAH pada Samsung Galaxy A5 2017 ini.

Baterai tersebut selain cukup awet juga mampu mendukung berbagai macam aktivitas dalam waktu seharian penuh. Sayangnya, tipe baterai yang dipakai oleh Samsung Galaxy A5 2017 ini adalah non-removable sehingga tidak bisa dilepas.

Namun, menariknya sektor pemasok daya ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging sehingga mendukung pengisian daya secara lebih efisien. Sektor daya spesifikasi Samsung Galaxy A5 2017 ini nampaknya juga dapat dikatakan memadai.

a7-2017-1

Kebutuhan Daya Disokong Baterai Li-Ion 3600 mAh

Jika melihat spesifikasi pada masing-masing sektornya maka kita bisa memperkirakan bahwa phablet terbaru buatan Samsung ini tak diragukan lagi akan membutuhkan suplai daya yang cukup besar.

Samsung Galaxy A7 2017 ini dipersenjatai dengan komponen-komponen canggih berkualitas tinggi. Oleh sebab itu maka Samsung pun akan membekali Samsung Galaxy A7 2017 ini dengan baterai yang berkapasitas besar, yaitu dengan menyematkan baterai dari jenis Li-Ion (Lithium Ion) yang memiliki kapasitas daya 3600 mAh.

Jadi, bisa dipastikan bahwa baterai yang disematkan pada spesifikasi Samsung Galaxy A7 2017 ini akan mampu menunjang kebutuhan daya yang cukup memadai pada setiap komponen yang diusungnya.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy A5 VS Samsung Galaxy A7 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat.

Kedua smartphone terbaik asal Korea dan merupakan salah satu A Series terbaik ini tidak luput dari kekurangan, namun bukan berarti tidak memiliki kelebihan. Pilihlah smartphone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here