Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J1 VS iPhone 5 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

coverrrrrr

Hallo guys balik lagi nih bareng futureloka, kali ini kami akan membahas tentang perbandingan kedua product hp yaitu product dari Apple dan Samsung. Kalian semua juga pasti sudah tidak asing lagi kan dengan kedua product tersebut karna kedua product tersebut banyak diminati oleh masyarakan Indonesia. Berhubung Apple dan Samsung adalah pesaingan yang cukup ketat pasalnya mereka berlomba-lomba untuk memunculkan product hp terbaru dan tercanggih.

Nah untuk sekarang kita bahas adala Samsung Galaxy J1 yaitu hp dari product Samsung dan iPhone 5 yaitu dari product Apple. Jika kamu yang berminat kedua hp tersebut untuk menjadikan pilihan atau jika kalian yang sudah memilikinya namun belum mengetahui tentang spesifikasi lengkapnya, tenang saja karna kami tim futureloka akan bantu menjawabnya. Yuk langsung saja kita bahas bersama.

Perbandingan Segi Harga HP Samsung Galaxy J1 VS iPhone 5

Harga Samsung Galaxy J1

Harga yang kami peroleh dari hasil pencarian melalui toko online berbasis aplikasi seperti Lazada dan Tokopedia harga hp baru untuk Samsung Galaxy J1 berkisaran Rp.1.000.000,00- wah cukup terjangkau bukan? namun harga di setiap toko pasti berbeda-beda ya guys dan harga pun sewaktu-waktu dapat berubah dengan adanya ketentuan promosi di setiap toko atau adanya product terbaru yang membuat product lama menurun harga jualnya.

Harga iPhone 5

Harga yang kami peroleh dari hasil pencarian melalui toko online berbasis aplikasi seperti Lazada dan Tokopedia harga hp baru untuk hp baru iPhone banyak ragamnya, pasalnya iPhone 5 memiliki memori yang berbeda-beda dengan harga yang berbeda-beda pula. Berikut daftar kisaran harga untuk iPhone 5:

  • iPhone 5 16GB (baru) Rp.1.200.000,00- (bekas) Rp.800.000,00-
  • iPhone 5 32GB (baru) Rp.1.800.000,00- (bekas) Rp.1.300.000,00-
  • iPhone 5 64GB (baru) Rp.2.300.000,00- (bekas) Rp.1.600.000,00-

Untuk harga bekas tergantung kondisi hp tersebut, bila kondisi hp masih mulus, lengkap, dan tidak ada kerusakan sama sekali maka harga jualnya masih tinggi di pasaran guys.

Perbandingan Segi Kamera Samsung Galaxy J1 Vs iPhone 5

Kamera Samsung Galaxy J1

Samsung Galaxy J1 memiliki dua buah kamera. Di sisi belakang Samsung Galaxy J1 terdapat kamera 5 MP. Dengan hasil jepretan beresolusi 2592 х 1944 pixels yang juga didukung oleh pencahayaan yang baik melalui LED flash, kamu pasti akan lebih senang mengabadikan moment berharga bersama orang tersayang. Selain handal dalam menghasilkan foto, kamera pada spesifikasi Samsung Galaxy J1 tersebut juga cukup handal untuk menghasilkan video dengan resolusi 720p pada 30fps. Sementara itu, pada bagian depan ponsel, kamu juga bisa memanfaatkan kamera 2 MP untuk foto selfie. Berikut adalah hasil jepretan kamera Samsung Galaxy J1.

samsung galaxy j1-2

Kamera iPhone 5

Untuk iPhone 5 kamera utama resolusi 8 MP yang dapat menghasilkan foto beresolusi 3264 x 2448 pixels ini semakin melengkapi smartphone ini. Kamera resolusi 8 MP ini dapat menghasilkan ketajaman gambar dan detail gambar yang luar biasa. Kamera ini juga dapat menghasilkan video dengan kualitas 1080p dengan 30 frame per detiknya. Sedangkan kamera depannya IPhone 5 memiliki resolusi 1.2 MP yang menghasilkan video 720 p dengan 30 frame per detik dilengkapi dengan fitur face detection dan FaceTime over Wi-Fi or Cellular. Sedangkan pada kamera utamanya spesifikasi IPhone 5 dilengkapi dengan fitur 1/3.2” sensor size, 1.4 µm pixel size, simultaneous HD video and image recording, touch focus, geo-tagging, face detection, panorama, HDR yang membuat kalian senang saat mengabadikan moment berharga kalian. Berikut adalah hasil jepretan kamera iPhone 5.

kamera iphone 5

Perbandingan Segi Spesifikasi HP Samsung Galaxy J1 VS iPhone 5

Spesifikasi HP Samsung Galaxy J1

samsung

Segi Layar dan Body

Samsung Galaxy J1 hadir dengan layar berukuran 4.3 inci saja. Sehingga dimensi keseluruhannya pun hanya mencapai 129 mm x 68.2 mm x 8.9 mm dengan berat 122 gram. Jadi, tipe yang satu ini memang lebih leluasa untuk digenggam, karena bodinya tidak terlalu besar. Karena layar Samsung Galaxy J1 berjenis capacitive touchscreen, otomatis akan membawa fungsi multitouch, sehingga bisa mendeteksi komando dari multi jari. visual yang dihadirkan oleh Samsung Galaxy J1 resolusinya cukup terbatas, hanya 480 x 800 pixels. Dengan kerapatan gambar yang tergolong kecil juga, yakni 217 ppi pixel density, membuat visual yang ditampilkan memang sedikit pecah.   Secara fisik, Samsung juga memang belum membekali spesifikasi Galaxy J1 ini dengan perlindungan anti gores.

Segi Dapur Pacu

Samsung Galaxy J1 menggunakan chipset buatan China, yaitu Spreadtrum. Chipset yang satu ini diklaim cukup agresif dalam menggeber ponsel kelas low end. Prosessornya yang mengandalkan dua inti (dual core)  1.2 GHz Cortex-A7 berkolaborasi dengan RAM yang kapasitasnya cukup kecil, 512 MB. Jadi tak perlu heran jika Samsung Galaxy J1 tidak begitu bertenaga. Namun hal tersebut cukup terbantu dengan kehadiran sistem operasi Android Kitkat, yang mampu meningkatkan kinerja mesin, sehingga ponsel berjalan lebih responsif, walaupun harus menjalankan multitasking. Urusan grafis, Samsung menyerahkan kepada GPU Mali-400.

Segi Memori

Samsung Galaxy J1 ini bahkan dibekali kapasitas memori yang extra luas. Memori bawaannya (internal) berkapasitas 4 GB. Bila anda merasa kapasitas tersebut belum cukup mampu menampung file-file penting, maka kamu bisa memanfaatkan card slot untuk menambah kapasitasnya. Dengan bantuan card slot pada spesifikasi Galaxy J1 tentunya memori akan bisa diperbesar maksimal hingga 128 GB.

Segi Koneksi

Samsung Galaxy J1 ini memang belum mampu menjangkau koneksi 4G karna kamu bisa memanfaatkan koneksi 3G yang kecepatannya juga tinggi. Dengan kecepatan HSPA, Samsung Galaxy J1 mampu melakukan download dengan kecepatan  21.1 Mbps. Sementara upload bisa berjalan hingga 5.76 Mbps. Samsung Galaxy J1 juga asyik menggunakan WiFi yang bakal menjadi hal yang keren. Handset ini memang memiliki jenis koneksi WiFi yang beragam, seperti Wi-Fi Direct dan hotspot.

Segi Baterai

Samsung Galaxy J1 dilengkapi dengan dengan baterai Li-Ion sebagai pemasok daya. Kapasitas yang dimiliki baterai tersebut adalah 1850 mAh.

  • SPEK
Samsung Galaxy J1
  • Layar
4,3 inci TFT Capacitive , 480 x 800 Pixel
  • Jaringan
3G, HSDPA, HSDPA+
  • Body
129 x 68.2 x 8.9 mm, 122 Gram, Polycarbonat
  • Sistem Operasi
Android 4.4.4 KitKat
  • CPU
DualCore 1.2 Ghz Cortex-A7
  • Memori
RAM : 512 MB , Internal : 4 GB , MicroSD : up to 64 GB
  • Kamera Belakang
5 MP , LED Flash , Autofocus
  • Kamera Depan
2 MP
  • Sensor
 Accelerometer , Ambient Light
  • Warna
 Hitam, Putih, Biru
  • Baterai
Li ion 1850 mAh

Kelebihan HP Samsung Galaxy J1:

  • Harga yang cukup murah.
  • Sudah Mendukung 3G / HSDPA untuk akses internet cepat.
  • Layar 4,3 inchi dengan resolusi WVGA 480 x 800 pixels.
  • Mendukung Dual SIM.
  • Sudah ber OS Android KitKat.
  • Kamera Utama 5MP disertai dengan autofokus dan LED Flash.
  • Kamera Depan 2 MP.
  • Baterai berkapasitas cukup besar dengan 1850 mAh.

Kelemahan HP Samsung Galaxy J1:

  • Masih menggunakan Material berupa Plastik.
  • RAM cuma 512 MB saja kami rasa cukup kecil.
  • Memori internal kecil hanya 4 GB.

Spesifikasi HP iPhone 5

hp iphone 5

Segi Layar dan Body

iPhone 5 memiliki dimensi 123.8 x 58.6 x 7.6 mm dengan bentuk fisik persegi panjang. Smartphone yang tipis ini memiliki berat hanya 112 gram sehingga cukup ringan dan mudah untuk di genggam. SIM Card pada Iphone 5 ini menggunakan Nano-Sim yang ukurannya jauh lebih kecil dari pada sim card normal. Pada tipe layarnya sendiri dibekali dengan LED Backlit IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan 16 juta warna. Kualitas dan kejernihan gambar yang dihasilkan layar smartphone berukuran 4 inci dengan tingkat kedalaman warna 326 ppi pixel density ini sangat tinggi. Kamu dapat mengetesnya dengan melihat tampilan menu dan aplikasinya maka akan terlihat jernih dan tajam. Spesifikasi IPhone 5 juga dilengkapi fitur multitouch sehingga dapat mendeteksi lebih dari satu jari pada layar. Untuk perlindungan layar dari goresan ada fitur Corning Gorilla Glass, oleophobic coating  pada layarnya.

Segi Dapur Pacu

iPhone 5 memiliki prosesor Dual Core 1.3 GHz Swift (ARM v7-based) yang cepat dalam mengakses berbagai aplikasi pada Iphone 5. Sedangkan Graphic Proceesing Unit pada smartphone IPhone 5 ini berkualitas tinggi yaitu PowerVR SGX 543MP3 (Triple Core Graphics), kamu akan merasakan sensasi berbeda ketika memainkan HD Gaming pada smartphone ini. Kualitas tampilan dan GPU tinggi akan menjamin kecepatan dan kenyamanan kamu dalam memainkan HD Gaming tanpa terjadi lag. RAM 1 GB DDR 2 yang dipasang pada spesifikasi IPhone 5 juga dapat lancar untuk digunakan dalam proses multitasking.

Segi Koneksi

iPhone 5 memiliki keunggulan kelengkapan konektivitas untuk menunjang spesifikasi standar pada pablet. Dimulai dari koneksi EDGE dan GPRS, ditambah lagi dengan DC-HSDPA, 42 Mbps, HSUPA, 5.76 Mbps, LTE 100 Mbps , EV-DO Rev.A up to 3.1. Mbps menjadikan gadget ini memiliki berbagai opsi koneksi yang dapat anda gunakan secara optimal. Untuk jaringan Wi-Fi sendiri IPhone 5 dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot yang dapat mendukung anda untuk mengakses internet dimana ada koneksi WiFi secara maksimal dan cepat. Bluetooth v4.0 pada spesifikasi Iphone 5 memungkinkan anda untuk transfer data antar perangkat lebih cepat.

Segi Memori

iPhone 5 memiliki kapasitas memori internal yang istimewa yaitu antara 16/32/64 GB pada Iphone 5 ini.  Kapasitas memori yang tinggi tentunya juga akan melengkapi kinerja dapur pacu yang tangguh pada smartphone ini.

Segi Baterai

iPhone 5 memiliki daya baterai non-removable yang tidak dapat dilepas dari gadget. Untuk kapasitas daya baterainya sendiri handphone dari Apple ini memiliki kapasitas baterai sebanyak 1440 mAh.

  • SPEK
iPhone 5
  • Layar
4 inci LED-backlit Capacitive , 640 x 1136 Pixel
  • Body
123.8 x 58.6 x 7.6 mm, 112 gram, Full Metal
  • Jaringan
3G HSDPA, 4G LTE
  • Sistem Operasi
iOS 6
  • Chipset
CPU Apple A6 + GPU PowerVR SGX 543MP3
  • Memori
RAM : 1 GB , Internal : 32/64 GB , MicroSD : No
  • Kamera Belakang
8 MP , Autofocus, LED Flash
  • Kamera Depan
1,2 MP
  • Sensor
Proximity , Accelerometer , Compas , Gyro
  • Warna 
Black/Slate, White/Silver
  • Baterai
Li Po 1440 mAh, Non-Removable

Kelebihan HP iPhone 5:

  • Desain elegan dengan balutan material kaca dan Alumunium.
  • Koneksi internet cepat 4G LTE.
  • Layar 4,0 inci yang cukup nyaman saat dioperasikan atau digenggam dengan satu tangan.
  • Panel Layar LED-backlit IPS LCD yang menyuguhkan tampilan layar jernih.
  • Banyak koleksi game dan aplikasi keren di app store.
  • Prosesor Apple A6, Dual-core 1.3 GHz Swift (ARM v7-based).
  • RAM 1 GB untuk kinerja lebih smooth dan minim lag.
  • Banyak pilihan memori internal 16/32/64 GB.
  • Kamera utama 8 MP.

Kekurangan HP iPhone 5:

  • Hanya mendukung single SIM saja.
  • Tidak ada slot MicroSD untuk mengekspansi memori eksternalnya.
  • Kamera depan hanya 1,2 MP saja.
  • Baterai hanya 1440 mAh yang kapasitasnya cukup kecil.

Yup diatas adalah perbandingan antara hp Samsung Galaxy J1 vs iPhone 5, lebih bagus mana menurut kalian? jawabannya tergantung selera masing-masing ya guys, jika kamu ingin memilih hp lebih baik kalian mencari tahu dulu spesifikasi lengkapnya supaya menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu caranya kamu bisa membaca artikel lain dari futureloka guys.

Yup cukup sekian untuk artikel kali ini mohon maaf juga ada kesalahan dalam penulisan semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk kalian yang membaca, sampai ketemu di artikel selanjutnya ya teman-teman!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here