iphone_se

Apple iPhone SE adalah inovasi terbaru Apple yang rilis pada Maret 2016 silam. Ponsel pintar ini khusus diciptakan bagi pengguna Apple fanboys (sebutan bagi penggemar produk Apple) yang menginginkan smartphone dengan layar yang kecil ala iPhone 5 namun dengan spesifikasi yang terkini seperti iPhone 6.

Sedangkan Samsung Galaxy J5 adalah pembaharuan dari seri Galaxy J sebelumnya. Smartphone yang memiliki kualitas kamera belakang sebesar 13 megapiksel ini menjadi salah satu anak emas Samsung Galaxy.

Banyak pengguna smartphone yang penasaran dengan spesifikasi keduanya Tak hanya itu, banyak juga yang membanding-bandingkan kedua smartphone ini mana yang lebih baik serta sesuai.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini tim Futureloka akan membahas tentang perbandingan smartphone mana yang lebih bagus antara Samsung Galaxy J5 dan  Apple iPhone SE dari segi harga, kamera, dan spesifikasi yang berhasil kami rangkum.

Perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy J5 VS  Apple iPhone SE

Juni 2015 Tanggal rilis Maret 2016
142 x 73 x 7,9 mm Dimensi 123 x 58 x 7,6 mm
149 g Bobot 113 g
Black, White, Gold Warna Space Gray, Silver, Gold, Rose Gold
Android 6.0.1 OS iOS 9 upgradable to iOS 10
RAM 1,5 GB

Internal 16 GB

Eksternal up to 128 GB

Memori RAM 2 GB

Internal 16, 32, 64, 128 GB

Eskternal –

5 inci Ukuran 4 inci
2600 mAh Baterai 1624 mAh
Depan 5 MP

Belakang 13 MP

Kamera Depan 1,2 MP

Belakang 12 MP

GPRS, EDGE, 3G, 4G Jaringan GPRS, CDMA, HSPA, EVDO, LTE
1080 x 1920 pixels Resolusi 1640 x 1136 pixels
Dual SIM, Micro SIM SIM Micro SIM
+/- Rp1.900.000,- Harga +/- Rp3.799.000,-
Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410  Chipset Apple A9

Dimensi, Desain, dan Layar

Dari segi dimensi dan layar, Apple iPhone SE memiliki ukuran yang lebih kecil dari Samsung Galaxy J5. Apple iPhone SE hanya dibekali dengan lebar layar sebesar 4 inci saja.

Sedangkan pesaingnya, Samsung Galaxy J5 dibekali dengan lebar layar sebesar 5 inci yang cocok untuk penggemar smartphone dengan layar besar.

Dari segi desain, kedua smartphone ini memiliki desain yang elegan dan berkelas. Samsung Galaxy J5 dengan pilihan warna hitam, putih, atau emas dan Apple iPhone SE dengan pilihan warna space gray, silver, gold atau rose gold.

Memori

Dari segi memori, Samsung Galaxy J5 dibekali dengan RAM sebesar 1,5 GB sedangkan Apple iPhone SE lebih unggul dengan kapasitas RAM sebesar 2 GB. Untuk memori internal, kedua smartphone ini dibekali dengan memori bawaan yang cukup besar yakni sebesar 16 GB.

Apple iPhone SE yang tidak memiliki eksternal dibekali dengan memori internal mulai dari 16 GB hingga 128 GB. Sedangkan untuk memori eksternal Samsung Galaxy J5, ponsel ini mampu menampung hingga 128 GB.

Dengan memori internal dan eksternal yang dapat menampung kapasitas yang sangat besar itu membuat kedua smartphone ini dapat digunakan untuk menyimpan semua data dan aplikasi hanya dalam satu ponsel pintar saja.

Kamera

Dari segi kamera, Apple iPhone SE hanya tertinggal 1 megapiksel saja dari pesaingnya yaitu sebesar 12 megapiksel sementara Samsung Galaxy J5 dibekali dengan kamera sebesar 13 megapiksel. Dengan kapasitas kamera sebesar itu tentu dapat menghasilkan hasil foto yang jernih dan berkualitas dan kaya warna tanpa takut hasil kamera akan pecah setelah di-zoom.

Untuk kamera depan, Apple iPhone SE hanya dibekali dengan kamera sebesar 1,2 megapiksel saja. Kualitas kamera depan yang sangat rendah untuk ukuran smartphone khususnya iPhone. Sedangkan pesaingnya, Samsung Galaxy J5 sudah dibekali dengan kamera depan sebesar 5 megapiksel yang dapat digunakan untuk melakukan swafoto.

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy J5 VS  Apple iPhone SE

Hasil kamera belakang Samsung Galaxy J5

Super AMOLED Samsung Galaxy J5

Hasil kamera belakang Apple iPhone SE

Setelah melihat perbandingan hasil kamera kedua smartphone di atas, hasil kamera belakang Samsung Galaxy J5 terlihat jernih dan tidak pecah, smartphone yang dilengkapi dengan auto focus ini juga menghasilkan gambar yang terlihat sama dengan aslinya.

Meskipun tertinggal 1 megapiksel dengan pesaingnya, Apple iPhone SE membuktikan kualitas kamera yang dimilikinya. Dengan gambar yang tajam serta perpaduan warna yang seimbang membuat kamera belakang ponsel pintar ini digandrungi oleh pengguna smartphone.

Perbandingan Harga Samsung Galaxy J5 VS  Apple iPhone SE

Dari segi harga, Samsung Galaxy J5 mematok harga yang cukup ramah di kantong yaitu di bawah 2 jutaan atau di kisaran 1,9 jutaan saja. Harga yang cukup terjangkau untuk dapat memiliki smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni serta up to date.

Berbeda jauh dengan pesaingnya, Apple iPhone SE memasang harga di kisaran 3 jutaan untuk Apple iPhone SE seri 16 GB yakni sekitar 3,7 juta. Harga yang cukup murah bagi produk Apple.

Perbandingan Baterai Samsung Galaxy J5 VS  Apple iPhone SE

Dari segi baterai, Apple iPhone SE dibekali dengan kapasitas baterai yang jauh lebih kecil dari pesaingnya yakni hanya sebesar 1624 mAh. Kapasitas baterai yang dapat dibilang sangat kecil untuk ukuran smartphone di era yang semua serba smartphone ini.

Berada jauh di depan pesaingnya, Samsung Galaxy J5 yang hanya dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 2600 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, Samsung Galaxy J5 ini memiliki kapasitas baterai yang cukup besar tanpa khawatir akan low battery.

Bagaimana soal ulasan yang diberikan tim Futureloka? Kamu termasuk tim Samsung atau tim iPhone. Jangan lupa untuk terus update informasi Anda seputar teknologi dan gadget di laman Futureloka.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, ya!

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here