Perbandingan Bagus Mana HP Vivo Y15 VS Oppo Joy segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Perkembangan dunia smartphone memicu vendor baru bermunculan demi meraup keuntungan dengan berbagai tipe produk yang ditawarkan. Termasuk vendor asal Tiongkok yaitu Vivo. Produk Vibo sudah dijual secara internasional dan memiliki konsumen dari berbagai negara. Salah satu produk high end yang cukup dikenal yaitu seri Vivo Xplay3S. Namun Vivo tak hanya bergerak memproduksi smartphone menengah keatas ada pula seri ponsel murah yang akan detekno bahas kali ini yaitu seri Vivo Y15.

Harga Vivo Y15 yang tergolong terjangkau memiliki spesifikasi yang cukup baik. Dengan body simple namun elegan, ponsel ini dapat menjadi magnet trend terbaru di Indonesia. Menu navigasi dan tombol home berbentuk simple sehingga mudah digunakan deteknokers. Terlebih body plastik yang solid mampu menyajikan daya tahan yang baik terhadap benturan. Selain karena harga Vivo Y15 yang murah, ponsel ini memiliki kemampuan kamera yang lumayan bagus karena mengusung pixel besar didalamnya.

Sementara itu, Oppo Joy merupakan smartphone yang termasuk dalam kategori menengah yang siap menambah daftar saingan dalam dunia smartphone. Smartphone yang merupakan besutan dari vendor asal China ini mampu meramaikan pasar jual beli smartphone di Nusantara ini dengan mengeluarkan berbagai macam produk unggulannya yakni salah satunya adalah Oppo Joy R1001.

Dilihat dari segi desain, Oppo Joy nampak dengan desain yang stylish dengan adanya lengkungan pada bagian sudut – sudut ponsel tersebut. Smartphone terbaru yang satu ini memiliki layar sebesar 4 inchi sehingga memudahkan penggunanya untuk menggunakan layar sentuh dari smartphone tersebut terutama pada saat mengetik.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, Tim Futureloka akan membahas perbandingan spesifikasi, harga serta kelebihan dan kelemahan Vivo Y15 VS Oppo Joy.

Spesifikasi Vivo Y15 VS Oppo Joy

Tabel di bawah adalah tabel perbandingan spesifikasi Vivo Y15 VS Oppo Joy yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

Tabel Spesifikasi Vivo Y15

Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
CDMA 800 / 1700 / 1900 / 2100
Jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100
Jaringan 4G
Layar 4.5 inches, 480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density)
Jenis layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Lain-lain – Multitouch
– Capacitive
– Funtouch OS 2.1
Internal 8 GB, 1 GB RAM
Slot Up to 128
Kecepatan HSPA Plus,
Wifi Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
O.S. Android OS, v5.1 (Lollipop)
CPU Mediatek MT6580, Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
GPU Mali-400 MP2
Sensor Accelerometer, proximity, compass
Kamera belakang 5 MP, 2592 ? 1944 pixels, LED flash, Autofocus, Touch focus, Face Detection, HDR, Face Beauty, Gesture Shot, Micro Video, Sound Shot, Palm Shot, Video 2MP [email protected]
Kamera depan 2 MP, Video 1600 x 1200 pixels
GPS Yes
Java No
Fitur lain – MP4/H.264 player
– MP3/WAV/FLAC/eAAC+ player
– Photo/video editor
– Document viewer
– Long Screen Shot Feature
– Screen Recording Feature
– Smart Screen Gestures
– Social Networking Services & Apps
– Voice Search
Baterai Tipe Li-Po 1900 mAh battery
Siaga 410 jam (2G) / 410 jam (3G
Aktif 10 jam (2G) / 8 jam (3G)

Tabel Spesifikasi Oppo Joy

Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Jaringan 3G WCDMA 2100Mhz
Jaringan 4G
Layar 480 x 800 pixels, 4.0 inches
Jenis layar Capacitive touchscreen WVGA
Lain-lain – Gloves Mode
Internal 4 GB storage, 512 MB RAM
Slot microSD, up to 32GB
Kecepatan HSPA
Wifi Wi-Fi 802.11 b/g/n
O.S. Android OS, v4.2.2 (Jelly Bean)
CPU Dual-core 1.3 GHz, Cortex A7
GPU Mali 400
Sensor
Kamera belakang 3.0 MP, LED Flash, Face detection, Bursh shoot, Video
Kamera depan VGA
GPS Yes
Java Yes, via Java MIDP emulator
Fitur lain – ColorOS
– SNS integration
– Google Search, Maps, Gmail,
YouTube, Calendar, Google Talk
– Organizer
– Document viewer
– Photo viewer/editor
– Voice memo/dial/commands
– Predictive text input
Baterai Tipe Li-Ion 1700 mAh battery

Dimensi, Desain dan Layar Vivo Y15 VS Oppo Joy

Dari segi dimensi, desain dan layar, Vivo Y15 dibekali dengan body berdimensi 131.4 x 66.2 x 9 mm dengan bobot yang sangat ringan yaitu 130 gram. Bentuknya yang slim dan simple dapat memudahkan deteknokers mengantongi ponsel ini. Terlebih dengan pilihan warna maskulin yaitu hitam dan putih akan semakin menambah daya tarik ponsel ini. Vivo Y15 memiliki layar berukuran 4.5 inches dengan body rasio ~64.1% sehingga mudah untuk pengoperasian layar sentuh. Dari segi resolusi tak terlalu besar karena memiliki lebar 480 x 854 pixels berkerapatan layar ~218 ppi.

Walau resolusi belum support HD namun Anda masih dapat menggunakanya untuk straming video dengan baik. Untuk menutupi kekurangan pada bagian resolusi ponsel ini diberikan teknologi layar IPS Capacitive touchscreen dengan dukungan 16 juta warna. IPS mampu memaksimalkan tampilan layar sehingga lebih kaya akan warna dan nyaman dipandang dari berbagai sisi. Selain itu untuk perlindungan layar dipercayakan kepada kaca Scratch-resistant glass yang daya tahanya sama dengan Gorilla Glass demi melindungi dari goresan.

Sementara itu,  Oppo Joy dibungkung oleh bodi yang tidak terlalu besar dengan ukuran dimensi 124 x 64 x 9.9 mm dengan berat 125 gram. Smartphone ini ringan dan nyaman sehingga menyenangkan untuk dibawa berpergian dan melengkapi aktivitas mobilitas anda. Oppo mendesain smartphone ini dengan desain yang mengutamakan konsep simpel dan tetap elegan agar dapat diterima di pasaran pencinta gadget Indonesia. Ada 2 warna pilihan dalam membeli smartphone Oppo Joy ini yaitu warna hitam dan warna putih. Layar dari smartphone ini juga hampir memenuhi sisi sisi pada bodi dengan menyisakan beberapa inci untuk keypad.

Sedangkan ukuran layarnya adalah 480 x 800 pixels atau setara ukuran 4 inchi dengan tipe layar TFT Capacitive Touchscreen yang dapat menghasilkan 16 juta warna. Tampilan display layar Oppo Joy cukup baik namun kurang jernih gambar yang dihasilkan smartphone ini. Oppo Joy mendukung fitur gloves mode, yakni fitur dimana pengoptimalan layar sentuh saat menggunakan sarung tangan. Peningkatan teknologi layar ini memberikan kemudahan pengguna untuk menggunakan smartphone dalam kondisi baik tangan dalam keadaan telanjang atau ada pelindung tangan.

Memori Vivo Y15 VS Oppo Joy

Dari segi memori, harga Vivo Y15 yang murah ternyata juga mempengaruhi RAM pada ponsel ini. Sayangnya RAM yang ditanamkan hanya 512 MB dan belum support untuk gaming kelas tinggi. Proses multitasking juga nampaknya akan sedikit terhambat, namun jika deteknokers menjalankan aplikasi standar seperti browser, sosial media ataupun streaming masih bisa berjalan lancar. Sedangkan memori internal hanya diberikan kapasitas 4 GB. Nilai penyimpanan 4 GB tak maksimal karena sudah terpotong untuk menyimpan OS sekitar 2 GB.

Jika Anda kurang puas dengan penyimpanan, maka dapat menambah kapasitas melalui microSD hingga mencapai 128 GB.

Tidak mau kalah dari pesaingnya,  Oppo Joy memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu 4 GB. Setelah terpotong untuk aplikasi bawaan dan kuota sistem operasi space penyimpanan yang disisakan masih cukup besar untuk menyimpan berbagai aplikasi unduhan anda di Playstore atau menyimpan berbagai file multimedia anda seperti lagu-lagu yang anda sukai, film-film mini yang menghibur, atau bahkan berbagai koleksi ebook bermutu yang dapat mengisi waktu senggang anda dengan optimal.

Sedangkan Memori internal pada spesifikasi Oppo Joy sendiri dapat diekspansi dengan kartu Micro SD atau Trans Flash. Dengan dapat diekspansinya memori pada Oppo Joy ini menjadikan anda dapat lebih optimal dalam menyimpan berbagai files yang memang anda perlukan di dalam gadget.

Kamera Vivo Y15 VS Oppo Joy

Dari segi kamera, untuk ukuran harga Vivo Y15 yang terjangkau nampaknya fitur kamera sudah mumpuni. Didukung dengan kamera belakang berlensa 5 Megapixel serta beresolusi cukup lebaar 2592 х 1944 pixels mampu mengoptimalkan hasil jepretan gambar yang deteknokers ambil. Disamping itu fungsi autofocus dan LED flash juga berperan baik saat deteknokers mengambil gambar dalam keadaan gelap. Kamera belakang ini juga berkualitas karena dapat melakukan rekaman video hingga resolusi [email protected]

Namun sayangnya kamera depan hanya dilengkapi lensa 2 Megapixel. Nilai pixel yang rendah akan menghasilkan gambar yang kurang memuaskan. Namun Anda tetap dapat memanfaatkan kamera depan untuk sekedar berselfie ataupun melakukan video call. Untuk memaksimalkan kedua fungsi kamera disediakan fitur pendukung seperti Geo-tagging dan touch focus.

Sementara itu, Oppo Joy disematkan dua tipe kamera yaitu kamera depan dan kamera belakang, pada sektor kamera belakang sendiri memiliki resolusi 3 MP yang dapat menghasilkan gambar dengan kerapatan 2048 x 1536 pixels. Gambar hasil bidikan ponsel ini kurang jernih dan apabila membidik obyek yang cukup jauh maka gambar yang dihasilkan akan blur dan kurang jelas karena kualitas kamera yang rendah.

Kamera pada ponsel Oppo Joy dilengkapi dengan fitur Zoom dan Flash saja. Pada sektor kamera depannya hanya memiliki resolusi 0.3 MP yang tidak memadai untuk penggunaan video call dan aktivitas selfie menggunakan kamera pada spesifikasi Oppo Joy ini. Anda tidak dapat menggunakan smartphone Oppo Joy dalam aktivitas fotografi dan Hunting Foto karena kamera yang rendah dan kualitas foto yang dihasilkan kurang baik.

Baterai Vivo Y15 VS Oppo Joy

Dari segi baterai, Vivo Y15 dioptimalkan dengan baterai Li-Ion 1900 mAh. Daya yang tak cukup besar namun memiliki masa standby cukup lama yaitu mencapai 410 jam pada jaringan 2G atau 3G.

Sementara pesaingnya, Oppo Joy ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1700 mAh. Dengan baterai sebesar itu tentunya kurang untuk dipakai secara maksimal, seperti menjalankan permainan ataupun untuk mengakses dunia maya. Untuk mengatasi hal tersebut anda harus ready dengan powerbank ataupun charger agar handset Oppo ini tidak kehabisan daya.

Harga Vivo Y15 VS Oppo Joy

Dari segi harga, Vivo Y15 menawarkan ponsel ini di kisaran 1,3 jutaan untuk kondisi baru dan 700 ribuan untuk kondisi bekas. Sementara untuk Oppo Joy, ponsel ini dikabarkan memasang harga di kisaran 1 jutaan saja.

Kelebihan dan Kelemahan Vivo Y15 VS Oppo Joy

Setelah melihat perbandingan spesifikasi dan harga Vivo Y15 VS Oppo Joy, kini kami akan membahas tentang kelebihan dan kelemahan kedua ponsel tersebut.

Kelebihan Vivo Y15

  • Desain simpel namun tetap menawan dengan keempat sudutnya mengotak
  • SIM Card mendukung Dual SIM yang dapat diaktifkan di dua provider berbeda
  • Dilengkapi layar sentuh seluas 4,5-inchi beresolusi 480 x 854 pixel yang akan sangat nyaman di genggam
  • Panel berjenis IPS LCD yang dapat menyuguhkan kontras warna tajam dan jernih
  • Layar disertakan proteksi Scratch Resistant Glass untuk melindungi dari goresan
  • Performa cukup mumpuni dengan Chipset Mediatek MT6582 + GPU Mali 400MP2
  • Kamera belakang bresolusi 5MP dengan fitur Autofocus+LED Flash untuk menghasilkan tangkapan cuku bagus
  • Kamera depan beresolusi 2MP untuk menunjang aktifitas selfie
  • Daya baterai berukuran 1900 mAh cukup bias menyuplai masa aktif ponsel dalam waktu yang cukup lama untuk pemakaian normal

Kelemahan Vivo Y15

  • Tidak dilengkapi jaringan 4G LTE untuk akses internet super cepat
  • Sistem operasi masih menjalankan Android Jelly Bean yang terbilang cukup lama dirilis
  • Kapasitas RAM cukup kecil hanya 512 MB saja kurang mumpuni untuk multitasking
  • Memori Internal cukup kecil hanya 4GB, kurang leluasa saat menyimpan banyak file

Kelebihan Oppo Joy

  • Jaringan GSM yang telah mendukung 3G HSDPA, sehingga memungkinkan akses internet yang cepat di area yang telah mendukung 3G, sementara untuk pengguna yang berada diluar area 3g mereka juga tetap bisa terhubung ke internet dengan GPRS dan EDGE meski pada kecepatan yang tidak terlalu cepat
  • Menyediakan dua buah slot sim card gsm yang dapat aktif bersama sama, kedua sim card telah mendukung 3G
  • Layar dengan ukurang yang cukupan tidak terlalu besar maupun kecil, yaitu  berukuran 4 inci, dengan layar ukuran tersebut pengguna jadi cukup mudah dalam menavigasi layar namun tidak membuat ukuran handphone jadi terlalu besar, sehingga cukup mudah dimasukkan dalam saku pakaian
  • Layar memiliki tingkat sensitif yang tinggi, sehingga pengguna bisa tetap bisa menavigasi layar meski menggunakan sarung tangan sekalipun
  • ukuran handphone yang tidak terlalu besar dan cukup mungil yaitu 63 x 124 x 9.9 mm
  • resolusi yang cukupan untuk bentang layar 4 inci yaitu 480 x 800 piksel
  • Adanya penyimpanan internal dengan kapasitas yang cukupan yaitu 4 GB, namun tentunya sebagian telah digunakan untuk menyimpan sistem operasi dan aplikasi bawaan
  • Adanya slot penyimpanan eksterna jenis microSD, dengan ini pengguna bisa meningkatkan kapasitas simpan hingga 32 GB
  • Telah mengadopsi sistem operasi yang modern yaitu android jelly bean versi 4,2. jelly bean merupakan OS yang lebih hemat energi dibandingkan ICS
  • Dapur pacu mengusung prosesor dengan inti ganda atau dual core dengan kecepatan masing-masing 1,3 Ghz cortex A7, dengan prosesor ini handphone memiliki kinerja yang cukupan
  • adanya fitur bluetooth untuk memudahkan pengguna dalam mentransfer data ke sesama pengguna handphone
  • adanya fitur wifi, dengan fitur ini pengguna dapat mengakses internet di area hotspot. Wifi juga mendukung fitur wifi hotspot, sehingga bisa
  • untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain yang memiliki wifi.
  • adanya fitur GPS yang mendukung A-GPS dengan fitur ini pengguna bisa mengetahui titik lokasi dengan tepat ketika melakukan pemetaan atau navigasi
  • adanya kamera depan yang bisa digunakan untuk melakukan video chat dengan aplikasi chating seperti skype

Kelemahan Oppo Joy

Setelah melihat perbandingan spesifikasi, harga serta kelebihan dan kelemahan Vivo Y15 VS Oppo Joy, kini Anda dapat memilih ponsel mana yang cocok untuk Anda. Jangan lupa untuk terus update informasi Anda seputar teknologi dan gaya hidup di laman futureloka. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here