Perbandingan Bagus Mana HP iPhone 6 Plus VS Samsung Galaxy S6 Edge Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi

0

1 Perbandingan Bagus Mana HP iPhone 6 Plus VS Samsung Galaxy S6 Edge Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi

Samsung dan Apple, siapa yang kenal dengan dua produsen smartphone besar ini. Mereka bersaing ketat untuk merebut pasar smartphone dunia. Samsung yang terkenal dengan Galaxy series-nya, dan Apple yang sangat familiar dengan iPhone, menjadi penguasa jagat pasar smartphone dunia saat ini.

Namun yang berbeda dari dua smartphone ini adalah Samsung memiliki berbagai lini produk, dan seri Galaxy S merupakan kasta tertinggi dari lini produk Smartphone. Sedangkan Apple hanya meluncurkan satu atau dua jenis iPhone setahun. Dan kali ini, bagaimana kalau smartphone lini atas Samsung Galaxy S6 Edge diadu dengan iPhone 6 Plus.  Siapa yang akan menjadi pemenangnya? Mari simak artikel komparasi dari Futureloka berikut ini.

Perbandingan Spesifikasi Hp iPhone 6 Plus VS Samsung Galaxy S6 Edge

Perbandingan Bagus Mana HP iPhone 6 Plus VS Samsung Galaxy S6 Edge Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi1

Untuk mengetahui smartphone manakah yang paling mumpuni, spesifikasi pastilah menjadi acuan pertama untuk mengetahui seberapa baik performa smartphone apabila digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Nah, berikut ini adalah perbandingan spesifikasi dari iPhone 6 Plus dengan Samsung Galaxy S6 Edge.

Dimensi

Dibagian dimensi, dua smartphone ini mengusung desain khasnya masing-masing. iPhone mengusung desain membulat disetiap sisi yang mana membuatnya sangat nyaman untuk digenggam, walaupun harus diakui bahwa iPhone 6 Plus merupakan smartphone yang sangat licin, hal itu bisa disebabkan oleh material pembalut body iPhone 6 Plus yag hampir 100 persen metal. Sedangkan Samsung Galaxy S6 Edge, memiliki desain unik dan khas samsung karena membawa layar lengkung dikedua sisi. Sehingga layar Samsung S6 Edge seolah-olah tidak memiliki bezel sama sekali. Hampir mirip dengan iPhone 6 Plus, Samsung S6 Edge juga merupakan smartphone yang licin, namun berbeda dengan iPhone 6 Plus yang menggunakan material full metal, Samsung menggunakan material yang merupakan perpaduan dari kaca dan metal, sehingga kesan mewah dan berkilau akan terpancar dengan sangat jelas. Namun perbedaan yang paling mencolok adalah soal ukuran. iPhone 6 Plus memiliki ukuran yang lebih besar yang juga disebabkan oleh ukuran layarnya yang lebih besar dibanding Samsung S6 edge, yaitu 5.5 inch berbanding 5.1 inch.

Layar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, iPhone 6 Plus memiliki bentang layar yang lebih luas yaitu 5.5 inch berbanding Samsung S6 Edge yang memiliki layar 5.1 inch. Namun, untuk masalah kerapatan layar, Samsung S6 Edge bisa lebih berbangga karena dengan layar yang lebih kecil, Samsung membekali S6 Edge dengan relosusi Quad HD yaitu 1440 x 2560 yang berarti kerapatan layarnya mencapai 577 ppi. Kalau begitu apakah berarti layar iPhone 6 Plus kalah telak? Tidak Juga. Walaupun iPhone 6 Plus hanya mengusung resolusi Full HD (1920 X 1080 pixels) di layar 5.5 inch-nya, jangan lupa bahwa Apple terkenal dengan teknologi Retina Display yang menjadi jaminan akan kualitas layar dari setiap iPhone yang diproduksi Apple. Dan untuk bagian karakteristik warna, iPhone terlihat memancarkan warna yang cenderung natural karena layar yang digunakan berjenis IPS, sedangkan Samsung S6 Edge tetap memiliki layar yang gonjreng berkat Super AMOLED-nya.

Chipset dan Memori

Dibagian chipset, dua smarphone ini sebenarnya tidak bisa dibandingkan secara langsung. Karena apabila dilihat diatas kertas, Samsung S6 Edge memiliki prosesor dan GPU yang superior dengan CPU Exynos 7420 Octa-core dan GPU Mali-T760MP8, berbanding iPhone 6 Plus yang ‘masih’ menggunakan prosesor berinti ganda Apple A8 berkecepatan 1.4 GHz da GPU PowerVR GX6450. Namun, dalam performanya menjalankan berbagai aplikasi dan game, kedua smartphone mampu melibasnya dengan sangat baik.

Dan dibagian memori, seperti biasa iPhone 6 Plus menawarkan berbagai varian kapasitas mulai dari 16/64/128 GB. Sedangkan Galaxy S6 Edge juga menawarkan varian kapasitas mulai dari 32 GB, 64 GB hingga 128 GB. Namun patut diketahui, dua smartphone ini tidak memiliki slot memori eksternal.

Kamera

Dibagian kamera, Samsung masih terlihat superior dengan kamera primer yang beresolusi 16 MP dengan bukaan/aperture f/1.9, sedangkan iPhone 6 Plus masih meenggunakan sensor beresolusi 8 MP dan aperture f/2.2. Sedangkan dibagian kamera depan, Samsung juga masih terlihat besar dengan reolusi kameranya mencapai 5 MP, berbanding iPhone 6 Plus yang masih menggunakan sensor beresolusi 1.2 MP.

Spesifikasi iPhone 6 Plus

Section iPhone 6 Plus
NETWORK GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
BODY –      158.1 x 77.8 x 7.1 mm (6.22 x 3.06 x 0.28 in)

–      Weight 172 g (6.07 oz)

–      SIM       Nano-SIM

PLATFORM –      OS         iOS 8, upgradable to iOS 10.3.2

–      Chipset Apple A8

–      CPU       Dual-core 1.4 GHz Typhoon (ARM v8-based)

–      GPU       PowerVR GX6450

DISPLAY –      LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size       5.5 inches (~67.8% screen-to-body ratio)

–      Resolution         1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)

MEMORY –      16/64 GB/128 GB, 1 GB RAM DDR3
COMMS –      Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, hotspot

–      Bluetooth           4.0, A2DP

–      A-GPS, GLONASS

–      2.0, reversible connector

CAMERA –      8 MP, f/2.2, 29mm, phase detection autofocus, OIS, dual-LED (dual tone) flash,

–      Features             1/3″ sensor size, 1.5 µm pixel size, touch focus, geo-tagging, face/smile detection, HDR (photo/panorama)

–      Video    [email protected], [email protected], check quality

–      Secondary          1.2 MP, f/2.2, 31mm, [email protected], face detection, HDR, FaceTime over Wi-Fi or Cellular

BATTERY –      Non-removable Li-Po 2915 mAh battery (11.1 Wh)

 

Spesifikasi Samsung Galaxy S6 Edge

Section Samsung Galaxy S6 Edge
NETWORK GSM / CDMA / HSPA / LTE
BODY –      142.1 x 70.1 x 7 mm (5.59 x 2.76 x 0.28 in)

–      Weight 132 g (4.66 oz)

–      Build     Corning Gorilla Glass 4 back panel

–      SIM       Nano-SIM

PLATFORM –      Android 5.0.2 (Lollipop), upgradable to 7.0 (Nougat)

–      Chipset Exynos 7420 Octa

–      CPU       Octa-core (4×2.1 GHz Cortex-A57 & 4×1.5 GHz Cortex-A53)

–      GPU       Mali-T760MP8

DISPLAY –      Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size       5.1 inches (~71.7% screen-to-body ratio)

–      Resolution         1440 x 2560 pixels (~577 ppi pixel density)

–      Multitouch         Yes

–      Protection          Corning Gorilla Glass 4

MEMORY –      32/64/128 GB, 3 GB RAM
COMMS –      Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

–      Bluetooth           4.1, A2DP, LE, aptX

–      GPS       Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS

–      NFC       Yes

–      Infrared port     Yes

–      Radio    No

CAMERA –      16 MP, f/1.9, 28mm, OIS, autofocus, LED flash, check quality

–      Features             1/2.6″ sensor size, 1.12 µm pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, Auto HDR, panorama

–      Video    [email protected], [email protected], [email protected], HDR, dual-video rec., check quality

–      Secondary          5 MP, f/1.9, 22mm, [email protected], dual video call, Auto HDR

BATTERY –      Non-removable Li-Ion 2600 mAh battery

 

Perbandingan Hasil Kamera iPhone 6 Plus VS Samsung S6 Edge

Tidak lengkap rasanya apabila tidak membahas sisi kamera dari kedua smartphone yang memang menonjolkan kemampuan di bidang fotografi ini. Dan berikut ini adalah hasil jepretan dari iPhone 6 Plus dan Samsung S6 Edge yang berhasil dirangkum tim Futureloka.

Perbandingan Bagus Mana HP iPhone 6 Plus VS Samsung Galaxy S6 Edge Segi Kamera 1

Perbandingan Dari Segi Baterai iPhone 6 Plus VS Samsung S6 Edge

Perbandingan Bagus Mana HP iPhone 6 Plus VS Samsung Galaxy S6 Edge Segi Harga, Kamera, dan SpesifikasI 3

Dari segi baterai iPhone 6 Plus dengan 2915 mAh-nya bisa dibilang menang telak dari Samsung S6 Edge yang menggunakan baterai berkapasitas 2600 mAh. iOS yang merupakan sistem operasi iPhone 6 Plus, sering disebut sebagai sistem operasi mobile yang memiliki manajemen memori yang sangat baik, sehingga membuat konsumsi dayanya menjadi lebih efisien. Sedangkan dalam penggunaannya, Galaxy S6 memiliki performa baterai yang bisa dibilang standar. Hal tersebut bisa terjadi akibat imbas layar beresolusi yang super besar dan prosesor yang gahar.

Perbandingan Dari Segi Harga iPhone 6 Plus VS Samsung S6 Edge

Perbandingan Bagus Mana HP iPhone 6 Plus VS Samsung Galaxy S6 Edge Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi

iPhone 6 Plus 16 GB dibanderol dengan harga IDR 4.100.000 untuk unit baru sedangkan IDR 3.700.000 untuk harga bekas. Sedangkan Samsung S6 Edge dengan kapasitas memori internal 32 GB dihargai IDR 7.500.000 untuk unit baru Semua tergantung pilihan anda, duo smartphone ini jelas masih relevan dan powerful untuk kegiatan sehari-hari. Apabila anda merasa perlu untuk mendapatkan gengsi, Apple iPhone 6 Plus bisa jadi jawaban yang tepat. Namun apabila Anda menginginkan fleksibilitas Android dengan performa yang gahar serta desain yang ciamik, Samsung Galaxy S6 adalah pilihan terbaik.

Jadi itu tadi adalah sedikit komparasi dari iPhone 6 Plus dan Samsung Galaxy S6 Edge yang berhasil dirangkum oleh tim Futureloka. Jangan lupa pantengin terus Futureloka.com untuk update-update gadget yang kamu suka. See you!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here