Perbandingan Bagus Mana HP iPhone 5 VS iPhone 5C Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi

0

iPhone-5-vs-iPhone-5C-2

Hai guys, kembali lagi di artikel futureloka. Bagaimana kabar kalian? Luar biasa pastinya dong. Kali kira โ€“ kira saya akan membahas tentang apa ya? Nah kali ini spesial saya akan membahas mengenai iPhone. Semuanya pasti pada tahu iPhone ya. Smartphone dari Apple Inc ini memang masih mendominasi pasar smartphone global dan bisa dibilang masih menduduki peringkat 1.

Ada yang dari kalian disini yang lagi mengincar smartphone satu ini? Atau adakah dari kalian yang pengen beli iPhone tapi bingung mau beli merk yang mana? Well, kalian pastinya bakal cari perbandingan spesifikasi iPhone yang menarik perhatian kalian kan. Baiklah bagi kalian yang pengen beli iPhone, terkhususnya yang lagi mengincar iPhone 5 dan masih bingung mau milih yang mana, iPhone 5, 5s, atau 5C, nah dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai perbandingan antara iPhone 5 dan iPhone 5C.

Perbandingan yang akan saya ulas meliputi spesifikasi, hasil kamera, perbandingan dari segi harga, dan dari segi baterai dari kedua smartphone tersebut. So, kalian wajib menyimak artikel ini. Tanpa basa โ€“ basi lagi, langsung aja saya buka. Check it out ! ๐Ÿ˜ƒ

Perbandingan Spesifikasi HP iPhone 5 vs iPhone 5C

Section

iPhone 5

iPhone 5C

NETWORK – GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE – GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
BODY – 123.8 x 58.6 x 7.6 mm
– 112ย g weight
– Nano SIM Card
– 124.4 x 59.2 x 9 mm
– 132ย g weight
– nano SIM Card
PLATFORM – OS iOS 6, provide upgrade to iOS 10.3
– Use Apple A6 chipset
– With Dual-core 1.3 GHz Swift CPU
– PowerVR SGX 543MP3 GPU
– OS iOS 7, provide upgrade to iOS 10.3.2
– Use Apple A6 chipset
– With Dual-core 1.3 GHz Swift CPU
– PowerVR SGX 543MP3 GPU
DISPLAY – LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen 16 M colors
– with 4.0 inches size
– support 640 x 1136 pixels, multitouch yes
– Protected by Corning Gorilla Glass, oleophobic coating
– LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen 16 M colors
– with 4.0 inches size
– support 640 x 1136 pixels, multitouch yes 
MEMORY – internal 16/32/64 GB, 1 GB RAM
– no slot for external memory
– internal 8/16/32 GB, 1 GB RAM
– no slot for external memory
COMMS – Support WiFi, WiFi Direct, and Hotspot
– Bluetooth yes
– Radio FM no
– USB 2.0
– GPS
– Bluetooth yes
– Radio FM no
– USB 2.0
– GPS
CAMERA – 8 MP primary
Fitur pendukung: aperture f/2.4, 33mm, autofocus, LED flash, 1/3.2″ sensor size, 1.4 ยตm pixel size, touch focus, geo-tagging, face detection, panorama, HDR (photo)
– Secondary 1.2 MP
Fitur pendukung: aperture f/2.4, 35mm, [email protected], face detection, FaceTime over Wi-Fi or Cellular
– Video [email protected]
– 8 MP primary
Fitur pendukung: aperture ff/2.4, 33mm, autofocus, LED flash, 1/3.2″ sensor size, 1.4 ยตm pixel size, touch focus, geo-tagging, face detection, panorama, HDR (photo/panorama)
– Secondary 1.2 MP
Fitur pendukung: [email protected], face detection, FaceTime over Wi-Fi or Cellular
– Video [email protected]
BATTERY – Non-removable Li-Po 1440 mAh battery Non-removable Li-Po 1510 mAh battery
Other Features – Support MP3, MP4, dokumen viewer, photo editor
– SMS, MMS, email, IM
– Provided in colors: Black/Slate, White/Silver
– Support MP3, MP4, dokumen viewer, photo editor
– SMS, MMS, email
– Provided in colors: White, Blue, Green, Yellow, Pink

Guys, itu tabel perbandingan spesifikasi antara kedua smartphone. Nah kalian mungkin ada yang bingung dalam menentukan mana spesifikasi yang lebih unggul, so jangan khawatir di bawah saya akan sediakan rincian penjelasan mengenai spesifikasi di atas, spesifikasi mana yang lebih unggul, dll. Simak yuk dibawah.

  • Dari segi dimensi, iPhone 5 bisa dikatakan lebih unggul karena memiliki bobot yang lebih ringan yaitu 112 g dan dimensi yang lebih tipis, so iPhone 5 akan lebih nyaman buat dikantongin kemana โ€“ mana, namun juga keduanya memiliki besar layar yang sama 4.0 inches.
  • Dari segi platform nih yang penting. Bisa dibilang keduanya memiliki kualitas platform (OS, CPU, Chipset, GPU) yang sama. Awalnya memang iPhone 5 hanya menggunakan OS iOS 6 namun sudah disediakan upgrade-an nya ke iOS 10.3 sama juga dengan iPhone 5c.
  • Dari segi display keduanya memiliki kualitas yang sama Cuma mungkin iPhone 5 lebih unggul karena layar nya mempunyai perlindungan dari Corning Gorilla Glass, sedangkan iPhone 5c tidak punya
  • Dari segi memori dan RAM keduanya sama kualitasnya. Bisa dibilang iPhone memang memiliki RAM yang kecil jika dibandingkan dengan Android yang RAM nya bisa nyampe 3 GB. Itu artinya pengguna iPhone tidak bisa melakukan banyak multitasking alias buka banyak aplikasi secara bersamaan. Keduanya juga tidak mempunyai slot untuk memori eksternal, jadi cuma memori internal doing dan biasnya semakin besar memori internal semakin mahal harganya
  • Resolusi kamera keduanya sama kok, sama โ€“ sama bagus
  • Dari segi penampilan, iPhone 5C lebih banyak menyediakan warna nih. Tampilannya bisa dibilang lebih unik dan menarik, liat aja fotonya di bawah

iPhone 5

iphone 5

iPhone 5C

5ccc

Perbandingan Hasil Kamera iPhone 5 vs iPhone 5C

Sub headline ini bisa dibilang penting buat kalian yang mengutamakan resolusi kamera sebagai bahan pertimbangan kalian dalam memilih sebuah smartphone. Di bawah saya akan memaparkan hasil jepretan kamera dari iPhone 5 dan iPhone 5C, tapi cuma kamera utamanya aja ya.

Hasil jepretan kamera utama iPhone 5

kamera-iphone-5-juga-alami-error

Hasil jepretan kamera utama iPhone 5C

5c

Perbandingan dari Segi Harga iPhone 5 vs iPhone 5C

Setelah mengetahui perbandingan spesifikasi dari kedua smartphone dan hasil jepretan kamera dari kedua smartphone, apakah kalian sudah menentukan pilihan? Pastinya belum ya, karena masih ada pembahasan yang kurang. Kalian pasti tahulah itu pembahasanya tentang apa, mungkin bisa dibilang pembahasan yang paling penting karena bakal menentukan apakah kantong kita mendukung atau tidak. Baiklah guys, saya kasih tahu aja perbandingan harga resmi dari iPhone 5 dan iPhone 5C ini. Nah untuk iPhone 5 – 64 GB ini dibendrol dengan harga IDR 5.900.000, iPhone 5 – 32 GB dengan harga IDR 5.200.000, dan yang 16 GB dengan harga IDR 4.550.000. Sedangkan iPhone 5C – 16 GB dapat dimiliki dengan harga IDR 5.000.000, yang 32 GB dan 64 GB harganya tidak jauh โ€“ jauh berbeda dari yang 16 GB palingan beda 300san dst.

So guys, gimana? Tertarik? Pastinya kedua smartphone tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing โ€“ masing. Saran saya sih pilihlah yang sesuai kebutuhan dan budget. Oh ya, selalu ingat bahwa harga yang tertera di atas tidak selalu sama di setiap store. Harga bisa saja berbeda tergantung ketentuan harga dan promo dari store masing โ€“ masing.

Perbandingan dari Segi Baterai iPhone 5 vs iPhone 5C

Setelah mengetahui harga, sekarang kita bahas kapasitas baterai, Pada dasarnya kapasitas baterai dari kedua smartphone ini tidak jauh berbeda. Mungkin iPhone 5C lebih unggul karena mempunyai kapasitas baterai yang lebih besar daripada iPhone 5 yaitu 1510 mAh, artinya ketahanan baterai iPhone 5C lebih kuat daripada iPhone 5. Tapi itu tergantung dari segi pemakaian sih, jika kalian Cuma pakai iPhonenya buat chatting-an, baterainya akan tahan lama alias tidak cepet habis, tapi jika kalian pakai untuk bermain games secara terus โ€“ menerus pastilah baterai nya lebih cepat habis meskipun kapasitasnya lebih besar.

Alright guys, itulah pembahasan terlengkap mengenai perbandingan antara iPhone 5 dan iPhone 5C. Gimana? Sudah menetukan pilihan? Baiklah, saya undur diri dulu, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian ya. Sampai jumpa di artikel lainnya. Have a nice day everybody ! ๐Ÿ˜Š ๐Ÿ˜ƒ

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here