samsung-galaxy-core-prime-1750-vs-samsung-galaxy-j1-1864Kalau mendengar nama Samsung memang sangat identik dengan produk-produk premium. Spesifikasinya berkelas wahid, sehingga harganya pun akan disesuaikan dengan kualitasnya yang bagus.

Samsung pun berusaha tetap eksis dengan menghadirkan smartphone yang lebih terjangkau oleh kalangan bawah. Setelah meluncurkan Samsung Galaxy J, vendor asal Korea Selatan ini hadir dengan Samsung Galaxy J1 di awal 2015 ini.

Persaingan antara vendor ini sebenarnya menguntungkan konsumen karena dengan begitu mereka memiliki pilihan yang lebih variatif baik dalam ponsel pintar yang menyediakan jeroan lini dan banderol harga yang berbeda-beda pada tiap serinya.

Begitu pula Samsung yang termasuk salah satu yang terbesar dalam waktu dekat ini telah mengeluarkan produk GSM terbarunya yang berjudul Samsung Galaxy Core Prime pada tahun 2014.

Kali ini Tim Futureloka berkesempatan untuk membahas Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J1 VS Samsung Galaxy Core Prime Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasan lengkapnya.

Perbandingan Spesifikasi HP Samsung Galaxy J1 VS Samsung Galaxy Core Prime

Spesifikasi Samsung Galaxy J1

Layar dengan Panel TFT

Melihat banyak gadget yang hadir dengan tubuh bongsornya akhir-akhir ini, mungkin membuat anda sedikit merindukan handset yang ukurannya tidak terlalu besar. Hal itu juga yang ditawarkan oleh Samsung melalui spesifikasi Samsung Galaxy J1 ini.

Panel layar TFT memang memiliki respon yang sangat baik terhadap sentuhan. Namun, tampilannya akan berbeda saat dilihat dari sudut miring. Selain itu, jenis layar smartphone yang satu ini membutuhkan daya yang sangat besar sehingga dapat menguras isi baterai dalam waktu yang lebih cepat.

RAM Membuat Dapur Pacunya Lesu

Samsung Galaxy J1 menggunakan chipset buatan China, yaitu Spreadtrum. Chipset yang satu ini diklaim cukup agresif dalam menggeber ponsel kelas low end. Berkolaborasi dengan RAM yang berkapasitas minim. Jadi jangan heran jika HD gaming pada Samsung Galaxy J1 tidak terlalu berjalan dengan mulus.

Memori Extra Luas

Walaupun spesifikasi Samsung Galaxy J1 masuk dalam kelas low end, namun tidak lantas mengabaikan kebutuhan konsumen akan kapasitas storage yang tinggi. Samsung Galaxy J1 ini bahkan dibekali kapasitas memori yang ekstra luas.

Bila merasa kapasitas tersebut belum cukup mampu menampung file-file penting, maka dapat memanfaatkan card slot untuk menambah kapasitasnya. Dengan bantuan card slot pada spesifikasi Galaxy J1 tentunya memori akan bisa diperbesar maksimal.

Layar 4,3 inci TFT Capacitive , 480 x 800 Pixel
Jaringan 3G, HSDPA, HSDPA+
Body 129 x 68.2 x 8.9 mm, 122 Gram, Polycarbonat
Sistem Operasi Android 4.4.4 KitKat
CPU DualCore 1.2 Ghz Cortex-A7
Memori RAM : 512 MB , Internal : 4 GB , MicroSD : up to 64 GB
Kamera Belakang 5 MP , LED Flash , Autofocus
Kamera Depan 2 MP
Sensor  Accelerometer , Ambient Light
Warna  Hitam, Putih, Biru
Baterai Li ion 1850 mAh

Spesifikasi Samsung Galaxy Core Prime

Layar Teknologi PLS

Material yang digunakan masih sama menggunakan bahan plastik sebagai cover bodinya serta terdapat penyempurnaan desain cover belakang ponsel dengan material aksen leather yang menjadikan ponsel ini tampak keren.

Spesifikasi Galaxy Core Prime juga dilengkapi dengan fitur Multitouch untuk mendeteksi multijari pada layar tetapi belum memiliki fitur pelindung layar dari goresan Corning Gorilla Glass sehingga anda harus berhati-hati dalam menggunakan fitur touchscreen supaya layar Samsung Galaxy Core Prime tidak rusak.

Dapur Picu Didukung OS Android

Pada spesifikasi Samsung Galaxy Core Prime ini yang dirasa akan terasa lancar apabila anda menjalankan aplikasi maupun gaming dalam satu waktu penggunaan. Perangkat-perangkat yang ditanamkan pada smartphone ini memadai kok berkat dukungan mesin yang mumpuni.

Serta dukungan OS Android yang membuat kinerja smartphone ini semakin cepat dalam kehandalannya dan kompatibel dengan aplikasi-aplikasi di Playstore juga sudah terpasang pada Samsung Galaxy Core Prime ini.

Ekspansi Menuju Kapasitas yang Memadai

Bagi yang hobi untuk menyimpan lagu-lagu dengan kapasitas besar dan game menarik hasil download pasti akan membutuhkan ruang penyimpanan dengan kapasitas yang tinggi. Samsung Galaxy Core Prime ini dilengkapi dengan memori onboard dengan kapasitas yang terasa memadai.

Kapasitas penyimpanan yang tidak dapat dinikmati sepenuhnya karena masih terpotong oleh sistem operasi dan aplikasi-aplikasi bawaan. Tidak perlu khawatir, karena telah disediakan juga fitur untuk mengekspansi memori menggunakan kartu Micro SD yang dapat mencapai kapasitas maksimal.

Dalam penyimpanan data akan banyak data yang kurang penting bakal melambatkan kinerja Samsung Galaxy Core Prime ini dalam berjalannya proses data.

core-prime

Layar PLS capacitive touchscreen, 16M colors, 480 x 800 Pixel
Jaringan 3G, HSDPA, LTE
Body 130.8 x 67.9 x 8.8 mm, 130 Gram, Polycarbonat
Sistem Operasi Android 4.4.4 KitKat
CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 + Adreno 306
Memori RAM : 1 MB , Internal :8 GB , MicroSD : up to 64 GB
Kamera Belakang 5 MP , LED Flash , Autofocus
Kamera Depan 2 MP
Sensor  Accelerometer , Proximity
Warna Black, White, Gray
Baterai Li ion 2000 mAh

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy J1 VS Samsung Galaxy Core Prime

Duet Kamera Memuaskan

Di sisi belakang Samsung Galaxy J1 terdapat kamera 5 MP. Dengan hasil jepretan juga didukung oleh pencahayaan yang baik melalui LED Flash, para pengguna pasti akan lebih percaya diri mengabadikan moment unik melalui foto. Sementara itu, pada bagian depan ponsel, para pengguna  bisa memanfaatkan kamera 2 MP untuk foto selfie, bahkan untuk video call.

samsung-Galaxy-J1-hsil-kamera

Kamera Selfie Resolusi Standar

Pada kamera primernya diperkuat dengan lensa resolusi 5 MP yang dapat menghasilkan resolusi 2592 x 1944 pixels. Selain itu anda masih mendapatkan fitur seperti autofocus, LED Flash, daln lain -lain pada Samsung Galaxy Core Prime ini.

Kamera dengan resolusi 2 MP siap menemani anda untuk melakukan selfie. Hasil gambar dari kamera depan pada spesifikasi Samsung Galaxy Core Prime bisa dibilang jelas dalam menampilkan citra diri. Kelengkapan LED Flash pada kamera depan mebuat anda terasa nyaman ketika melakukan video call karena anda dapat saling menatap lawan bicara dengan jelas.

Perbandingan dari Segi Harga Samsung Galaxy J1 VS Samsung Galaxy Core Prime di Indonesia

Harga Samsung Galaxy J1 saat ini sudah tidak tersedia. Namun jika anda menginginkan smartphone ini masih tersedia di gerai gerai terdekat dengan harga second yang saat ini ada dikisaran 750 ribuan saja.

Mengingat Samsung Galaxy J1 sudah tidak tersedia harga barunya, serta spesifikasi yang asih standar akan membuat smartphone ini semakin banyak peminatnya. Belum lagi dengan harganya yang sangat terjangkau walaupun second.

j1-1

Dari pesaingnya, sama seperti Samsung Galaxy J, Samsung Core Prime juga tidak tersedia versi barunya. Tetapi dapat membeli versi second dengan harga 700ribuan. Apabila kisaran harga Galaxy Core Prime terbaru ini termasuk murah melihat spesifikasi teknis yang ditanamkan di dalam perangkat termasuk baik dan tanpa ada minus yang berarti.

Terlebih lagi fitur layar yang istimewa serta konektivitas internet yang sangat tinggi dapat menjadi daya tarik yang memikat bagi konsumen kelas menengah.

Perbandingan dari segi Baterai Samsung Galaxy J1 VS Samsung Galaxy Core Prime

Baterai Berdaya 1850 mAh

Kapasitas yang dimiliki baterai tersebut adalah 1850 mAh. Untuk spesifikasi Samsung Galaxy J1 diatas, kapasitas tersebut tergolong mampu untuk mendayai kerja smartphone. Namun yang perlu diingat, layar TFT pada handset ini memakan cukup banyak daya dalam operasionalnya. Jadi, alangkah bijaknya jika membawa juga daya cadangan melalui power bank, untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu kapasitas baterai Samsung Galaxy J1 menipis.

samsung-galaxy-core-prime

Baterai Cukup dengan Kapasitas 2000 mAh

Spesifikasi Samsung Galaxy Core Prime memiliki kapasitas baterai yang cukup mumpuni dengan tipe Li-Ion 2000 mAh. Bisa dibilang memadai  dalam mengimbangi dapur pacu kecepatan tinggi serta ukuran layar yang cukup kecil. Selain itu juga spesifikasi Galaxy Core Prime juga dilengkapi dengan fitur Dual SIM yang menggunakan jaringan operator sama yaitu GSM.

Jadi kartu SIM operator CDMA tidak dapat terpasang pada ponsel pintar. Dengan adanya fitur Dual SIM yang membuat anda dapat menjalankan dua buah kartu operator sekaligus untuk menambah fleksibilitas anda dalam berkomunikasi dengan relasi bisnis.

Demikianlah ulasan mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J1 VS Samsung Galaxy Core Prime Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here