Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Apple iPhone 5 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Samsung-Galaxy-J5-2016-vs-iPhone-5

Apple yang inovasi dan peluncuran produk-produknya tidak sesering vendor yang lain juga memiliki ciri khas berbeda dari vendor lain. Tetapi setiap kali pada peluncuran produknya perhatian pasar smartphone pada setiap produk Apple begitu besar dan sering dibandingkan mengenai spesifikasi teknis maupun desain yang dimiliki. Iphone 5 yang saat ini terbilang masih menjadi jawara gadget dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Walaupun saat ini Apple tengah mempersiapkan senjata baru untuk smartphonenya, tetapi untuk penjualan ponsel iPhone 5 masih mendominasi dari produk-produk lainnya besutan Apple. IPhone 5 yang dibuat oleh seorang bernama Sir Jonathan Ive memang dibuat untuk meminimalisir kekurangan pada perangkat sebelumnya. Handphone Apple ini juga memiliki banyak keunggulan daripada beberapa smartphone vendor-vendor ponsel lainnya dunia. Generasi kelima dari keluarga Iphone Series ini juga banyak diinovasi oleh Apple untuk meningkatkan daya tariknya.

Setelah mendapat serangan bertubi-tubi dari Xiaomi dan Sony di pasar gadget dunia, kini Samsung dihadapkan dengan masalah baru. Beberapa waktu yang lalu perusahaan asal Korea Selatan tersebut dihadapkan dengan masalah keterlambatan pengiriman unit smartphone-nya ke negara Tiongkok, yang notabene area kekuasaan Xiaomi. Tak tanggung-tanggung, Samsung mengalami penurunan income hingga 4,3 persen gara-gara masalah tersebut. Seakan ingin merebut tampuk kekuasaannya yang mulai terusik pada pesaing, Samsung pun mulai menyiapkan produk-produk baru untuk mengembalikan reputasinya. Tak lagi menyasar para pengguna kelas premium, kini Samsung mengenalkan Samsung Galaxy J5 untuk ditujukan kepada para pengguna gadget di kelas low-end. Meski hanya ditempatkan sebagai smartphone kelas menengah, namun produk baru dari Samsung ini tetap dibekali dengan segudang komponen berkualitas. Selama ini Samsung memang dikenal selalu serius meracik semua produknya, meskipun produk itu hanya menempati kelas menengah ke bawah. Keseriusan Samsung dalam meracik unit smartphone-nya juga nampak pada Samsung Galaxy J5 ini. Hadir sebagai smartphone kelas menengah, nyatanya smartphone Android racikan Samsung ini tetap dibekali dengan komponen-komponen berkualitas. Kali ini Tim Futureloka akan membahas tentang Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Apple iPhone 5 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya ;

Perbandingan Spesifikasi HP Samsung Galaxy J5 VS Apple iPhone 5

Keunikan pada spesifikasi IPhone 5 besutan Apple ini pada ketangguhan fisiknya yang tahan pada berbagai benturan. Uji coba pada smartphone ini untuk dijatuhkan dari ketinggian 7 kaki atau sekitar 2 meter hanya menghasilkan lecet sedikit pada perangkat ini, sebagai pembanding dapat anda coba menjatuhkan perangkat smartphone lain dari ketinggian serupa , maka hasil yang terjadi adalah smartphone tersebut bisa hancur atau terbelah menjadi dua. IPhone 5 memiliki dimensi 123.8 x 58.6 x 7.6 mm dengan bentuk fisik persegi panjang. Smartphone yang tipis ini memiliki berat hanya 112 gram sehingga cukup ringan dan mudah dimasukkan kedalam kantong. SIM Card pada Iphone 5 ini menggunakan Nano-Sim yang ukurannya jauh lebih kecil dari pada sim card normal. Pada tipe layarnya sendiri dibekali dengan LED Backlit IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan 16 juta warna. Kualitas dan kejernihan gambar yang dihasilkan layar smartphone berukuran 4 inci dengan tingkat kedalaman warna 326 ppi pixel density ini sangat tinggi. Anda dapat mengetesnya dengan melihat tampilan menu dan aplikasinya maka akan terlihat jernih dan tajam. Spesifikasi IPhone 5 juga dilengkapi fitur multitouch sehingga dapat mendeteksi lebih dari satu jari pada layar. Untuk perlindungan layar dari goresan ada fitur Corning Gorilla Glass, oleophobic coating  pada layarnya. Disamping dengan desain fisik yang kokoh, spesifikasi IPhone 5 ini tentu kurang jika tidak dilengkapi dengan dapur pacu yang mumpuni. Dimulai dari prosesor Dual Core 1.3 GHz Swift (ARM v7-based) yang cepat dalam mengakses berbagai aplikasi pada Iphone 5. Chipset yang digunakan sebagai otak adalah Apple 6. Sedangkan Graphic Proceesing Unit pada smartphone IPhone 5 ini berkualitas tinggi yaitu PowerVR SGX 543MP3 (Triple Core Graphics), anda akan merasakan sensasi berbeda ketika memainkan HD Gaming pada smartphone ini. Kualitas tampilan dan GPU tinggi akan menjamin kecepatan dan kenyamanan anda dalam memainkan HD Gaming tanpa terjadi lag. RAM 1 GB DDR 2 yang dipasang pada spesifikasi IPhone 5 juga dapat lancar untuk digunakan dalam proses multitasking. Sedangkan pada sistem operasi nya sendiri menggunakan iOS 6 yang upgradable menuju iOS 7.1.2 yang dapat diupgrade kembali menjadi iOS 8.

Spesifikasi iPhone 5

Hasil gambar untuk harga iphone 5 black

  • SPEK
iPhone 5
  • Layar
4 inci LED-backlit Capacitive , 640 x 1136 Pixel
  • Body
123.8 x 58.6 x 7.6 mm, 112 gram, Full Metal
  • Jaringan
3G HSDPA, 4G LTE
  • Sistem Operasi
iOS 6
  • Chipset
CPU Apple A6 + GPU PowerVR SGX 543MP3
  • Memori
RAM : 1 GB , Internal : 32/64 GB , MicroSD : No
  • Kamera Belakang
8 MP , Autofocus, LED Flash
  • Kamera Depan
1,2 MP
  • Sensor
Proximity , Accelerometer , Compas , Gyro
  • Warna 
Black/Slate, White/Silver
  • Baterai
Li Po 1440 mAh, Non-Removable

 

Bicara soal spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian desain luarnya, Samsung memang paling ahli dalam mendesain produk-produknya. Kali ini kita akan dihadapkan pada unit ponsel pintar berbodi cukup besar, namun memiliki penampilan elegan. Dimensi Samsung Galaxy J5 memang cukup bongsor karena memiliki ukuran 142 x 73 x 8.5 mm dengan bobot mencapai 149 gram. Sisi elegan Samsung Galaxy J5 dapat dilihat dari penggunaan panel layar TFT Capacitive Touchscreen yang memiliki bentangan seluas 5.0 inci. Meski tampilan visualnya tak sebagus layar AMOLED, namun visualisasi Samsung Galaxy J5 ini cukup bagus karena layarnya memiliki resolusi 720 x 1.280 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 294 ppi pixel density. Dengan tingkat kerapatan yang cukup tinggi tersebut, kemampuan deteksi multijari pada ponsel pintar ini pun juga sangat responsif. Namun sayang sekali, spesifikasi Galaxy J5 pada bagian layarnya belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar yang mumpuni. Berpindah ke spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, kita akan disuguhi dengan spesifikasi mesin yang cukup berkualitas pada ponsel ini. Untuk menunjang performanya, Samsung menyematkan komponen-komponen terbaik pada Samsung Galaxy J5 ini. Pada bagian CPU-nya, Samsung mengandalkan prosesor quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 yang ditandemkan dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. Kombinasi CPU pada Samsung Galaxy J5 ini akan menyajikan performa yang tangguh dan stabil. Sementara untuk menunjang kinerja grafisnya, Samsung pun menyematkan GPU Andreno 306 pada Galaxy J5 ini. Sebagai penyempurna spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, Samsung menyematkan RAM 1.5 GB serta sistem operasi Android OS v5.1 Lollipop.

Spesifikasi Samsung Galaxy J5

Hasil gambar untuk j5

  • Layar
5.0 inci Super AMOLED Capacitive , 720 x 1280 pixels
  • Jaringan
4G LTE
  • Body
142.1 x 71.8 x 7.9 mm, 146g, Plastik
  • Sistem Operasi
Android 5.0 Lollipop
  • Chipset
CPU Snapdragon 410 + GPU Adreno 306
  • Memori
RAM : 1.5 GB , Internal : 8 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , LED Flash , Autofocus
  • Kamera Depan
5 MP + LED Flash
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Hitam, Putih, Gold
  • Baterai
Li Ion 2600 mAh

 

Perbandingan Hasil Hamera Samsung Galaxy J5 VS Apple iPhone 5

Fitur kamera pada spesifikasi Iphone 5 pun tak kalah hebohnya , dengan kamera utama resolusi 8 MP yang dapat menghasilkan foto beresolusi 3264 x 2448 pixels ini semakin melengkapi status gahar smartphone ini. Kamera resolusi 8 MP ini dapat menghasilkan ketajaman gambar dan detail gambar yang luar biasa. Kamera ini juga dapat menghasilkan video dengan kualitas 1080p dengan 30 frame per detiknya. Sedangkan kamera depannya IPhone 5 memiliki resolusi 1.2 MP yang menghasilkan video 720 p dengan 30 frame per detik dilengkapi dengan fitur face detection dan FaceTime over Wi-Fi or Cellular. Sedangkan pada kamera utamanya spesifikasi IPhone 5 dilengkapi dengan fitur 1/3.2” sensor size, 1.4 µm pixel size, simultaneous HD video and image recording, touch focus, geo-tagging, face detection, panorama, HDR photo untuk menambah nyaman anda dalam mengabadikan momen-momen terbaik anda bersama teman-teman dan keluarga.

Hasil gambar untuk iphone 5 hasil kamera

Sebagai ponsel pintar kelas menengah, ternyata Galaxy J5 ini memiliki sepasang kamera yang sangat berkualitas. Sebagai kamera utamanya, Samsung Galaxy J5 mengandalkan kamera berukuran 13 MP yang memiliki resolusi sebesar 4.128 x 3.096 pixels. Selain beresolusi cukup besar, kamera utama pada Samsung Galaxy J5 ini juga dilengkapi dengan fitur Autofocus serta LED Flash yang akan membantu kalian untuk tetap bisa menghasilkan jepretan foto berkualitas meski di tempat minim cahaya. Selain mampu menjalankan fungsi fotografi, kamera belakang pada Samsung Galaxy J5 ini juga bisa digunakan untuk merekam video HD dengan resolusi 1.080 pixels pada 30 fps. Sebagai tandem kamera utama 13 MP tadi, Samsung melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 di sektor fotografi dengan kamera depan berukuran 5 MP.

Hasil gambar untuk j5 hasil kamera

Perbandingan dari Segi Harga Samsung Galaxy J5 VS Apple iPhone 5 di Indonesia

Harga iPhone 5 Untuk saat ini rincian harga barunya sebagai berikut;. versi 16GB 1,8 jutaan saja, Sementara untuk versi 32GB ditawarkan sekitar 2 jutaan. Sementara untuk harga bekasnya dijual sekitar 1 Jutaan. Jika dilihat harga barunya mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, namun untuk harga bekasnya tidak mengalami perubahan. Tentunya dengan melihat harganya rasanya memang membutuhkan dompet yang tebal untuk memiliki handphone ini. Tapi tentunya ketika anda sudah mendapatkan IPhone 5 ini  fitur yang akan anda dapatkan rasanya membuat hidup anda lebih praktis dan berwarna. Di Indonesia sendiri smartphone Apple ini dikenal paling eksklusif dibandingkan dengan merek ponsel lainnya. Hal ini wajar karena jika membandingkan dengan ponsel lain maka IPhone ini dari segi desain sampai dengan jeroannya terbilang paling unik daripada yang lainnya. Coba anda bandingkan dengan vendor-vendor ponsel lainnya yang rasanya monoton saja dalam mengeluarkan desain pada lini-lini ponselnya dan hanya berbeda spesifikasinya saja.

Hasil gambar untuk j5 samsung

Dari sisi pesaingnya, Samsung J5 dihargai sebesar Rp. 1,9 jutaan dan Rp. 1,4 jutaan untuk harga bekasnya. Mengingat Samsung Galaxy J5 sudah agak jadul untuk saat ini, kalian bisa mendapatkan produk baru yang lebih baik dengan harga sebesar itu.

Perbandingan dari Segi Baterai Samsung Galaxy J5 VS Apple iPhone 5

Kelemahan yang ada pada spesifikasi IPhone 5 ini adalah daya baterai non-removable yang tidak dapat dilepas dari gadget. Untuk kapasitas daya baterainya sendiri handphone dari Apple ini memiliki kapasitas baterai sebanyak 1440 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu rasanya masih kurang untuk mendukung IPhone 5 ini hidup lebih lama. Selain itu daya baterai yang boros juga menjadi sorotan Begawei dengan waktu standy-by hanya 225 jam , talk time 8 jam , dan musik play 8 jam membuat anda harus selalu siaga dengan power bank dan charger untuk dapat menggunakan smartphone ini dengan maksimal.

Hasil gambar untuk ip5

Berbeda dengan pesaingnya, untuk mendukung spesifikasi mesin dan layarnya yang cukup bagus, tentunya diperlukan baterai dengan kapasitas ekstra besar. Menyadari hal ini, Samsung pun melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 dengan baterai berkapasitas cukup besar. Untuk mendukung performanya, ponsel ini dibekali dengan baterai berjenis Lithium-Ion dengan kapasitas mencapai 2.600 mAh. Kapasitas baterai pada Samsung Galaxy J5 ini akan sanggup menyokong daya yang dibutuhkan oleh mesin dan komponen lainnya. Berbekal kapasitas baterai yang cukup besar tersebut, Samsung Galaxy J5 akan cocok bagi kalian yang beraktivitas tinggi, terutama yang aktif di luar ruangan. Meski merupakan smartphone kelas menengah, namun spesifikasi Samsung Galaxy J5 ini terdiri dari komponen-komponen yang cukup berkualitas yang butuh pasokan daya cukup besar juga.

Demiikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Apple iPhone 5 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Walaupun terletak kelemahan di kedua smartphone ini, namun kelebihan yang dimiliknya mampu menutupi kekurangan pada kedua smartphone ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here