Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Samsung Galaxy A3 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

samsung-galaxy-a3-1778-vs-samsung-galaxy-j5-2017

Samsung semakin menunjukkan kapabilitasnya sebagai raja di pasar smartphone berbasis Android. Tak hanya mengandalkan unit smartphone paling anyar, perusahaan asal Korea Selatan itu pun juga meluncurkan seri pembaruan dari line-up produknya. Setelah sebelumnya kita pernah membahas seri Galaxy A7 versi 2016, kali ini akan gantian bersua dengan Samsung Galaxy A3 2016 yang merupakan versi facelift dari Galaxy A3 versi lama. Layaknya pabrikan otomotif yang suka merilis versi pembaruan atau facelift dari produk mobil atau motornya, Samsung melakukan hal yang sama pada produk ponsel pintarnya. Kehadiran Samsung Galaxy A3 2016 ini memang sangat menarik. Kali ini Samsung membangun Galaxy A3 versi 2016 dengan material kelas atas demi mewujudkan perangkat pintar berfisik kokoh. Di tengah maraknya trend smartphone bermaterial metal, membuat Samsung pun akhirnya juga ikut bermain di segmen serupa. Bila sebelumnya smartphone berkomposisi metal Samsung lebih menyasar segmen premium, maka untuk kali ini Samsung lebih memilih untuk meracik smartphone dengan material metal untuk kelas menengah ke atas lewat flagship terbarunya. Kehadiran Samsung Galaxy A3 2016 ini pula bertepatan dengan momen menyambut tahun baru yang sudah di depan mata. Galaxy A3 versi 2016 ini akan melengkapi deretan smartphone terbaru lansiran Samsung. Diplot menempati segmen smartphone kelas entry-level hingga menengah, pastinya juga Samsung Galaxy A3 2016 dibekali dengan spesifikasi mumpuni khas produk-produk Samsung. Datang sebagai produk global, pastinya Samsung Galaxy A3 2016 juga membawa beberapa kelebihan khas smartphone Samsung lainnya. Jika kita lihat dari garis besar spesifikasi yang dimilikinya, perangkat pintar seri Galaxy A3 2016 memang cukup ideal jika menempati level menengah ke atas, di mana smartphone ini memiliki desain tampilan elegan layaknya smartphone premium. Ditambah lagi, Samsung Galaxy A3 2016 menawarkan tampilan visual menawan lewat layar 4,7 inci dengan panel Super AMOLED. Sedangkan untuk sektor jeroannya, Galaxy A3 2016 dijejali dengan bekal chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dan ditenagai dengan otak penggerak berupa prosesor Quad-core 1,5 GHz di mana kombinasi keduanya menjanjikan performa handal untuk operasional. Demi mendukung kinerja komponen mesin Samsung Galaxy A3 2016, RAM 1,5 GB juga tak luput hadir sebagai penopang kebutuhan multitasking. Untuk sektor unggulan lain pada Galaxy A3 2016 juga terletak pada bagian fotografinya, di mana untuk sektor dokumentasinya mengandalkan duet kamera mumpuni berkekuatan 13 MP dan 5 MP yang bisa hasilkan foto dengan cukup baik. Layaknya smartphone masa kini, Samsung Galaxy A3 2016 pun juga sudah didukung dengan jaringan 4G LTE untuk menyediakan akses internet cepat kepada pengguna.

Setelah mendapat serangan bertubi-tubi dari Xiaomi dan Sony di pasar gadget dunia, kini Samsung dihadapkan dengan masalah baru. Beberapa waktu yang lalu perusahaan asal Korea Selatan tersebut dihadapkan dengan masalah keterlambatan pengiriman unit smartphone-nya ke negara Tiongkok, yang notabene area kekuasaan Xiaomi. Tak tanggung-tanggung, Samsung mengalami penurunan income hingga 4,3 persen gara-gara masalah tersebut. Seakan ingin merebut tampuk kekuasaannya yang mulai terusik pada pesaing, Samsung pun mulai menyiapkan produk-produk baru untuk mengembalikan reputasinya. Tak lagi menyasar para pengguna kelas premium, kini Samsung mengenalkan Samsung Galaxy J5 untuk ditujukan kepada para pengguna gadget di kelas low-end. Meski hanya ditempatkan sebagai smartphone kelas menengah, namun produk baru dari Samsung ini tetap dibekali dengan segudang komponen berkualitas. Selama ini Samsung memang dikenal selalu serius meracik semua produknya, meskipun produk itu hanya menempati kelas menengah ke bawah. Keseriusan Samsung dalam meracik unit smartphone-nya juga nampak pada Samsung Galaxy J5 ini. Hadir sebagai smartphone kelas menengah, nyatanya smartphone Android racikan Samsung ini tetap dibekali dengan komponen-komponen berkualitas. Kali ini Tim Futureloka berkesempatan untuk membahas tentang Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Samsung Galaxy A3 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi HP Samsung Galaxy J5 VS Samsung Galaxy A3

Meskipun secara bentuk Galaxy A3 2016 memiliki konsep desain fisik yang identik dengan Samsung Galaxy A3 versi lama, namun pada smartphone terbaru ini Samsung ini sudah mengusung casing berbahan full metal sehingga membuatnya tampak lebih mewah. Sedikit perbedaan yang ada pada Samsung Galaxy A3 2016 ini jika dibandingkan generasi lawasnya terletak pada dimensinya. Ya, secara fisik Galaxy A3 2016 memang lebih besar dari Galaxy A3 versi lama. Ukuran tubuh Galaxy A3 2016 adalah 134,5 x 65,2 x 7,3 mm. Ukuran bodi Samsung Galaxy A3 2016 ini memang lebih bongsor karena luas bentangan layarnya juga sudah dipermak, di mana smartphone ini mengusung layar berukuran 4,7 inci. Dengan ukuran layar lebih besar, namun jenis layar yang digunakan oleh seri Galaxy A3 2016 ini tetap sama, yaitu jenis layar Super AMOLED. Layar pada Samsung Galaxy A3 2016 tersebut memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 pixels dengan tingkat kerapatan mencapai 312 ppi. Secara visual, memang kualitas gambar yang ditampilkan oleh Galaxy A3 2016 terjadi peningkatan dibandingkan generasi lawasnya. Apalagi dengan bentangan mencapai 4,7 inci, pastinya ini akan memberikan efek lega terhadap penggunanya. Mengakhiri pembahasan di segmen pertama, layar pada spesifikasi Galaxy A3 2016 dikabarkan akan mengusung Corning Gorilla Glass 4 untuk meminimalisir resiko kerusakan pada layar akibat benturan atau goresan. Beranjak dari spesifikasi Samsung Galaxy A3 2016 pada bagian eksterior yang rupanya sangat menawan. Sama seperti versi Galaxy A3 lama, kecanggihan smartphone Samsung seri Galaxy A3 2016 tidak berhenti pada konsep desain yang begitu menarik. Guna memberikan performa yang handal, dapur pacu pada smartphone Samsung Galaxy A3 2016 ini digerakkan dengan chipset  Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang ditenagai oleh prosesor Quad-core 1,5 GHz Cortex-A53. Dengan kombinasi kedua komponen tesebut, Samsung Galaxy A3 2016 menawarkan kinerja cukup responsif di kelasnya. Performa smartphone ini pun juga semakin tangguh berkat kehadiran RAM berkapasitas 1,5 GB. Dengan RAM yang dimilikinya, membuat kalian bisa menjalankan berbagai macam aplikasi terasa lebih lancar. Begitupun soal kebutuhan multitasking bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan. Untuk menunjang kebutuhan grafis visual pada Samsung Galaxy A3 2016, pabrikan asal Korea Selatan ini mempercayakan kartu pengolah grafis yang cukup handal lewat GPU Adreno 306. Dengan GPU ini, pastinya bisa menghasilkan kualitas grafis yang ciamik. Apabila pada Galaxy A3 versi lama masih menggunakan platform Android KitKat, maka pada spesifikasi Samsung Galaxy A3 2016  ini berjalan pada sistem operasi Android versi 5.1 atau Lollipop yang memiliki lebih banyak fitur seru dan pembaruan software.

Spesifikasi Samsung Galaxy A3

Hasil gambar untuk samsung a3

  • Layar
4.5″ Super AMOLED , 540 x 960 Pixel,
  • Bodi
130.1 x 65.5 x 6.9 mm, 110g, Frame Metal
  • Jaringan
3G, HSDPA, HSPA+
  • Sistem Operasi
Android v4.4 Kit Kat
  • Chipset
CPU Snapdragon 410 + GPU Adreno 306
  • Memori
RAM : 1,5 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 64 GB
  • Kamera Belakang
8 MP , Autofokus, LED Flash
  • Kamera Depan
5 MP
  • Sensor
Accelerometer , Ambient Light
  • Warna
Pearl White, Midnight Black, Platinum Silver, Soft Pink, Light Blue, Champagne Gold
  • Baterai
Li ion 1900 mAh

 

Bicara soal spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian desain luarnya, Samsung memang paling ahli dalam mendesain produk-produknya. Kali ini kita akan dihadapkan pada unit ponsel pintar berbodi cukup besar, namun memiliki penampilan elegan. Dimensi Samsung Galaxy J5 memang cukup bongsor karena memiliki ukuran 142 x 73 x 8.5 mm dengan bobot mencapai 149 gram. Sisi elegan Samsung Galaxy J5 dapat dilihat dari penggunaan panel layar TFT Capacitive Touchscreen yang memiliki bentangan seluas 5.0 inci. Meski tampilan visualnya tak sebagus layar AMOLED, namun visualisasi Samsung Galaxy J5 ini cukup bagus karena layarnya memiliki resolusi 720 x 1.280 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 294 ppi pixel density. Dengan tingkat kerapatan yang cukup tinggi tersebut, kemampuan deteksi multijari pada ponsel pintar ini pun juga sangat responsif. Namun sayang sekali, spesifikasi Galaxy J5 pada bagian layarnya belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar yang mumpuni. Berpindah ke spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, kita akan disuguhi dengan spesifikasi mesin yang cukup berkualitas pada ponsel ini. Untuk menunjang performanya, Samsung menyematkan komponen-komponen terbaik pada Samsung Galaxy J5 ini. Pada bagian CPU-nya, Samsung mengandalkan prosesor quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 yang ditandemkan dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. Kombinasi CPU pada Samsung Galaxy J5 ini akan menyajikan performa yang tangguh dan stabil. Sementara untuk menunjang kinerja grafisnya, Samsung pun menyematkan GPU Andreno 306 pada Galaxy J5 ini. Sebagai penyempurna spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, Samsung menyematkan RAM 1.5 GB serta sistem operasi Android OS v5.1 Lollipop.

Spesifikasi Samsung Galaxy J5

Hasil gambar untuk j5

  • Layar
5.0 inci Super AMOLED Capacitive , 720 x 1280 pixels
  • Jaringan
4G LTE
  • Body
142.1 x 71.8 x 7.9 mm, 146g, Plastik
  • Sistem Operasi
Android 5.0 Lollipop
  • Chipset
CPU Snapdragon 410 + GPU Adreno 306
  • Memori
RAM : 1.5 GB , Internal : 8 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , LED Flash , Autofocus
  • Kamera Depan
5 MP + LED Flash
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Hitam, Putih, Gold
  • Baterai
Li Ion 2600 mAh

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy J5 VS Samsung Galaxy A3

Pada sektor fotografi, Samsung juga siap membuat spesifikasi Samsung Galaxy A3 2017 ini berbeda dari seri A3 (2016). Kali ini, Samsung juga membekalkan smartphone terbarunya ini dengan spesifikasi perangkat kamera yang cukup berkualitas. Untuk Galaxy A3 2017 Samsung membekalkan kamera utama yang berukuran 12 MP lengkap dengan autofocus dan LED flash. Sehingga hasil jepretan Samsung Galaxy A3 2017 ini akan dihasilkan dengan kualitas yang tajam serta pencahayaan yang sangat maksimal. Untuk memenuhi dokumentasi dengan sentuhan-sentuhan fotografi modern, Samsung juga menyematkan berbagai fitur seperti geo-tagging, touch focus, face detection dan panorama. Sebagai perangkat modern, Samsung Galaxy A3 2017 juga memiliki kamera depan atau kamera sekunder berukuran 8 MP untuk memenuhi kebutuhan foto selfie juga video call dengan hasil maksimal. Sementara itu, untuk kebutuhan dokumentasi berupa video, kedua kamera pada spesifikasi Samsung Galaxy A3 2017 ini sanggup melakukan perekaman dengan kualitas Full HD 1080p.

Gambar terkait

Sebagai ponsel pintar kelas menengah, ternyata Galaxy J5 ini memiliki sepasang kamera yang sangat berkualitas. Sebagai kamera utamanya, Samsung Galaxy J5 mengandalkan kamera berukuran 13 MP yang memiliki resolusi sebesar 4.128 x 3.096 pixels. Selain beresolusi cukup besar, kamera utama pada Samsung Galaxy J5 ini juga dilengkapi dengan fitur Autofocus serta LED Flash yang akan membantu kalian untuk tetap bisa menghasilkan jepretan foto berkualitas meski di tempat minim cahaya. Selain mampu menjalankan fungsi fotografi, kamera belakang pada Samsung Galaxy J5 ini juga bisa digunakan untuk merekam video HD dengan resolusi 1.080 pixels pada 30 fps. Sebagai tandem kamera utama 13 MP tadi, Samsung melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 di sektor fotografi dengan kamera depan berukuran 5 MP.

Hasil gambar untuk j7 2016 hasil gambar

Perbandingan dari Segi harga Samsung Galaxy J5 VS Samsung Galaxy A3 di Indonesia

Harga Samsung Galaxy A3 bulan ini masih stabil diangka 2,1 jutaan, sedangkan untuk harga bekasnya saat ini kami perkirakan 1,5 jutaan. Dan untuk harga yang ditawarkan kami rasa untuk saat ini memang sedikit kemahalan mengingat dipasaran sudah banyak seklai tersedia smartphone yang menawarkan spesifikasi lebih mantap. Dari sisi pesaingnya, Samsung J5 dihargai sebesar Rp. 1,9 jutaan dan Rp. 1,4 jutaan untuk harga bekasnya. Mengingat Samsung Galaxy J5 sudah agak jadul untuk saat ini, kalian bisa mendapatkan produk baru yang lebih baik dengan harga sebesar itu.

Hasil gambar untuk samsung a3

Perbandingan dari Segi Baterai Samsung Galaxy J5 VS Samsung Galaxy A3

Jika melihat spesifikasinya, memang Samsung Galaxy A3 2016 ini tergolong sebagai smartphone yang memiliki tingkat konsumsi daya cukup tinggi. Hal ini karena spesifikasinya mengusung komponen-komponen berkualitas tinggi. Untuk itu, ponsel pintar buatan Samsung seri Galaxy A3 2016 pun dibekali dengan baterai jenis Lithium-Ion berkapasitas 2.300 mAh. Kapasitas baterai pada seri Samsung Galaxy A3 2016 ini meningkat dari seri sebelumnya yang memiliki suplai daya 1.900 mAh saja. Untuk ukuran smartphone masa kini, memang kapasitas sebesar 2.300 mAh tersebut tergolong standar. Demi menopang suplai daya di lingkungan outdoor, ada baiknya jika kalian selalu menyediakan unit pemasok daya cadangan atau powerbank saat membawa smartphone ini beraktivitas di luar rumah. Hal ini karena baterai yang disediakan oleh spesifikasi Samsung Galaxy A3 2016 ini cenderung pas-pasan untuk kebutuhan daya yang cukup besar.

Hasil gambar untuk j5 samsung

Untuk mendukung spesifikasi mesin dan layarnya yang cukup bagus, tentunya diperlukan baterai dengan kapasitas ekstra besar. Menyadari hal ini, Samsung pun melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 dengan baterai berkapasitas cukup besar. Untuk mendukung performanya, ponsel ini dibekali dengan baterai berjenis Lithium-Ion dengan kapasitas mencapai 2.600 mAh. Kapasitas baterai pada Samsung Galaxy J5 ini akan sanggup menyokong daya yang dibutuhkan oleh mesin dan komponen lainnya. Berbekal kapasitas baterai yang cukup besar tersebut, Samsung Galaxy J5 akan cocok bagi kalian yang beraktivitas tinggi, terutama yang aktif di luar ruangan. Meski merupakan smartphone kelas menengah, namun spesifikasi Samsung Galaxy J5 ini terdiri dari komponen-komponen yang cukup berkualitas yang butuh pasokan daya cukup besar juga.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Samsung Galaxy A3 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Bisa silihat bahaw J Series tidak kalah bagusnya dengan A Series dari spesifikasi dan fitur yang tertanam di dalamnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here