Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Oppo A39 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Oppo-A39-vs-Samsung-Galaxy-J5-PrimeOppo memang diketahui sebagai vendor asal Tiongkok yang produk-produknya banyak diminati oleh konsumen karena terdiri dari berbagai macam tipe yang mampu bersaing dengan produk andalan vendor lain. Kehadiran Oppo A39 tentu menjadi angin segar bagi para konsumen karena Oppo tampaknya tetap tak melupakan segmen menengah ke bawah meski akhir –akhir ini sering meluncurkan produk ponsel flagshipnya.

Setelah beberapa waktu yang lalu merilis Oppo A57 yang menarik perhatian banyak publik karena membawa kamera 16 MP yang diklaim dengan kemampuan super selfie-nya, kini melalui Oppo A39 ini vendor itu menghadirkan generasi penerus dari Oppo A37 yang telah resmi meluncur di pasaran pada pertengahan tahun ini. Suksesor dari Oppo A37 juga diyakini akan menjadi pesaing kuat di kelas menengah.

Oppo A39 membawa sejumlah peningkatan spesifikasi dari pendahulunya itu. Spesifikasi yang dibawa oleh Oppo A39 ini bisa dikatakan berkualitas tinggi untuk ponsel di kelasnya meskipun masih jauh di bawah produk Oppo lainnya yang diluncurkan baru-baru ini yaitu Oppo R9s dan Oppo R9s Plus. Meski begitu, seperti pada kebanyakan produk Oppo lainnya, smartphone terbarunya ini memiliki tampilan yang premium dan layar yang sudah dilindungi dengan lapisan antigores dan kaca lengkung 2.5D Curved Glass Screen.

Performa dari Oppo A39 ini juga powerfull karena dibekali dengan komponen dapur pacu yang mumpuni yaitu prosesor Octa core dan RAM sebesar 3 GB. Salah satu peningkatan yang terlihat jelas dari ponsel ini dari pendahulunya Oppo A37 bisa ditemukan pada lini fotografinya. Ini karena Oppo A39 ini pada sektor tersebut menawarkan kebutuhan dokumentasi yang lebih menjanjikan berkat duet kamera utama dan sekunder beresolusi 13 MP dan 5 MP.

Beberapa waktu yang lalu perusahaan asal Korea Selatan tersebut dihadapkan dengan masalah keterlambatan pengiriman unit smartphone-nya ke negara Tiongkok, yang notabene area kekuasaan Xiaomi. Tak tanggung-tanggung, Samsung mengalami penurunan income hingga 4,3 persen gara-gara masalah tersebut. Seakan ingin merebut tampuk kekuasaannya yang mulai terusik pada pesaing, Samsung pun mulai menyiapkan produk-produk baru untuk mengembalikan reputasinya. Tak lagi menyasar para pengguna kelas premium, kini Samsung mengenalkan Samsung Galaxy J5 untuk ditujukan kepada para pengguna gadget di kelas low-end. Meski hanya ditempatkan sebagai smartphone kelas menengah, namun produk baru dari Samsung ini tetap dibekali dengan segudang komponen berkualitas.

Selama ini Samsung memang dikenal selalu serius meracik semua produknya, meskipun produk itu hanya menempati kelas menengah ke bawah. Keseriusan Samsung dalam meracik unit smartphone-nya juga nampak pada Samsung Galaxy J5 ini. Hadir sebagai smartphone kelas menengah, nyatanya smartphone Android racikan Samsung ini tetap dibekali dengan komponen-komponen berkualitas. Kali ini Tim Futureloka akan membahas tentang Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Oppo A39 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi HP Samsung Galaxy J5 VS Oppo A39

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh perangkat ini terletak pada fisiknya karena mengusung desain yang premium berkat material metal yang membalut bodinya. Tampilannya pun makin terlihat cantik dengan pilihan warna gold dan rose gold yang mendominasi hampir seluruh bagian ponsel. Ukuran dari Oppo A39 meliputi panjang 149.1 mm, lebar 72.9 mm, dan ketebalan 7.65 mm.

Mengimbangi tubuhnya yang slim, berat ponsel ini hanya 147. Sehingga smartphone ini pun begitu nyaman untuk digenggam dan dioperasikan meskipun hanya dengan satu tangan. Untuk layarnya sendiri, Oppo A39 ini menggunakan panel IPS dengan bentang 5.2 inci. Layar yang mampu menghasilkan resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 282 ppi itu telah dilengkapi dengan proteksi dari lapisan scratch resistant dan kaca lengkung 2.5D Curved Glass Screen.

Meski begitu, kalian belum bisa menemukan sensor fingerprint baik pada bagian depan atau belakang ponsel untuk menunjang keamanan. Hal ini tentu menjadi spesifikasi Oppo A39 yang sedikit mengecewakan. Sebagai ponsel yang didesain untuk mengisi jajaran di kelas menengah, handphone terbaru dari Oppo ini dibekali dengan komponen-komponen dapur pacu yang berkualitas sehingga mampu menghasilkan performa yang powerfull. Misalnya saja, Oppo A39 ini menggunakan chipset yang biasanya digunakan oleh ponsel –ponsel mid-range yaitu MediaTek MT6750.

Selain itu sektor ini juga ditenagai dengan prosesor Octa core hasil dari integrasi Quad core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad core 1.0 GHz Cortex-A53. Belum lagi dukungan dari RAM sebesar 3 GB yang memungkinkan dijalankannya berbagai aplikasi secara bersamaan dengan lancar. Performa dari Oppo A39 ini juga semakin baik dengan digunakannya kartu olah grafis Mali-T860MP2 yang sangat mendukung untuk bermain game.

Semua komponen dapur pacunya tersebut akan dijalankan di atas sistem operasi Android v5.1.1 Lollipop yang kinerjanya cukup ringan. Walaupun tidak bisa dikatakan baru, OS dalam spesifikasi Oppo A39 tersebut tentu dianggap cukup mumpuni bagi Oppo sendiri.

Spesifikasi Oppo A39

Hasil gambar untuk a39

  • Layar
5.2 inci IPS Capacitive , 720 x 1280 pixels
  •  Body
150 x 72 x 9 mm, 147 gram, Full Metal
  • Jaringan
4G LTE Cat 4 150/50 Mbps
  • Sistem Operasi
Android v5.1 Lolipop ,Color OS
  • Chipset
CPU Mediatek MT6750 + GPU Mali T860 MP2
  • Memori
RAM : 3 GB , Internal : 32 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , Autofocus, LED Flash
  • Kamera Depan
5 MP, Screen Flash , Beautify 4.0
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  •  Warna
Gold, Rose Gold
  • Baterai
Li Po 2900 mAh

 

Bicara soal spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian desain luarnya, Samsung memang paling ahli dalam mendesain produk-produknya. Kali ini kita akan dihadapkan pada unit ponsel pintar berbodi cukup besar, namun memiliki penampilan elegan. Dimensi Samsung Galaxy J5 memang cukup bongsor karena memiliki ukuran 142 x 73 x 8.5 mm dengan bobot mencapai 149 gram.

Sisi elegan Samsung Galaxy J5 dapat dilihat dari penggunaan panel layar TFT Capacitive Touchscreen yang memiliki bentangan seluas 5.0 inci. Meski tampilan visualnya tak sebagus layar AMOLED, namun visualisasi Samsung Galaxy J5 ini cukup bagus karena layarnya memiliki resolusi 720 x 1.280 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 294 ppi pixel density. Dengan tingkat kerapatan yang cukup tinggi tersebut, kemampuan deteksi multijari pada ponsel pintar ini pun juga sangat responsif.

Namun sayang sekali, spesifikasi Galaxy J5 pada bagian layarnya belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar yang mumpuni. Berpindah ke spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, kita akan disuguhi dengan spesifikasi mesin yang cukup berkualitas pada ponsel ini. Untuk menunjang performanya, Samsung menyematkan komponen-komponen terbaik pada Samsung Galaxy J5 ini. Pada bagian CPU-nya, Samsung mengandalkan prosesor quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 yang ditandemkan dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410.

Kombinasi CPU pada Samsung Galaxy J5 ini akan menyajikan performa yang tangguh dan stabil. Sementara untuk menunjang kinerja grafisnya, Samsung pun menyematkan GPU Andreno 306 pada Galaxy J5 ini. Sebagai penyempurna spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, Samsung menyematkan RAM 1.5 GB serta sistem operasi Android OS v5.1 Lollipop.

Spesifikasi Samsung Galaxy J5

Hasil gambar untuk j5

  • Layar
5.0 inci Super AMOLED Capacitive , 720 x 1280 pixels
  • Jaringan
4G LTE
  • Body
142.1 x 71.8 x 7.9 mm, 146g, Plastik
  • Sistem Operasi
Android 5.0 Lollipop
  • Chipset
CPU Snapdragon 410 + GPU Adreno 306
  • Memori
RAM : 1.5 GB , Internal : 8 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , LED Flash , Autofocus
  • Kamera Depan
5 MP + LED Flash
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Hitam, Putih, Gold
  • Baterai
Li Ion 2600 mAh

 

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy J5 VS Oppo A39

Lini fotografi sepertinya merupakan bagian yang mendapatkan peningkatan cukup signifikan dari generasi sebelumnya. Pasalnya handset terbaru dari Oppo ini mempunyai kamera utama beresolusi tinggi pada bagian punggungnya. Kamera 13 MP dengan aperture f/2.2 juga telah dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED Flash. Selain itu, kamera Oppo A39 tersebut juga mampu merekam video dengan kualitas [email protected]

Sedangkan, kamera sekunder beresolusi 5 MP bisa ditemukan pada bagian depan bodi Oppo A39 ini yang cukup mendukung untuk kebutuhan selfie dan video call. Sejumlah fitur pendukung kamera seperti geo-tagging, touch focus, face detection, digital zoom, panorama, dan HDR pun bisa ditemukan dalam spesifikasi Oppo A39 ini untuk mendukung kebutuhan dokumentasi.

Hasil gambar untuk a39 hasil kamera

Sebagai ponsel pintar kelas menengah, ternyata Galaxy J5 ini memiliki sepasang kamera yang sangat berkualitas. Sebagai kamera utamanya, Samsung Galaxy J5 mengandalkan kamera berukuran 13 MP yang memiliki resolusi sebesar 4.128 x 3.096 pixels. Selain beresolusi cukup besar, kamera utama pada Samsung Galaxy J5 ini juga dilengkapi dengan fitur Autofocus serta LED Flash yang akan membantu kalian untuk tetap bisa menghasilkan jepretan foto berkualitas meski di tempat minim cahaya.

Selain mampu menjalankan fungsi fotografi, kamera belakang pada Samsung Galaxy J5 ini juga bisa digunakan untuk merekam video HD dengan resolusi 1.080 pixels pada 30 fps. Sebagai tandem kamera utama 13 MP tadi, Samsung melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 di sektor fotografi dengan kamera depan berukuran 5 MP.

Hasil gambar untuk j7 2016 hasil gambar

Perbandingan dari Segi Harga Samsung Galaxy J5 VS Oppo A39 di Indonesia

Harga Oppo A39 saat ini dijual di harga 2,4 jutaan untuk harga barunya. Sedangkan untuk harga bekasnya dijual sekitar 1,6 jutaan. Jika melihat tabel harga diatas, Harga barunya mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Namun untuk harga bekasnya mengalami sedikit penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Harga ini kami rasa cukup sepadan dengan apa yang kita dapatkan yakni pengalaman penggunaan yang menyenangkan berkat desainya yang cantik serta kemampuan kamera oppo A39 yang cukup mumpuni. Tak hanya itu saja juga dilengkapi dengan kapasitas baterai besar yang dapat menunjang kinerja smartphone lebih maksimal.

Hasil gambar untuk a39

Dari sisi pesaingnya, Samsung J5 dihargai sebesar Rp. 1,9 jutaan dan Rp. 1,4 jutaan untuk harga bekasnya. Mengingat Samsung Galaxy J5 sudah agak jadul untuk saat ini, kalian bisa mendapatkan produk baru yang lebih baik dengan harga sebesar itu.

Perbandingan dari Segi Baterai Samsung Galaxy J5 VS Oppo A39

Sebagai ponsel yang memiliki spesifikasi lumayan mumpuni tentu pasokan daya yang dibutuhkannya cukup besar. Oleh sebab itu, Oppo membekali A39 dengan baterai Lithium Polymer atau Li-Po berkapasitas 2.900 mAH. Kapasitas ini cukup memadai untuk mendukung berbagai macam aktivitas yang dijalankan dan tergolong awet bagi Oppo A39 ini. Ini karena baterai bisa bertahan hingga 300 jam dalam kondisi siaga.

Sedangkan jika digunakan untuk kebutuhan bicara (talk time), maka baterai Oppo A39 ini mampu bertahan hingga 15 jam. Meski begitu, jenis baterai yang digunakan dalam Oppo A39 ini adalah non-removable sehingga tidak bisa dilepas jika memang dibutuhkan. Sektor ini tampaknya juga belum dilengkapi dengan fitur fast charging untuk pengisian daya yang lebih efisien. Hal ini tentu menjadi hal yang disayangkan dalam spesifikasi Oppo A39 tersebut.

Hasil gambar untuk j5

Untuk mendukung spesifikasi mesin dan layarnya yang cukup bagus, tentunya diperlukan baterai dengan kapasitas ekstra besar. Menyadari hal ini, Samsung pun melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 dengan baterai berkapasitas cukup besar. Untuk mendukung performanya, ponsel ini dibekali dengan baterai berjenis Lithium-Ion dengan kapasitas mencapai 2.600 mAh. Kapasitas baterai pada Samsung Galaxy J5 ini akan sanggup menyokong daya yang dibutuhkan oleh mesin dan komponen lainnya. Berbekal kapasitas baterai yang cukup besar tersebut, Samsung Galaxy J5 akan cocok bagi kalian yang beraktivitas tinggi, terutama yang aktif di luar ruangan. Meski merupakan smartphone kelas menengah, namun spesifikasi Samsung Galaxy J5 ini terdiri dari komponen-komponen yang cukup berkualitas yang butuh pasokan daya cukup besar juga.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Oppo A39 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Pilihlah smartphone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here