Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Samsung Galaxy ON5 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Samsung-galaxy-J5-vs-Galaxy-On5

Antara Samsung Galaxy On5 dengan Galaxy On7 memang merupakan produk satu gen terbaru dari perusahaan teknologi raksasa asal Korea Selatan, Samsung. Kedua produk tersebut memang diracik dengan menggunakan basis yang sama. Hal ini bisa dilihat dari bentuk fisik Samsung Galaxy On5 yang sangat identik dengan Samsung Galaxy On7. Mulai dari konsep desainnya, tata letak tombol serta panel-panelnya, hingga material yang digunakan pun sama. Ini memang wajar mengingat antara Galaxy On5 dan Galaxy On7 juga ditempatkan di segmen yang sama, yakni pasar smartphone kelas pemula alias entry-level. Meski merupakan produk satu gen, namun Samsung Galaxy On5 ini memiliki spesifikasi dengan status di bawah Galaxy On7. Ya, bisa dibilang smartphone yang akan segera kita ulas ini kelasnya satu tingkat di bawah Galaxy On7. Meski kelasnya hanya merupakan smartphone pemula, namun tetap saja Samsung Galaxy On5 ini dibekali dengan spesifikasi yang tergolong baik di kelasnya. Meski secara konsep desain sama dengan Samsung Galaxy On7, namun varian kedua dari Samsung Galaxy On series ini memiliki perbedaan yang terbilang cukup siginifikan pada masing-masing spesifikasi. Pada bagian layarnya, Samsung Galaxy On5 ini mengusung layar berukuran 5 inci, lebih kecil dari Samsung Galaxy On7 yang menggunakan layar 5.5 inci. Dari ukuran layarnya memang lebih kecil, namun jenis layar uang digunakan pun masih sama, yakni layar kapasitif TFT. Untuk smartphone modern, jelas layar yang digunakan oleh Samsung Galaxy On5 memang sedikit tertinggal karena banyak merek smartphone lain di kelas yang sama sudah menggunakan layar IPS, bahkan AMOLED, namun dengan ukurannya yang mencapai 5 inci pastinya akan memberikan efek visual yang lega. Smartphone terbaru dari Samsung ini sangat cocok bagi kamu yang memang menggemari smartphone berlayar lebar. Setelah layar, spesifikasi lain yang cukup diunggulkan pada smartphone ini adalah sistem permesinannya. Sama seperti Galaxy On7, ponsel cerdas Samsung Galaxy On5 yang satu ini masih mengandalkan chipset buatan Samsung sendiri, yakni chipset Exynos 3475 yang mengusung prosesor Quad-core 1.3 GHz. Meski hanya merupakan komponen hardware kelas pemula, namun kehadiran CPU Quad-core berkecepatan 1.3 GHz pastinya sudah mampu menghadirkan kemampuan olah data yang tangguh dan stabil. Apalagi, Samsung Galaxy On5 juga didukung oleh RAM berkapasitas 1.5 GB. Sementara untuk lini fotografinya, smartphone terbaru dari Samsung ini diperkuat oleh sepasang kamera 8 MP dan 5 MP yang meski minimalis namun tetap fungsional. Itulah sekilas spesifikasi dari Galaxy On5 ini. Perbedaan spesifikasi yang diberikan tentunya juga akan memberikan varian harga yang berbeda.

Beberapa waktu yang lalu perusahaan asal Korea Selatan tersebut dihadapkan dengan masalah keterlambatan pengiriman unit smartphone-nya ke negara Tiongkok, yang notabene area kekuasaan Xiaomi. Tak tanggung-tanggung, Samsung mengalami penurunan income hingga 4,3 persen gara-gara masalah tersebut. Seakan ingin merebut tampuk kekuasaannya yang mulai terusik pada pesaing, Samsung pun mulai menyiapkan produk-produk baru untuk mengembalikan reputasinya. Tak lagi menyasar para pengguna kelas premium, kini Samsung mengenalkan Samsung Galaxy J5 untuk ditujukan kepada para pengguna gadget di kelas low-end. Meski hanya ditempatkan sebagai smartphone kelas menengah, namun produk baru dari Samsung ini tetap dibekali dengan segudang komponen berkualitas. Selama ini Samsung memang dikenal selalu serius meracik semua produknya, meskipun produk itu hanya menempati kelas menengah ke bawah. Keseriusan Samsung dalam meracik unit smartphone-nya juga nampak pada Samsung Galaxy J5 ini. Hadir sebagai smartphone kelas menengah, nyatanya smartphone Android racikan Samsung ini tetap dibekali dengan komponen-komponen berkualitas. Kali ini Tim Futureloka berkesempatan untuk membahas Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Samsung Galaxy ON5 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi HP Samsung Galaxy J5 VS Samsung Galaxy ON5

Jika diamati dari sisi luarnya, sekilas spesifikasi Samsung Galaxy On5 ini memang tak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy On7. Untuk seri kedua dari Galaxy On ini, Samsung tetap mempertahankan desain minimalis namun elegan khas smartphone Samsung kelas atas. Sedikit perbedaan yang ada pada Samsung Galaxy On5 ini sudah barang tentu terletak pada dimensinya. Ya, secara fisik Galaxy On5 memang lebih kecil dari Galaxy On7. Ukuran tubuh Galaxy On5 adalah 142.3 x 72.1 x 8.5 mm. Ukuran bodi Samsung Galaxy On5 ini memang lebih kecil karena luas bentangan layarnya juga berukuran lebih kecil, di mana smartphone ini mengusung layar berukuran 5 inci. Layar pada Galaxy On5 lebih kecil 0.5 inci jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy On7. Meski ukuran layarnya lebih kecil, namun jenis layar yang digunakan oleh Samsung Galaxy On5 ini tetap sama, yaitu jenis layar TFT kapasitif. Layar tersebut memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 pixels dengan tingkat kerapatan mencapai 288 ppi pixel density. Secara spesifik, memang kualitas gambar yang ditampilkan oleh Samsung Galaxy On5 tak akan terlalu tajam karena resolusi layarnya tergolong rendah. Namun karena bentangannya mencapai 5 inci, pastinya ini akan memberikan efek lega terhadap penggunanya. So, secara kualitas spesifikasi Galaxy On5 pada bagian layar ini juga tidak jelek-jelek amat. Lepas dari bagian eksterior, sekarang saatnya kita mengupas spesifikasi Samsung Galaxy On5 pada sistem permesinan. Sebenarnya untuk performa dari smartphone ini tak jauh berbeda dengan varian Galaxy On7. Hal ini karena Galaxy On5 mengusung spesifikasi mesin yang tak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy On7. Pada bagian inti mesinnya, Samsung Galaxy On5 tetap mengandalkan chipset Exynos 3475 yang sebelumnya juga sudah terpasang pada Samsung Galaxy On7. Chipset tersebut merupakan rangkaian chipset buatan Samsung sendiri di mana prosesornya menggunakan CPU Quad-core berkecepatan 1.3 GHz. Dengan dukungan chipset Exynos 3475 serta CPU Quad-core 1.3 GHz, tentu saja kinerja smartphone terbaru dari Samsung ini sudah cukup optimal. Apalagi, Samsung pun juga menyematkan RAM berkapasitas 1.5 GB. Spesifikasi hardware pada Samsung Galaxy On5 tersebut tentunya akan memberikan kinerja yang optimal, bahkan untuk proses multitasking yang cukup berat sekalipun. Selain itu, dengan menanamkan mesin yang dibuat sendiri tentu saja Samsung juga telah memperkirakan segala celah yang nantinya akan menjadi kekurangan dari Samsung Galaxy On5, sehingga kalian tak perlu khawatir akan masalah tersebut. Sementara itu, untuk menjalankan proses kerja dari komponen hardware tersebut, Samsung menanamkan sistem operasi Android Lollipop v5.1 guna melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy On5 di bagian ruang mesin. Kehadiran OS besutan Google ini pastinya juga akan memberikan dukungan kinerja yang lebih maksimal, fitur menarik, serta proses kerja aplikasi yang tergolong ringan.

Spesifikasi Samsung Galaxy On5

Hasil gambar untuk on5

  • Layar
5.0 inci TFT Capasitive, 720 x 1280 Pixel
  • Jaringan
3G, HSDPA, HSPA+ , 4G LTE
  • Sistem Operasi
Android v6.0 Marshmallow
  • Chipset
CPU Snapdragon 425 + GPU Adreno 308
  • Memori
RAM : 2 GB , Internal : 32 GB , MicroSD : up to 256 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , Autofocus, LED Flash
  • Kamera Depan
5 MP
  • Sensor
Accelerometer, Proximity
  • Warna
Hitam & Gold
  • Baterai
Li lon 2600 mAh

 

Bicara soal spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian desain luarnya, Samsung memang paling ahli dalam mendesain produk-produknya. Kali ini kita akan dihadapkan pada unit ponsel pintar berbodi cukup besar, namun memiliki penampilan elegan. Dimensi Samsung Galaxy J5 memang cukup bongsor karena memiliki ukuran 142 x 73 x 8.5 mm dengan bobot mencapai 149 gram. Sisi elegan Samsung Galaxy J5 dapat dilihat dari penggunaan panel layar TFT Capacitive Touchscreen yang memiliki bentangan seluas 5.0 inci. Meski tampilan visualnya tak sebagus layar AMOLED, namun visualisasi Samsung Galaxy J5 ini cukup bagus karena layarnya memiliki resolusi 720 x 1.280 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 294 ppi pixel density. Dengan tingkat kerapatan yang cukup tinggi tersebut, kemampuan deteksi multijari pada ponsel pintar ini pun juga sangat responsif. Namun sayang sekali, spesifikasi Galaxy J5 pada bagian layarnya belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar yang mumpuni. Berpindah ke spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, kita akan disuguhi dengan spesifikasi mesin yang cukup berkualitas pada ponsel ini. Untuk menunjang performanya, Samsung menyematkan komponen-komponen terbaik pada Samsung Galaxy J5 ini. Pada bagian CPU-nya, Samsung mengandalkan prosesor quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 yang ditandemkan dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. Kombinasi CPU pada Samsung Galaxy J5 ini akan menyajikan performa yang tangguh dan stabil. Sementara untuk menunjang kinerja grafisnya, Samsung pun menyematkan GPU Andreno 306 pada Galaxy J5 ini. Sebagai penyempurna spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, Samsung menyematkan RAM 1.5 GB serta sistem operasi Android OS v5.1 Lollipop.

Spesifikasi Samsung Galaxy J5

Hasil gambar untuk j5

  • Layar
5.0 inci Super AMOLED Capacitive , 720 x 1280 pixels
  • Jaringan
4G LTE
  • Body
142.1 x 71.8 x 7.9 mm, 146g, Plastik
  • Sistem Operasi
Android 5.0 Lollipop
  • Chipset
CPU Snapdragon 410 + GPU Adreno 306
  • Memori
RAM : 1.5 GB , Internal : 8 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , LED Flash , Autofocus
  • Kamera Depan
5 MP + LED Flash
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Hitam, Putih, Gold
  • Baterai
Li Ion 2600 mAh

 

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy J5 VS Samsung Galaxy ON5

Sebagai smartphone modern, tentunya Samsung Galaxy On5 pun juga harus memiliki komponen fotografi yang bisa memenuhi segala kebutuhan penggunanya. Nah kali ini, Samsung Galaxy On5 dibekali dengan sepasang kamera barkualitas guna mendukung keperluan fotografinya. Sebagai senjata utamanya, smartphone ini dibekali dengan kamera belakang berukuran 8 MP. Kamera yang terletak di sisi belakang Samsung Galaxy On5 itu mampu menghasilkan jepretan foto dengan resolusi 3264 x 2448 pixels, dan juga sudah dibekali dengan LED Flash. Keberadaan fitur LED Flash itu akan membantu kalian untuk tetap bisa menghasilkan jepretan foto yang bagus meski sedang berada di tempat minim cahaya. Fitur-fitur fotografi standar lainnya seperti Autofocus dan juga Optical Zoom pun juga sudah pada kamera Samsung Galaxy On5 ini. Selain bisa digunakan untuk mengambil foto, kamera utama pada smartphone ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas rekaman yang cukup baik. Kemudian, lini fotografi pada Galaxy On5 ini pun juga dilengkapi dengan kehadiran kamera sekunder berukuran 5 MP yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan foto selfie dan juga melakukan panggulan video call. Spesifikasi Samsung Galaxy On5 pada bagian fotografi ini memang lebih rendah jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy On7. Namun jika diadu dengan smartphone merek lain di kelas yang sama, tentunya kualitas fotografi Galaxy On5 tak kalah bagusnya.

Hasil gambar untuk on5 hasil kamera

Sebagai ponsel pintar kelas menengah, ternyata Galaxy J5 ini memiliki sepasang kamera yang sangat berkualitas. Sebagai kamera utamanya, Samsung Galaxy J5 mengandalkan kamera berukuran 13 MP yang memiliki resolusi sebesar 4.128 x 3.096 pixels. Selain beresolusi cukup besar, kamera utama pada Samsung Galaxy J5 ini juga dilengkapi dengan fitur Autofocus serta LED Flash yang akan membantu kalian untuk tetap bisa menghasilkan jepretan foto berkualitas meski di tempat minim cahaya. Selain mampu menjalankan fungsi fotografi, kamera belakang pada Samsung Galaxy J5 ini juga bisa digunakan untuk merekam video HD dengan resolusi 1.080 pixels pada 30 fps. Sebagai tandem kamera utama 13 MP tadi, Samsung melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 di sektor fotografi dengan kamera depan berukuran 5 MP.

Hasil gambar untuk j5 hasil kamera

Perbandingan dari Segi Harga Samsung Galaxy J5 VS Samsung Galaxy ON5 di Indonesia

Harga Samsung Galaxy On5 untuk sementara ini sudah bisa dipinang dengan harga 1,5 Jutaan. Namun perlu diingat bahwa Samsung Galaxy On5 ini tidak masuk ke Indonesia secara resmi melainkan hanya bergaransi Distributor. Jika dibandingkan dengan seri Samsung Galaxy On7, memang seri Galaxy On5 ini memiliki spesifikasi yang lebih rendah, namun bukan berarti tak berkualitas. Pada bagian layarnya, sebenarnya untuk resolusi yang ditampilkan oleh ponsel ini tergolong rendah. Namun rendahnya resolusi layar tersebut mampu ditutupi oleh bentangan layarnya yang mencapai 5 inci. Sektor visual memang menjadi salah satu penentu harga jual Samsung Galaxy On5 di pasaran. Selain bagian layarnya yang memiliki kualitas cukup baik, sektor lain yang juga cukup membantu mengatrol nilai jual smartphone ini adalah bagian ruang dapur pacunya. Dengan bekal chipset Exynos 3475 dan juga CPU Quad-core 1.3 GHz, serta RAM 1.5 GB, smartphone terbaru dari Samsung ini memang memiliki performa yang cukup bagus. Apalagi, ponsel pintar terbaru besutan Samsung ini juga didukung oleh duet kamera 8 MP dan 5 MP.

Hasil gambar untuk on5

Dari sisi pesaingnya, Samsung J5 dihargai sebesar Rp. 1,9 jutaan dan Rp. 1,4 jutaan untuk harga bekasnya. Mengingat Samsung Galaxy J5 sudah agak jadul untuk saat ini, kalian bisa mendapatkan produk baru yang lebih baik dengan harga sebesar itu.

Perbandingan dari Segi Baterai Samsung Galaxy J5 VS Samsung Galaxy ON5

Apabila membahas kekuatan suplai daya atau baterainya, tentu kita harus kembali menengok spesifikasi Galaxy On5 pada masing-masing sektor, mulai dari layar hingga mesinnya. Guna mendukung kebutuhan operasionalnya, Samsung pun membekali produk barunya ini dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Jika melihat spesifikasinya, memang Samsung Galaxy On5 ini tegolong sebagai smartphone yang memiliki tingkat konsumsi daya cukup tinggi. Hal ini karena spesifikasinya mengusung komponen-komponen berkualitas tinggi. Untuk itu, Samsung Galaxy On5 pun dibekali dengan baterai jenis Lithium-Ion berkapasitas 2.600 mAh. Untuk ukuran smartphone masa kini, memang kapasitas sebesar 2.600 mAh tersebut tergolong standar. Dengan kapasitas tersebut, ponsel pintar ini akan memiliki waktu bicara atau talk time selama kurang lebih 11 jam. Namun untuk berjaga-jaga, ada baiknya kawan Begawei selalu menyediakan unit pemasok daya cadangan atau power bank saat membawa smartphone ini beraktivitas di luar rumah, karena baterai yang disediakan oleh spesifikasi Samsung Galaxy On5 ini berkapasitas standar.

Gambar terkait

Sama dengan pesaingnya, untuk mendukung spesifikasi mesin dan layarnya yang cukup bagus, tentunya diperlukan baterai dengan kapasitas ekstra besar. Menyadari hal ini, Samsung pun melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 dengan baterai berkapasitas cukup besar. Untuk mendukung performanya, ponsel ini dibekali dengan baterai berjenis Lithium-Ion dengan kapasitas mencapai 2.600 mAh. Kapasitas baterai pada Samsung Galaxy J5 ini akan sanggup menyokong daya yang dibutuhkan oleh mesin dan komponen lainnya. Berbekal kapasitas baterai yang cukup besar tersebut, Samsung Galaxy J5 akan cocok bagi kalian yang beraktivitas tinggi, terutama yang aktif di luar ruangan. Meski merupakan smartphone kelas menengah, namun spesifikasi Samsung Galaxy J5 ini terdiri dari komponen-komponen yang cukup berkualitas yang butuh pasokan daya cukup besar juga.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Samsung Galaxy ON5 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Pilihlah smartphone yang sesuai kebutuhan anda dalam beraktivitas daln pilihlah dengan bijak, persoalan baguus mananya itu semua tergantu anda para konsumen. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here