Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Xiaomi Mi4i Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Perbandingan-Samsung-Galaxy-J5-vs-Xiaomi-Mi-4i

Beberapa waktu yang lalu perusahaan asal Korea Selatan tersebut dihadapkan dengan masalah keterlambatan pengiriman unit smartphone-nya ke negara Tiongkok, yang notabene area kekuasaan Xiaomi. Tak tanggung-tanggung, Samsung mengalami penurunan income hingga 4,3 persen gara-gara masalah tersebut. Seakan ingin merebut tampuk kekuasaannya yang mulai terusik pada pesaing, Samsung pun mulai menyiapkan produk-produk baru untuk mengembalikan reputasinya. Tak lagi menyasar para pengguna kelas premium, kini Samsung mengenalkan Samsung Galaxy J5 untuk ditujukan kepada para pengguna gadget di kelas low-end. Meski hanya ditempatkan sebagai smartphone kelas menengah, namun produk baru dari Samsung ini tetap dibekali dengan segudang komponen berkualitas. Selama ini Samsung memang dikenal selalu serius meracik semua produknya, meskipun produk itu hanya menempati kelas menengah ke bawah. Keseriusan Samsung dalam meracik unit smartphone-nya juga nampak pada Samsung Galaxy J5 ini. Hadir sebagai smartphone kelas menengah, nyatanya smartphone Android racikan Samsung ini tetap dibekali dengan komponen-komponen berkualitas.

Selama ini, produk-produk asal Tiongkok memang selalu dipandang sebelah mata. Namun, tak selamanya anggapan itu benar. Adalah perusahaan teknologi Xiaomi yang berhasil menumbangkan anggapan bahwa produk “Made in China” itu jelek. Setelah salah satu produknya, yakni Xiaomi Redmi 2, membuat rekor penjualan 40 ribu unit dalam 1 jam, kini vendor yang terhitung baru tersebut kembali mengenalkan Xiaomi Mi4i di deretan ponsel pintar andalannya. Dihadirkan dengan menyasar pengguna gadget kelas menengah, produk terbaru ini tetap dibekali dengan komponen-komponen berkualitas. Kehadiran Xiaomi Mi4i ini juga merupakan upaya vendor asal Tiongkok tersebut untuk semakin menancapkan “cakarnya” di kancah teknologi informasi dunia.

Seperti halnya dengan Redmi 2, Xiaomi Mi4i kali ini juga hadir dengan ciri khas Xiaomi, yaitu gadget murah namun tidak murahan. Meski Xiaomi Mi4i hanya diplot di pasaran gadget kelas menengah ke bawah, namun smartphone Android ini tetap dibekali dengan komponen berkualitas dan fitur canggih. Kualitas Xiaomi Mi4i ini bisa dilihat dari penggunaan prosesor quad-core 1.7 GHz dan 1.0 GHz yang didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB. Selain komposisi mesin yang cukup bertenaga tersebut, ponsel pintar terbaru racikan Xiaomi ini juga dibekali dengan layar 5 inci IPS LCD Capacitive Touchscreen yang akan memberikan visualisasi berkualitas kepada pemakainya. Kali ini Tim Futureloka berkesempatan untuk membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Xiaomi Mi4i Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi HP Samsung Galaxy J5 VS Xiaomi Mi4i

Desain yang Futuristik

Bicara soal spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian desain luarnya, Samsung memang paling ahli dalam mendesain produk-produknya. Kali ini kita akan dihadapkan pada unit ponsel pintar berbodi cukup besar, namun memiliki penampilan elegan. Dimensi Samsung Galaxy J5 memang cukup bongsor karena memiliki ukuran 142 x 73 x 8.5 mm dengan bobot mencapai 149 gram. Sisi elegan Samsung Galaxy J5 dapat dilihat dari penggunaan panel layar TFT Capacitive Touchscreen yang memiliki bentangan seluas 5.0 inci. Meski tampilan visualnya tak sebagus layar AMOLED, namun visualisasi Samsung Galaxy J5 ini cukup bagus karena layarnya memiliki resolusi 720 x 1.280 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 294 ppi pixel density. Dengan tingkat kerapatan yang cukup tinggi tersebut, kemampuan deteksi multijari pada ponsel pintar ini pun juga sangat responsif. Namun sayang sekali, spesifikasi Galaxy J5 pada bagian layarnya belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar yang mumpuni. Berpindah ke spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, kita akan disuguhi dengan spesifikasi mesin yang cukup berkualitas pada ponsel ini.

Dapur Picu yang Mumpuni

Untuk menunjang performanya, Samsung menyematkan komponen-komponen terbaik pada Samsung Galaxy J5 ini. Pada bagian CPU-nya, Samsung mengandalkan prosesor quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 yang ditandemkan dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. Kombinasi CPU pada Samsung Galaxy J5 ini akan menyajikan performa yang tangguh dan stabil. Sementara untuk menunjang kinerja grafisnya, Samsung pun menyematkan GPU Andreno 306 pada Galaxy J5 ini. Sebagai penyempurna spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, Samsung menyematkan RAM 1.5 GB serta sistem operasi Android OS v5.1 Lollipop.

Spesifikasi Samsung Galaxy J5

Hasil gambar untuk j5

  • Layar
5.0 inci Super AMOLED Capacitive , 720 x 1280 pixels
  • Jaringan
4G LTE
  • Body
142.1 x 71.8 x 7.9 mm, 146g, Plastik
  • Sistem Operasi
Android 5.0 Lollipop
  • Chipset
CPU Snapdragon 410 + GPU Adreno 306
  • Memori
RAM : 1.5 GB , Internal : 8 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , LED Flash , Autofocus
  • Kamera Depan
5 MP + LED Flash
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Hitam, Putih, Gold
  • Baterai
Li Ion 2600 mAh

 

Desain Minimalis dengan Bentangan Layar 5 Inci

Sudah menjadi ciri khas bahwa produk-produk Xiaomi memang terkenal khas dengan bodinya yang bongsor. Begitu juga dengan Xiaomi Mi 4i ini. Smartphone terbaru racikan Xiaomi ini memiliki ukuran 138.1 mm x 69.6 mm x 7.8 mm dengan bobot mencapai 130 gram. Dengan dimensi tubuh seperti itu, Xiaomi Mi 4i terasa pas di genggaman dan tidak terlalu berat meski bentuknya bongsor. Untuk membungkus layar Xiaomi Mi 4i, vendor asal Tiongkok tersebut menyematkan layar berjenis IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan bentangan sebesar 5 inci. Layar pada smartphone ini memeiliki resolusi 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan 441 pixel density serta kekayaan warna mencapai 16 M. Kombinasi ukuran serta teknologi kerapatan pada Xiaomi Mi 4i ini akan menghasilkan visualisasi yang tajam dan enak dipandang. Untuk mempermudah operasionalnya, Xiaomi juga menanmkan user interface MIUI-UI racikan Xiaomi sendiri. Namun sayang sekali, seperti halnya ponsel pintar kelas menengah lainnya, spesifikasi Xiaomi Mi 4i ini tak dilengkapi dengan protektor layar yang bagus. Jadi, penggunanya harus memasang screen guard tambahan secara manual.

Dapur Pacu Bertenaga dengan Prosessor 8 Inti

Untuk soal mesin, spesifikasi Xiaomi Mi 4i ini menjanjikan performa mesin yang cukup handal. Walau hanya gadget kelas menengah, namun smartphone terbaru andalan Xiaomi ini tetap dibekali dengan komponen mesin yang berkelas. Sebagai prosesornya, Xiaomi Mi 4i menggunakan mesin berinti delapan atau biasa dikenal dengan teknologi octa-core. CPU ini dibentuk oleh prosesor quad-core 1.7 GHz dan juga prosesor quad-core 1.0 GHz Cortex-A53. Kombinasi perangkat yang menggawangi sektor CPU ini semakin sempurna dengan kehadiran RAM 2 GB. Untuk mendukung kualitas grafisnya, Xiaomi Mi 4i juga dibekali dengan GPU Andreno 405. Jadi, kalian tak perlu ragu lagi untuk mengajak smartphone ini memainkan game-game HD terbaru. Selain komponen-komponen tangguh tadi, spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor dapur juga diperkuat oleh sistem operasi terbaru, yaitu OS Android Lollipop 5.0.2.

Kapasitas Storage Super Longgar dengan Internal Memory 16 GB

Tak seperti kebanyakan smartphone lain yang memiliki dual memory, ponsel pintar racikan Xiaomi ini hanya dibekali dengan single memory. Itu artinya, Xiaomi Mi 4i ini hanya memiliki internal memory saja dan tak memiliki slot microSD atau external memory. Meski hanya memiliki single memory, namun kapasitas storage pada Xiaomi Mi 4i ini sangat longgar. Internal memory ponsel pintar ini adalah sebesar 16 GB. Jadi, walau spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor ruang penyimpanan data tak memiliki slot microSD.

Smartphone Kelas Menengah Tapi Sudah 4G

Konektivitas menjadi hal yang begitu penting bagi sebuah smartphone. Hal ini juga sangat disadari Xiaomi. Walau hanya ditempatkan pada level gadget kelas menengah, namun spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor konektivitas kali ini terhitung cukup lengkap. Sebagai koneksi andalan, smartphone ini dibekali dengan jaringan utama 4G LTE. Penggunaan jaringan 4G pada Xiaomi Mi 4i ini juga menunjukkan komitmen Xiaomi yang memang berfokus untuk menyediakan gadget 4G berharga murah. Selain jaringan super cepat 4G, Xiaomi Mi 4i juga dilengkapi dengan teknologi jaringan yang lain. Mulai dari jaringan EDGE hingga HSPA. Selain lini koneksi data seluler yang lengkap, spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor konektivitas juga sudah dibekali dengan fitur-fitur pendukung lainnya, seperti; Bluetooth A2DP, slot microSD, WiFi, portable hotspot, hingga fitur navigasi A-GPS with GLONASS.

Spesifikasi Xiaomi Mi4i

Hasil gambar untuk mi4i

  • Layar
5.0 inci IPS Capacitive , 1080 x 1920 Pixel
  • Body
138.1 x 69.6 x 7.8 mm , 130 gram , Plastik
  • Jaringan
4G LTE
  • Sistem Operasi
Android v5.1 Lolipop
  • Chipset
CPU Snapdragon 820 + GPU Adreno 405
  • Memori
RAM : 2 GB , Internal : 16 GB
  • Kamera Belakang
13 MP ,  Autofocus , LED Flash
  • Kamera Depan
5 MP, LED Flash
  • Sensor
Proximity , Accelerometer , Ambient Light , Gyro
  • Warna
Hitam , Putih , Dark Gray , Kuning , Ping
  • Baterai
Li ion 3120 mAh, Fast Charging

 

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy J5 VS Xiaomi Mi4i

Lini Fotografi yang baik

Sebagai ponsel pintar kelas menengah, ternyata Galaxy J5 ini memiliki sepasang kamera yang sangat berkualitas. Sebagai kamera utamanya, Samsung Galaxy J5 mengandalkan kamera berukuran 13 MP yang memiliki resolusi sebesar 4.128 x 3.096 pixels. Selain beresolusi cukup besar, kamera utama pada Samsung Galaxy J5 ini juga dilengkapi dengan fitur Autofocus serta LED Flash yang akan membantu kalian untuk tetap bisa menghasilkan jepretan foto berkualitas meski di tempat minim cahaya. Selain mampu menjalankan fungsi fotografi, kamera belakang pada Samsung Galaxy J5 ini juga bisa digunakan untuk merekam video HD dengan resolusi 1.080 pixels pada 30 fps. Sebagai tandem kamera utama 13 MP tadi, Samsung melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 di sektor fotografi dengan kamera depan berukuran 5 MP.

Hasil gambar untuk j5 hasil kamera

Lini Fotografi Berbekal Kamera 13 MP dan 5 MP

Berlanjut ke spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor fotografi, kita akan bertemu dengan gadget kelas menengah namun memiliki lini fotografi layaknya smartphone kelas premium. Meski levelnya hanya kelas menengah, namun Xiaomi Mi 4i ini dibekali dengan sepasang kamera yang cukup bagus. Untuk kamera utamanya, Xiaomi membekali smartphone terbarunya ini dengan kamera 13 MP yang dilengkapi dengan teknologi LED Flash. Jadi, selain bias menghasilkan jepretan foto beresolusi 4128 x 3096 pixels, kamera utama pada Xiaomi Mi 4i tersebut juga jago untuk mengambil foto di tempat-tempat minim cahaya. Selain bisa menghasilkan foto yang berkualitas, kamera yang terletak di sisi belakang tersebut juga mampu menghasilkan video beresolusi 1080p pada 30fps. Untuk melengkapi kebutuhan fotografi masa kini, spesifikasi Xiaomi Mi 4i pada lini fotografi juga dilengkapi dengan kamera sekunder berukuran 5 MP.

Gambar terkait

Perbandingan dari Segi Harga Samsung Galaxy J5 VS Xiaomi Mi4i di Indonesia

Samsung J5 dihargai sebesar Rp. 1,9 jutaan dan Rp. 1,4 jutaan untuk harga bekasnya. Mengingat Samsung Galaxy J5 sudah agak jadul untuk saat ini, kalian bisa mendapatkan produk baru yang lebih baik dengan harga sebesar itu.

 

Harga Xiaomi Mi4i bulan ini mengalami harga yang stabil dengan bulan lalu karena masih dilepas dengan harga 1,6 jutaan. Sedangkan untuk harga bekasnya ada dikisaran 1,2 Jutaan.

Perbandingan dari Segi Baterai Samsung Galaxy J5 VS Xiaomi Mi4i

Suplai Daya Andalkan Baterai Li-Ion 2600 mAh

untuk mendukung spesifikasi mesin dan layarnya yang cukup bagus, tentunya diperlukan baterai dengan kapasitas ekstra besar. Menyadari hal ini, Samsung pun melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 dengan baterai berkapasitas cukup besar. Untuk mendukung performanya, ponsel ini dibekali dengan baterai berjenis Lithium-Ion dengan kapasitas mencapai 2.600 mAh. Kapasitas baterai pada Samsung Galaxy J5 ini akan sanggup menyokong daya yang dibutuhkan oleh mesin dan komponen lainnya. Berbekal kapasitas baterai yang cukup besar tersebut, Samsung Galaxy J5 akan cocok bagi kalian yang beraktivitas tinggi, terutama yang aktif di luar ruangan. Meski merupakan smartphone kelas menengah, namun spesifikasi Samsung Galaxy J5 ini terdiri dari komponen-komponen yang cukup berkualitas yang butuh pasokan daya cukup besar juga.

Kapasitas Baterai Layaknya Gadget Premium

Ternyata Xiaomi juga membekali produk terbarunya ini dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Layaknya smartphone kelas atas, Xiaomi Mi 4i memiliki baterai berkapasitas 3210 mAh. Kapasitas baterai sebesar itu akan membuat Xiaomi Mi 4i mampu bertahan hidup selama sehari semalam dengan penggunaan normal. Namun sayangnya, meski memiliki kapasitas yang lumayan besar, spesifikasi Xiaomi Mi 4i di sektor pemasok daya kali ini belum menggunakan teknologi modern. Tercatat, smartphone terbaru Xiaomi ini masih menggunakan baterai jenis Lithium-Ion, bukan baterai Lithium-Polymer yang memiliki kualitas lebih baik.

Demikianlah artikel mengenaiPerbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Xiaomi Mi4i Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat
Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Pilihlah smartphone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here