Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Xiaomi Redmi 3S Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

redmi-3s-j5

Setelah berhasil merilis Redmi Note 3 dan Redmi Note 3 Pro yang dibekali sistem keamanan sensor sidik jari, kini pabrikan smartphone asal Tiongkok yang bernama Xiaomi kembali dikabarkan akan merilis ponsel pintar terbaru mereka yang bertajuk Xiaomi Redmi 3s. Jika dilihat dari namanya, tentu sudah jelas bahwa Xiaomi Redmi 3s ini merupakan varian generasi terbaru dari jajaran keluarga Redmi 3 yang sebelumnya sudah dirilis dan diluncurkan di awal tahun 2016 yang lalu. Smartphone yang kabarnya resmi dirilis pada bulan Juni 2016 kemarin ini tampaknya hadir dengan sedikit perubahan pada sektor fitur-fiturnya saja. Sehingga, untuk spesifikasi dan gaya desain yang diusung diperkirakan tak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Di sisi lain, Xiaomi Redmi 3s ini pun diklaim bakal meramaikan segmentasi kelas menengah ke bawah yang tentunya akan dibekali tampilan desain dan komponen spesifikasi yang terbilang mumpuni di kelasnya, terutama pada fiturnya yang akan dipersenjatai beragam fitur menarik berteknologi tinggi.

Tak lagi menyasar para pengguna kelas premium, kini Samsung mengenalkan Samsung Galaxy J5 untuk ditujukan kepada para pengguna gadget di kelas low-end. Meski hanya ditempatkan sebagai smartphone kelas menengah, namun produk baru dari Samsung ini tetap dibekali dengan segudang komponen berkualitas. Selama ini Samsung memang dikenal selalu serius meracik semua produknya, meskipun produk itu hanya menempati kelas menengah ke bawah. Keseriusan Samsung dalam meracik unit smartphone-nya juga nampak pada Samsung Galaxy J5 ini. Hadir sebagai smartphone kelas menengah, nyatanya smartphone Android racikan Samsung ini tetap dibekali dengan komponen-komponen berkualitas.

Perbandingan Spesifikasi HP Samsung Galaxy J5 VS Xiaomi Redmi 3S

Desain Berbahan Metal dengan Layar Seluas 5 Inci Berkesan Premium

Xiaomi Redmi 3s ini memiliki desain yang tak jauh berbeda dengan para pendahulunya di mana Xiaomi Redmi 3s ini memiliki dimensi cukup sedang yang dibangun dari bahan full metal dengan panjang 139.3 mm, lebar 69.6 mm, dan berketebalan hingga 8.5 mm serta memiliki bobot sebesar 144 gr. Selain itu, Xiaomi Redmi 3s juga akan mengusung layar seluas 5 inci dengan kemampuan resolusi 720 x 1280 pixels. Dengan begitu, tentu ponsel pintar garapan Xiaomi ini bakal memberikan visualisasi yang cukup menarik dan memperlihatkan kesan premium. Bahkan, sektor layar tersebut akan dilengkapi juga dengan teknologi layar IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors yang tentunya akan semakin menambah tampilan Xiaomi Redmi 3s ini menjadi tampak lebih elegan meskipun segmentasinya menyasar kelas mid range. Di sisi lain, hal yang menarik yaitu pada fitur sensor sidik jari yang yang ada pada bodi belakangnya. Dengan demikian, spesifikasi Xiaomi Redmi 3s pada sektor desain ini memang menampilkan kesan premium.

Mesin Pacu Handal Berkat Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 Didukung RAM 2 GB

Pada bagian permesinannya, tampaknya Xiaomi tak ingin asal-asalan dalam membekali komponen dalam bodi ponsel terbarunya ini. Hal tersebut terbukti benar bahwa pabrikan asal Negeri Panda tersebut akan membekali Xiaomi Redmi 3s ini dengan chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 yang akan dikombinasikan dengan prosesor Octa Core 1,4 GHz Cortex-A53. Dengan kolaborasi kedua komponen tersebut maka bisa dipastikan akan menghasilkan kinerja operasional Xiaomi Redmi 3s ini menjadi lebih optimal. Bahkan, untuk mendukung kebutuhan akan multitasking pada penggunanya, Xiaomi pun juga sudah melengkapi mesin pacunya ini dengan RAM berkapasitas 2 GB sehingga bisa dipastikan bahwa kecepatan multitasking ponsel ini bakal lebih maksimal. Selain itu, spesifikasi Xiaomi Redmi 3s ini juga akan dibekali kartu grafis (GPU) Adreno 505 yang akan memberikan tampilan grafis memukau dan memanjakan setiap mata yang melihatnya. Di sisi lain, dari keseluruhan spesifikasi pada bagian komponen dapur pacu tersebut, akan berjalan di atas platform Android Marshmallow v6.0. Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa spesifikasi Xiaomi Redmi 3s pada sektor dapur pacunya ini memang bakal memberikan performa yang begitu handal dan lebih optimal.

Didukung Sektor Penyimpanan Internal Longgar Seluas 16 GB

Selain desain dan komponen sistem dapur pacunya, spesifikasi Xiaomi Redmi 3s juga memiliki ruang penyimpanan yang dinilai cukup longgar untuk memenuhi kebutuhan simpan menyimpan file, yaitu dengan dibekalinya memory internal seluas 16 GB. Jika melihat kapasitas memori Xiaomi Redmi 3s yang cukup besar tersebut maka bisa diprediksi bahwa kapasitas memory internal tersebut akan mampu menampung berbagai macam file pribadi milik pengguna maupun file system. Bahkan, apabila ruang penyimpanan dari memory internal tersebut dirasa kurang, Xiaomi Redmi 3s sudah menyediakan slot memory eksternal di mana memory eksternal ini bisa diekspansi menggunakan micro SD berkapasitas hingga 256 GB. Dengan demikian, tentu pengguna akan lebih mudah dalam menentukan ruang penyimpanan yang tepat untuk file-file yang dipilih. Namun, untuk slot memory eksternal dari spesifikasi Xiaomi Redmi 3s ini harus rela berbagi dengan slot SIM Card 2.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3s

redmi-3s

  • Layar
5.0 inci IPS Capacitive , 720 x 1280 pixels
  • Body
139.3 x 69.6 x 8.5 mm , 144 gram , Full Metal
  • Jaringan
4G LTE Cat 4 150/50 Mbps
  • Sistem Operasi
Android v6.0 Marsmallow , MUI 7.0
  • Chipset
CPU Snapdragon 430 + GPU Adreno 505
  • Memori
RAM : 2 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , Autofocus , LED Flash
  • Kamera Depan
5 MP
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro, Fingerprint
  • Warna
Gold , Dark Gray , Silver
  • Baterai
Li Lion 4100 mAh , Fast Charging

 

Bodi Bongsor dengan Desain Elegan Khas Samsung

Bicara soal spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian desain luarnya, Samsung memang paling ahli dalam mendesain produk-produknya. Kali ini kita akan dihadapkan pada unit ponsel pintar berbodi cukup besar, namun memiliki penampilan elegan. Dimensi Samsung Galaxy J5 memang cukup bongsor karena memiliki ukuran 142 x 73 x 8.5 mm dengan bobot mencapai 149 gram. Sisi elegan Samsung Galaxy J5 dapat dilihat dari penggunaan panel layar TFT Capacitive Touchscreen yang memiliki bentangan seluas 5.0 inci. Meski tampilan visualnya tak sebagus layar AMOLED, namun visualisasi Samsung Galaxy J5 ini cukup bagus karena layarnya memiliki resolusi 720 x 1.280 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 294 ppi pixel density. Dengan tingkat kerapatan yang cukup tinggi tersebut, kemampuan deteksi multijari pada ponsel pintar ini pun juga sangat responsif. Namun sayang sekali, spesifikasi Galaxy J5 pada bagian layarnya belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar yang mumpuni.

Dapur Pacu Bertenaga Andalkan CPU Quad-core 1.2 GHz

Berpindah ke spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, kita akan disuguhi dengan spesifikasi mesin yang cukup berkualitas pada ponsel ini. Untuk menunjang performanya, Samsung menyematkan komponen-komponen terbaik pada Samsung Galaxy J5 ini. Pada bagian CPU-nya, Samsung mengandalkan prosesor quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 yang ditandemkan dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. Kombinasi CPU pada Samsung Galaxy J5 ini akan menyajikan performa yang tangguh dan stabil. Sementara untuk menunjang kinerja grafisnya, Samsung pun menyematkan GPU Andreno 306 pada Galaxy J5 ini. Sebagai penyempurna spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, Samsung menyematkan RAM 1.5 GB serta sistem operasi Android OS v5.1 Lollipop.

Internal Memory Ekstra Luas 16 GB

Jika dibandingkan dengan varian lain pada Samsung Galaxy J Series, spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian storage kali ini mengusung kapasitas internal memory yang lebih besar. Kali ini Samsung membekali Samsung Galaxy J5 dengan internal memory berkapasitas 16 GB. Kapasitas storage tersebut sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi file sistem serta file pribadi penggunanya. Namun jika pengguna Samsung Galaxy J5 merasa masih kurang dengan kapasitas internal memory sebesar 16 GB tersebut, Samsung pun masih menyediakan opsi lain yang bisa digunakan. Spesifikasi Galaxy J5 pada sektor storage kali ini sudah dibekali dengan slot external memory yang bisa digunakan untuk mengekspansi kapasitas storage-nya hingga mencapai kapasitas 128 GB.

Spesifikasi Samsung Galaxy J5

Hasil gambar untuk j5

  • Layar
5.0 inci Super AMOLED Capacitive , 720 x 1280 pixels
  • Jaringan
4G LTE
  • Body
142.1 x 71.8 x 7.9 mm, 146g, Plastik
  • Sistem Operasi
Android 5.0 Lollipop
  • Chipset
CPU Snapdragon 410 + GPU Adreno 306
  • Memori
RAM : 1.5 GB , Internal : 8 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , LED Flash , Autofocus
  • Kamera Depan
5 MP + LED Flash
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Hitam, Putih, Gold
  • Baterai
Li Ion 2600 mAh

 

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy J5 VS Xiaomi Redmi 3S

Sektor Fotografi Andalkan Duet Kamera 13 MP dan 5 MP

Seperti pada kebanyakan smartphone zaman sekarang, tentu sudah dilengkapi dengan fitur dual kamera, seperti pada Xiaomi Redmi 3s ini. Namun, yang sedikit membedakan, yaitu pada sektor kamera utama atau belakangnya akan mengandalkan kamera beresolusi tinggi, yaitu 13 MP yang sudah dilengkapi dengan phase detection autofocus dan LED flash. Dengan kemampuan kamera Xiaomi Redmi 3s tersebut, tentu pengguna pun bisa mengambil gambar dengan hasil jepretan yang tampak natural dan memuaskan. Selain itu, untuk kamera depannya mengandalkan kamera beresolusi 5 MP yang bisa digunakan untuk foto selfie atau pun video call. Di sisi lain, sektor kamera dari spesifikasi Xiaomi Redmi 3s ini juga akan dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik, antara lain Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama yang akan mempermudah penggunanya dalam mengolah setiap foto yang diambil. Tak sampai di situ saja, lini fotografi dari ponsel terbaru Xiaomi ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas resolusi [email protected] sehingga tak mengherankan jika nantinya hasil rekamannya pun akan tampak lebih natural dan tajam. Tampaknya, sektor dokumentasi atau fotografi dari spesifikasi Xiaomi Redmi 3s bisa dijadikan sebagai sektor yang diandalkan Xiaomi dalam menarik perhatian konsumen.

Hasil gambar untuk hasil kamera redmi 3s

Duet Kamera Mumpuni 13 MP dan 5 MP

Sebagai ponsel pintar kelas menengah, ternyata Galaxy J5 ini memiliki sepasang kamera yang sangat berkualitas. Sebagai kamera utamanya, Samsung Galaxy J5 mengandalkan kamera berukuran 13 MP yang memiliki resolusi sebesar 4.128 x 3.096 pixels. Selain beresolusi cukup besar, kamera utama pada Samsung Galaxy J5 ini juga dilengkapi dengan fitur Autofocus serta LED Flash yang akan membantu kawan Begawei untuk tetap bisa menghasilkan jepretan foto berkualitas meski di tempat minim cahaya. Selain mampu menjalankan fungsi fotografi, kamera belakang pada Samsung Galaxy J5 ini juga bisa digunakan untuk merekam video HD dengan resolusi 1.080 pixels pada 30 fps. Sebagai tandem kamera utama 13 MP tadi, Samsung melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 di sektor fotografi dengan kamera depan berukuran 5 MP.

Hasil gambar untuk hasil kamera j5

Perbandingan dari Segi Harga Samsung Galaxy J5 VS Xiaomi Redmi 3S di Indonesia

Harga Xiaomi Redmi 3s untuk bulan ini mengalami turun harga hingga 200 ribuan menjadi 1,4 jutaan saja. Sedangkan untuk harga bekasnya ada dikisaran harga 1,2 Jutaan. Namun sebelum membeli smartphone besutan Xiaomi yang satu ini pastikan anda tahu akan garansi yang dibawanya, pasalnya untuk Xiaomi Redmi 3s ini hanya memiliki Garansi Distributor buka Garansi Resmi. Garansi Distributor memang cukup menyusahkan karena hanya terikat dengan pelapaknya saja atau toko pertama anda membelinya saja. Meski dibandrol dengan harga 1,7 Jutaan namun tetap spesifikasi yang ditawarkan sangatlah memikat perhatian karena untuk ponsel sekelasnya jarang banget yang sudah didukung dengan Fitur Fingerprint, RAM besar 2 GB, atau kamera beresolusi tinggi baik belakang maupun depan. Bahkan baterai yang ditanamkan sangat besar dengan kapasitas 4100 mAh.

Hasil gambar untuk redmi 3s

Samsung J5 dihargai sebesar Rp. 1,9 jutaan dan Rp. 1,4 jutaan untuk harga bekasnya. Mengingat Samsung Galaxy J5 sudah agak jadul untuk saat ini, kalian bisa mendapatkan produk baru yang lebih baik dengan harga sebesar itu. Nominal angka yang menjadi banderol harga Samsung Galaxy J5 ini memang tak bisa dikatakan murah, namun juga tak terlalu mahal untuk smartphone sekelas Samsung.

Perbandingan dari Segi Baterai Samsung Galaxy J5 VS Xiaomi Redmi 3S

Kebutuhan Energi Disuplai Baterai Li-Ion 4100 mAh

Menginjak pada pembahasan terakhir dari spesifikasi Xiaomi Redmi 3s, kini kita akan membahas baterai yang akan digunakan smartphone ini untuk menyuplai daya pada tiap komponen dapur pacunya. Oke, tak perlu lama-lama langsung saja bahwa Xiaomi Redmi 3s akan dibekali dengan baterai dari jenis Li-Ion (Lithium Ion) dengan kapasitas tenaga mencapai 4.100 mAh. Meskipun kualitas baterai masih berada di bawah Li-Po (Lithium Polymer) namun apabila melihat kapasitasnya, tampaknya baterai dari spesifikasi Xiaomi Redmi 3s ini dinilai sudah cukup untuk menunjang kebutuhan setiap komponennya sehingga diklaim bisa bertahan hingga 20 jam lebih. Walaupun demikian, secara keseluruhan spesifikasi Xiaomi Redmi 3s ini bisa dibilang dapat diandalkan.

Hasil gambar untuk j5

Suplai Daya Andalkan Baterai Li-Ion 2600 mAh

untuk mendukung spesifikasi mesin dan layarnya yang cukup bagus, tentunya diperlukan baterai dengan kapasitas ekstra besar. Menyadari hal ini, Samsung pun melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 dengan baterai berkapasitas cukup besar. Untuk mendukung performanya, ponsel ini dibekali dengan baterai berjenis Lithium-Ion dengan kapasitas mencapai 2.600 mAh. Kapasitas baterai pada Samsung Galaxy J5 ini akan sanggup menyokong daya yang dibutuhkan oleh mesin dan komponen lainnya. Berbekal kapasitas baterai yang cukup besar tersebut, Samsung Galaxy J5 akan cocok bagi kalian yang beraktivitas tinggi, terutama yang aktif di luar ruangan. Meski merupakan smartphone kelas menengah, namun spesifikasi Samsung Galaxy J5 ini terdiri dari komponen-komponen yang cukup berkualitas yang butuh pasokan daya cukup besar juga.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Xiaomi Redmi 3S Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Pilihlah smartphone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas, serta sesuaikan dengan budget anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here