Perbandingan HP Android Oppo dan Xiaomi dari Segi Merk, Harga, dan Spesifikasi Secara Umum

4

Oppo VS Xiaomi

Oppo dan Xiaomi yang merupakan dua perusahaan smartphone asal Tiongkok ini mempunyai penggemar yang cukup banyak di tanah air. Xiaomi terkenal dengan produk-produk bergaransi distributor yang berharga murah namun dengan spesifikasi tinggi. Sedangkan Oppo terkenal sebagai brand ponsel selfie dengan kamera depan yang superior.

Lalu, bagaimana apabila dua brand ini dibandingkan dari segi spesifikasi, merk, harga, dan kamera secara umum. Mana yang lebih baik? Nah kali ini tim Futureloka akan memberikan informasi tentang komparasi brand Oppo dan Xiaomi secara umum. Mari kita simak!

Perbandingan Spesifikasi Hp Oppo Dan Xiaomi

Dari segi spesifikasi, masing-masing dari dua brand ini mempunyai karakter yang berbeda. Oppo lebih mengesampingkan spesifikasi tinggi namun  mengklaim akan memberikan  user experience atau pengalaman pengguna yang baik dengan berbagai produk yang ditawarkan. Sedangkan Xiaomi, lebih sering memberikan spesifikasi yang cukup tinggi dengan harga yang bisa dibilang terjangkau.

Misalnya pada lini flagship, Oppo F3 Plus yang merupakan flagship Oppo di tahun 2017 ‘hanya’ menggunakan prosesor Snapdragon seri 653 besutan Qualcomm. Sedangkan MI6 yang merupakan flagship terbaru Xiaomi, dengan rentang harga dibawah Oppo F3 Plus, sudah memberikan spesifikasi tinggi dengan membawa prosesor terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 835, yang mana merupakan prosesor smartphone paling ngebut untuk saat ini.

Hal ini juga berlaku bagi seri entry, dimana Redmi 4X dan Oppo A37 punya rentang harga dan level yang sama, namun Redmi 4X sudah dibekali prosesor Snapdragon 435 sedangkan Oppo A37 masih menggunakan seri lawas Snapdragon 410.

Perbandingan Merk Oppo Dan Xiaomi

Oppo VS Xiaomi

Oppo lebih dikenal dibanding Xiaomi bagi masyarakat awam karena memang Oppo sangat gencar melakukan promosi diberbagai media. Sedangkan Xiaomi, baru saja memenuhi aturan TKDN pada Desember 2016, sehingga membuat produk-produk Xiaomi lebih dikenal sebagai produk tidak resmi. Dan lagi, Xiaomi juga tidak melakukan kegiatan promosi di media-media mainstream, sehingga kebanyakan Xiaomi hanya dimengerti bagi orang yang paham tentang dunia gadget. Jadi kalau masalah merk, Oppo pasti lebih dikenal dibandingkan Xiaomi.

Perbandingan Dari Segi Harga Oppo Dan Xiaomi

Dari segi harga, Xiaomi jelas menang telak dibandingkan Oppo. Bagaimaa tidak, Xiaomi memang terkenal dengan produk-produknya yang sangat ideal dalam hal price  to performance. Contohnya, Xiaomi MI5, flagship Xiaomi tahun 2016 yang menggunakan prosesor Quad Core Snapdragon 820 , saat ini harga tidak resminya dibanderol dengan harga IDR 2.800.000 untuk varian RAM, 3GB dan memori internal 32GB. Sedangkan Oppo F1 Plus yang notabene juga merupakan flagship Oppo tahun lalu, dibanderol dengan harga IDR 5.400.000. Padahal smartphone berlayar 5.5 inch ini hanya menggunakan prosesor kelas menengah Mediatek Helio P10, yang pasti kalah telak dengan Snapdragon 820 milik Xiaomi MI5.

Perbandingan Kamera Oppo Dan Xiaomi

Oppo VS Xiaomi

Kamera merupakan daya jual utama bagi Oppo. Hal tersebut terlihat dari tagline Oppo itu sendiri “Camera Phone”. Dengan begitu, apakah kamera ponsel-ponsel besutan Oppo pasti lebih baik dibandingkan Xiaomi. Bisa iya bisa tidak.

Untuk urusan kamera belakang, Xiaomi dikenal sebagai salah satu smartphone berharga murah yang punya kemampuan kamera yang cukup baik. Namun untuk kamera depan, Xiaomi sepertinya harus bertekuk lutut terhadap Oppo. Bagaimana tidak, Oppo F3 Plus yang merupakan flagship terbaru Oppo  menggunakan kamera dual  untuk kamera depannya, sebuah spesifikasi yang cukup spektakuler dalam hal kamera sekunder. Hal tersebut membuat Xiaomi kalah telak dibagian kamera depan, karena Xiaomi lebih sering mengunggulkan kamera belakang.

Kesimpulan

Dua brand ini punya kelebihannya masing-masing. Apabila anda adalah orang yang ingin bergengsi dengan merek dan lebih sering selfie, pilihlah ponsel besutan Oppo. Namun apabila Anda lebih mengutamakan spesifikasi dan harga yang terjangkau, Xiaomi adalah pilihan yang tepat. Jadi pilihan ada ditangan anda dan sekali lagi, salam dari Tim Futureloka.

SHARE

4 COMMENTS

  1. xiaomi memang memang bagian spek..Tapi oppo tetap nmpak manis dan memikat..Gak salah jika masyarakat bnyak yg menggemari besutan hp oppo(desain kren)

  2. Desain nya sih memang oppo juaranya.Tetapi klok yg nama nya penyimpanan atau mesin xiomi jago nya tapi saya lebih memilih xiomi kenapa, udah baterai nya tahan lama udh gitu di pakai main game ngga lelet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here