Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy A5 2016 VS Samsung Galaxy Grand Alpha Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

a5-vs-grand-alpha

Di penghujung tahun 2016, ekspansi yang dilakukan Samsung memang tidak bisa dibendung lagi. Setelah sebelumnya kita mereview dua flagship anyar lansiran perusahaan asal Korea Seletan itu lewat Samsung Galaxy A3 2016 dan juga Samsung Galaxy A7 2016.

Sama seperti seri Galaxy A3 dan juga A7 yang juga merupakan versi pembaruan, kali ini seri Galaxy A5 yang akan kita bahas kali ini adalah smartphone edisi lanjutan dari versi lamanya.

Mulai dari mewarisi material berkomposisi metal, hingga ketangguhan di sektor visual dan juga performa. Secara segmentasi, Samsung Galaxy A5 2016 in akan ditempatkan di atas segmen Samsung Galaxy A3 2016 yang lebih menyasar kelas menengah.

Ditahun 2014 lalu juga Samsung mengeluarkan ponsel premium berkualitas tinggi bernama Samsung Galaxy Alpha yang siap untuk mengguncang pasaran gadget di Indonesia. Smartphone keluaran terbaru Samsung ini tidak memiliki konsep desain produk-produk smartphone pada umumnya yang cenderung kaku.

Samsung Galaxy Alpha mengadopsi tipikal ponsel pintar yang mengedepankan gaya dan style disamping keunggulan pada spesifikasi teknisnya. konsep desainnya sendiri fokus pada keindahan estetika dan modernitas dengan bahan dasar utama logam.

Kali ini Tim Futureloka berkesempatan untuk membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy A5 2016 VS Samsung Galaxy Grand Alpha Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy A5 VS Samsung Galaxy Grand Alpha

Spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016

  • Smartphone dengan Layar Super AMOLED dan Bodi Berbalut Metal

Untuk bagian tampilannya sendiri, smartphone Samsung seri Galaxy A5 2016 terlihat jelas aura premiumnya. Apalagi melihat detail komposisi material yang dibawanya, Galaxy A5 versi 2016 ini mengusung material yang mewah lewat frame full metal, serta pada bagian cover belakangnya menggunakan komposisi bahan kaca seperti halnya Galaxy S6.

Sedangkan untuk bentuk atau model desainnya, Samsung Galaxy A5 2016 tampak minimalis dan masih mirip seperti Galaxy A5 terdahulu. Didukung dengan material solid, untuk dimensinya juga cukup pas lewat ukuran yang dimilikinya.

Bobotnya sendiri terbilang berat, lebih berat dibanding pendahulunya, namun masih terhitung standar untuk ukuran sebuah smartphone berlayar 5,2 inci. Beranjak pada sektor visualnya, layar pada Samsung Galaxy A5 2016 terbilang mumpuni dengan layar lebar Super AMOLED.

Layar tersebut memiliki resolusi besar. Dengan resolusi dan juga kerapatan yang sangat tinggi, maka tampilan gambar yang dihasilkan oleh layar Samsung Galaxy A5 2016 pun akan sangat tajam dan jernih layaknya smartphone kelas atas. Spesifikasi Galaxy A5 2016 dikonfirmasi akan menggunakan proteksi layar Corning Gorilla Glass 4 untuk melindungi permukaan layar dari goresan.

AndroidPIT-Samsung-Galaxy-a5-2017-4814

  • Performa Dijamin Tangguh  Dipadukan RAM Besar

Galaxy A5 2016 akan dibekali dengan chipset berkualitas. Secara kemampuan, prosesor pada ruang mesin Samsung Galaxy A5 2016 ini memang sudah cukup bagus dalam menopang kinerja operasional, dan tenaganya juga meningkat dari seri sebelumnya. Apalagi Samsung Galaxy A5 versi 2016 ini juga sudah didukung oleh RAM berkapasitas 2 GB untuk hasilkan peforma multitasking lebih lancar.

Lalu, untuk menjalankan semua hardware yang ada di dalamnya, layaknya smartphone Android masa kini, spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 juga sudah berjalan di dukungan platform terbaru Android lewat OS Android \yang menjamin ketersediaan aplikasi dan pembaruan software yang lebih lengkap.

  • Ruang Penyimpanan Andalkan Memori Plus Slot MicroSD

Rasanya tak lengkap jika sebagai smartphone modern namun tidak didukung dengan ruang penyimpanan yang maksimal. Untuk sektor yang juga tak kalah penting ini, yaitu bagian ruang penyimpanan atau storage, tentunya spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 ini pun juga dibekali dengan ruang penyimpanan yang berkapasitas ekstra luas.

Sebagai gadget kelas atas, sudah sewajarnya jika Samsung Galaxy A5 versi 2016 ini dibekali dengan kapasitas memori yang sangat luas. Kali ini, smartphone dari Samsung seri Galaxy A ini dibekali dengan memori internal berkapasitas besar.

Untuk ukuran smartphone modern, kapasitas sebesar itu yang hadir pada Samsung Galaxy A5 2016 merupakan kapasitas yang cukup cocok. Dengan memori internal seluas itu, bisa menyimpan berbagai jenis file, baik itu file audio video, game, atau aplikasi yang membutuhkan space memori yang sangat besar.

Tak seperti smartphone premium merek lain yang banyak meninggalkan slot memori eksternal, Samsung Galaxy A5 2016 ini juga masih dibekali dengan slot memori eksternal yang mampu menampung kartu microSD hingga kapasitas maksimal.

Kehadiran slot memori eksternal pada spesifikasi Galaxy A5 2016 ini dipastikan sangat berguna bagi yang menginginkan ruang penyimpanan yang lebih luas untuk menyimpan file berukuran besar. Berikut  spesifikasi Lengkapnya :

samsung galaxy A5

  • Layar
5.2″ Super AMOLED , 1280 x 1920 Pixel,
  • Bodi
144.8 x 71 x 7.3 mm, 155g, Frame metal + Cover Glass
  • Jaringan
4G LTE Cat 6 300/50 Mbps
  • Sistem Operasi
Android v5.1 Lollipop
  • Chipset
CPU Exynos 7580 Octa + GPU Mali-T720MP2
  • Memori
RAM : 2 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 64 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , OIS, Autofokus, LED Flash
  • Kamera Depan
5 MP
  • Sensor
Proximity , Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Hitam. Putih, Gold, Pink
  • Baterai
Li Ion 2900 mAh, Fast Charging

Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Alpha

  • Desain yang Sophisticated

Pada konsep desain fisiknya spesifikasi Samsung Galaxy Alpha memberikan warna tersendiri yang berbeda jauh dengan produk-produk keluaran Samsung lainnya yang cenderung fokus kepada daya tahan dan bentuk yang konvensional.

Selain itu smartphone Samsung ini juga memadukan antara daya tahan yang baik dengan desainnya yang elegan. Anda akan tampak lebih sylish ketika membawa Samsung Galaxy Alpha karena bentuknya yang  elegan dan fashionable.

Ponsel yang berbahan dasar logam pada bodinya ini memiliki dimensi dan ketebalan standar serta massa yang tidak terlalu berat menjadikan smartphone ini nyaman untuk digenggam dan dibawa berpergian menemani aktivitas mobilitas anda keseharian.

Tipe layar Samsung Galaxy Alpha sendiri adalah layar yang sangat berkualitas yang dapat menghasilkan 16 juta warna. Tipe layar tersebut dapat menghasilkan kualitas layar yang sangat jernih dan tajam sehingga sangat cocok sekali ketika anda gunakan untuk menonton film kualitas HD dan melakukan aktivitas multimedia.

Layar pada spesifikasi Galaxy Alpha yang apik ini dilengkapi dengan fitur Multitouch yang dapat mendeteksi lebih dari satu jari pada layar serta fitur proteksi dari goresan menggunakan proteksi layar khas Samsung.

grand-alpha-2

  • Kinerja Mesin Mumpuni dengan Prosessor Andalan

Pada sektor dapur pacunya spesifikasi Samsung Galaxy Alpha termasuk kriteria ponsel premium yang gahar karena dipersenjatai dengan 2 processor sekaligus. Processor sekuel pertama dan processor sekuel kedua dipadukan sehingga dapat menghasilkan kecepatan yang sangat tinggi.

Dapat pula memainkan HD Gaming yang menuntut spesifikasi teknis yang tinggi pada Samsung Galaxy Alpha ini. Otak pada handset ini dipercayakan akan siap menjamin kualitas tampilan dan kenyamanan pada saat menjalankan HD Gaming.

Sistem operasi terbaru Android disaat itu semakin menambah istimewa sektor dapur pacu yang ada pada spesifikasi Samsung Galaxy Alpha dengan teknologinya yang mutakhir. Sedangkan pada sektor RAM diberikan ukuran ekstra besar yang siap menghandle dengan lancar proses multitasking yang anda lakukan.

  • Media Penyimpanan Sangat Luas Namun Minus Kartu Slot

Kapasitas penyimpanan yang disematkan pada spesifikasi Samsung Galaxy Alpha tergolong besar untuk memori internalnya. Walaupun terpotong oleh sistem operasi Android dan aplikasi-aplikasi bawaan sisa ruang yang disisakan masih sangat banyak

Untuk memaksimalkannya anda dapat menginstall HD Gaming yang anda inginkan untuk mengisi waktu senggang serta aplikasi-aplikasi yang menarik di Playstore. Sayangnya Samsung Galaxy Alpha ini tidak disediakan fasilitas ekspansi memori yang biasanya menggunakan kartu Micro SD.

Tentunya ini salah satu kelemahan yang harus diperhatikan oleh Samsung karena jika kita melihat spesifikasi Samsung Galaxy Alpha untuk sektor-sektor lainnya sendiri sudah sangat bagus dan tergolong cukup untuk memenuhi kebutuhan mobile masyarakat di era jaman sekarang. Berikut spesifikasi lengkapnya :

grand-alpha-1

  • Layar
4.7 inci Super AMOLED Capacitive , 720 x 1280 Pixel
  • Jaringan
4G LTE
  • Sistem Operasi
Android v.4.4 Kit Kat
  • Chipset
CPU Exynos 5430 + GPU Mali – T628MP6
  • Memori
RAM : 2 GB , Internal : 32 GB , MicroSD : –
  • Kamera Belakang
12 MP , Autofokus, LED Flash
  • Kamera Depan
2,1 MP
  • Sensor
Accelerometer, Proximity, Gyro, Finger Print Sensor
  • Baterai
Li Ion 1860 mAh

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy A5 VS Samsung Galaxy Grand Alpha

Lini Fotografi Maksimal dengan Dukungan Duet Kamera 13 MP dan 5 MP

Samsung tak lupa memberikan komponen fotografi yang sangat berkualitas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fotografi pada Samsung Galaxy A5 versi 2016 ini.

Sebagai kamera utamanya, digunakanlah kamera berukuran 13 MP yang mampu menghasilkan jepretan foto beresolusi besar. Kamera yang terletak pada bagian belakang Samsung Galaxy A5 2016 itu juga sudah dilengkapi dengan fitur modern seperti Autofocus, Optical Image Stabilization dan juga LED Flash.

Keberadaan ketiga fitur tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan fotografi smartphone ini. Fitur-fitur fotografi modern pun juga tak lupa hadir pada smartphone Samsung Galaxy A5 2016 ini.

Selain bisa menghasilkan jepretan foto yang cukup bagus, kamera utama pada Samsung Galaxy A5 versi 2016 ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan hasil rekaman yang cukup baik pula dengan ukuran video mencapai Full HD.

Sebagai pelengkap spesifikasi teknis Samsung Galaxy A5 2016 di bagian fotografinya, Samsung pun menempatkan kamera depan yang berukuran lebih kecil dari kamera utamanya, yakni 5 MP.

Keberadaan kamera sekunder 5 MP pada spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 tersebut sudah cukup bagus, dan pastinya bisa kawan Begawei gunakan untuk berfoto selfie atau melakukan panggilan video call.

Kamera dengan Standar Kualitas Fotografi

Untuk membidik foto terbarik kamera pada spesifikasi Samsung Galaxy Alpha juga memiliki keunggulan tersendiri dengan dual kamera yaitu kamera depan dan kamera belakang.

Pada kamera belakangnya memiliki resolusi 12 MP yang dapat menghasilkan kualitas dengan resolusi tinggi. Kamera belakang Samsung Galaxy Alpha ini dapat menghasilkan foto dengan menawan dan dapat menampilkan detail-detail kecil pada panorama yang indah.

Samsung Grand Alpha ini juga dapat digunakan untuk hunting foto karena kualitasnya tidak diragukan lagi. Selain itu masih terdapat fitur seperti autofocus, LED Flash dan fitur modern lainnya.

Sedangkan pada kamera depan Spesifikasi Galaxy Alpha memiliki resolusi 2.1 MP yang kualitasnya ciamik ketika anda melakukan aktivitas foto selfie atau video call dengan relasi bisnis.

grand-alpha-3

Perbandingan dari Segi Harga Samsung Galaxy A5 VS Samsung Galaxy Grand Alpha di Indonesia

Harga Samsung Galaxy A5 2016 untuk bulan ini turun menjadi 3,5 jutaan jika dibandingkan dengan bulan lalu yang mencapai 3.6 Jutaan. Sementara itu untuk harga bekasnya masih kisaran 2,5 Jutaan.

Untuk harga 3,6 Jutaan saat ini Samsung Galaxy A5 2016 ini masih sangat masuk akal karena ponsel pintar dari Samsung ini sudah membawa tampilan yang sangat cantik dan spesifikasi yang sangat mumpuni.

Sementara, harga Samsung Galaxy Alpha pada bulan ini masih stabil diangka 2,2 Jutaan, Sementara itu untuk harga bekasnya masih berada dikisaran 1,3 jutaan. Untuk harga tersebut Samsung Galaxy Alpha masih sangat sesuai dengan spesifikasi tangguh yang dibawanya.

Smartphone Samsung ini cukup pantas dilepas dengan harga tinggi mengingat fitur-fitur mumpuni yang akan anda dapatkan serta nama Brandnya sendiri yang sudah terkenal menjaga kualitas ponsel-ponselnya.

Perbandingan dari Segi Baterai Samsung Galaxy A5 VS Samsung Galaxy Grand Alpha

Pasokan Daya Memadai Didukung Baterai Berkapasitas 2.900 mAh

Keberadaan baterai sebagai pemasok daya sendiri tidak bisa dikesampingkan, karena percuma jika sebuah smartphone memiliki kinerja mumpuni dan hardware berkualitas namun tidak dilengkapi dengan kapasitas baterai memadai.

Pada bagian yang satu ini, sepertinya Samsung sudah menyadari bahwa smartphone seri Samsung Galaxy A5 2016 ini memang memiliki komponen-komponen hardware yang butuh suplai daya cukup besar.

Untuk itu, Samsung Galaxy A5 versi 2016 pun dibekali dengan baterai berkapasitas memadai. Tercatat, Samsung menanamkan baterai Li-Ion berkapasitas 2.900 mAh pada ponsel barunya ini.

Dengan kapasitas mencapai 2.900 mAh tersebut, Samsung Galaxy A5 2016 akan mampu bertahan hidup selama seharian penuh, jika digunakan secara normal.

Sedangkan istimewanya lagi, untuk baterai yang ada pada spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016 juga sudah didukung dengan fitur fast battery charging layaknya smartphone kelas atas lainnya yang bisa mengisi daya lebih cepat.

grand-alpha

Baterai Daya Rendah dengan 1860 mAh

Sedangkan pada sektor baterainya spesifikasi Samsung Galaxy Alpha justru mengalami antiklimaks dengan memiliki kapasitas baterai yang kurang memadai dengan tipe Li-Ion 1860 mAh battery.

Samsung Galaxy Alpha ini tidak dapat bertahan lama dalam penggunaannya karena mempunyai hardware yang cukup tinggi yaitu processor Quad Core dan layarnya 4.7 inci dengan tipe Super Amoled tentunya menuntut kebutuhan daya baterai yang tinggi.

Untuk mensiasati kelemahan baterai yang ada pada spesifikasi Samsung Galaxy Alpha ini anda dapat membeli dua buah baterai sekaligus atau membeli sebuah Powerbank untuk menambah lama usia daya baterai anda.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy A5 2016 VS Samsung Galaxy Grand Alpha Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat.

Kedua smartphone terbaik Samsung ini telah memiliki masa jayanya masing – masing dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Pilihlah smartphone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan anda dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here