Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J1 VS Apple iPhone 4S cover

Selalu menarik untuk membahas ponsel besutan dua perusahaan besar di jagat teknologi, siapa lagi kalau bukan Samsung dan Apple? Dan kali ini tim Futureloka akan membahas perbandingan dari segi spesifikasi dari dua ponsel yang berbeda kasta, yaitu Samsung Galaxy J1 yang dikenal dengan seri Galaxy termurah melawan iPhone 4S yang notabene merupakan perangkat premium Apple yang sudah berumur lebih dari 6 tahun. Nah, melihat hal tersebut, manakah ponsel yang masih layak untuk aktivitas masa kini dan mana yang tidak. Mari kita simak.

Perbandingan Spesifikasi Hp Samsung Galaxy J1 VS Apple iPhone 4S

Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J1 VS Apple iPhone 4S cover

Untuk mengetahui smartphone manakah yang paling mumpuni, spesifikasi pastilah menjadi acuan pertama untuk mengetahui seberapa baik performa smartphone apabila digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Nah, berikut ini adalah perbandingan spesifikasi dari Samsung Galaxy J1 VS iPhone 4S.

Tabel Spesifikasi Samsung Galaxy J1

SECTION SAMSUNG GALAXY J1
NETWORK GSM / HSPA
BODY –      129 x 68.2 x 8.9 mm (5.08 x 2.69 x 0.35 in)

–      Weight 122 g (4.30 oz)

–      SIM Single SIM (Micro-SIM) or Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)

PLATFORM –      Android 4.4.4 (KitKat)

–      Chipset Spreadtrum

–      CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7

–      GPU Mali-400

DISPLAY –      TFT capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 4.3 inches (~59.8% screen-to-body ratio)

–      Resolution 480 x 800 pixels (~217 ppi pixel density)

–      Multitouch Yes

MEMORY –      microSD, up to 256 GB (dedicated slot)

–      Internal 4 GB, 512 MB RAM

COMMS –      Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

–      Bluetooth 4.0, A2DP

–      GPS Yes, with A-GPS, GLONASS

–      Radio FM radio, RDS, recording

–      USB microUSB 2.0

CAMERA –      5 MP, f/2.2, 31mm, autofocus, LED flash

–      Features Geo-tagging, touch focus, face detection

–      Video [email protected]

–      Secondary 2 MP

BATTERY –  Removable Li-Po 1850 mAh battery

Tabel Spesifikasi iPhone 4S

SECTION iPhone 4S
NETWORK GSM / CDMA / HSPA
BODY –      115.2 x 58.6 x 9.3 mm (4.54 x 2.31 x 0.37 in)

–      137 g (4.66 oz)

–      Micro-SIM

 

PLATFORM –      iOS 5, upgradable to iOS 9.3.5

–      Apple A5

–      Dual Core 1.0 GHz Cortex A9

–      PowerVR SGX543MP2

DISPLAY –      LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors

–      3.5 inches

–      640 x 960 pixels (~326 ppi pixel density)

–      Corning Gorilla Glass, Olephobic coating

MEMORY –      8/16/32/64 GB, 512 MB RAM
COMMS –      Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac,

–      Bluetooth          4S.0, A2DP, LE

–      A-GPS, GLONASS

–      2.0, reversible connector

CAMERA –      8 MP, f/2.4, autofocus, dual-LED flash,

–      1/3.2″ sensor size, 1.4 µm pixel size, touch focus, geo-tagging, face/smile detection, HDR (photo/panorama)

–      Secondary          VGA,  [email protected],  FaceTime over Wi-Fi only

BATTERY –      Removable Li-Po 1432 mAh battery

 

Desain dan Body

Samsung Galaxy J1 membawa desain unik khas Samsung yang setiap sudutnya berbentuk bulat menonjol, sehingga terkesan aktif dan enerjik. Tidak lupa, ponsel yang berukuran compact ini dibekali satu tombol home fisik dan dua tombol kapasitif back dan menu. Secara keseluruhan, tidak ada yang istimewa dari desain ponsel yang bermaterial full-plastic ini.

Untuk iPhone 4S, Apple tidak pernah kehilangan kesan mewah dari setiap produk yang mereka rilis, dan hal ini juga berlaku untuk ponsel keluaran 2011 ini. Menggunakan material kaca dibagian depan dan belakang, serta bumper metal, membuat ponsel ini terlihat sangat cantik dan berkilau. Sehingga tidak heran apabila iPhone 4S mendapatkan banyak penghargaan untuk ponsel dengan desain terbaik, bahkan hingga saat ini.

Layar

Dibagian layar ada dua hal yang unik dari perbandingan dua ponsel ini. Apabila menilik dari sisi kenyamanan  pemakaian, jelas Samsung Galaxy J1 menang telak dengan ukuran layar yang sedikit lebih luas yaitu 4.3 inch berbanding iPhone 4S yang menggunakan layar berukuran amat kecil, hanya 3.5 inch.

Namun, apabila dilihat dari kualitas layar, Samsung Galaxy J1 harus bertekuk lutut dari iPhone 4S, karena iPhone 4S sudah membawa teknologi retina display yang kualitasnya sudah tidak diragukan dengan kerapatan pixel yang mencapai 326 ~ppi. Sedangkan layar Samsung Galaxy J1 terlihat sangat biasa, karena hanya membawa layar berjenis TFT yang bisa dibilang kuno serta kerapatan layar yang hanya 216 ~ppi.

Chipset

iPhone 4S jelas kalah telak dibanding Samsung Galaxy J1, dengan chipset Apple A5 Dual Core berkecepatan 1.0 GHz berbanding chipset Spreadtrum Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7 milik Samsung Galaxy J1. Dikarenakan chipset jadul milik iPhone 4S, Apple sudah tidak memberikan dukungan iOS terbaru bagi ponsel yang dirilis tahun 2010 ini karena performanya yang sudah tidak memadai. Berbeda dengan Samsung Galaxy J1 yang walaupun intel sudah membehentikan dukungan bagi prosesor smartphone, namun performanya masih cukup memadai untuk menjalankan aplikasi masa kini.

Memori

Samsung Galaxy J1 hanya dibekali memori internal sebesar 4 GB dan ditemani RAM 512 MB. Sehingga dengan jumlah memori yang terbatas tersebut, Samsung Galaxy J1 bukanlah ponsel yang tepat bagi gamer atau yang membutuhkan aplikasi yang kompleks. Samsung Galaxy J1 hanya tepat digunakan untuk kegiatan ringan seperti chatting dan sosial media ringan.  Namun untungnya, Samsung membekali Galaxy J1 dengan slot yang mampu menampung micro SD hinga 256 GB.

Tidak jauh berbeda dengan Galaxy J1, iPhone 4S juga dibekali RAM sebesar 512 MB namun dengan beberapa varian memori internal yaitu 8/16/32/64 GB. Sayangnya seperti iPhone pada umumnya, Apple tidak membekali iPhone 4S dengan slot micro SD.

Platform

Galaxy J1 membawa sistem operasi Android 4.4 KitKat dengan kustomisasi TouchWiz UI by Samsung, yang sayangnya tidak dapat diupgrade ke Android terbaru, sedangkan iPhone 4S membawa iOS yang mentok di versi 9.3.5, walaupun kebanyakan aplikasi di App Store mendukung iOS tapi dapat dipastikan tidak lama lagi Apple akan memberhentikan dukungan untuk iOS karena sudah menjadi kebiasaan dan apalagi Apple hanya akan memberikan dukungan aplikasi terbaru untuk perangkat berbasis 64bit, sehingga bisa dipastikan iPhone 4S tidak akan lagi mendapatkan pembaruan software dan aplikasi.

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy J1 VS Apple iPhone 4S

Sebelum melihat hasil kamera dari dua smartphone besutan Asus ini, mari kita lihat spesifikasi dari kedua kameranya. Samsung Galaxy J1 dibekali kamera primer beresolusi 5 MP aperture f/2.2, sedangkan iPhone 4S  memiliki kamera belakang yang lebih baik,  8 MP dan aperture f/2.4 Dan untuk kamera depan, Asus hanya menyediakan kamera beresolusi 2 MP sedangkan iPhone 4S tidak lebih baik dengan kamera depan yang hanya beresolusi VGA. Dan untuk mengetahui kualitasnya, berikut adalah hasil foto dari kamera Samsung Galaxy J1 dan iPhone 4S yang berhasil dirangkum tim Futureloka.

Hasil Kamera Samsung Galaxy J1
Hasil Kamera Samsung Galaxy J1
Hasil Kamera iPhone 4S
Hasil Kamera iPhone 4S

Perbandingan Dari Segi Baterai Samsung Galaxy J1 VS Apple iPhone 4S

Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J1 VS Apple iPhone 4S 4 Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J1 VS Apple iPhone 4S 5

Samsung Galaxy J1 dibekali baterai yang untungnya dapat dilepas yang berjenis Lithium ion berkapasitas 1850 mAh yang sayangnya memiliki performa yang tidak cukup baik untuk kebutuhan saat ini, sehingga dipastikan powerbank akan menjadi sahabat terbaik untuk menemani aktivitas dengan ponsel berukuran layar 4.3 inch ini, sedangkan iPhone 4S  memiliki kapasitas baterai yang lagi-lagi lebih juga kecil yaitu hanya 1432 mAh. Ukuran baterai yang cenderung kecil, mengingat kebanyakan smartphone saat ini sudah menggunakan baterai dengan kapasitas 4000 mAh.

Perbandingan Dari Segi Harga Samsung Galaxy J1 VS Apple iPhone 4S

Perbandingan Bagus Mana HP Sasmung Galaxy J1 VS Apple iPhone 4S 3

Samsung Galaxy J1 dibanderol dengan harga IDR 1.200.000 untuk unit baru sedangkan IDR 800.000  untuk harga bekas. Sedangkan iPhone 4S varian 16GB dibanderol dengan harga IDR 1.399.000 untuk unit bekas dan sayangnya sangat jarang mendapatkan iPhone 4S dalam kondisi brand new dikarenakan ponsel ini memang sudah diberhentikan produksinya di tahun 2014. Semua tergantung pilihan anda, apabila anda ingin smartphone yang masih mendapatkan update software terkini, berharga murah namun memiliki performa yang cukup layak, Samsung Galaxy J1 bisa jadi jawaban yang tepat. Karena rasa-rasanya iPhone 4S sudah tidak layak untuk kebutuhan-kebutuhan masa kini, bahkan untuk kebutuhan dasar sekalipun.

Jadi itu tadi adalah sedikit komparasi dari Samsung Galaxy J1 dan iPhone 4S yang berhasil dirangkum oleh tim Futureloka. Jangan lupa pantengin terus Futureloka.com untuk update-update gadget yang kamu suka. See you!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here