g

Halo pembaca setia futureloka.com, pasti tau dong ya kalau dua smartphone yang menjadi salah satu yang digandrungi anak muda zaman sekarang?

Samsung Galaxy J2 dan Motorola G merupakan smartphone ini berasal dari dua negara yang berbeda yaitu Samsung Galaxy J2 berasal dari Korea Selatan Negri Tirai Bambu sedangkan Motorola G berasal dari Amerika Serikat.

Kedua smartphone ini memiliki desain yang begitu elegan dalam setiap sisi nya, namun ada beberapa komponen lain yang menjadi daya tarik kedua smartphone ini. Simak ulasan berikut.

Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy J2 VS Motorola G

camcungj2

Samsung Galaxy J2 yang telah diluncurkan sejak tahun 2015 lalu menarik banyak perhatian dari hampir seluruh kalangan masyarakat. Samsung membekali hampir setiap smartphone yang diproduksinya dengan layar AMOLED salah satunya dalam tipe samsung yang satu ini.

Samsung Galaxy J2 memiliki ukuran yang cukup mini, hanya 4,7 inci saja, namun kualitas visual yang diberikan sudah sangat bagus dan nyaman di mata. Selain itu, pada sektor dapur pacu pun Samsung Galaxy J2 juga dibekali dengan chipset buatan Samsung sendiri, yaitu Exynos 3475.

Sementara itu bagian untuk storage atau ruang penyimpanan file, smartphone Samsung seri Galaxy J2 ini membawakan kapasitas memori internal yang cukup besar, yaitu 8 GB.

Dengan tambahan slot memori eksternal yang dapat diekspansi hingga kapasitas 128 GB, dipastikan bahwa pengguna Samsung Galaxy J2 akan sangat leluasa dalam menyimpan semua file-file pribadinya.

Spesifikasi Samsung Galaxy J2

Jaringan 3G, HSPA, EDGE, 4G LTE
4G LTE Cat 4
SIM Dual SIM, Nano SIM
Dimensi
Berat
LED Notifikasi Tidak Ada
Layar Layar 5.0 Super AMOLED capacitive
Resolusi 720 x 1280 pixels
Kerapatan ~294 ppi
Sistem Operasi OS Android v 6.0 Marsmallow
Chipset Chipset Qualcomm Snapdragon 430
CPU Octa Core 1.4 GHz Cortex A53
GPU Adreno 505
Memori RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Memori Eksternal up to 256 GB ( Hybrid )
Kamera Kamera Utama 8 MP, Autofocus, LED flash
Video : [email protected]
Kamera Depan 5 MP
Konektifitas WIFI, 802 .11 a/ b/g/nt
WI-FI hotspot
Bluetooth v4.0 ,A2DP
GPS – A GPS
Micro USB v 2.0
USB OTG
Sensor Acelerometer
proximity
Compass
Baterai Li-Ion –
Non-Removable
Warna Gold, Black, Sliver

Motorola Moto G memiliki body dan display yang cukup oke. Dengan berat hanya 143 gram membuat gadget ringan dan mudah untuk dibawa kemanapun.

Untuk ukurannya sendiri yaitu 129.9 x 65.9 x 11.6 mm. Dengan ketebalan 11.6 membuat handphone Motorola ini dirasa cukup tebal.

moto-g

Disisi desainnya sendiri Motorola G menawarkan desain yang cukup umum dan bisa dikatakan biasa dan tak ada pembeda dengan gadget-gadget Android yang sudah dipasarkan.

Namun yang menarik dari Motorola G yaitu fitur Gorilla Glass yang tersedia pada Motorola Moto G ini yang akan memberikan kalian kemudahan khususnya dalam perlindungan layar gadget kalian dari goresan dan juga masalah lainnya.

Untuk ukuran layarnya sendiri adalah 4.5 inci dengan tipe IPS yang akan memberikan pengalaman 16 juta warna dengan baik.

Selanjutnya pada spesifikasi Moto G ada juga teknologi dari Capacitive touch screen yang akan memudahkan kalian untuk bisa mengetik SMS dan juga pesan chat lebih cepat lagi dibandingkan dengan sebelumnya.

Spesifikasi Motorola Moto G

Jaringan
2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
CDMA 800 / 1900 – CDMA version
3G Network HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
HSDPA 850 / 1700 / 1900 / 2100 – for T-Mobile, AT&T
CDMA2000 1xEV-DO – CDMA version
SIM Micro-SIM
Bodi
Dimensi 129.9 x 65.9 x 11.6 mm (5.11 x 2.59 x 0.46 in)
Berat 143 g (5.04 oz)
Layar
Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 720 x 1280 pixels, 4.5 inches (~326 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Proteksi Corning Gorilla Glass 3
Suara
Alert types Vibration, MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Memori
Card slot No
Internal 8/16 GB, 1 GB RAM
Koneksi
GPRS Yes
EDGE Yes
Kecepatan HSDPA, 21 Mbps; HSUPA
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP, LE
USB microUSB v2.0, USB Host
Kamera
Kamera Belakang 5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash, check quality
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video [email protected], stereo sound rec., HDR, check quality
Kamera Depan 1.3 MP
Fitur
OS Android OS, v4.3 (Jelly Bean), upgradable to v4.4.3 (KitKat)
Chipset Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400
CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPU Adreno 305
Sensor Accelerometer, proximity, compass
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser HTML5
Radio FM radio
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Java Yes, via Java MIDP emulator
Colors Black (front panel), 7 color options (back panel)
Baterai
Non-removable Li-Ion 2070 mAh battery

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy J2 VS Motorola G

Fitur kamera yang terdapat pada smartphone memang sudah menjadi kebutuhan yang tak dapat terlepaskan dari keseharian kita dan kemampuan fotografi pun kini menjadi indikator kualitas sebuah perangkat pintar.

Pada Bagian utama Samsung Galaxy J2 memiliki asupan kamera belakang berkekuatan 5 MP yang bersanding dengan teknologi LED Flash dan juga autofocus. Kualitas fotografi pada Galaxy J2 tak lepas dari resolusi kamera utamanya yang mencapai 2592 х 1944 pixels.

Meski kemampuan kamera utamanya termasuk yang paling lemah di antara seri Galaxy J lainnya, namun tidak perlu khawatir. Dengan dukungan LED Flash serta autofocus yang sudah ada pada kamera utama Samsung Galaxy J2, kalian akan tetap mendapatkan hasil jepretan gambar terbaik.

kamera

Kemudian dilengkapi dengan fitur-fitur fotografi modern seperti Geo-tagging, touch focus, dan juga fitur face detection pun juga sudah hadir pada kamera utama smartphone ini.

Selain bisa digunakan untuk mengambil foto, kamera utama pada smartphone Samsung Galaxy J2 ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas rekaman yang cukup baik.

Sedangkan untuk kebutuhan selfie, smartphone terbaru dari Samsung ini mengandalkan kamera sekunder berkekuatan 2 MP yang terletak pada sisi depannya.

Meskipun untuk kamera sekunder atau kamera depan yang melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J2 masih mengusung kamera berukuran 2 MP, namun pastinya kemampuan fotografi kamera sekundernya sudah bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Dalam hal kamera smartphone yang satu ini  yaitu Motorola G memiliki sensor yang berukuran 5MP. Dengan ukuran kamera tersebut rasanya masih kurang jika kalian ingin membidik momen penting dengan kualitas gambar yang bagus.

Untuk kamera depan dari Motorola G sendiri memiliki ukuran sensor 1.3 MP saja. Dengan ukuran sensor kamera tersebut akan membuat gambar yang dihasilkan tidak begitu jelas, namun untuk sekedar video call boleh lah.

Namun secara keseluruhan dengan spesifikasi Motorola G yang memberikan perlengkapan kamera yang lengkap akan semakin memudahkan anda untuk melakukan aktifitas memotret dimana saja.

Perbandingan Daya Tahan Baterai Dan Harga Samsung Galaxy J2 VS Motorola G

btr

Pada Samsung Galaxy J2 membekalkan baterai Lithium Ion berkapasitas 2.000 mAh pada Galaxy J2 ini. Bila melihat spesifikasi yang dibawa oleh Samsung Galaxy J2, memang kapasitas baterai tersebut masih sangat cukup untuk mempertahankan ponsel agar tetap hidup selama seharian, hanya saja untuk penggunaan wajar.

Motorola Moto G ini memberikan kapasitas baterai yang cukup besar yaitu Li-Ion 2070 mAh. Dengan ukuran baterai tersebut tentunya aktidak akan khawatir dengan baterai yang cepat habis. Untuk baterainya sendiri dapat bertahan dalam kondisi Talk Time selama 24 jam. Namun sayangnya spesifikasi Motorola G ini menyimpan kekurangan yaitu baterainya tidak bisa dilepas.

Untuk kisaran harga kedua smartphone ini memiliki harga dan kapasitas yang berbeda. Samsung Galaxy J2 menawarkan harga berkisar sebesar Rp. 2.200.000 untuk ram 2 GB, sedangkan untuk kisaran harga jual Motorola G ini memiliki kisaran harga sebesar Rp 1.949.000,- untuk 8 GB dan Rp 2.249.000,- untuk 16 GB.

Demikian ulasan mengenai Perbandingan Samsung Galaxy J2 VS Motorola G Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia. Jangan lewatkan info seputar terknologi lainnya di laman Futureloka.

Sampai jumpa di artikel berikutnya!

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here