Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Apple iPhone 5S Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

apple-iphone-5s-vs-samsung-galaxy-j5

Selama ini Samsung memang dikenal selalu serius meracik semua produknya, meskipun produk itu hanya menempati kelas menengah ke bawah. Tahun 2015 lalu, Samsung kembali menambah pasukan baru yaitu Samsung Galaxy J5.

Tidak bohong rasanya jika kita katakan bahwa Samsung Galaxy J5 adalah salah satu varian dari J Series yang memukau dan menawan. Meski hanya ditempatkan sebagai smartphone kelas menengah, namun produk baru dari Samsung ini tetap dibekali dengan segudang komponen berkualitas.

Akhir 2013 lalu, telah ramai diperbincangkan bahwa Apple hendak merilis kembali iPhone berukuran mini sekaligus seri lanjutan dari iPhone 5, yaitu iPhone 5S. Kali ini iPhone berukuran mini ini telah diperkenalkan secara resmi kepada publik.

Kehadiran iPhone 5S juga diklaim sebagai smartphone dengan layar yang terkuat saat ini. Memang seperti yang telah kita ketahui, pada beberapa tahun sebelumnya Apple merupakan vendor asal Amerika Serikat yang fokus dalam memproduksi smartphone berukuran kecil namun memiliki tenaga yang sangat tangguh.

Namun, rupanya untuk iPhone 5S yang baru saja diperkenalkan ini digadang-gadang bakan menandingi kekuatan dari iPhone SE dan iPhone 6 yang hadir dengan ukuran lebih besar. Kali ini, iPhone 5S berukuran kecil ini hadir dengan kekuatan yang sebanding dengan smartphone kelas premium.

Kali ini Tim Futureloka akan membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Apple iPhone 5S Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi HP Samsung Galaxy J5 VS Apple iPhone 5S

Spesifikasi Samsung Galaxy J5

  • Desain Elegan Khas Samsung

Bicara soal spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian desain luarnya, Samsung memang paling ahli dalam mendesain produk-produknya. Kali ini kita akan dihadapkan pada unit ponsel pintar berbodi cukup besar, namun memiliki penampilan elegan.

  • Dapur Pacu Bertenaga Andalkan 

Berpindah ke spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, kita akan disuguhi dengan spesifikasi mesin yang cukup berkualitas pada ponsel ini. Untuk menunjang performanya, Samsung menyematkan komponen-komponen terbaik pada Samsung Galaxy J5 ini.

  • Internal Memory Super Luas 

Jika dibandingkan dengan varian lain pada Samsung Galaxy J Series, spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian storage kali ini mengusung kapasitas internal memory yang lebih besar. Berikut spesifikasi lengkapnya :

Hasil gambar untuk j5

  • Layar
5.0 inci Super AMOLED Capacitive , 720 x 1280 pixels
  • Jaringan
4G LTE
  • Body
142.1 x 71.8 x 7.9 mm, 146g, Plastik
  • Sistem Operasi
Android 5.0 Lollipop
  • Chipset
CPU Snapdragon 410 + GPU Adreno 306
  • Memori
RAM : 1.5 GB , Internal : 8 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , LED Flash , Autofocus
  • Kamera Depan
5 MP + LED Flash
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Hitam, Putih, Gold
  • Baterai
Li Ion 2600 mAh

Spesifikasi iPhone 5S

  • iPhone 4.0 Inci Berdesain Mewah Khas Apple

Hadir sebagai produk terbaru dari vendor ternama Apple, spesifikasi iPhone 5s memang menawarkan kemiripin dengan iPhone SE dari sisi desain. Bodi iPhone SE terbalut dalam material full metal yang dirancang dengan dimensi elegan dan memiliki bobot ringan.

Dimensi tersebut menciptakan bentuk yang nyaman dioperasikan dan tentunya lebih efisien untuk menyimpan iPhone 5s ini di dalam saku celana karena ukurannya yang mungil dan bobotnya yang ringan.

Pada bagian depan, tepatnya tombol home yang benbentuk bundar, telah disematkan fingerprint sensor. iPhone yang hadir dalam empat varian warna yakni Space Gray, Silver, Gold dan Rose Gold ini juga membawa visualisasi yang memanjakan mata. iPhone 5s dilengkapi dengan layar terbaiki, resolusi besar yang sudah termasuk sangat bagus untuk memberi kenyamanan pada mata pengguna.

Layar iPhone SE ini juga telah dilindungi oleh Ion-strengthened glass dan oleophobic coating sehingga menjadi lebih terlindungi dari gorean ataupun kotoran seperti debu. Pada layar canggih ini juga disandingkan pula spesifikasi iPhone SE  dengan beberapa fitur pendukung seperti multitouch.

  • Ketangguhan Ruang Olah Data Didukung Mesin andalan

Sejauh ini, deretan produk Apple memang dikenal sebagai salah satu produk gadget yang memiliki performa paling baik, tentu saja hal ini menjadi pertimbangan untuk memilih komponen yang cocok untuk ditanamkan dalam spesifikasi iPhone 5s ini.

Untuk urusan dapur pacu iPhone 5s  tetap mempertahankan reputasi smartphone seri iPhone yang memiliki performa kelas tinggi. Kali ini, Apple menyematkan chipset terbaru pada Apple iPhone 5s seperti yang ada pada seri iPhone SE.

Rangkaian chipset pada iPhone ini akan menghadirkan performa mumpuni khas gadget kelas tinggi. Walaupun terdengan biasa saja dibandingkan dengan produk-produk premium tentu saja iPhone SE tetap bakal menawarkan performa yang begitu mumpuni dan siap menjalankan segala operasional dengan lancar.

iPhone-5s

Pihak Apple juga telah memastikan bahwa smartphone ini akan menggunakan RAM berkapasitas besar. Kehadiran RAM besar pada Apple iPhone ini akan membantu meningkatkan kemampuan olah data serta menjamin kelancaran dalam menjalankan semua jenis aplikasi.

Rasanya dengan spesifikasi ini akan melibas habis semua game HD yang berjalan di iOS. Kesemua spesifikasi iPhone SE  tersebut akan berjalan pada sistem operasi iOS mumpuni dan dapat di upgarde dengan memiliki sejumlah fitur-fitur yang pastinya sangat seru untuk kamu gunakan.

  • Kebutuhan Storage Tersedia Dalam Tiga Varian Memori Internal

Sama seperti seri-seri iPhone sebelumnya, kali ini Apple juga menghadirkan seri Apple iPhone 5s ke dalam tiga varian yang masing-masing memiliki kapasitas memori internal berbeda.

Tercatat, Apple menghadirkan memori internal iPhone seri 5s ini dengan diatas rata – rata. Untuk ukuran sebuah smartphone, kapasitas memori pada Apple iPhone SE  ini sudah sangat besar. Kapasitas memori tersebut bisa digunakan untuk menampung segala macam aplikasi, baik yang membutuhkan kapasitas besar maupun kecil.

Pada sektor memorinya ini, Apple iPhone 5s memang dibekali dengan memori internal yang sangat besar karena tidak dibekali dengan slot microSD atau eksternal memori. Kelemahan spesifikasi iPhone SE pada sektor memori eksternal ini sebenarnya sudah ahmpir menjadi ciri khas semua produk Apple. Berikut ulasannya :

iPhone 5S

  • Layar
4 inci LED-backlit IPS LCD Capacitive , 640 x 1136 Pixel
  • Body
123.8 x 58.6 x 7.6 mm, 112 gram, Full Metal
  • Jaringan
4G LTE Cat3 100/50 Mbps
  • Sistem Operasi
iOS 7
  • Chipset
CPU Apple A7 + GPU PowerVR G6430
  • Memori
RAM : 1 GB , Internal : 16/32/64 GB , MicroSD : No
  • Kamera Belakang
8 MP , Autofocus, Dual-LED Flash
  • Kamera Depan
1,2 MP
  • Sensor
Proximity , Accelerometer , Compass , Gyro, Fingerprint
  • Warna
Space Gray, Silver, Gold

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy J5 VS iPhone 5S

Duet Kamera Khas Samsung Andalan

Samsung Galaxy J5 mengandalkan kamera berukuran 13 MP yang memiliki resolusi sebesar 4.128 x 3.096 pixels. Selain beresolusi cukup besar, kamera utamanya dilengkapi dengan fitur Autofocus serta LED Flash yang akan menghasilkan jepretan foto berkualitas.

Kamera belakang pada Samsung Galaxy J5 ini juga bisa digunakan untuk merekam video HD dengan resolusi 1.080 pixels pada 30 fps. Samsung melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 di sektor fotografi dengan kamera depan berukuran 5 MP.

Lini Fotografi Berkekuatan Kamera 8 MP dan 1.2 MP

Untuk bagian lini fotografi, spesifikasi iPhone 5s ini memberikan kamera dengan ukuran cukup besar, lebih besar dibandingkan dengan iPhone 5s. Untuk ponsel pintar terbaru ini, Apple membekalinya dengan kamera utama berukuran 8 MP yang mampu menghasilkan resolusi gambar dengan kualitas bagus.

Dapat dipastikan akan memberikan kualitas jepretan foto yang maksimal. Selain memiliki resolusi lensa yang sangat bagus, kamera belakang pada Apple iPhone 5s ini juga telah dilengkapi dengan beberapa fungsi-fungsi fotografi modern, seperti misalnya Phase Detection, Autofocus, Dual LED Flash.

Untuk melengkapi fitur modern iPhone 5s di bagian fotografi, disematkanlah kamera sekunder berukuran 1.2 MP. Meskipun masih terbilang rendah, namun kamera sekunder yang disematkan dalam spesifikasi iPhone 5s akan sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan foto selfie ataupun video call.

Hasil kamera iphone 5S

Perbandingan dari Segi Harga Samsung Galaxy J5 VS iPhone 5S

Saat ini, Samsung J5 dihargai sebesar Rp. 1,9 jutaan dan Rp. 1,4 jutaan untuk harga bekasnya. Mengingat Samsung Galaxy J5 sudah agak jadul untuk saat ini, kalian bisa mendapatkan produk baru yang lebih baik dengan harga sebesar itu.

Sedangkan, harga iPhone 5s bulan ini bulan ini harganya berada  dikisaran 3,5 jutaan untuk harga barunya, sementara untuk harga bekasnya dijual sekitar 1,6 Jutaan. Jika melihat tabel harga diatas, harga barunya mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Namun untuk harga bekasnya tidak mengalami perubahan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Huawei Honor 4C Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 4

Dengan banderol harga yang semakin terjangkau, iPhone 5s ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang kepingin merasakan smartphone dari Aplle, meski spek yang dibawa biasa saja, namun tampilannya terlihat begitu menggoda dengan desain body metal aluminium.

Sebagai catatan harga pada tabel diatas merupakan bergaransi resmi oleh sebab itu harganya juga cukup mahal. Namun, Buat kamu yang kepingin memiliki iPhone 5s dengan harga yang lebih murah, kamu dapat membelinya yang versi distributor yang dijual sekitar 2,3 Jutaan, atau yang lebih murah lagi iPhone 5s versi Refurbished yang dijual sekitar 1,8 jutaan.

Perbandingan dari Segi Baterai Samsung Galaxy J5 VS iPhone 5S

Suplai Daya Andalkan Baterai Li-Ion 2600 mAh

Ponsel ini dibekali dengan baterai berjenis Lithium-Ion dengan kapasitas mencapai 2.600 mAh. Untuk mendukung spesifikasi mesin dan layarnya yang cukup bagus, tentunya diperlukan baterai dengan kapasitas ekstra besar. Menyadari hal ini, Samsung pun melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 dengan baterai berkapasitas cukup besar.

iPhone 5s

Kapasitas Baterai 1.560 mAh

Tanpa baterai dengan kapasitas yang besar spesifikasi iPhone 5s di atas tiada artinya. Nah tampaknya Apple perlu mencermati kata-kata tersebut karena spesifikasi iPhone ini hanya dibekali dengan baterai Lithium Polymer berkapasitas 1.560 mAh.

Kapasitas baterai yang cukup kecil itu dapat membuat Apple iPhone 5s stand-by dalam waktu 240 jam pada jaringan 3G. Sedangkan dalam waktu bicara, ponsel Apple ini sanggup bertahan hingga 14 jam, dan untuk memainkan musik, Apple iPhone SE  bisa bertahan selama kurang lebih 50 jam.

Dengan kapasitas baterai sebesar itu, tersa kurang untuk spesifikasi iPhone SE  ini. Sehingga tampaknya penggunanya harus menghematnya jika ingin dipakai seharian penuh. Atau kalau ingin lebih abadi lagi dalam menggunakan iPhone ini dapat menggunakan Power Bank.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Apple iPhone 5S Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat.

Kedua smartphone terbaik beda negara ini memiliki kelebihan masing-masing dan tersendiri. Namun, bukan berarti keduanya tidak memiliki kekurangan. Pilihlah smartphone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari-hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here