Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi 4A VS Samsung Galaxy J7 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

xiaomi-redmi-4a-vs-samsung-galaxy-j7

Setelah beberapa waktu yang lalu resmi mengumumkan kehadiran Xiaomi Redmi 4, ternyataxiaomi juga telah mempersiapkan ponsel diketahui akan mengusung nama Xiaomi Redmi 4A. Varian Redmi 4A ini akan masuk ke dalam salah satu ponsel murah yang dibuat oleh Xiaomi sehingga akan ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah.

Hadir sebagai varian tertinggi, Samsung Galaxy J7 dibekali dengan spesifikasi yang lebih baik dari Galaxy J1 dan J5. Meski layarnya paling lebar di antara Galaxy J Series lainnya, namun layar tersebut masih mengusung jenis layar yang sama. Mendengar namanya, tentu sudah tidak asing dengan perangkat ini.

Pada kesempatan kali ini Tim Futureloka akan membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi 4A VS Samsung Galaxy J7 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasan selengkapnya :

Perbandingan Spesifikasi HP Xiaomi Redmi 4A VS Samsung Galaxy J7

Spesifikasi Xiaomi Redmi 4A

  • Desain yang Elegan dengan Layar yang Lebar

Xiaomi Redmi 4A diketahui merupakan ponsel entry – level terbaru milik Xiaomi sehingga nantinya akan dibanderol dengan harga yang terjangkau. Meski begitu, vendor tersebut tampaknya tak mau mengesampingkan desain dari produknya ini. Smartphone Xiaomi ini memiliki desain yang elegan dengan pilihan warna gold dan rose gold.

Xiaomi mengklaim jika Redmi 4A ini hadir dengan fitur yang lebih canggih. Terlebih dengan layarnya yang terbukang luas yang menggunakan panel IPS LCD beresolusi HD. Vendor pembuatnya juga menyisipkan tampilan antarmuka MIUI 8 yang menawarkan tema menarik dalam hal grafis.

Seperti pendahulunya, spesifikasi Xiaomi Redmi 4A ini juga telah diberi sensor fingerprint yang berada di punggungnya untuk semakin menunjang keamanan. Sementara itu, smartphone android ini telah mengusung layar IPS LCD dengan bentang yang luas yang sudah dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass.

xiaomi-redmi-4a

  • Spesifikasi Permesinan yang Diperkuat Chipset Andalan Dan RAM Berkapasitas Besar

Begitu pula yang diunggulkan Xiaomi pada perangkat terbarunya ini yang mana mengandalkan platform yang tangguh dikelasnya. Sektor Redmi 4A ini menggunakan chipset yang memang secara kualitas sedikit dibawah chipset dipakai pada Redmi 4. Meski begitu, sektor ini tetap menghasilkan performa yang maksimal berkat tenaga prosesor Octa core.

Dukungan RAM yang besar juga semakin meningkatkan performa Xiaomi Redmi 4A ini karena memungkinkan dijalankannya aktivitas multitasking dengan lancar. Untuk tampilan grafisnya sendiri, sektor ini mengandalkan GPU  yang memang ideal digunakan pada kelas menengah ke bawah untuk menghasilkan tampilan yang berkualitas.

  • Lengkapnya Spesifikasi Berkat Konektivitas yang Telah Didukung Jaringan 4G LTE

Xiaomi sendiri telah menyematkan jaringan internet 4G LTE yang mampu mengakses internet tercepat saat ini. Meskipun perangkat ini dihadirkan sebagai perangkat menengah, tidak menutup kemungkinan Xiaomi menghadirkan fitur konektivitas yang lengkap. Diantaranya dengan jaringan internet super cepat yakni 4G LTE.

Ini terbukti dengan digunakannya akses jaringan baru 4G LTE yang sangat terkenal dengan kemampuannya untuk menyuguhkan koneksi internet sangat cepat. Digunakannya akses jaringan pada Redmi 4A tersebut juga memungkinkan pengguna untuk melakukan download data berkecepatan 150 Mbps dan upload data berkecepatan 50 Mbps.

  • Media Penyimpanan Internal yang Luas serta Dilengkapi Slot MicroSD yang Dapat Diekspansi hingga Kapasitas Maksimal

Selain desain serta dapur pacu yang handal, spesifikasi Xiaomi Redmi 4A ini juga menghadirkan ruang penyimpanan yang memadai. Sehingga bisa digunakan untuk menyimpan segala file yang kamu butuhkan mulai dari foto, audio, video, data aplikasi dan masih banyak lagi.

Untuk mengimbangi sektor dapur pacunya yang handal, Xiaomi membekali ponsel barunya tersebut dengan ruang penyimpanan yang tergolong mumpuni pada perangkat di segmennya. Ruang penyimpanan internal dari Xiaomi Redmi 4A sanggup memuat file hingga kapasitas yang tergolong besar.

xiaomi-redmi-4a-1

 

  • Layar
5.0 inci IPS Capacitive , 720 x 1280 pixels
  • Body
139.9 x 70.4 x 8.5 mm , 131.5 gram , Full Metal
  • Jaringan
4G LTE Cat 4 150/50 Mbps
  • Sistem Operasi
Android v..6.0 Marsmallow
  • Chipset
CPU Snapdragon 425 + GPU Adreno 308
  • Memori
RAM : 2 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
13 MP  , Autofocus , LED Flash
  • Kamera Depan
5 MP
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro
  • Warna
Gold , Rose Gold
  • Baterai
Li Lion 3120 mAh

Spesifikasi Samsung Galaxy J7

  • Smartphone yang Nyaman Digenggam Dengan Desain yang Stylish

Di antara keluarga Samsung Galaxy J Series lainnya, spesifikasi Samsung Galaxy J7 memang memiliki ukuran tubuh paling bongsor. Dimensi bongsor Samsung Galaxy J7 ini memang menyesuaikan dengan ukuran layarnya yang cukup lebar. Dengan ukuran layar paling lebar, tampilan visual ponsel ini pun juga yang paling mantap jika dibandingkan dengan seri lainnya.

Selain, itu bagian belakang bodi dari Samsung Galaxy J7 ini juga sepertinya masih mempertahankan material kaca dan frame metal yang hadir dalam warna hitam, biru, emas dan pink seperti bocoran yang baru-baru ini beredar. Meski jenisnya sama, namun resolusi layar pada smartphone ini lebih besar Full HD  dengan tingkat kerapatan juga lebih tinggi.

Meski bukan jenis layar kelas atas, namun spesifikasi Samsung Galaxy J7 pada bagian visual ini cukup memanjakan mata penggunanya. Tampilan Galaxy J7 V tak terlalu berbeda jauh dengan ponsel mid-range Samsung yang lain karena Samsung Galaxy J7 ini juga memiliki keempat sudut membulat dengan tombol fisik home ikonik yang indah.

samsung-galaxy-j7-2016

  • Bertenaganya Mesin Berkat Kehadiran CPU Quad-core 1.4 GHz dan RAM Besar

Selain memiliki layar yang lebih lebar, spesifikasi Samsung Galaxy J7 pada bagian dapur pacu pun juga berbeda dengan dua varian Galaxy J Series lainnya. Berbeda dengan Samsung Galaxy J5 yang menggunakan prosesor octa-core 1.2 GHz, kali ini Samsung Galaxy J7 mengusung CPU dengan dua prosesor quad-core 1.4 GHz dan quad-core 1.0 GHz  yang ditandemkan dengan chipset dengan kualitas terbaik.

Di antara Galaxy J Series lainnya, Samsung Galaxy J7 ini memang memiliki performa paling tangguh. Ketangguhan smartphone ini didukung oleh kehadiran RAM berkapasitas besar yang sebenarnya sama dengan kapasitas RAM pada Samsung Galaxy J5. Sementara itu untuk mendukung kualitas grafisnya, Samsung pun membekali Samsung Galaxy J7 dengan kartu grafis dengan kualitas andalan.

  • Koneksi Internet Super Cepat jaringan 4G LTE

Sama halnya dengan tipe Samsung Galaxy J5, Samsung pun membekali Galaxy J7 dengan teknologi 4G LTE guna menghadirkan koneksi internet super cepat kepada penggunanya. Dengan koneksi internet super cepat 4G LTE yang ada pada Samsung Galaxy J7 ini,penggunanya dapat dengan mudah browsing, streaming, ataupun download dengan kecepatan tinggi dan pastinya stabil.

  • Media Penyimpanan Besar dan Dilengkapi Dengan Slot MicroSD

Performa yang tangguh tentu menjadi kurang sempurna jika tidak didukung dengan ruang penyimpanan yang memadai sebab seluas apa storage yang dimiliki oleh ponsel biasanya akan mempengaruhi operasionalnya. Untuk urusan yang satu ini, Samsung sengaja menghadirkan ruangan extra luas dengan bekalan memori internal sebesar 32 GB pada Samsung Galaxy J7 ini.

j7

  • Layar
5.5 inci Super AMOLED Capacitive , 720 x 1280 Pixel
  • Body
152.2 x 78.7 x 7.5 mm, 171g, Plastik
  • Jaringan
4G LTE
  • Sistem Operasi
Android v5.0.2 Lollipop
  • Chipset
CPU Exynos 7580 + GPU Mali-T720MP2
  • Memori
RAM : 1.5 GB , Internal : 16 GB , MicroSD : up to 128 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , Autofokus, LED Flash
  • Kamera Depan
5 MP + LED Flash
  • Sensor
Proximity , Accelerometer
  • Warna
Hitam, Putih, Gold
  • Baterai
Li Ion 3000 mAh

Perbandingan Hasil Kamera Xiaomi Redmi 4A VS Samsung Galaxy J7

Lini Fotografi Mumpuni Berkat Duet Kamera 13 MP dan 5 MP yang Fungsional

Untuk perangkat entry level, perangkat ini cukup menarik perhatian dari sektor desain hingga ruang penyimpanan. Tidak hanya itu, bagian lini fotografi yang dibawanya rupanya juga memberikan daya tarik sendiri karena Xiaomi Redmi 4A ini menggunakan resolusi yang cukup mumpuni.

Ini bisa dilihat dari kamera utama pada bagian belakang bodi Redmi 4A yang beresolusi 13 MP. Kamera yang telah dilengkapi dengan fitur autofocus dan LED Flash ini mampu menghasilkan video dengan kualitas yang tinggi dan jernih. Sehingga bisa menghasilkan gambar lebih tajam dan menyeluruh.

Sementara itu, kamera sekunder pada bagian depan bodi Xiaomi Redmi 4A ini beresolusi 5 MP yang cukup mendukung untuk aktivitas selfie dan video call. Baik dengan kamera depan ataupun kamera utama, visual gambar yang dihasilkan jernih dan tajam. Spesifikasi Xiaomi Redmi 4A ini pada sektor ini juga mampu merekam video dengan resolusi Full HD 1080 pixel berkecepatan 30 fps.

 

xiaomi-redmi-4a-3

Duet Kamera Mumpuni 13 MP dan 5 MP

Spesifikasi Samsung Galaxy J7 pada lini fotografi pun juga memiliki komponen yang serupa dengan varian lainnya. Sebagai kamera utama, Samsung Galaxy J7 tetap mengandalkan kamera berukuran 13 MP yang telah dilengkapi dengan fitur LED Flash serta Autofocus.

Kamera pada bagian belakang tersebut memiliki resolusi yang besar nan jernih. Dengan kamera utama Samsung Galaxy J7 ini, penggunanya akan bisa menghasilkan jepretan foto yang sangat berkualitas, meski di tempat minim cahaya. Selain kamera utama yang sangat berkualitas, spesifikasi Samsung Galaxy J7 juga dilengkapi dengan kamera sekunder berukuran 5 MP yang juga sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash.

Perbandingan dari Segi Harga Xiaomi Redmi 4A VS Samsung Galaxy J7

Harga Xiaomi Redmi 4A untuk bulan ini stabil diangka 1,2 Jutaan Dan untuk harga bekasnya ada dikisaran harga 850 ribuan tergantung kondisi. Rasa Xiaomi Redmi 4A memang dibilang agak aneh untuk diterbitkan Xiaomi.

Pasalnya, Xiaomi nampak memutuskan untuk menyasar pasar yang lebih di bawah lagi melalui hadirnya perangkat ini. Hal ini dibuktikan dengan spesifikasi yang terlihat lebih ringan dari berbagai sisi. Secara singkat, Redmi 4A ini menggunakan Snapdragon 425 yang sudah jelas kalah saing dengan versi Redmi 4.

xiaomi-redmi-4a-2

Sedangkan, harga Samsung  Galaxy J7 bulan ini sudahlah tak tersedia. Sementara itu untuk harga bekasnya saat ini masih ada dikisaran 1,6 jutaan tergantung kondisi. Banderol harga Samsung Galaxy J7 ini memang dipengaruhi oleh spesifikasi mesin dan layarnya yang sangat berkualitas.

Perbandingan dari Segi Baterai Xiaomi Redmi 4A VS Samsung Galaxy J7

Suplai Daya Memadai dengan Besarnya Kapasitas yaitu Berkapasitas 3.030 mAH

keberadaan baterai ini sangat penting bagi suatu perangkat karena aktivitas smartphone bisa berjalan jika menggunakan baterai. Meskipun perangkat ini akan menyasar segmen entry level namun Xiaomi sudah membekali Xiaomi Redmi 4A ini dengan suplai daya yang besar yaitu 3030 mAh.

Samsung-Galaxy-J7

Baterai Tahan Lama Berkapasitas 3.000 mAh

Dengan spesifikasi mesin dan layar yang lebih tinggi, jelas Samsung Galaxy J7 ini memiliki konsumsi daya yang lebih besar dari varian Galaxy J lainnya. Untuk itu, Samsung membekali Samsung Galaxy J7 ini dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas 3.000 mAh. Dengan kapasitas yang cukup besar tersebut, smartphone ini akan mampu menemani aktivitasmu selama seharian penuh.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi 4A VS Samsung Galaxy J7 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Diharapkan dengan adanya artikel ini calon pembeli smartphone akan lebih memilih – milih lagi smartphone apa yg akan dibelinya.

Kedua smartphone terbaik pada kelas menengah ini dari vendornya masing – masing ini merupakan produk terbaik dari kedua vendor yang sudah tidak asing ditelinga kita ini memiliki kelebihan yang luar biasa, namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Pilihlah smarthone dengan bijak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here