asus-zenfone-c-vs-oppo-joy

Awal Tahun 2015, Asus yang kembali meluncurkan produk terbarunya. Setelah sukses merebut hati banyak penikmat gadget dengan Zenfone 4, 5 dan 6, Asus kembali melengkapi keluarga Zenfone dengan tipe baru. Diberi nama Asus Zenfone C yang pastinya membawa keunggulan tersendiri.

Asus Zenfone C melengkapi jajaran smartphone yang ada pada entry level. Rasanya ini termasuk strategi yang dijalankan Asus agar produk-produknya semakin laku, mengingat entry level memang lebih realiatis untuk lebih cepat laku karena harganya yang terjangkau.

Namun walaupun Asus Zenfone C ada pada jajaran smartphone low price, produk ini tidak lantas jadi produk yang dipandang sebelah mata. Spesifikasi yang terdapat di dalamnya tidak perlu diragukan lagi.

Dari pesaingnya, Vendor Oppo kembali mengeluarkan produk agar dapat kembali eksis di pasaran gadget dengan meluncurkan seri Oppo Joy pada pertengahan 2014 silam. Oppo Joy adalah smartphone kelas low end yang didukung berbagai fitur dari vendor Oppo yang unik dan berbeda dari vendor-vendor besar yang lain.

Fitur ini dikeluarkan vendor Oppo agar anda dapat mengoptimalkan penggunaan smartphone Oppo dalam kondisi apapun dan meningkatkan fleksibilitas. Seperti fitur fitur Gloves Mode dimana layar sentuh dapat digunakan pada kondisi tangan mengenakan sarung tangan.

Kali ini Tim Futureloka berkesempatan untuk membahas mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Asus Zenfone C VS Oppo Joy Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia, berikut ulasannya :

Perbandingan Spesifikasi HP Asus Zenfone C VS Oppo Joy

  • Hadir dengan Bodi yang Sangat Nyaman dalam Genggaman

Spesifikasi Asus Zenfone C hadir dengan bodi yang sangat nyaman dalam genggaman, karena ukurannya yang pas—tidak terlalu bongsor, tapi juga tidak kecil. Karena tidak memberi banyak tempat untuk ornamen lainnya selain layar, maka dimensi yang dihasilkan Asus Zenfone C pun tidak besar.

Berpadu dengan massa yang ringan, handset ini memang jadi sangat nyaman untuk dioperasikan, walaupun hanya dengan satu tangan saja. Membawa fitur  andalan pada layarnya sebagai layarnya, Asus Zenfone C ini jadi punya kemampuan multitouch untuk mendeteksi adanya komando dari sentuhan jari, bahkan hingga 5 jari.

Sementara itu, menyuguhkan visual yang mantap dan berkualitas tinggi. Apa yang ditampilkan oleh layar, juga tetap bisa anda lihat walaupun dalam kemiringan yang ekstrim.

Layar tersebut juga membawa resolusi standar, yang berpadu dengan ragam warna hingga 16 M. Jadi, dipastikan layar yang hadir pada handset ini dipastikan berkualitas. Nilai plus layar pada spesifikasi Asus Zenfone C juga bertambah dengan kehadian perlindungan Oleophobic coating.

Perlindungan layar yang satu ini akan membantu anda mengamankan gadget dari minyak-minyak nakal yang kadang tidak sadar menempel pada perangkat, karena terbawa oleh jari.

  • Dapur Pacu Asus Zenfone C

Memang sangat disayangkan, spesifikasi Asus Zenfone C hanya mengandalkan prosessor standar. Dengan dapur pacu yang ada hanya menyodorkan tenaga yang cukup, tidak berlebih untuk mendukung performa Asus Zenfone C.
Sementara itu, hadir juga RAM dengan kapasitas standar yang cukup membuat multitasking berjalan dengan baik. Sementara itu untuk mendukung tampilan yang dipenuhi dengan grafis, misalnya pada game, Asus membekali Asus Zenfone C dengan kartu grafis andalan.
(5) Asus Zenfone 5 VS Lenovo P780 -3
Namun yang perlu diingat adalah, menilai kinerja grafis tidak cukup dengan melihat GPU yang ada saja. Kapasitas RAM pastinya juga sangat berpengaruh. Melihat hal tersebut, rasanya GPU akan berjalan dengan cukup maksimal, mengingat kapasitas RAM yang ada juga cukup besar.
Dapur pacu pada spesifkasi Asus Zenfone C juga diperkuat dengan sistem operasi Android standar. Jika tenaga yang dihasilkan oleh komponen-komponen pada dapur pacunya bisa dibilang biasa-biasa saja, kehadiran OS tersebut memang bisa dibilang cukup membantu.
  • Kapasitas Memori Asus Zenfone C

Kapasitas memori yang ada memang menjadi hal yang cukup penting untuk sebuah handset. Semakin majunya jaman memang membuat kita membutuhkan kapasitas penyimpanan yang mumpuni.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, spesifikasi Asus Zenfone C memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Penggunanya tidak perlu khawatir lagi file-file anda akan berceceran dimana-mana.

Cukup membawa Asus Zenfone C saja, file-file digital anda sudah bisa dibawa kemana-mana. Kalaupun merasa masih kurang, kapasitas memori internal tersebut masih bisa dimaksimalkan lagi.

Card slot yang ada akan membantu anda memaksimalkan kapasitas penyimpanan hingga maksimum. Tinggal sesuaikan budget anda saja, untuk memilih kapasitas memori eksternal berapa besar yang akan anda gunakan. Berikut spesifikasi lengkapnya :

zenfone-c

  • Layar
4.5 inci IPS LCD Capacitive , 480 x 800 pixels
  • Body
136.5 x 67 x 10.9 mm , 150 gram , Plastik
  • Jaringan
GSM , 3G , HSDPA+
  • Sistem Operasi
Android v4.4 KitKat
  • Chipset
CPU Intel Atom Z2520 + GPU PowerVR SGX544
  • Memori
RAM : 1 GB , Internal : 8 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
5 MP , Autofocus , LED Flash
  • Kamera Depan
VGA
  • Sensor
Proximity, Accelerometer
  • Warna
Hitam , Putih , Merah
  • Baterai
Li Lion 2100 mAh

Spesifikasi Oppo Joy

  • Smartphone Layar 4 inchi

Spesifikasi Oppo Joy dibungkung oleh bodi yang tidak terlalu besar dengan ukuran dimensi standar dan massa yang ringan. Smartphone ini ringan dan nyaman sehingga menyenangkan untuk dibawa berpergian dan melengkapi aktivitas mobilitas anda.

Oppo mendesain smartphone ini dengan desain yang mengutamakan konsep simpel dan tetap elegan agar dapat diterima di pasaran pencinta gadget Indonesia. Ada 2 warna pilihan dalam membeli smartphone Oppo Joy ini yaitu warna hitam dan warna putih.

Layar dari smartphone ini juga hampir memenuhi sisi sisi pada bodi dengan menyisakan beberapa inci untuk keypad. Sedangkan ukuran layarnya serata dengan tipe layar yang dapat menghasilkan jutaan warna.

Tampilan display layar Oppo Joy cukup baik namun kurang jernih gambar yang dihasilkan smartphone ini. Oppo Joy mendukung fitur gloves mode, yakni fitur dimana pengoptimalan layar sentuh saat menggunakan sarung tangan.

Peningkatan teknologi layar ini memberikan kemudahan pengguna untuk menggunakan smartphone dalam kondisi baik tangan dalam keadaan telanjang atau ada pelindung tangan.

Namun pada layarnya spesifikasi Oppo Joy tidak dilengkapi dengan pelindung dari goresan sehingga anda harus berhati-hati dalam menggunakan fitur touchscreen atau dengan menambah sedikit budget untuk membeli pelindung layar.

  • Dapur Pacu Oppo Joy

Pada sektor dapur pacunya Oppo Joy dipersenjatai dengan prosessor andalan yang mana dapat memainkan HD Gaming dengan lancar dan tanpa mengalami lag. Sayangnya pada kartu grafis nya menggunakan tipe standar yang mana tampilan yang dihasilkan dalam bermain HD Gaming menjadi kurang bagus. Smartphone Oppo Joy menggunakan sistem operasi Android lama yang banyak kompatibel dengan aplikasi di Playstore.

Dapat pula mengunduh berbagai aplikasi seperti BlackBerry Messenger untuk chatting, Camera 360 Ultimate untuk mengatur berbagai bidikan hasil foto anda, Instagram sebagai media sosial penyimpanan online foto anda, Skype untuk menelepon antar Negara dengan gratis, dan lain-lain untuk mengoptimalkan smartphone Oppo Joy ini.

oppojoy

Pada sektor RAM hanya dibekali dengan kapasitas kurang sehingga tidak cukup dapat menjalankan proses multitasking. Gesture panel pada spesifikasi Oppo Joy dapat dimodifikasi sebanyak 13 gesture yang akan memberikan kemudahan pada pengoperasian ponsel.

  • Memori Internal Cukup

Pada sektor memori spesifikasi Oppo Joy memiliki kapasitas yang cukup besar. Setelah terpotong untuk aplikasi bawaan dan kuota sistem operasi space penyimpanan yang disisakan masih cukup besar untuk menyimpan berbagai aplikasi unduhan anda di Playstore atau menyimpan berbagai file multimedia.

File tersebut dapat berupa lagu-lagu yang anda sukai, film-film mini yang menghibur, atau bahkan berbagai koleksi ebook bermutu yang dapat mengisi waktu senggang anda dengan optimal.

Sedangkan Memori internal pada spesifikasi Oppo Joy sendiri dapat diekspansi dengan kartu Micro SD atau Trans Flash. Dengan dapat diekspansinya memori pada Oppo Joy ini menjadikan anda dapat lebih optimal dalam menyimpan berbagai files yang memang anda perlukan di dalam gadget. Berikut spesifikasi lengkapnya :

Oppo Joy R 1001

  • Layar
4,0 inci IPS LCD Capacitive , 480 x 800 Pixel
  • Body
124 x 63 x 9.9 mm, 125 gram
  • Jaringan
2G GSM, 3G HSDPA
  • Sistem Operasi
Android 4.2.1 Jelly Bean
  • Chipset
CPU Mediatek MT6572 + GPU Mali-400
  • Memori
RAM : 512 MB , Internal : 4 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
3.15 MP , LED Flash
  • Kamera Depan
VGA
  • Sensor
Accelerometer, proximity
  • Warna
Putih, Hitam
  • Baterai
Li lon 1700 mAh

Perbandingan Hasil Kamera Asus Zenfone C VS Oppo Joy

Kamera Mumpuni Khas Asus

Handset yang satu ini memiliki fasilitas dua kamera untuk para penggunanya. Untuk kamera utamanya, terdapat kamera 5 MP di bagian belakang ponsel. Kamera Asus Zenfone C tersebut pastinya tak perlu diragukan lagi kemampuannya, karena bisa menghasilkan gambar beresolusi besar.

Sementara itu, LED flash yang menyertainya juga bisa anda andalkan untuk mengatasi masalah pencahayaan pada objek foto yang tidak terlalu terang. Kamera utama pada Asus Zenfone C juga bisa diandalkan untuk merekam video.

Jika kamera utamanya termasuk mumpuni, namun ternyata tidak dengan kamera secondary yang terletak di bagian depan smartphone. Kamera depan pada spesfikasi Asus Zenfone C tersebut hanya memboyong resolusi VGA. Memang sangat disayangkan, karena hasil jepretannya pasti akan kuarang berkualitas

Camera Asus Zenfone 5 VS Samsung Galaxy J5

Hasil Bidikan Kurang Mumpuni

Smartphone Oppo Joy disematkan dua tipe kamera yaitu kamera depan dan kamera belakang, pada sektor kamera belakang sendiri memiliki resolusi 3 MP yang dapat menghasilkan gambar.

Gambar hasil bidikan ponsel ini kurang jernih dan apabila membidik obyek yang cukup jauh maka gambar yang dihasilkan akan blur dan kurang jelas karena kualitas kamera yang rendah. Kamera pada ponsel Oppo Joy dilengkapi dengan fitur Zoom dan Flash saja.

Pada sektor kamera depannya hanya memiliki resolusi 0.3 MP yang tidak memadai untuk penggunaan video call dan aktivitas selfie menggunakan kamera pada spesifikasi Oppo Joy ini. Anda tidak dapat menggunakan smartphone Oppo Joy dalam aktivitas fotografi dan Hunting Foto karena kamera yang rendah dan kualitas foto yang dihasilkan kurang baik.

oppo-joy

Perbandingan dari Segi Harga Asus Zenfone C VS Oppo Joy

Harga Asus Zenfone C untuk bulan ini harga baru di beberapa toko online terpercaya di Indonesia sudah tidak tersedia. Dan untuk harga bekas masih sama dari bulan sebelumnya yakni 700 Ribuan.

Banyak yang berpendapat jika dapur pacu yang ditawarkan Asus Zenfone C ini bisa dibilang cukup mengecewakan dan kurang bisa diandalkan karena jeroan lini didalamnya kurang begitu mumpuni.

zenfone-c

Sedangkan, harga Oppo Joy Plus Untuk saat ini sudah tidak tersedia lagi harga barunya. Namun jika kamu kepingin memiliki bekasnya saat ini harganya dijual sekitar 600 Ribuan. Jika dilihat harga bekasnya mengalami sedikit penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Oppo ini hanya dibekali oleh spesifikasi yang terbatas dan kurang dapat bersaing dengan handphone low end lainnya yang seringkali dibandrol dengan harga murah. Koneksi 3G dan Dual SIM yang dimiliki smartphone Oppo Joy ini jelas tidak dapat diremehkan dan menjadi fitur unggulan gadget kelas low end ini.

Perbandingan dari Segi Baterai Asus Zenfone C VS Oppo Joy

Baterai Asus Zenfone C

Lini yang satu ini pastinya tidak pernah bisa dipisahkan dari spesifikasi sebuah gadget. Baterai memang menjadi sesuatu yang urgent, karena memang menjadi sumber daya untuk operasional sebuah perangkat. Asus Zenfone C dengan fitur-fitur diatas, menggunakan baterai Li-Ion dengan kapasitas 2100 mAh.

Untuk mengcover kebutuhan daya pada Asus Zenfone C, kapasitas tersebut tergolong cukup mumpuni untuk bertahan hingga seharian penuh. Asalkan penggunaannya pun tidak over. Namun tidak salah juga jika anda menyiapkan daya cadangan melalui power bank. Ini akan sangat membantu jika baterai menipis pada saat yang sangat penting.

oppo joyyy

Daya Baterai Boros

Baterai yang boros membuat fungsionalitas sebuah ponsel menjadi kurang maksimal. Hal ini yang tampak pada spesifikasi Oppo Joy yang rasanya kurang untuk memenuhi kebutuhan mobile anda secara seharian penuh.

Smartphone Oppo Joy ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1700 mAh. Dengan baterai sebesar itu tentunya kurang untuk dipakai secara maksimal, seperti menjalankan permainan ataupun untuk mengakses dunia maya.

Untuk mengatasi hal tersebut anda harus ready dengan powerbank ataupun charger agar handset Oppo ini tidak kehabisan daya. Lalu, baterai tidak menyatu dengan body sehingga cukup mudah ketika menggunakanya.

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Asus Zenfone C VS Oppo Joy Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat.

Kedua smartphone ini menempati posisi teratasnya saat smartphone sekarag belum sebaik saat ini, tetapi mereka sempat menjadi primadona di masanya. Pilihlah smartphone dengan bjiak dan dapat memenuhi kebutuhan dalam beraktivitas sehari – hari. SAmpai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here