Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Oppo Neo 5 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

oppo-neo-5-1671-vs-samsung-galaxy-j5-2017Sang penguasa pasar smartphone dunia, Samsung, sepertinya mulai terusik dari singgasananya. Setelah mendapat serangan bertubi-tubi dari Xiaomi dan Sony di pasar gadget dunia, kini Samsung dihadapkan dengan masalah baru. Beberapa waktu yang lalu perusahaan asal Korea Selatan tersebut dihadapkan dengan masalah keterlambatan pengiriman unit smartphone-nya ke negara Tiongkok, yang notabene area kekuasaan Xiaomi. Tak tanggung-tanggung, Samsung mengalami penurunan income hingga 4,3 persen gara-gara masalah tersebut. Seakan ingin merebut tampuk kekuasaannya yang mulai terusik pada pesaing, Samsung pun mulai menyiapkan produk-produk baru untuk mengembalikan reputasinya. Setelah mengenalkan varian tablet Galaxy Tab E 9.6, kini Samsung kembali memunculkan Samsung Galaxy J5 yang merupakan produk awal dari Samsung Galaxy J Series. Tak lagi menyasar para pengguna kelas premium, kini Samsung mengenalkan Samsung Galaxy J5 untuk ditujukan kepada para pengguna gadget di kelas low-end. Meski hanya ditempatkan sebagai smartphone kelas menengah, namun produk baru dari Samsung ini tetap dibekali dengan segudang komponen berkualitas. elama ini Samsung memang dikenal selalu serius meracik semua produknya, meskipun produk itu hanya menempati kelas menengah ke bawah. Keseriusan Samsung dalam meracik unit smartphone-nya juga nampak pada Samsung Galaxy J5 ini. Hadir sebagai smartphone kelas menengah, nyatanya smartphone Android racikan Samsung ini tetap dibekali dengan komponen-komponen berkualitas.

Vendor Oppo yang telah memiliki nama di Indonesia kembali meluncurkan produk terbaru mereka pada Bulan Agustus 2014 ini. Smartphone buatan Oppo sudah banyak dikenal secara baik oleh berbagai komunitas pecinta Android di Indonesia karena produknya yang berkualitas. Nah salah satunya adalah Oppo Neo 5 ini yang dianggap mampu memadukan antara spesifikasi teknis yang tinggi namun dengan harga yang terjangkau. Selama ini produk Oppo dikenal dengan komponen kuaitas yang tinggi dengan menggandeng produs-produsen komponen yang terbaik. Oppo Neo 5 diproyeksikan untuk mengincar segmentasi konsumen middle range yang tidaklah terlalu besar untuk membeli gadget. Namun tentunya segmentasi menengah bukan alasan untuk mendapatkan gadget yang sekedarnya saja karena Oppo Neo 5 dibekali dengan spesifikasi teknis yang mantap. Mulai dari sektor performa yang ditopang processor Quad Core dengan clock speed mencapai 1.2 GHz yang cepat. Selain itu tampilan layar Oppo Neo 5 yang berkualitas In Plane Switch LCD membuat tampilan layar menjadi menawan. Selain itu dukungan Color OS membuat tampilan Android pada smartphone Oppo ini semakin berwarna.

Perbandingan Spesifikasi HP Samsung Galaxy J5 VS Oppo Neo 5

Bicara soal spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian desain luarnya, Samsung memang paling ahli dalam mendesain produk-produknya. Kali ini kita akan dihadapkan pada unit ponsel pintar berbodi cukup besar, namun memiliki penampilan elegan. Dimensi Samsung Galaxy J5 memang cukup bongsor karena memiliki ukuran 142 x 73 x 8.5 mm dengan bobot mencapai 149 gram. Sisi elegan Samsung Galaxy J5 dapat dilihat dari penggunaan panel layar TFT Capacitive Touchscreen yang memiliki bentangan seluas 5.0 inci. Meski tampilan visualnya tak sebagus layar AMOLED, namun visualisasi Samsung Galaxy J5 ini cukup bagus karena layarnya memiliki resolusi 720 x 1.280 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 294 ppi pixel density. Dengan tingkat kerapatan yang cukup tinggi tersebut, kemampuan deteksi multijari pada ponsel pintar ini pun juga sangat responsif. Namun sayang sekali, spesifikasi Galaxy J5 pada bagian layarnya belum dilengkapi dengan sistem proteksi layar yang mumpuni. Berpindah ke spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, kita akan disuguhi dengan spesifikasi mesin yang cukup berkualitas pada ponsel ini. Untuk menunjang performanya, Samsung menyematkan komponen-komponen terbaik pada Samsung Galaxy J5 ini. Pada bagian CPU-nya, Samsung mengandalkan prosesor quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 yang ditandemkan dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. Kombinasi CPU pada Samsung Galaxy J5 ini akan menyajikan performa yang tangguh dan stabil. Sementara untuk menunjang kinerja grafisnya, Samsung pun menyematkan GPU Andreno 306 pada Galaxy J5 ini. Sebagai penyempurna spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada bagian dapur pacu, Samsung menyematkan RAM 1.5 GB serta sistem operasi Android OS v5.1 Lollipop.

Spesifikasi Samsung Galaxy J5

Hasil gambar untuk j5

  • Layar
5.0 inci Super AMOLED Capacitive , 720 x 1280 pixels
  • Jaringan
4G LTE
  • Body
142.1 x 71.8 x 7.9 mm, 146g, Plastik
  • Sistem Operasi
Android 5.0 Lollipop
  • Chipset
CPU Snapdragon 410 + GPU Adreno 306
  • Memori
RAM : 1.5 GB , Internal : 8 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
13 MP , LED Flash , Autofocus
  • Kamera Depan
5 MP + LED Flash
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer , Ambient Light , Gyro,
  • Warna
Hitam, Putih, Gold
  • Baterai
Li Ion 2600 mAh

 

Desain bodi yang ada pada spesifikasi Oppo Neo 5 terlihat simpel dengan bentuk persegi panjang namun dengan style tersendiri khas keluaran vendor Oppo. Ukuran ponsel ini adalah 132 x 65.8 mm dengan ketebalan 9.2 mm dan berat 132.5 gram yang menjadikannya nyaman untuk digenggam dan mudah untuk dibawa bepergian. Tipe layar Oppo Neo 5 sendiri adalah IPS LCD Capacitive Touchscreen yang dapat menghasilkan 16 juta warna. Tampilan yang menawan dan enak dilihat ini memiliki ukuran 4.5 inci atau sepadan dengan 480 x 854 pixels dengan tingkat kedalaman warna yang mencapai 218 ppi pixel density. Selain itu spesifikasi Oppo Neo 5 juga dilengkapi dengan fitur Multitouch yang pada fungsinya anda dapat menavigasi layar dengan lebih dari satu jari pada handset. ada sektor dapur pacunya spesifikasi Oppo Neo 5 dipersenjatai dengan processor Quad Core 1.2 GHz Cortex A7 yang kecepatannya tinggi dalam pengoperasian ponsel. Otak pada handset disokong oleh chipset buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 400 yang berkualitas tinggi. Sistem operasi Oppo Neo 5 masih menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean v4.3 yang banyak kompatibel dengan aplikasi di Playstore namun belum menggunakan sistem operasi terbaru Android KitKat yang sekarang diminati pecinta gadget. Sedangkan pada sektor RAM berkapasitas 1 GB yang cukup lancar dalam menjalankan proses multitasking. Anda dapat memainkan berbagai HD Gaming yang anda sukai pada ponsel Oppo ini karena memiliki kinerja dapur pacu yang gahar. Vendor Oppo juga menyediakan fitur antar muka Color OS V1.4 pada spesifikasi Oppo Neo 5 ini yang menjadikan tampilannya menjadi lebih menarik.

Harga & Spesifikasi Oppo Neo 5

Hasil gambar untuk oppo neo 5

  • Layar
4.5 inci IPS LCD Capacitive , 480 x 854 Pixel
  • Body
132 x 65.8 x 9.2 mm, 132.5 gram, Plastik
  • Jaringan
HSDPA, HSUPA
  • Sistem Operasi
Android v 4.4.2 KitKat , Color OS
  • Chipset
CPU Mediatek MT6582 + GPU Mali-400MP2
  • Memori
RAM : 1 GB , Internal : 8 GB , MicroSD : up to 32 GB
  • Kamera Belakang
8 MP , Autofocus, LED Flash
  • Kamera Depan
2 MP, Screen Flash , Beautify 4.0
  • Sensor
Proximity ,  Accelerometer
  • Warna
Hutam
  • Baterai
Li Po 2000 mAh

 

Perbandingan Hasil Kamera Samsung Galaxy J5 VS Oppo Neo 5

Sebagai ponsel pintar kelas menengah, ternyata Galaxy J5 ini memiliki sepasang kamera yang sangat berkualitas. Sebagai kamera utamanya, Samsung Galaxy J5 mengandalkan kamera berukuran 13 MP yang memiliki resolusi sebesar 4.128 x 3.096 pixels. Selain beresolusi cukup besar, kamera utama pada Samsung Galaxy J5 ini juga dilengkapi dengan fitur Autofocus serta LED Flash yang akan membantu untuk tetap bisa menghasilkan jepretan foto berkualitas meski di tempat minim cahaya. Selain mampu menjalankan fungsi fotografi, kamera belakang pada Samsung Galaxy J5 ini juga bisa digunakan untuk merekam video HD dengan resolusi 1.080 pixels pada 30 fps. Sebagai tandem kamera utama 13 MP tadi, Samsung melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 di sektor fotografi dengan kamera depan berukuran 5 MP.

Hasil gambar untuk j5 hasil kamera

Sedangkan pada kemampuan fotografinya spesifikasi Oppo Neo 5 mengusung Dual Kamera yaitu kamera depan dan kamera belakang. Pada kamera belakangnya dilengkapi dengan resolusi 5 MP yang dapat menghasilkan 2592 x 1944 pixels ditambah dengan fitur LED Flash, Geo Tagging, Panorama dan HDR. Kamera Oppo Neo 5 yang dapat merekam video ini memiliki kualitas bidikan yang tajam dan menawan sehingga dapat anda gunakan untuk mengabadikan berbagai momen-momen indah yang anda lalui di kehidupan anda. Sedangkan pada kamera keduanya spesifikasi Oppo Neo 5 memiliki kamera beresolusi 2 MP yang baik dalam mengambil foto selfie yang sedang trending saat ini atau ketika anda melakukan video call hasil yang didapat juga jernih.

Gambar terkait

Perbandingan dari Segi Harga Samsung Galaxy J5 VS Oppo Neo 5 di Indonesia

Harga samsung galaxy J5 bulan ini untuk harga barunya dijual di angka 1,9 jutaan rupiah. Sementara itu harga bekas nya saat ini masih berada dikisaran 1,6 Jutaan. Dengan spesifikasi kelas menengah yang dibawanya, smartphone ini memang ditolong oleh kuatnya nama Samsung di pasar gadget dunia. Kisaran harga Galaxy J5 pun kami prediksi masih bisa berubah mengingat perkembangan pasar gadget Tanah Air yang cepat berubah. Harga Oppo Neo 5 saat ini sudah tidak tersedia lagi harga barunya. Akan tetapi jika kamu tertarik dengan bekasnya bisa kamu dapatkan dikisaran harga 900 Ribuan. Jika melihat daftar harga Oppo Neo 5 diatas, harga bekasnya mengalami sedikit penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Meski harga barunya sudah tak tersedia, Oppo Neo 5 ini bisa menjadi altenatif yang cukup bagus untuk kamu pilih, apalagi buat kamu yang memiliki budget terbatas yang kepingin memiliki smartphone android dengan desain elegan, apalagi spesifikasi yang dibawa masih cukup bagus dan nggak mengecewakan.

Hasil gambar untuk j5

Perbandingan dari Segi Baterai Samsung Galaxy J5 VS Oppo Neo 5

Untuk mendukung spesifikasi mesin dan layarnya yang cukup bagus, tentunya diperlukan baterai dengan kapasitas ekstra besar. Menyadari hal ini, Samsung pun melengkapi spesifikasi Samsung Galaxy J5 dengan baterai berkapasitas cukup besar. Untuk mendukung performanya, ponsel ini dibekali dengan baterai berjenis Lithium-Ion dengan kapasitas mencapai 2.600 mAh. Kapasitas baterai pada Samsung Galaxy J5 ini akan sanggup menyokong daya yang dibutuhkan oleh mesin dan komponen lainnya. Berbekal kapasitas baterai yang cukup besar tersebut, Samsung Galaxy J5 akan cocok bagi kalian yang beraktivitas tinggi, terutama yang aktif di luar ruangan. Meski merupakan smartphone kelas menengah, namun spesifikasi Samsung Galaxy J5 ini terdiri dari komponen – komponen yang cukup berkualitas yang butuh pasokan daya cukup besar juga. Sedangka dari Oppo Neo 5, smartphone dengan dapur pacu yang tinggi dan ukuran layar yang besar seharusnya dilengkapi dengan daya baterai yang tinggi. Nah pada spesifikasi Oppo Neo 5 ini dibekali dengan daya baterai yang pas untuk ponsel berukuran layar 4.5 inci yaitu Li-Ion 1900 mAh. Hal ini menjadikan Oppo Neo 5 dapat menjadi gadget anda yang setia untuk melalui aktivitas padat anda sepanjang hari. Namun ketika anda akan menggunakan handphone Oppo ini pada jarak yang jauh ketika berpergian, anda dapat mensiasati dengan cara membeli dua buah baterai sekaligus dan sebuah powerbank untuk memperpanjang usia baterai anda. Jika dilihat memang spesifikasi Oppo Neo 5 sangat cukup untuk kebutuhan kaum kelas menengah.

Gambar terkait

Demikianlah artikel mengenai Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J5 VS Oppo Neo 5 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia yang dapat Tim Futureloka sampaikan, semoga bermanfaat. Kedua smartphone ini masih layak untuk ikut bersaing dengan smartphone saat ini, terbukti dari spesifikasi yang tertanam dan fitur di dalamnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here