Laptop modern yang ada saat ini memang sangat berbeda dari laptop satu dekade lalu. Dahulu, laptop hanya hadir sebagai perangkat pengganti sehingga berbagai tugas-tugas ringan dapat dikerjakan secara mobile, seperti mengolah dokumen dan browsing. Hal tersebutlah yang membuat laptop sangat diminati oleh kalangan pelajar khususnya mahasiswa, dimana mereka dapat mengerjakan berbagai tugas dari kampus tanpa harus menggunakan PC desktop yang ada di rumahnya.

 

Maju satu dekade kemudian, laptop modern saat ini tidak lagi hadir sebagai perangkat komputasi yang diminati tetapi justru dibutuhkan oleh para pelajar. Ditambah situasi saat ini yang mengharuskan para pelajar dan mahasiswa untuk dapat melakukan kegiatan belajar mengajar secara online, sebuah laptop yang mumpuni tentu saja sangat dibutuhkan. Namun bagi sebagian pelajar dan mahasiswa laptop modern bukan hanya tampil sebagai alat penunjang kegiatan belajar, tetapi juga perangkat yang dapat membantu mereka berkreasi.

Untuk berkreasi dan melakukan berbagai hal lainnya, dibutuhkan sebuah laptop yang juga memiliki spesifikasi lebih baik dari laptop standar untuk belajar. Laptop gaming adalah solusi yang praktis untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun karena tidak didesain sepenuhnya untuk mobilitas, laptop gaming dapat menjadi beban bagi para pelajar dan mahasiswa yang sering beraktivitas di lapangan. Di sanalah peran ASUS TUF Dash F15 (FX516) muncul.

Hadir sebagai laptop gaming powerful, TUF Dash F15 (FX516) juga mengedepankan mobilitas dengan mengusung desain ringkas, ringan, dan tangguh. TUF Dash F15 (FX516) bahkan dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuatnya tampil bukan sekadar sebagai laptop gaming, tetapi juga laptop all-rounder terbaik di kelasnya.

Mobile, Ringkas, dan Ringan

TUF Dash F15 (FX516) adalah salah satu laptop gaming yang mengusung desain bodi tipis dan ringan dari ASUS. Ketebalannya tidak lebih dari 1,99cm dan bobotnya tidak lebih dari 2Kg membuatnya mudah untuk dibawa bepergian. Untuk sebuah laptop gaming berlayar 15-inci, TUF Dash F15 (FX516) bahkan tergolong sangat ringkas. Hal tersebut dikarenakan penggunaan bezel yang sangat tipis yang memungkinkan dimensi keseluruhan bodinya dapat dipangkas.

Ada dua varian warna yang dapat dipilih dari TUF Dash F15 (FX516). Moonlight White yang mencerminkan nuansa high tech, serta terdapat pula pilihan warna Eclipse Gray yang lebih elegan. Keduanya dilengkapi dengan ornamen berupa logo baru serta tulisan TUF yang bernuansa modern di bagian belakang layarnya.

Agar tampilannya lebih menarik, TUF Dash F15 (FX516) dilapisi oleh cat khusus bernama EcoShine Paint. Cat khusus tersebut merupakan alternatif yang lebih baik dari cat minyak yang biasa digunakan di laptop lainnya. Cat ini memiliki empat lapisan yang membuat warna pada bodi TUF Dash F15 (FX516) dapat bertahan lebih lama dan yang terpenting adalah EcoShine Paint lebih ramah lingkungan.

Mobilitas tidak akan berarti tanpa adanya durabilitas. Untuk itulah ASUS membawa durabilitas TUF Dash F15 (FX516) ke tingkat selanjutnya dengan membuat laptop gaming ini tahan banting. TUF Dash F15 (FX516) kali ini berhasil mengantongi sertifikasi uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Selain itu, laptop gaming ini juga telah lolos berbagai uji ketahanan ekstrim seperti uji jatuh dan pengoperasian pada suhu ekstrem. Durabilitas dan mobilitas TUF Dash F15 (FX516) membuatnya cocok digunakan di dalam dan luar ruangan seperti yang dibutuhkan oleh para pelajar dan mahasiswa.

All-Rounder

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, TUF Dash F15 (FX516) merupakan sebuah laptop gaming all-rounder yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan serta kebutuhan. Tidak hanya mengolah dokumen dan tugas dari kampus, browsing, serta menikmati konten multimedia, TUF Dash F15 (FX516) juga dapat digunakan sebagai mesin untuk berkreasi. Hal tersebut dikarenakan TUF Dash F15 (FX516) dilengkapi dengan fitur yang juga menunjang para content creator.

TUF Dash F15 (FX516) mengusung layar dengan color reproduction warna tergolong baik untuk kegiatan content creation, yaitu memiliki hingga 100% color coverage pada color space sRGB. Memaksimalkan produktivitas on-the-go, TUF Dash F15 (FX516) juga menggunakan layar dengan screen-to-body ratio yang sangat luas yaitu hingga 81%. Hal tersebut dapat dicapai berkat penggunaan bezel yang sangat tipis, yaitu hanya 6,2mm.

Tentunya, TUF Dash F15 (FX516) masih tetap merupakan sebuah laptop gaming yang artinya laptop ini dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan gaming. Layar TUF Dash F15 (FX516) sudah dibekali dengan fitur refresh rate hingga 240Hz dan response time 3ms, membuatnya cocok untuk gamer yang gemar memainkan game eSports. Agar bermain game menjadi lebih nyaman, layar TUF Dash F15 (FX516) dilengkapi dengan teknologi Adaptive Sync yang dapat menghilangkan efek stuttering dan tearing, sehingga membuat sesi bermain game menjadi lebih nyaman.

Lebih Produktif

TUF Dash F15 (FX516) juga merupakan laptop yang dirancang untuk produktivitas. Pertama, laptop ini hadir dengan port yang sangat lengkap mulai dari port standar seperti USB Type-A, HDMI, LAN, dan 3.5mm audio port, hingga port modern Thunderbolt 4 yang juga mendukung teknologi display output dan power delivery. Artinya, Anda bsia menghubungkan berbagai perangkat ke laptop gaming ini, mulai dari penyimpanan eksternal, network adapter, pen tablet, dan lain-lain. Bahkan untuk gamer yang suka menggunakan keyboard dan mouse tambahan, TUF Dash F15 (FX516) menyediakan 3 port USB Type-A sehingga Anda dapat mengubungkan mouse, keyboard, dan perangkat laninnya sekaligus.

Konektivitas menjadi faktor kedua yang membuat TUF Dash F15 (FX516) tampil sebagai mesin peunjang produktivitas. Menggunakan WiFi 6 yang lebih kencang dan stabil dari WiFi generasi sebelumnya, TUF Dash F15 (FX516) dapat memastikan penggunanya tetap terhubung ke internet. Bagi Anda yang masih suka menggunakan kabel, ASUS bahakan masih menyediakan port LAN di laptop gaming ini.

Produktivitas juga bukan hanya soal konektivitas dan jumlah port yang disediakan, tetapi juga soal daya tahan baterai. TUF Dash F15 (FX516) ditenagai oleh baterai berkapasitas 76Whrs yang bisa menemani berabagai kegiatan Anda seharian. Pada pengujian baterai menggunakan PCMark Battery Benchmark di mode Modern Office, TUF Dash F15 (FX516) mampu bertahan hingga hampir 10 jam penggunaan yang berarti sudah berada di atas rata-rata laptop gaming pada umumnya. Bahkan daya tahan baterainya menyaingi berbagai laptop non-gaming.

Masih ingat dengan port Thunderbolt 4 yang ada di laptop gaming ini? Ya, port tersebut telah mendukung fitur USB Power Delivery sehingga Anda dapat mengisi daya baterai TUF Dash F15 (FX516) menggunakan adapter yang ukurannya lebih kecil. Tidak sampai disitu, TUF Dash F15 (FX516) juga dilengkapi fitur fast charging yang mampu mengisi daya baterai dari 0% hingga 50% hanya dalam 30 menit menggunakan adapter yang tersedia di paket penjualannya.

Bagi yang sering menggunakan mikrofon baik untuk conference call atau berkomunikasi di dalam game, ASUS sudah melengkapi TUF Dash F15 (FX516) dengan teknologi Two-Way AI Noise Cancelling. Teknologi ini memungkinkan suara bising di latar belakang penggunanya dihilangkan, sehingga suara pengguna dapat terdengar lebih jelas saat berkomunikasi. ASUS juga sudah mengintergasikan teknologi ini dengan Armoury Crate, yaitu aplikasi yang menjadi pusat kontrol untuk performa dan semua fitur di TUF Dash F15 (FX516).

Sebagai tambahan, TUF Dash F15 (FX516) dilengkapi dengan keyboard yang sudah didesain nyaman untuk digunakan mengetik dan bermain game. Dengan key travel sejauh 1,7mm dan tahan hingga 20 juta kali tekan, keyboard TUF Dash F15 (FX516) adalah yang terbaik di kelasnya. Menariknya lagi, keyboard di laptop gaming ini memiliki backlight berwarna Bolt Blue yang menambah kesan futuristik.

Lebih Dingin dan Mudah Di-Upgrade

Berbekal pengalaman yang panjang sebagai produsen laptop gaming, ASUS mengerti bahwa gamer sangat suka dengan opsi upgrade. Untuk itulah ASUS menyediakan opsi upgrade yang cukup luas di TUF Dash F15 (FX516), yaitu berupa upgrade terhadap penyimpanan menggunakan M.2 PCIe slot dan DDR4 3200 RAM. Upgrade juga lebih mudah berkat hadirnya pop-up screw yang memungkinkan panel bawah di laptop gaming ini dapat mudah untuk dibuka.

Selain soal upgrade, ASUS juga mengerti bahwa sebuah laptop gaming dengan performa tinggi butuh sistem pendingin yang mumpuni. TUF Dash F15 (FX516) menggunakan sistem pendingin Intelligent Cooling yang dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru. Beberapa teknologi tersebut di antaranya adalah kipas dengan 83 bilah yang dapat mengalirkan udara lebih baik serta memiliki tingkat kebisingan lebih rendah, Enhanced Self-Cleaning Cooling yang membuat debu dan partikel kecil agar tidak mudah tersangkut di sistem pendingin dan memberikan peningkatan performa hingga 15%, serta CoolZone Keyboard yang membuat zona di sekitar keyboard tetap dingin berkat desain khusus di sistem pendinginnya.

Sistem pendingin TUF Dash F15 (FX516) menggunakan kombinasi 5 heatpipe khusus untuk mendinginkan CPU dan GPU. Heatpipe tersebut terhubung dengan heatsink yang ditempatkan di empat jalur pembuangan udara. Heatsink di TUF Dash F15 (FX516) juga memiliki 205 fin sehingga panas dapat dilepas secara lebih efektif. Performa pendinginan laptop gaming ini terbukti pada stress test menggunakan 3DMark TimeSpy, dimana CPU TUF Dash F15 (FX516) dapat beroperasi pada rata-rata di bawah 70°C.

3DMark TimeSpy Stress Test (20 loop)

Performa Kencang untuk Berbagai Kebutuhan

Baik bermain game ataupun berkreasi, semuanya tidak akan terpenuhi jika TUF Dash F15 (FX516) tidak dilengkapi dengan hardware dan spesifikasi terbaru dan terbaik. Sebelum membahas hardware apa saja yang diusung oleh laptop gaming terbaru ini, perlu diketahui bahwa TUF Dash F15 (FX516) telah hadir dengan teknologi GPU Boost yang memungkinkan GPU untuk berjalan di atas clockspeed standar sehingga dapat menghadirkan performa grafis yang lebih baik. GPU Boost dapat diaktifkan melalui mode Turbo di aplikasi Armoury Crate.

Beralih ke spesifikasi, TUF Dash F15 (FX516) merupakan salah satu laptop gaming yang telah menggunakan prosesor 11th Gen Intel Core H-Series, tepatnya Intel Core i7-11370H. Prosesor dengan konfigurasi 4 core dan 8 thread tersebut sudah sangat cukup untuk menunjang performa sebuah laptop all-rounder seperti TUF Dash F15 (FX516). Tentu saja prosesor tersebut sudah dilengkapi dengan GPU terintegrasi Intel Iris Xe yang memiliki performa cukup bagus dan hemat daya, atau cocok digunakan saat TUF Dash F15 (FX516) tidak terhubung dengan sumber listrik.

Jika ingin menggunakan seluruh potensi yang dimiliki TUF Dash F15 (FX516), Anda perlu menggunakan charger yang hadir di paket penjualannya. Charger tersebut usdah dirancang untuk menyuplai daya ke GPU NVIDIA GeForce RTX 3000 series terbaru yang hadir di TUF Dash F15 (FX516). Ada dua varian TUF Dash F15 (FX516), yaitu yang menggunakan GeForce RTX 3060 dan RTX 3070.

CPU dan GPU tentu bukan hanya satu-satunya kombinasi komponen yang membuat TUF Dash F15 (FX516) memiliki performa kencang. Penyimpanan berupa M.2 NVMe PCIe SSD berkapasitas hingga 1TB di laptop gaming ini jelas membuatnya semakin gesit. Ditambah dengan RAM DDR4 3200MHz berkapasitas hingga 16GB, TUF Dash F15 (FX516) juga merupakan mesin yang dapat diandalkan untuk kebutuhan multiasking.

Berikut adalah hasil benchmark TUF Dash F15 (FX516) dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 3070, 1TB SSD dan RAM 16GB.

 

 

Assassin’s Creed: Valhalla Benchmark (Ultra High)
Watch_Dogs: Legion Benchmark (Ultra High)
Tom Clancy’s: The Division 2 (Ultra High Benchmark)

 

Mesin Andalan Pelajar dan Mahasiswa

TUF Dash F15 (FX516) merupakan laptop gaming powerfull, all-rounder, dan cocok untuk pelajar serta mahasiswa. Selain memiliki desain bodi yang ringkas, ringan, serta kokoh, TUF Dash F15 (FX516) juga sangat powerful dari sisi performa, membuatnya dapat diandalkan untuk berbagai skenario penggunaan mulai dari belajar, bermain game, dan berkarya.

Main Spec. ASUS TUF Gaming (FX516)
CPU Intel® Core™ i7-11370H Processor 3.3 GHz (12M Cache, up to 4.8GHz)
Operating System Windows 10 Home with Office Home & Student 2019 Pre-Installed
Memory 2x8GB DDR4-3200 SO-DIMM

8GB DDR4-3200 SO-DIMM

Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display 15.6″ (16:9) IPS-level FHD (1920 x 1080), up to 300 nits, up to 100% sRGB, up to 240Hz 3ms
Graphics NVIDIA® GeForce RTX™ 3070

NVIDIA® GeForce RTX™ 3060

Integrated Intel® Iris® X Graphics

Input/Output 3x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x Type C USB 4 with Power Delivery, Display Port and Thunderbolt™ 4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, LAN
Connectivity Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2
Audio 2x 2W speaker with DTS Surround
Battery 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 36.0 x 25.2 x 1.99 ~ 1.99 cm
Weight 2,00Kg
Colors Moonlight White, Eclipse Gray
Warranty 2 tahun garansi global
Price Rp21.999.000 (Core i7-11370H/RTX3060/8GB RAM/512GB PCIe SSD/144Hz)

Rp30.999.000 (Core i7-11370H/RTX3070/2x8GB RAM/1TB PCIe SSD/240Hz)

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here