Qualcomm Technologies, Inc. meluncurkan tonggak penelitian dan inovasi baru yang menunjukkan bagaimana perusahaan mendorong transformasi digital dan memberikan pengalaman premium dan kasus penggunaan di seluruh industri melalui kemajuan dalam 5G.

“Mulai dari smartphone, otomotif, industri, IoT, XR, dan lainnya, Qualcomm Technologies mendefinisikan generasi baru perangkat terhubung—Connected Intelligent Edge—dan inovasi ini dimulai sebagai terobosan dalam penelitian laboratorium kami,” jelas John Smee, Senior Vice President, Engineering, Qualcomm Technologies, Inc. “Membangun kepemimpinan kami di setiap generasi komunikasi nirkabel, kami memimpin industri dengan teknologi canggih 5G, dan penelitian nirkabel terbaru kami memperkuat fondasi 6G.”

Demonstrasi penelitian terbaru Qualcomm Technologies menunjukkan bagaimana perusahaan mewujudkan satu peta jalan teknologinya dan memungkinkan progress dan kemajuan 10 bidang inovasi nirkabel utama yang akan mendorong evolusi 5G lanjutan menuju 6G. Prototipe baru meliputi:

  • Evolusi MIMO Canggih: Inovasi dalam desain antena RF dan MIMO menghadirkan kemampuan, efisiensi, dan fleksibilitas baru ke sistem 5G dan memungkinkan kemajuan lebih lanjut menuju 6G.
  • Evolusi mmWave Seluler: Machine learning, peningkatan mobilitas, dan pembagian spektrum meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan penerapan 5G mmWave dalam kasus penggunaan yang semakin menuntut, seperti VR seluler.
  • Positioning 5G: 5G dapat memberikan pemosisian yang tepat untuk broadband seluler dan perangkat IoT dengan kompleksitas rendah di berbagai penerapan di dalam dan luar ruangan.
  • Pemosisian Presisi untuk Industri: Dengan mengatasi masalah lingkungan industri indoor yang menantang dengan garis pandang yang terhalang, pemosisian presisi 5G adalah pendukung utama untuk Industri 4.0.
  • Desain Antarmuka Udara 5G Berkemampuan AI: Machine learning dapat mengurangi overhead komunikasi, menghasilkan peningkatan efisiensi kinerja, peningkatan kapasitas yang dapat digunakan, dan masa pakai baterai perangkat yang lebih lama.
  • Mendorong  Jaringan Hijau dan Hemat Energi: Teknik peningkatan kualitas sinyal baru dapat membuat komunikasi menjadi lebih cepat dan lebih hemat energi, memungkinkan 5G menjadi lebih berkelanjutan (sustainable).
  • Tiket Menuju Metaverse: 5G memungkinkan metaverse dan mendorong konvergensi dunia fisik, digital, dan virtual.
  • Jaringan Industri 5G: Pengaturan pabrik yang cerdas menggabungkan AI untuk transmisi multi-titik terkoordinasi dan sidelink 5G untuk menghubungkan lebih banyak perangkat di pabrik masa depan dengan keandalan yang sangat tinggi. Platform inovasi kami yang berbasis di Lannion, Prancis, akan memungkinkan penelitian akhir dan kolaborasi dengan mitra pada bidang baru di testbed Jaringan Pribadi 5G.
  • Perluasan Area Luas IoT: Cakupan dan konektivitas yang lebih luas untuk sejumlah besar perangkat IoT 5G dicapai melalui perangkat 5G Reduced Capability, juga dikenal sebagai 5G NR-Light, bersama dengan penyempurnaan untuk jaringan mesh.
  • C-V2X Canggih (kendaraan seluler hingga -semuanya): Konektivitas antar kendaraan dan infrastruktur/cloud meningkatkan keselamatan, pemosisian, dan layanan untuk seluruh ekosistem transportasi.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang evolusi teknologi 5G yang berkelanjutan dan melihat fokus penelitian nirkabel, blog kami menyertakan detail lebih lanjut dan video tentang setiap demonstrasi.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here