Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Asus Zenfone 6 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

 

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Asus Zenfone 6 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

Masih dengan pakem layar lebar dan spesifikasi yang tinggi, Xiaomi kembali menawarkan Redmi Note 4 di pasar Indonesia di awal tahun 2017 lalu. Dan tidak perlu waktu lama, Redmi Note 4 populer berkat price to performance yang menjanjikan. Apabila kita menilik beberapa tahun lalu, Asus pernah mengambil pasar smartphone menengah Indonesia dengan Zenfone 6. Lalu, bagaimana apabila dua ponsel ini dibandingkan, mana yang lebih baik? Yuk mari kita simak.

Perbandingan Spesifikasi Hp Xiaomi Redmi Note 4 Vs Asus Zenfone 6

Walaupun spesifikasi tidak menujukkan performa smartphone sehari-hari, namun spesifikasi teknikal yang dibawa suatu ponsel jelas akan menggambarkan seberapa baik ponsel tersebut bisa melakukan suatu tugas atau menjalankan aplikasi.

Desain

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 5 Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Asus Zenfone 6 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 3

Desain Redmi Note 4 jelas lebih unggul dengan material alumunium yang menyelimuti body-nya.

Xiaomi Redmi Note 4 mengusung desain yang membulat di setiap sisinya. Begitu juga dengan bagian back cover yang menggunakan material metal, semuanya berbentuk membulat. Hal ini membuat Redmi Note 4 merupakan ponsel yang nyaman dalam genggaman, walaupun ketika tangan mulai berkeringat, Redmi Note 4 ini tergolong ponsel yang licin. Bobot seberat 165 gram terasa pas dengan ukurannya yang tergolong besar. Dimensi 151 x 76 x 8.5 mm tidak lain dan tidak bukan berkat layarnya yang masuk dalam kategori phablet yaitu 5.5 inch. Sayangnya, tidak semua bagian belakang Redmi Note 4 ini adalah alumunium, masih da dua potongan  plastik dibagian atas dan bawah, sama seperti Redmi 4 X yang bertujuan agar ponsel dapat menangkap sinyal dengan baik.

Di tahun peluncurannya, belum banyak ponsel yang mengusung body metal. Sehingga dapat dimaklumi Asus Zenfone 6 masih dibalut plastik secara keseluruhan. Namun walaupun begitu, Asus berhasil merancang Zenfone 6 menjadi ponsel yang cantik dan tidak terkesan murah. Hal tersebut berkat material plastik polikarbonat yang cukup kokoh.

Layar

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Asus Zenfone 6 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 5 Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 1

Xiaomi jelas menang telak dengan layar yang lebih kecil namun resolusinya sudah full HD.

Xiaomi memberkahi layar 5.5 inch pada Redmi Note 4 dengan resolusi full HD (1920 X 1080 piksel), sehingga kerapatan layar pada ponsel menengah ini mencapai ~401 ppi. Layarnya sendiri berjenis IPS yang mampu menampilkan 16 juta warna. Sayangnya, Xiaomi belum memberikan proteksi layar khusus semacam Gorilla Glass pada Redmi Note 4. Untungnya, desain 2.5 pada layarya memberikan kesan cantik kekininian.

Zenfone 6 mengusung layar yang lebih besar dari Redmi Note 4. Mengusung layar seluas 6 inch tidak dibarengi dengan resolusi yang tinggi. Untuk layar yang tergolong luas, resolusi yang ditawarkan Asus Zenfone 6 hanya sebatas HD (720 x 1280 piksel). Tidak buruk memang, namun untuk standar masa kini, kerapatan piksel ~245 ppi pada layar IPS nya terasa nanggung dan kurang nendang untuk kebutuhan multimedia.

Chipset

Benchmark Redmi Note 4
Benchmark Redmi Note 4
Benchmark Asus Zenfone 6
Benchmark Asus Zenfone 6

Asus Zenfone 6 adalah ponsel yang gahar dizamannya, namun untuk saat ini Redmi Note 4 dengan sangat mudah menyalip performa Zenfone 6.

Seperti biasa, Xiaomi tidak pernah pelit dalam memberikan jeroan-jeroan yang tinggi untuk harga yang murah di setiap ponselnya. Chipset MSM8953 Snapdragon 625 besutan Qualcomm menjadi otak dari Redmi Note 4. Hal ini membuat Redmi Note 4 merupakan ponsel yang cukup buas dalam menjalankan berbagai aktivitas namun tetap hemat dalam penggunaan daya. Hal ini berkat chipset Snapdragon 625 yang terdiri dari 8 core berkecepatan 2.0 GHz dengan fabrikasi 14nm, membuatnya lebih cepat mengantarkan berbagai data dan informasi yang diperlukan. Selain itu, GPU Andreno 506 membuat Redmi Note 4 menjadi ponsel yang mampu menjalankan berbagai aktivitas dan game-game populer dengan tanpa masalah.

Pada bagian ini, Zenfone 6 mengusung prosesor besutan Intel dengan seri Intel Atom Z2580 dual-core 2.0 GHz dan GPU PowerVR SGX544MP2. Sayang seribu sayang, Intel sudah menghentikan dukungan untuk prosesor mobile, sehingga walaupun performa yang ditawarkan oleh Zenfone 6 tergolong lumayan, jelas belum mampu menandingi Snapdragon 625 milik Redmi Note 4.

Memori dan Storage

Bagus mana? Redmi Note 4 dengan RAM 3 GB dan storage 32GB jelas mengalahkan Asus Zenfone 6.

Xiaomi Redmi Note 4 memiliki dua varian untuk besaran kapasitas internal storage dan RAM. Yaitu 3 GB RAM dengan internal storage 32 GB dan 4 GB RAM untuk internal storage 64 GB. Dan apabila terasa kurang, Anda bisa menambahkan micro SD up to 256 GB. Sayangnya, apabila Anda memilih menggunakan micro SD, slot SIM 2 adalah hal yang harus dikorbankan.

Asus Zenfone 6 juga menawarkan dua varian internal storage, yaitu 16 GB dan 32 GB. Sedangkan untuk RAM sendiri hanya terdapat satu pilihan, 2 GB. Untuk kebutuhan saat ini, sepertinya Asus Zenfone 6 masih cukup memadai untuk menjalankan berbagai aplikasi sosial media tanpa masalah.

Sistem Operasi

Antara Zen UI dan MIUI adalah dua custom Android yang sama-sama cantik, sehingga dalam hal ini keduanya seri.

Dalam kondisi fresh in box, Xiaomi Redmi Note 4 masih mengusung MIUI versi 8 berbasiskan Android Marshmallow 6.0.1. Namun istimewanya, saat ini Xiaomi sudah menmberikan update MIUI 9 yang berbasiskan 7.1.2 Nougat pada Xiaomi Redmi Note 4, sehingga fitur-fitur seperti split screen tidak lama lagi akan dapat dicicipi di ponsel ini. Bagi Anda yang belum familiar dengan MIUI. MIUI adalah custom UI Android besutan Xiaomi yang memiliki banyak fitur dan tampilan yang menyerupai sistem operasi ios besutan Apple. Sehingga, Anda tidak akan menemukan app drawer layaknya ponsel Android kebanyakan.

Zen UI milik Asus Zenfone 6 yang mentok di Android 5.0.2 (Lollipop) agaknya menjadi salah satu kekurangan terbesar dari ponsel ini. Disaat Redmi Note 4 sudah mengusung Android 7.0 Nougat, Lollipop terasa jadul dan kurang optimasi.

Konektivitas

Tidak mendukung 4G pada Zenfone 6, membuat Redmi Note 4 menang telak.

Xiaomi Redmi Note 4 ponsel ini menawarkan fitur-fitur umum yang lengkap, seperti dual-SIM 4G, wifi, bluetooth. Dan lagi, ponsel ini sudah mendukung USB On-The-Go, yang membuatnya mampu membaca flashdisk melalui dongle tambahan tentunya.

Sayang sekali, Zenfone 6 belum mendukung konektivitas 4G. Hal tersebut dapat dimaklumi, karena pada tahun peluncurannya, jaringan 4G belumlah sepopuler saat ini. Namun untuk kelengkapan sensor, Asus Zenfone 6 menawarkan hal yang serupa seperti yang ada pada Xiaomi Redmi Note 4.

Tabel Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4

Section

Redmi Note 4

NETWORK GSM / HSPA / LTE
BODY –      Dimensions 151 x 76 x 8.5 mm (5.94 x 2.99 x 0.33 in)

–      Weight 165 g (5.82 oz)

–      Build Front glass, aluminum body

–      SIM Hybrid Dual SIM (Micro-SIM/Nano-SIM, dual stand-by)

PLATFORM –      OS Android 6.0 (Marshmallow), upgradable to 7.0 (Nougat)

–      Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625

–      CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53

–      GPU Adreno 506

DISPLAY –      Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 5.5 inches, 83.4 cm2 (~72.7% screen-to-body ratio)

–      Resolution 1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio (~401 ppi density)

–      Multitouch Yes

–      MIUI 9.0

MEMORY –      Card slot microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)

–      Internal 64 GB, 4 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM

COMMS –      WLAN            Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

–      Bluetooth 4.1, A2DP, LE

–      GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS

–      Infrared port Yes

–      Radio FM radio

–      USB microUSB 2.0, USB On-The-Go

CAMERA –      Primary 13 MP (f/2.0, 1.12 µm), phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash, check quality

–      Features Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR

–      Video [email protected], [email protected], check quality

–      Secondary 5 MP, f/2.0, 1080p

BATTERY –      Non-removable Li-Po 4100 mAh battery

 

Tabel Spesifikasi Asus Zenfone 6

Section

Zenfone 6

NETWORK GSM  / HSPA
BODY –      Dimensions     166.9 x 84.3 x 9.9 mm (6.57 x 3.32 x 0.39 in)

–      Weight 196 g (6.91 oz)

–      SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)

PLATFORM –      OS Android 4.3 (Jelly Bean), upgradable to 5.0.2 (Lollipop)

–      Chipset Intel Atom Z2580

–      CPU Dual-core 2.0 GHz

–      GPU PowerVR SGX544MP2

DISPLAY –      Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 6.0 inches, 99.2 cm2 (~70.5% screen-to-body ratio)

–      Resolution 720 x 1280 pixels, 16:9 ratio (~245 ppi density)

–      Multitouch Yes

–      Protection Corning Gorilla Glass 3

MEMORY –      Card slot microSD, up to 64 GB (dedicated slot)

–      Internal 16/32 GB, 2 GB RAM

COMMS –      WLAN            Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

–      Bluetooth 4.0, A2DP, EDR

–      GPS Yes, with A-GPS

–      Radio No

–      USB microUSB 2.0

CAMERA –      Primary 13 MP, f/2.0, autofocus, LED flash

–      Features Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama

–      Video  [email protected]

–      Secondary 2 MP

BATTERY –      Non-Removable Li-Po 3300 mAh battery

 

Perbandingan Hasil Kamera Xiaomi Redmi Note 4 Vs Asus Zenfone 6

Xiaomi Redmi Note 4 unggul dengan resolusi kamera yang lebih besar pada bagian selfie dengan sensor yang lebih besar pula.

Kamera saat ini menjadi fitur yang esensial. Xiaomi menganugerahi Redmi Note 4 dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0 dan besaran sensor 1.12 nano meter. Kamera belakangnya juga didukung fitur-fitur seperti phase detection autofocus dan Dual-LED Flash. Sedangkan kamera depannya mengusun resolusi standar 5 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Kedua kamera Redmi Note 4 ini mampu merekam video hingga resolusi Full HD (1920 X 1080 piksel).

Bagaimana dengan Asus Zenfone 6? Dengan kamera belakang beresolusi 13 MP an aperture f/2.0, sepertinya kameranya masih dapat diandalkan untuk kebutuhan sosial media. Hanya saja, kamera depannya masih mengusung resolusi 2MP yang tergolong sangat kecil untuk standar masa kini.

Hasil Kamera Redmi Note 4
Hasil Kamera Redmi Note 4
Hasil kamera Asus Zenfone 6
Hasil kamera Asus Zenfone 6

Perbandingan Dari Segi Baterai Xiaomi Redmi Note 4 Vs Asus Zenfone 6

Dengan prosesor yang lebih irit daya dan kapasitas baterai yang lebih besar, Redmi Note 4 adalah pemenang dari segi baterai.

Seperti biasa, Xiaomi memberikan baterai berkapasitas besar untuk ponsel-ponsel seri Redmi. Tidak terkecuali pada Redmi Note 4. Dengan baterai berkapasitas 4100 mAh berjenis Lithium Polymer yang tidak dapat dilepas serta chipset Snapdragon 625 yang hemat daya, membuatnya sebagai ponsel yang dapat menemani Anda selama 24 jam tanpa kahwatir kehabisan baterai. Sedangkan

Sedangkan Asus Zenfone 6 dengan baterai 3000 mAh yang juga non-removable mampu memberikan daya tahan yang baik dalam kegiatan sehari-hari.  Asus sendiri mengklaim, dalam jaringan 3G Asus Zenfone 6 mampu menawarkan standby time hingga 398 jam dan talk-time hingga 28 jam.

Perbandingan Dari Segi Harga Xiaomi Redmi Note 4 Vs Asus Zenfone 6 Di Indonesia

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 7

Untuk semua fitur yang ditawarkan, Xiaomi Redmi Note 4 varian 3 GB/32 GB dapat Anda bawa pulang dengan merogok kocek sebesar IDR 2.199.000,-. Sedangkan Asus Zenfone 6 yang merupakan ponsel keluaran tahun 2014, sudah cukup sulit untuk mendapatkannya dalam kondisi tersegel. Namun, tim Futureloka menemukan Asus Zenfone 6 dibanderol dengan harga IDR 1.550.000,- di sebuah toko online ternama.

Kesimpulan

Asus Zenfone 6 adalah ponsel yang dapat dikatakan jadul, baik dari tahun rilis maupun spesifikasinya. Dengan performa yang ditawarkan, Asus sebenarnya masih mampu menjalankan aplikasi kekinian. Hanya saja, Redmi Note 4 adalah ponsel yang jelas menawarkan pembaruan dari segala sisi, mulai dari software hingga hardware, sehingga memenangkan Redmi Note 4 jelas adallah keputusan yang paling tepat

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here