Perbandingan Bagus Mana Hp Xiaomi Redmi Note 4 Vs Infinix Zero 4 Segi Harga, Kamera, Dan Spesifikasi di Indonesia

0

 

Perbandingan Bagus Mana Hp Xiaomi Redmi Note 4 Vs Infinix Zero 4 Segi Harga, Kamera, Dan Spesifikasi di Indonesia

Perbandingan Bagus Mana Hp Xiaomi Redmi Note 4 Vs Infinix Zero 4

Xiaomi Redmi Note 4 adalah ponsel kelas menengah yang dirilis Xiaomi sebagai suksesor Redmi Note tahun lalu. Mengusung spesifikasi dan desain yang lebih baik namun dengan harga yang relatif terjangkau, membuat Redmi Note 4 tidak terlalu sulit menguasai pasar ponsel menengah. Bagaimana dengan Infinix? Di tahun 2017 lalu, mereka juga merilis satu seri flagship mereka Infinix Zero 4, yang apabila dilihat dari segi harga, ponsel ini masih masuk ke ranah ponsel kelas menengah. Nah, kalau begitu bagaimana kalau kedua ponsel ini dibandingkan. Mana yang lebih baik? berikut ulasannya untuk Anda.

Perbandingan Spesifikasi Hp Xiaomi Redmi Note 4 VS Infinix Zero 4

Walaupun spesifikasi tidak menujukkan performa smartphone sehari-hari, namun spesifikasi teknikal yang dibawa suatu ponsel jelas akan menggambarkan seberapa baik ponsel tersebut bisa melakukan suatu tugas atau menjalankan aplikasi.

Desain

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 5

Kedua ponsel ini tidak terlalu istimewa dari segi desain, namun tidak dapat dipungkiri Infinix Zero 4 lebih cantik degan champered metal dibagian belakang

Dari segi desain, dua ponsel ini memiliki desain yang secara garis besar tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan. Xiaomi Redmi Note 4 mengusung desain yang membulat di setiap sisinya. Begitu juga dengan bagian back cover yang menggunakan material metal, semuanya berbentuk membulat. Sayangnya, tidak semua bagian belakang Redmi Note 4 ini adalah alumunium, masih da dua potongan  plastik dibagian atas dan bawah, sama seperti Redmi 4 X yang bertujuan agar ponsel dapat menangkap sinyal dengan baik. Overall, seperti biasanya, Xiaomi tidak pelit dalam memberikan sentuhan ala-ala premium seperti body metal, namun dari segi desainnya sendiri, tidak ada yang istimewa, walaupun sudah sangat terasa kokoh dan solid dalam genggaman.

Walaupun tidak terlalu berbeda jauh dalam nuansa desain, Infinix Zero 4 mengusung desain yang terlihat lebih menarik. Apabila Redmi Note 4 mengusung desain membulat dibagian sisi samping dan belakang, Infinix Zero 4 mengusung desain chamfered edge yang mengingatkan kita pada ponsel flagship HTC 10. Ponsel dengan ketebalan 7.8 mm dan berat 168 gram ini juga tidak kalah solid dengan ponsel Redmi Note 4. Sayangnya, desain cantiknya tersebut bukan tanpa cela. Kamera belakang yang berada di atas sensor sidik jari terasa sangat menonjol, sehingga lensa kamera rawan akan goresan apabila ponsel diletakkan dalam kondisi terlentang. Sedangkan selain itu, Infinix Zero 4 merupakan ponsel dengan desain yang cantik, kokoh, dan terkesan premium. Sehingga, dari segi desain, Infinix Zero 4 dirasa lebih menarik dibandingkan Redmi Note 4.

Layar

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 1 Perbandingan Bagus Mana Hp Xiaomi Redmi Note 4 Vs Infinix Zero 4 Segi Harga, Kamera, Dan Spesifikasi di Indonesia 2

Infinix unggul dengan memberikan perlindungan ekstra dari Gorilla Glass 3.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pada paragraf pembuka, Redmi Note 4 dan Infinix Zero 4 merupakan ponsel yang sama-sama mengusung layar 5.5 inch sehingga dapat dikategorikan sebagai phablet. Xiaomi memberkahi layar 5.5 inch pada Redmi Note 4 dengan resolusi full HD (1920 X 1080 piksel), sehingga kerapatan layar pada ponsel menengah ini mencapai ~401 ppi. Layarnya sendiri berjenis IPS yang mampu menampilkan 16 juta warna. Sayangnya, Xiaomi belum memberikan proteksi layar khusus semacam Gorilla Glass pada Redmi Note 4. Untungnya, desain 2.5 pada layarya memberikan kesan cantik kekininian.

Sedangkan layar Infinix Zero 4 juga tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Layar 5.5 inch berjenis IPS, dengan resolusi full HD pula. Yang menjadi pembeda adalah layarnya sudah diberi pelindung khusus berupa proteksi Gorilla Glass 3 yang membuatnya lebih tahan goresan dibandingkan layar milik Redmi Note 4. Oh ya, tidak lupa polesan kaca 2.5D menambah kecantikan dari Infinix Zero 4. Sehingga dari segi layar, Infinix Zero 4 bisa dikatakan mengungguli Redmi Note 4.

Chipset

Benchmark Redmi Note 4
Benchmark Redmi Note 4
Benchmark Infinix Zero 4
Benchmark Infinix Zero 4

Chipset Snapdragon 625 melawan Mediatek MT6753? Jelas membuat Redmi Note 4 menang telak.

Seperti biasa, Xiaomi tidak pernah pelit dalam memberikan jeroan-jeroan yang tinggi untuk harga yang murah di setiap ponselnya. Chipset MSM8953 Snapdragon 625 besutan Qualcomm menjadi otak dari Redmi Note 4. Hal ini membuat Redmi Note 4 merupakan ponsel yang cukup buas dalam menjalankan berbagai aktivitas namun tetap hemat dalam penggunaan daya. Hal ini berkat chipset Snapdragon 625 yang terdiri dari 8 core berkecepatan 2.0 GHz dengan fabrikasi 14nm, membuatnya lebih cepat mengantarkan berbagai data dan informasi yang diperlukan. Selain itu, GPU Andreno 506 membuat Redmi Note 4 menjadi ponsel yang mampu menjalankan berbagai aktivitas dan game-game populer dengan tanpa masalah.

Sedangkan Infinix Zero 4 dengan rasa tak berdosa masih memberikan chipset Mediatek MT6753 octa-core 1.3 GHz dan GPU Mali-T720MP4. Bukan sesuatu hal yang jelek memang, namun melihat Xiaomi Redmi Note 4 memberikan chipset Snapdragon 625 yang bertenaga, Mediatek MT6752 milik Infinix Zero 4 ini terasa sangat lemah dan kurang menjual. Apalagi, GPU Mali-720MP4 bukanlah merupakan GPU yang terlalu cocok untuk digunakan bermain game-game HD yang cukup berat. Hanya saja, dalam penggunaan sehari-hari yang cukup intens, Infinix Zero 4 ini merupakan ponsel yang cukup responsif dan menyenangkan untuk dioperasikan.

Memori dan Storage

Tidak ada yang unggul dalam hal ini, semuanya seimbang.

Xiaomi Redmi Note 4 memiliki dua varian untuk besaran kapasitas internal storage dan RAM. Yaitu 3 GB RAM dengan internal storage 32 GB dan 4 GB RAM untuk internal storage 64 GB. Dan apabila terasa kurang, Anda bisa menambahkan micro SD up to 256 GB. Sayangnya, apabila Anda memilih menggunakan micro SD, slot SIM 2 adalah hal yang harus dikorbankan.

Sedangkan Infinix Zero 4, walaupun hanya memiliki satu varian dengan RAM 3 GB dan internal storage 32 GB. Infinix lebih berbaik hati dengan menyediakan slot terdedikasi untuk Micro SD alias tidak hybrid. Hal itu penting ketika Anda ingin tetap menggunakan dual sim, namun juga dengan Micro SD pula.

Sistem Operasi

Dukungan komunitas MIUI yang sudah besar membuatnya mengungguli XOS milik Infinix.

Dalam kondisi fresh in box, Xiaomi Redmi Note 4 masih mengusung MIUI versi 8 berbasiskan Android Marshmallow 6.0.1. Namun istimewanya, saat ini Xiaomi sudah menmberikan update MIUI 9 yang berbasiskan 7.1.2 Nougat pada Xiaomi Redmi Note 4, sehingga fitur-fitur seperti split screen tidak lama lagi akan dapat dicicipi di ponsel ini. Bagi Anda yang belum familiar dengan MIUI. MIUI adalah custom UI Android besutan Xiaomi yang memiliki banyak fitur dan tampilan yang menyerupai sistem operasi ios besutan Apple. Sehingga, Anda tidak akan menemukan app drawer layaknya ponsel Android kebanyakan.

Sedangkan Infinix Zero 4 mengusung sistem operasi yang dinamai XOS UI 2.0 berbasiskan Android 6.0 Marshmallow. Apabila Xiaomi mengusung antarmuka MIUI yang mirip dengan ios milik Apple, XOS mengusung tampilan yang tidak berbeda jauh dengan sistem operasi Android murni. Dalam hal ini MIUI pada Redmi Note 4 jelas mampu mengungguli XOS milik Zero 4, mengingat MIUI memiliki fans dan dukungan yang lebih baik dan luas.

Konektivitas

Bagus mana? Seri, tidak ada yang mengungguli

Dari segi konektivitas, dua ponsel ini menawarkan fitur-fitur umum yang lengkap, seperti dual-SIM 4G, wifi, bluetooth, serta USB bertipe Micro 2.0. Sehingga dalam hal ini, dua ponsel ini tergolong biasa dan tidak istimewa dengan ponsel-ponsel kebayakan di rentang harga yang sama.

Fitur Tambahan

Xiaomi masih dengan pakemnya yang tidak pelit dalam memberikan sensor-sensor populer seperi fingerprint yang berada dibagian belakang. Sensor sccelerometer, gyro, proximity, dan compass tidak ketinggalan disematkan agar pengguna kekinian mampu menikmati konten-konten virtual reality. Tidak lupa Redmi Note 4 juga sudah mendukung koneksi USB On-The-Go, yang membuatnya mampu membaca USB Drive yang tentunga dengan dongle tambahan. LED Notification yang merupakan fitur kecil namun esensial juga tidak lupa dibenamkan pada Redmi Note 4.

Tidak jauh berbeda, Infinix Zero 4 juga tergolong populer dalam hal sensor. Fingerprint, accelerometer, proximity, compass, ambient light juga tersedia pada ponsel ini. Sehingga membuatnya tidak kalah dengan apa yang dimiliki Redmi Note 4.

Tabel Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4

Section Redmi Note 4
NETWORK GSM / HSPA / LTE
BODY –      Dimensions 151 x 76 x 8.5 mm (5.94 x 2.99 x 0.33 in)

–      Weight 165 g (5.82 oz)

–      Build Front glass, aluminum body

–      SIM Hybrid Dual SIM (Micro-SIM/Nano-SIM, dual stand-by)

PLATFORM –      OS Android 6.0 (Marshmallow), upgradable to 7.0 (Nougat)

–      Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625

–      CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53

–      GPU Adreno 506

DISPLAY –      Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 5.5 inches, 83.4 cm2 (~72.7% screen-to-body ratio)

–      Resolution 1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio (~401 ppi density)

–      Multitouch Yes

–      MIUI 9.0

MEMORY –      Card slot microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)

–      Internal 64 GB, 4 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM

COMMS –      WLAN            Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

–      Bluetooth 4.1, A2DP, LE

–      GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS

–      Infrared port Yes

–      Radio FM radio

–      USB microUSB 2.0, USB On-The-Go

CAMERA –      Primary 13 MP (f/2.0, 1.12 µm), phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash, check quality

–      Features Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR

–      Video [email protected], [email protected], check quality

–      Secondary 5 MP, f/2.0, 1080p

BATTERY –      Non-removable Li-Po 4100 mAh battery

 

Tabel Spesifikasi Infinix Zero 4

Section Infinix Zero 4
NETWORK GSM / HSPA / LTE
BODY –      Dimensions 152 mm x 75,3 mm x 8,1 mm

–      Weight 168 g

–      Build Front glass, aluminum body

–      SIM Hybrid Dual SIM (Micro-SIM/Nano-SIM, dual stand-by)

PLATFORM –      OS Android 6.0 (Marshmallow),

–      Chipset MediaTek MT6753 octa-core 1,3 GHz

–      GPU Mali-720MP4

DISPLAY –      Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 5.5 inches, 83.4 cm2 (~72.7% screen-to-body ratio)

–      Resolution 1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio (~401 ppi density)

–      Multitouch Yes

–      Gorilla Glass 3

–      XOS 2.0

MEMORY –      Card slot microSD, up to 128GB

–      RAM or 32 GB, 3 GB RAM

COMMS –      WLAN  Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

–      Bluetooth 4.1, A2DP, LE

–      GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS

–      Infrared port Yes

–      Radio FM radio

–      USB microUSB 2.0, USB On-The-Go

CAMERA –      Primary 16 MP (f/2.0, 1.12 µm), OIS, laser autofocus, dual-LED dual-tone flash,

–      Features Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR

–      Video [email protected], [email protected], check quality

–      Secondary 8 MP, f/2.2, 1080p

BATERRY –      Non-removable Li-Po 3200 mAh battery, Fast Charging

 

Perbandingan Hasil Kamera Xiaomi Redmi Note 4 VS Infinix Zero 4

Sensor Sony IMX230, dukungan OIS, serta soft LED Flash untuk kamera depan, membuat Infinix Zero 4 mampu mengalahkan Redmi Note 4 dari segi kamera.

Kamera saat ini menjadi fitur yang esensial. Xiaomi menganugerahi Redmi Note 4 dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0 dan besaran sensor 1.12 nano meter. Kamera belakangnya juga didukung fitur-fitur seperti phase detection autofocus dan Dual-LED Flash. Sedangkan kamera depannya mengusun resolusi standar 5 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Kedua kamera Redmi Note 4 ini mampu merekam video hingga resolusi Full HD (1920 X 1080 piksel). Sedangkan Infinix Zero 4 menjadikan kamera sebagai salah satu fitur yang paling diunggulkan. Dengan kamera belakang beresolusi 16 MP bersensor Sony IMX230 dan aperture f/2.0, OIS, laser autofocus dan true tone LED flash membuatnya lebih menarik dibandingkan kamera milik Redmi Note 4. Sedangkan kamera depannya beresolusi 8 MP dengan dukungan soft LED Flash yang juga membuatnya tampak lebih menarik dibandingkan milik Redmi Note 4. Dan untuk mengetahui kamera siapa yang lebih baik, berikut adalah perbandingan hasil kamera Redmi Note 4 dengan Infinix Zero 4.

Hasil Kamera Redmi Note 4
Hasil Kamera Redmi Note 4
Hasil Kamera Infinix Zero 4
Hasil Kamera Infinix Zero 4

Perbandingan Dari Segi Baterai Xiaomi Redmi Note 4 Vs Infinix Zero 4

Baterai Infinix Zero 4 memang lebih kecil dalam hal kapasitas, namun kemampuannya mendukung fast charging membuatnya lebih unggul dari Redmi Note 4.

Seperti biasa, Xiaomi memberikan baterai berkapasitas besar untuk ponsel-ponsel seri Redmi. Tidak terkecuali pada Redmi Note 4. Dengan baterai berkapasitas 4100 mAh berjenis Lithium Polymer yang tidak dapat dilepas serta chipset Snapdragon 625 yang hemat daya, membuatnya sebagai ponsel yang dapat menemani Anda selama 24 jam tanpa kahwatir kehabisan baterai.

Sedangkan Infinix Zero 4 juga tidak mau kalah, walaupun dengan kapasitas yang lebih kecil 3200 mAh, Infinix memberikan fitur fast charging besutan mereka sendiri yang dinamai Xcharge sehingga mampu mengisi daya dengan lebih cepat. Apalagi, charger yang dipaketkan dalam penjualannya juga sudah mendukung fitur ini. Xiaomi Redmi Note 4 sebenarnya sudah mendukung fast charging, mengingat chipset Snapdragon 625 sudah mendukung fitur tersebut. Hanya saja, pengguna harus membeli charger yang mendukung secara terpisah.

Perbandingan Dari Segi Harga Xiaomi Redmi Note 4 VS Infinix Zero 4 Di Indonesia

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 7

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 7

Redmi Note 4 menawarkan harga yang lebih murah dengan spesifikasi yang lebih menjanjikan, namun Infinix Zero 4 juga ponsel yang masih value for money.

Untuk semua fitur yang ditawarkan, Xiaomi Redmi Note 4 varian 3 GB/32 GB dapat Anda bawa pulang dengan merogok kocek sebesar IDR 2.199.000,- sedangkan Infinix Zero 4, walaupun sebagian besar spesifikasinya tidak lebih baik daripada Redmi Note 4, dibanderol lebih mahal dengan IDR 2.600.000,-. Sehingga, bagi Anda yang menginginkan ponsel dengan spesifikasi gahar namun dengan harga yang terjangkau, Redmi Note 4 bisa jadi pilihan yang tepat, sedangkan apabila Anda adalah penggemar fotografi dan menginginkan ponsel yang berdesain cantik dan anti mainstream, Infinix Zero 4 merupakan ponsel terbaik untuk Anda.

Kesimpulan

Xiaomi menawarkan prosesor yang lebih bertenaga sedangkan Infinix menawarkan kamera yang lebih powerful dan desain yang lebih menarik. Sehingga semua tergantung kebutuhan Anda. Apabila menginginkan ponsel yang unggul dalam bermain game, pilihlah Redmi Note 4. Jika Anda butuh kamera bagus, ambil Infinix Zero 4.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here