Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Vivo Y53 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

 

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Vivo Y53 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

Redmi Note 4 merupakan ponsel kelas menengah besutan Xiaomi yang menawarkan layar lega dan spesifikasi mumpuni dengan harga yang terjangkau. Sedangkan Vivo Y53 merupakan ponsel yang ditujukan untuk mengisi pasar entry level, sehingga spesifikasi dan fitur yang ditawarkan bisa dibilang standar dan tidak istimewa. Lalu, bagaimana apabila kedua ponsel ini dibandingkan, mana yang lebih oke? Berikut ini adalah perbandingan Xiaomi Redmi Note 4 melawan Vivo Y53 yang berhasil dirangkum oleh tim Futureloka.

Perbandingan Spesifikasi Hp Xiaomi Redmi Note 4 Vs Vivo Y53

Walaupun spesifikasi tidak menujukkan performa smartphone sehari-hari, namun spesifikasi teknikal yang dibawa suatu ponsel jelas akan menggambarkan seberapa baik ponsel tersebut bisa melakukan suatu tugas atau menjalankan aplikasi.

Desain

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Vivo Y53 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 5 Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 5

Vivo terasa membosankan dengan desain yang itu-itu saja, sehingga dalam hal ini Redmi Note 4 pantas dijadikan pemenang.

Xiaomi Redmi Note 4 mengusung desain yang membulat di setiap sisinya. Begitu juga dengan bagian back cover yang menggunakan material metal, semuanya berbentuk membulat. Hal ini membuat Redmi Note 4 merupakan ponsel yang nyaman dalam genggaman, walaupun ketika tangan mulai berkeringat, Redmi Note 4 ini tergolong ponsel yang licin. Bobot seberat 165 gram terasa pas dengan ukurannya yang tergolong besar. Dimensi 151 x 76 x 8.5 mm tidak lain dan tidak bukan berkat layarnya yang masuk dalam kategori phablet yaitu 5.5 inch. Sayangnya, tidak semua bagian belakang Redmi Note 4 ini adalah alumunium, masih da dua potongan  plastik dibagian atas dan bawah, sama seperti Redmi 4 X yang bertujuan agar ponsel dapat menangkap sinyal dengan baik.

Sedangkan Vivo Y53 memiliki desain yang tidak jauh berbeda dengan ponsel Vivo lain. Sudut melengkung dan membulat di setiap sisi. Material alumunium menyelimuti body belakang, serta garis antena tipis yang berada dibagian atas dan bawah body belakang. Yang menjadi pembeda paling ketara adalah ketiadaan sensor sidik jari pada bagian depan. Karena mengusung layar yang lebih kecil, otomatis membuat ukuran Vivo Y53 juga menjadi lebih kecil dibandingkan Redmi Note 4.

Layar

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 1 Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Vivo Y53 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 3

Mengingat dua ponsel ini berada pada level yang berbeda, Redmi Note 4 jelas lebih unggul dengan layar 5.5 inch beresolusi full HD.

Xiaomi memberkahi layar 5.5 inch pada Redmi Note 4 dengan resolusi full HD (1920 X 1080 piksel), sehingga kerapatan layar pada ponsel menengah ini mencapai ~401 ppi. Layarnya sendiri berjenis IPS yang mampu menampilkan 16 juta warna. Sayangnya, Xiaomi belum memberikan proteksi layar khusus semacam Gorilla Glass pada Redmi Note 4. Untungnya, desain 2.5 pada layarya memberikan kesan cantik kekininian.

Karena Vivoi Y53 adalah ponsel entry level, sudah jelas layar bukanlah sesuatu yang bisa diunggulkan. Mengusung bentang layar 5 inch beresolusi qHD (540 x 960 piksel) terasa kurang untuk kebutuhan masa kini. Mengingat untuk ponsel Tiongkok dengan harga sekelasnya, minimal sudah menawarka resolusi HD 720p. Sehingga, layar berjenis IPS dengan kerapatan piksel ~220 ppi menjadi salah satu kelemahan Vivo Y53.

Chipset

Benchmark Redmi Note 4
Benchmark Redmi Note 4
Benchmark Vivo Y53
Benchmark Vivo Y53

Snapdragon 625 milik Redmi Note 4 jelas bukan tandingan Snapdragon 425 Vivo Y53.

Seperti biasa, Xiaomi tidak pernah pelit dalam memberikan jeroan-jeroan yang tinggi untuk harga yang murah di setiap ponselnya. Chipset MSM8953 Snapdragon 625 besutan Qualcomm menjadi otak dari Redmi Note 4. Hal ini membuat Redmi Note 4 merupakan ponsel yang cukup buas dalam menjalankan berbagai aktivitas namun tetap hemat dalam penggunaan daya. Hal ini berkat chipset Snapdragon 625 yang terdiri dari 8 core berkecepatan 2.0 GHz dengan fabrikasi 14nm, membuatnya lebih cepat mengantarkan berbagai data dan informasi yang diperlukan. Selain itu, GPU Andreno 506 membuat Redmi Note 4 menjadi ponsel yang mampu menjalankan berbagai aktivitas dan game-game populer dengan tanpa masalah.

Bagaimana dengan Vivo Y53? Mengusung prosesor kelas entry Snapdragon 425 quad core 1.4 GHz Cortex A53 dan didukung GPU Andreno 306, membuat Vivo Y53 terasa cukup untuk menjalankan aplikasi media sosial dan game ringan. Hanya saja, jangan dibandingkan dengan Snapdragon 625 milik Redmi Note 4, di rentang harganya, Vivo Y53 tergolong umum dan tidak istimewa dengan membawa Snapdragon 425.

Memori dan Storage

Besaran RAM Redmi Note 4 jelas mengungguli Vivo Y53, namun memngingat Vivo Y53 adalah ponsel entry level, RAM 2 GB dan internal storage 16 GB masih memadai untuk kebutuhan masa kini.

Xiaomi Redmi Note 4 memiliki dua varian untuk besaran kapasitas internal storage dan RAM. Yaitu 3 GB RAM dengan internal storage 32 GB dan 4 GB RAM untuk internal storage 64 GB. Dan apabila terasa kurang, Anda bisa menambahkan micro SD up to 256 GB. Sayangnya, apabila Anda memilih menggunakan micro SD, slot SIM 2 adalah hal yang harus dikorbankan.

Vivo menyematkan RAM 2 GB dan internal storage sebesar 16 GB untuk Vivo Y53. Terasa kecil dan agak nanggung, hanya saja mengingat banderol harganya, Vivo Y53 tergolong wajar dan tidak terlalu cemen. Apalagi, Vivo Y53 masih memiliki slot micro SD yang terdedikasi, sehingga tidak perlu mengorbankan slot SIM 2 seperti pada Redmi Note 4.

Sistem Operasi

Dukungan besar dari komunitas MIUI jelas memberikan pengalaman penggunaan yang lebih enyenangkan pada Redmi Note 4.

Dalam kondisi fresh in box, Xiaomi Redmi Note 4 masih mengusung MIUI versi 8 berbasiskan Android Marshmallow 6.0.1. Namun istimewanya, saat ini Xiaomi sudah memberikan update MIUI 9 yang berbasiskan 7.1.2 Nougat pada Xiaomi Redmi Note 4, sehingga fitur-fitur seperti split screen tidak lama lagi akan dapat dicicipi di ponsel ini. Bagi Anda yang belum familiar dengan MIUI. MIUI adalah custom UI Android besutan Xiaomi yang memiliki banyak fitur dan tampilan yang menyerupai sistem operasi ios besutan Apple. Sehingga, Anda tidak akan menemukan app drawer layaknya ponsel Android kebanyakan.

Funtouch OS 3.0 menjadi nyawa dari Vivo Y53. Tampilan yang disuguhkan tidak jauh berbeda dengan MIUI miliki Redmi Note 4. Semua aplikasi tertampil tanpa app drawer dengan segudang fitur tambahan seperti gesture yang akan memberikan kemudahan dalam pengoperasiannya.

Konektivitas

Walaupun berbeda kelas, namu dua ponsel ini sama-sama menyediakan kelengkapan konektivitas standar yang cukup baik.

Dari segi konektivitas, dua ponsel ini menawarkan fitur-fitur umum yang lengkap, seperti dual-SIM 4G, wifi, bluetooth. Dan lagi, dua ponsel ini sudah sama-sama mendukung USB On-The-Go, yang membuatnya mampu membaca flashdisk melalui dongle tambahan tentunya.

Fitur Tambahan

Xiaomi masih dengan pakemnya yang tidak pelit dalam memberikan sensor-sensor populer seperi fingerprint yang berada dibagian belakang. Sensor sccelerometer, gyro, proximity, dan compass tidak ketinggalan disematkan agar pengguna kekinian mampu menikmati konten-konten virtual reality. Tidak lupa Redmi Note 4 juga sudah mendukung koneksi USB On-The-Go, yang membuatnya mampu membaca USB Drive yang tentunga dengan dongle tambahan. LED Notification yang merupakan fitur kecil namun esensial juga tidak lupa dibenamkan pada Redmi Note 4.

Bagian ini, ketiadaan fingerprint sensor pada Vivo Y53 bisa jadi kekurangan terbesar, mengingat fitur ini saat ini sudah sangat jamak ditemui diponsel-ponsel sekelasnya. Untungnya, Vivo masih memberikan sensor-sensor esensial seperti Accelerometer, proximity, dan compas. Sedangkan bagi Anda yang ingin menikmati konten virtual reality, ponsel ini bukanlah pilihan yang tepat mengingat tidak disertainya sensor gyroscope.

  • Perbandingan Bagus Mana HP Vivo Y21 VS Oppo Neo 7 segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

Tabel Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 4

Section

Redmi Note 4

NETWORK GSM / HSPA / LTE
BODY –      Dimensions 151 x 76 x 8.5 mm (5.94 x 2.99 x 0.33 in)

–      Weight 165 g (5.82 oz)

–      Build Front glass, aluminum body

–      SIM Hybrid Dual SIM (Micro-SIM/Nano-SIM, dual stand-by)

PLATFORM –      OS Android 6.0 (Marshmallow), upgradable to 7.0 (Nougat)

–      Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625

–      CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53

–      GPU Adreno 506

DISPLAY –      Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 5.5 inches, 83.4 cm2 (~72.7% screen-to-body ratio)

–      Resolution 1080 x 1920 pixels, 16:9 ratio (~401 ppi density)

–      Multitouch Yes

–      MIUI 9.0

MEMORY –      Card slot microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)

–      Internal 64 GB, 4 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM

COMMS –      WLAN            Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot

–      Bluetooth 4.1, A2DP, LE

–      GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS

–      Infrared port Yes

–      Radio FM radio

–      USB microUSB 2.0, USB On-The-Go

CAMERA –      Primary 13 MP (f/2.0, 1.12 µm), phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash, check quality

–      Features Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR

–      Video [email protected], [email protected], check quality

–      Secondary 5 MP, f/2.0, 1080p

BATTERY –      Non-removable Li-Po 4100 mAh battery

 

Tabel Spesifikasi Vivo Y53

Section

Vivo Y53

NETWORK GSM  / HSPA / LTE
BODY –      Dimensions 144.2 x 71.4 x 7.6 mm (5.68 x 2.81 x 0.30 in)

–      Weight 137 g (4.83 oz)

–      Build Aluminum body

–      SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

PLATFORM –      OS Android 6.0 (Marshmallow)

–      Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425

–      CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53

–      GPU Adreno 306

DISPLAY –      Type IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

–      Size 5.0 inches, 68.9 cm2 (~66.9% screen-to-body ratio)

–      Resolution 540 x 960 pixels, 16:9 ratio (~220 ppi density)

–      Multitouch Yes

–      Funtouch OS 3.0

MEMORY –      Card slot microSD, up to 256 GB (dedicated slot)

–      Internal 16 GB, 2 GB RAM

COMMS –      WLAN            Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot

–      Bluetooth 4.2, A2DP, LE

–      GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS

–      Radio FM radio

–      USB microUSB 2.0, USB On-The-Go

CAMERA –      Primary 8 MP, f/2.0, autofocus, LED flash

–      Features Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR

–      Video [email protected]

–      Secondary 5 MP, f/2.2

BATTERY –      Non-Removable Li-Ion 2500 mAh battery

 

Perbandingan Hasil Kamera Xiaomi Redmi Note 4 Vs Vivo Y53

Bagus mana? Redmi Note 4 jelas mengungguli Vivo Y53

Kamera saat ini menjadi fitur yang esensial. Xiaomi menganugerahi Redmi Note 4 dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0 dan besaran sensor 1.12 nano meter. Kamera belakangnya juga didukung fitur-fitur seperti phase detection autofocus dan Dual-LED Flash. Sedangkan kamera depannya mengusun resolusi standar 5 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Kedua kamera Redmi Note 4 ini mampu merekam video hingga resolusi Full HD (1920 X 1080 piksel).

Bagaimana dengan Vivo Y53? Selama ini, Vivo tergenal dengan ponsel-ponsel berkamera selfie yang mengusung resolusi super besar. Namun tidak dengan Vivo Y53, kamera selfie-nya hanya beresolusi 5 MP, dan kamera belakangnya 8 MP. Resolusi yang standar, namun dapat dimaklumi, mengingat kembali ponsel ini adalah seri termurah dari Vivo.

Hasil Kamera Redmi Note 4
Hasil Kamera Redmi Note 4
Hasil kamera Vivo Y53
Hasil kamera Vivo Y53

Perbandingan Dari Segi Baterai Xiaomi Redmi Note 4 Vs Vivo Y53

Baterai 4000 mAh milik Redmi Note 4 memang terlihat wah, namun siapa sangka baterai 2500 mAh milik Vivo Y53 juga mampu memberikan performa yang cukup baik.

Seperti biasa, Xiaomi memberikan baterai berkapasitas besar untuk ponsel-ponsel seri Redmi. Tidak terkecuali pada Redmi Note 4. Dengan baterai berkapasitas 4100 mAh berjenis Lithium Polymer yang tidak dapat dilepas serta chipset Snapdragon 625 yang hemat daya, membuatnya sebagai ponsel yang dapat menemani Anda selama 24 jam tanpa kahwatir kehabisan baterai. Sedangkan

Sedangkan Vivo Y53 terlihat cemen dengan baterai berkapasitas 2500 mAh berjenis Li-Ion non-removable. Baterai yang kecil tersebut sebenarnya lebih dari cukup untuk membuat Vivo Y53 bisa menemani Anda seharian, mengingat prosesor yang digunakan adalah prosesor yang hemat daya dan layar beresolusi rendah. Namun melihat smartphone Android yang makin lama makin bagus dalam hal kapasitas baterai dan daya tahan, Vivo Y53 terasa semakin tertinggal dalam urusan ini.

Perbandingan Dari Segi Harga Xiaomi Redmi Note 4 Vs Vivo Y53 Di Indonesia

Perbandingan Bagus Mana HP Xiaomi Redmi Note 4 VS Apple iPhone 6S segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia 7

Dengan selisih harga hampir 400 ribu, Xiaomi Redmi Note 4 memang menawarkan spesifikasi yang lebih baik. Pertimbangan lainnya, Vivo Y53 merupakan ponsel yang miskin fitur.

Untuk semua fitur yang ditawarkan, Xiaomi Redmi Note 4 varian 3 GB/32 GB dapat Anda bawa pulang dengan merogok kocek sebesar IDR 2.199.000,- sedangkan Vivo Y53 yang juga bergaransi resmi dapat Anda bawa pulang dengan merogoh kocek sekitar IDR 1.800.000,-.

Kesimpulan

Walaupun dua ponsel ini berbeda kelas, memilih Vivo Y53 bukanlah hal yang dianjurkan, mengingat direntang harga yang sama, masih ada pilihan ponsel -ponsel dari pabrikan Tiongkok lain yang menawarkan spesifikasi lebih baik. Sehingga walaupun tidak adil, Xiaomi Redmi Note 4 adalah pemenang pada kompetisi gadget kali ini.

 

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here