Rekomendasi Virtual Reality Terbaik 2018, Lenovo Mirage Solo Daydream VS Oculus GO

0

Oculus go vs lenovo daydream

Dua Pilihan Perangkat VR Canggih 2018

Sekarang, pengalaman bermain tak hanya berfokus pada menatap layar dan mengendalikan konsol, keyboard ataupun smartphone, namun bahkan dapat merasakan sensasi langsung masuk ke dalam game. Semua itu dapat diwujudkan berkat hadirnya teknologi VR yang belakangan ini sangat populer.

Terdapat banyak pilihan untuk perangkat VR yang sudah dijual secara bebas, namun kami merekomendasikan dua yang terbaik yakni Lenovo Mirage Solo dan Oculus GO. Berasal dari platform Google, Lenovo Mirage Solo dikabarkan akan rilis pada 11 Mei 2018 dan Oculus GO menyusul beberapa bulan kemudian.

Dari kedua perangkat VR yang canggih ini, terdapat perbandingan pada spesifikasi serta kecanggihan yang masing-masing memiliki keunikannya sendiri. Maka dari itu, kali ini Tim Futureloka akan mengulas lebih dalam mengenai kedua perangkat VR ini.

Desain Lenovo Mirage Solo Daydream VS Oculus GO

Sekilas, kalian pasti tahu dari namanya bahwa Oculus GO merupakan produk besutan Oculus. Tali pengikat pada perangkat VR Oculus Go didesain untuk menahan computer-y bits pada wajah agar gambar dapat terlihat secara lebih dekat dan nyata. Untuk segi pendengaran, Oculus GO dilengkapi dengan audio speaker berkualitas tinggi.

lenovo-daydream-solo-daydream-mirage-ces-2018-7384

Di satu sisi, Lenovo Mirage Solo Daydream memiliki tali pengikat berbahan plastik berbentuk halo untuk menahan VR menurut bentuk kepala kalian. Perangkat VR milik Lenovo ini memiliki kelebihan yakni ringan dan tak terlalu kencang jika di gunakan.

Perbandingan Spesifikasi Lenovo Mirage Solo VS Oculus GO

Fitur

Oculus Go

Lenovo Mirage Solo

Dimensi Unknown 8.03” x 10.61” x 7.08”
Field of View 90 degrees 110 degrees
Weight Unknown 645 gram
Processor Snapdragon Snapdragon 835
Memory Unknown 4 GB RAM
Audio Internal speakers, 3.5mm headphone jack 3.5 mm headphone jack
Storage Unknown 64 GB on board storage, micro SD slot
Battery Unknown 4000 mAh
Display LCD Display (2560 x 1440) 5.5 inch LCD Display (2560 x 1440)
Sensors 3DoF Gyroscope, Accelerometer, Magnetometer 6DoF WorldSense cameras, P-Sensor, Gyroscope, Accelerometer, Magnetometer
Controller 3Dof Controller 3DoF Daydream Controller
Wireless WiFi Wi-Fi 802.11 ac/n Wi-Fi 802.11 ac/n, 2×2 MIMO Dual Band
Bluetooth Unknown 5.0 + BLE

Meski spesifikasi Oculus GO saat ini belum lengkap, maka sudah jelas bahwa Lenovo Mirage Solo menjadi perangkat VR yang lebih mendominasi. Khususnya, dari segi 3DoF pada Oculus Go membuat kalian tak dapat berjalan dengan bebas karena belum di implementasikan kamera seperti pada Samsung Gear VR. Jadi kemungkinan besar kalian harus menggunakan Oculus GO dalam keadaan duduk saja.

Perbandingan dari Segi Software

Mengusung teknologi yang sama yakni Virtual Reality, namun belum tentu kedua perangkat ini memiliki kualitas yang sama dari segi software atau perangkat lunaknya. Pada Oculus GO contohnya, memiliki platform berbasis Android ini dapat memproses gambar dengan sangat lancar dan dapat digunakan bahkan tanpa mengoperasikan smartphone.

oculus-go-display

Disisi lain, Lenovo Mirage Solo dengan teknologi Daydream dapat melakukan berbagai kegiatan aktif seperti melompat dan menunduk seperti pada Virtual Reality menggunakan PC. Ssemua ini dapat dilakukan berkat adanya Google’s WorldSense. Google juga merencanakan akan membuat VR yang satu ini dapat dimainkan pada lebih dari 250 game dan aplikasi besutan Daydream.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai Rekomendasi Virtual Reality Terbaik 2018, Lenovo Mirage Solo Daydream VS Oculus GO. Terima kasih telah mengunjungi laman Futureloka. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here