ROG

Review ASUS ROG Strix GL503VS Scar

Di awal tahun 2018, ASUS memperkenalkan serangkaian laptop gaming terbaru dari lini ASUS ROG, yaitu ROG Strix GL503 series. Laptop terbaru penerus jejak ROG Strix GL502 dan GL553 ini sendiri datang dengan varian khusus, GL503 Scar Edition yang ditujukan untuk para gamer first person shooter dan Hero Edition yang ditujukan untuk gamer MOBA.

Kali ini kita akan membahas salah satu varian dari  ROG Strix GL503, yaitu Scar Edition. Tentunya laptop ini datang dengan berbagai perbaikan yang sama dengan GL503 Tradisional. Tak hanya sampai mendapatkan fitur yang sama dengan GL503 Tradisional, Scar Edition sudah dibekali fitur-fitur baru yang akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik ketimbang versi tradisional.

Salah satu GL503 Scar Edition yang paling bertenaga adalah GL503VS Scar Edition. Laptop gaming terbaru dari lini ROG Strix ini datang dengan layar yang memiliki refresh rate hingga 144Hz dan fitur NVIDIA G-Sync yang dimiliki GL503VS Scar Edition.

Desain Khas ROG yang Spesial Untuk Gamers FPS

Seperti semua ROG Strix GL503, GL503VS Scar Edition tampil dengan desain baru yang ramping. Memang di Scar Edition ini terdapat beberapa perbedaan di sesi desain, seperti Penutup glushed metal yang terlihat lebih elegan dengan finishing burshed metal. Bagian dalamnya pun tak luput dari sentuhan dengan hadirnya pola karbon pada bodi bagian dalamnya yang membuatnya makin menegaskan laptop ini untuk para gamer FPS.

ROG

ROG Strix GL503 terkenal dengan portabilitas dan performa superior yang luar biasa: Namun pada GL503VS Scar ini sedikit berbeda dengan GL503 varian lainnya. Beratnya 2,5kg, dan dengan profil tipis 2,5cm. Kenaikan bobotnya ini lebih dikarenakan kebutuhan ruang untuk menyediakan sistem pendingin yang lebih baik untuk menangan hardware yang lebih bertenaga.

Sepasang speaker penembak samping memastikan audio game kalian terdengar nyaring dan jernih. Teknologi smart-amplifier yang efisien memberikan 3.5 watt per speaker untuk kenyaringan dan jangkauan dinamis yang luar biasa.

Port Lengkap Siap Mendukung Pengalaman Gaming

Untuk urusan konektivitas, ASUS ROG Strix GL503VS Scar datang dengan pilihan konektivitas yang lebih lengkap. Di sisi kiri kalian akan menemukan satu port LAN (RJ45) 1 Gbps, dua port USB 3.0, dan terdapat satu port HDMI dan satu port mini DisplayPort untuk output video High Definition ke dua monitor eksternal dan juga satu buah jack audio combo (speaker + mikrofon) 3,5mm untuk kalian bisa menggunakan headset kesayangan kalian.

Selain terdapat port-port untuk konektivitas, di sisi kiri laptop ini juga terdapat jack untuk adapter daya dari laptop ini. Menariknya kini kalian tak akan menemukan lagi lubang ventilasi udara di bagian ini karena telah berpindah ke bagian belakang laptop.

ROG

Di sisi kanan, kalian akan hanya menemukan, tiga buah port USB 3.1 gen 1 yang salah satunya berantarmuka USB Type-C, satu kensington lock  dan satu card reader. Sayangnya kali ini DVD Super Multi harus absen di laptop gaming terbaru ASUS ROG. Namun ini wajar demi mendapatkan profil yang lebih tipis. Selain itu, saat ini DVD drive juga sudah semakin berkurang penggunaannya.

ROG

Di bagian depan, kini terlihat lebih polos. Karena card reader sudah berpindah ke bagian kanan dan speaker sekarang berada di bagian sisi-sisi laptop gaming ini. Dibagian belakang kini terlihat dua buah lubang ventilasi untuk pembuangan udara panas. Menariknya aksen merah dari sirip-sirip heatsink pendingin laptop ini tampak dari bagian luar dan menambah estetika laptop gaming ini.

Dengan perubahan sistem pendingin, Laptop ini berhasil menjaga suhu kerjanya di angka lebih baik. Suhu prosesor tertinggi dari Laptop ini berada di angka 80 derajat Celsius saat diuji dengan aplikasi Intel Extreme Utility. Sedangakan untuk grafik GTX 1070 8GB, suhu maksimal yang berhasil di catat berada di angka 76 derajat Celsius pada pengujian Unigine Heave 4.0 dengan setting preset extreme dan berada di kisaran 79 derajat saat digunakan untuk bermain game dengan setting grafis tertinggi.

Mudah Untuk Dimodifikasi Tanpa Bantuan Teknisi

Meski datang dengan spesifikasi yang tergolong tinggi, ASUS ROG Strix GL503VS Scar Series ini datang dengan fitur easy upgrade. Fitur ini memungkinkan kalian sebagai pengguna mudah melakukan upgrade pada Laptop gaming ini.

ROG

Kalian hanya butuh lepaskan satu buat skrup untuk membuka panel belakang dan kalian punya akses ke slot RAM kedua, slot M.2 dan hard disk drive. Dengan mudahnya akses tersebut, kalian bisa dengan mudah menambahkan kapasitas RAM DDR4, atau dengan mudah melakukan upgrade storage dengan menambahkan SSD pada slot M.2 atau mengganti hard disk drive-nya.

Layar Full HD Super Responsif

ASUS ROG Strix GL503VS Scar ini datang dengan layar 15,6 inci beresolusi Full HD paling responsif di kelasnya. Layar dengan refresh rate 144Hz yang diusungnya menjamin para game pro tak akan menemukan gejala tearing dan stuttering saat bermain game dengan fase yang cepat. Untuk  Menariknya, tak hanya reponsif, panel non-reflective tak hanya akan mengurangi pantulan bayangan pada layar, namun juga memberikan ruang pandang yang luas. Artinya, kalian tak akan mengalami perubahan warna yang signifikan saat kalian melihat layar Laptop ini dari sisi manapun.

ROG

Untuk mengoptimalisasi visual layarnya, ASUS mengembangkan beberapa software khusus yang bisa diunduh secara terpisah di situs resmi ASUS. Software tersebut antara lain bernama ASUS Splendid Technology. Teknologi ini mampu mengoptimalisasikan berbagai kondisi gambar agar dapat ditampilkan dengan sebaik mungkin. Sehingga, apapun aktivitas yang kalian lakukan, baik menyaksikan film ataupun melihat foto, semua tampak lebih hidup.

Keyboard RGB yang Dapat Disesuaikan

Keyboard backlit RGB memungkinkan ROG STRIX GL503VS Scar menembus kegelapan dengan cahaya warna-warni yang mengancam. Empat zona pencahayaan RGB memungkinkan pengguna memilih kombinasi warna yang sempurna untuk melengkapi mood mereka.

ROG

ROG

Aplikasi ASUS Aura memungkinkan pengguna memilih dan memilih warna, kecerahan dan efek pencahayaan – statis atau napas. Pengguna dapat mengatur hingga tiga konfigurasi warna yang berbeda dan dengan cepat memilih yang sesuai dengan mood mereka. Pengguna juga dapat mematikan keyboard backlit sepenuhnya untuk tampilan yang lebih jelas – untuk meminimalkan gangguan saat bermain game dan menonton film di ruangan yang gelap.

ROG Gaming Center yang Mempermudah Setting Laptop

ROG

Dijalakan melalui tombol khusus, ROG Gaming Center adalah portal untuk utility, aplikasi dan ROG tool. Gaming Center merupakan antarmuka terintegrasi untuk komponen sistem pemantauan dan fine-tuning; untuk mengelola berbagai profil permainan, profil keyboard dan makro, profil Splendid Display dan Audio Equalizer; dan untuk menetapkan prioritas paket internet.

Next.

1
2
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here