[SPECIAL REVIEW] ASUS ROG Zephyrus GX501, Notebook Gaming Tertipis di Dunia

0

Vendor perangkat komputasi ternama di dunia, ASUS, kembali membuktikan diri sebagai perusahaan perangkat gaming paling inovatif sepanjang masa. Pada hari ini, pembuktian tersebut dibuktikan melalui produk terbarunya, ASUS ROG GX501, yang dinobatkan sebagai notebook gaming tertipis di dunia.

Produk ini adalah hasil kolaborasi antara ASUS dan vendor pembuat kartu grafis terkemuka, Nvidia, melalui dukungan kartu grafis terbaru mereka bernama Nvidia Max-Q. Kartu grafis tersebut memang didesain khusus oleh Nvidia agar mampu melahirkan perangkat gaming masa depan dengan bodi sekelas perangkat ultrabook.

Penulis berkesempatan untuk mengulas langsung kecanggihan fitur-fitur dalam notebook yang dinamakan dengan ASUS ROG GX501 ini. Sebagai notebook gaming, saya mengapresiasi inovasi ASUS yang berhasil membuat laptop gaming menjadi setipis ini yakni hanya 16,9 mm. Ini menjadikannya lebih tipis dari MacBook Air yang punya ketebalan 17 mm.

Selain soal bodinya yang ramping dan aduhai itu untuk kelas notebook gaming, pastinya akan banyak sekali yang penasaran dengan performa yang bisa dikeluarkannya. Apakah kartu grafis Nvidia GTX 1080 dengan Max-Q Design bisa mengeluarkan kemampuannya secara maksimal dalam perangkat “sekurus” itu. Tentu saja nanti akan kita buktikan.

Namun terlepas dari itu semua, mari kita rayakan keberhasilan teknologi mutakhir ini, yang akan membawa kita ke step yang lebih maju dari sebelumnya. Sebuah capaian tinggi dimana akhirnya kita bisa mengalahkan anggapan ketidakmungkinan akan sesuatu, yakni menggabungkan antara performa dan portabilitas dalam sebuah perangkat gaming, menjadikannya benar-benar nyata saat ini. Selamat untuk kemajuan kita, umat manusia. Selamat membaca.

Desain: ROG New Look

Berbeda dengan seri-seri ROG sebelumnya yang terlihat sangat antusias terhadap tokoh iron man. Kali ini tampilannya berbeda sama sekali. Merek terlihat telah meninggalkan desain itu setidaknya pada produknya yang satu ini.

Jika penulis boleh mengatakan, desain dari ROG Zephyrus sama sekali berbeda, fresh, baru, alias new look. Logo mata yang sangat berciri khas itu tidak lagi terletak di tengah, melainkan ada di sebelah kanan. Meskipun tidak menyala, tetapi terlihat mengkilap seperti terbuat dari kaca. Ada garis diagonal yang membelah cover LID tersebut di bagian tengah.

Desain LID cover terlihat masih menggunakan gaya brush line alias garis-garis halus. Masuk ke bagian keyboard, papan ketik itu tidak lagi terletak di atas melainkan agak ke bawah di area palmres. Sementara dibagian yang seharusny keyboard berada, dibiarkan lowong begitu saja dan hanya diisi oleh logo ROG yang besar di tengahnya. Ini membuat penulis sangat terkesan seolah ASUS ingin memberikan penekanan ungkapan “We are ROG, aren’t you?”

Layout keyboard pun di desain benar-benar baru dan terlihat luar biasa. ASUS tidak lagi meletakan touchpad dibagian bawah keyboard melainkan mereposisinya disebelah kanan dan secara unik menggabungkannya dengan numpad.

Ketika gamer ingin menggunakan numpad untuk bermain atau keperluan lainnya, mereka hanya tinggal menekan tombol numpad/touchpad yang terletak dibagian atas touchpad. Seketika numpad akan dapat diakses dengan tombol kapasitif yang terlihat sangat keren dan memukau.

Mereka juga memperhatikan peningkatan pada hal-hal kecil dan sederhana seperti, membuat jarak antara tombol esc dan F Key agar ketika dalam permainan, gamer tidak akan keluar mendadak secara tiba-tiba dari game akibat salah menekan tombol F1 ketika game berjalan.

Untuk port konektor, And bisa menemukan 2 buah USB 3.1 dan 1 USB type C disebelah kanan, serta kensington lock. Adapun disisi kiri, ada duah buah USB 3.0 lagi, 1 HDMI, audio jack, dan charging port.

Performa: Inilah Notebook Gaming Tipis yang Juara

Sebelumnya menyinggung performa, berikut ini dijabarkan spesifikasi apa saja yang tertanam pada perangkat gaming ini. ASUS ROG Zephyrus GX501 memiliki prosesor Intel Generasi ke-7, Core i7-7700HQ disertai sokongan kartu grafis Nvidia Max-Q GTX 1080 dengan video memori 8GB GDDR5 yang punya performa 1,8 kali lebih tinggi dari GPU Nvidia GTX 1060, yang di setting untuk memainkan game level AAA pada grafis 4K pada preset tertinggi.

Sementara spesifikasi lainnya meliputi, memori RAM 24GB DDR4 berkecepatan 2400MHz, penyimpanan berbasis PCIe SSD bervolume 1TB yang memiliki bandwidth 7x lebih besar, 3x latensi lebih rendah dan 3,8x multitasking yang lebih kencang dari SSD berbasis SATA serta bisa diekspansi.

Berikut ini adalah hasil benchmark dari berbagai aplikasi populer untuk notebook ASUS ROG Zephyrus GX501.

Game Berat? Hajar Aja Lagi

Nah ini dia yang paling ditunggu. Daripada berpanjang kata silahkan saja Anda simak screenshot dari berbagai game yang telah dimainkan pada perangkat gaming ramping ini.

Ashes of The Singularity
Graphics Setting : Ultra
FPS : 60-65 fps

Tom Clancy’s The Division
Graphics Setting : Ultra
FPS : 65-70 fps

Tom Clancy’s Ghost Recon: Wildlands
Graphics Setting : Ultra
FPS : 60-63 fps

Desain Pendingin yang Cerdas & Mengagumkan

Teknologi pendinginnya pun dibuat menjadi lebih inovatif, sehingga meskipun notebooknya tipis tidak akan mengalami problem overheating atau panas sama sekali berkat sebuah  teknologi pendingin inovatif yang dinamakan dengan ROG Active Aerodinamic System (AAS).

ASUS ROG Zephyrus GX501 menyimpan 5 buah heatpipe yang melewati CPU maupun GPU yang akan berbagi tugas meredam panas dengan cepat saat sistem sedang full load. Ada 71 baling-baling kipas pada tiap fan-nya yang terbuat menggunakan bahan polikarbonat yang dikristalisasi, selain itu juga sudah didukung dengan Teknologi terbaru AAS atau Active Aero System mampu meredam panas hingga 20% lebih baik ketimbang pendingin konvensional biasa.

Kipas-kipas tersebut akan berputar dengan kecepatan tinggi, namun tetap minim noise untuk mendinginkan sistem.  Sementara ruang pada kipasnya sendiri dibuat dari bahan alumunium menggunakan metode die-cast agar bobot tetap tipis, ringan serta meminimalkan kebisingan kipasnya.

Ketika notebook dibuka dan LID cover diangkat ke atas, bagian bawah dari ASUS ROG Zephyrus GX501 akan bertransformasi sedemikian rupa sehingga menciptakan ruang pembuangan panas sebesar 6mm yang terlihat sangat keren dan futuristik. Dengan terbuka ruang  itu, temperatur pada CPU dan GPU akan tereduksi sebesar 10 derajat celcius.

Semua komponen ini akan dibungkus dengan bodi berbahan metal dengan senyawa magnesium aluminium alloy untuk menjamin daya tahan serta penyebaran panasnya terjaga dengan baik. Alumunium alloy adalah material yang kuat dan kokoh sekaligus elegan untuk digunakan sebagai pelapis notebook premium dan dapat menjaganya dari benturan ketika sedang digunakan.

Keyboard yang Nyamannya Aduhai

Meskipun bodinya amat sangat ramping, tidak lantas membuat kenyamanan mengetik dengan keyboardnya menjadi berkurang. Sebagai buktinya, ASUS GX501 memiliki fitur travel distance keyboard sebesar 1,4mm. Jarak travel distance dengan ASUS GL501 yang memiliki bodi lebih tebal hanya 0,2mm. Sementara jika dibandingkan dengan MacBook yang punya travel distance hanya 0,5mm kenyamanan mengetik pada ROG GX501 akan jauh lebih nyaman.

keyboard ROG

Main Spec. ROG GX501
CPU Intel® Core™ i7-7700HQ Processor (6M Cache, up to 3.80 GHz)
OS Microsoft Windows 10 Home
Memory DDR4 2133 MHz 24GB
Storage 1TB PCIEx4 SSD NVMe PCIe SSD
Display 15,6”  Non-glare IPS Full HD (1920 x 1080)
Graphics NVidia GeForce GTX1080 Max-Q Design  8GB DDR5 (G-Sync), VR Ready
Input/Output 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x Type C USB3.1 (GEN2) Thunderbolt, 4 x USB 3.0 port(s) Type A, 1 x HDMI, Support HDMI 2.0
Camera Built-in HD Camera and array mic
Connectivity 802.11AC+BT
Audio Built-in Stereo 2 W Speakers And Array Microphone, Support Windows 10 Cortana with Voice, ASUS Sonic Studio
Weight 2.2Kg
Dimension 14.9 x 10.3 x 0.67 ~0.7 inch (WxDxH)
Keyboard Illuminated Chiclet Keyboard
Special Design Alumunium alloy body, Elegant and modern lines, New ROG Strix design
Battery 4 Cells 50 Whrs Polymer Battery
MSRP Rp 50.299.000
Warranty 2 years full global warranty

Nah itulah ulasan lengkap serta unboxing dari ASUS ROG Zephyrus GX501. Tentunya bagi kalian yang ingin membeli laptop gaming namun bingung membawa kemana-mana si ASUS ROG Zephyrus GX501 ini dapat menjadi pilihan. Disamping sangat tipis, ASUS ROG Zephyrus GX501 ini juga memiliki spesifikasi yang luar biasa hebat.

Semoga review ini dapat menjadi pertimbangan untuk kalian yang ingin membeli laptop gaming. Tentunya masih ada banyak lagi artikel menarik mengenai Laptop dari Asus dan juga smartphone dari Asus. Pantengin terus futureloka ya untuk mendapatkan informasi paling update seputar teknologi terbaru di Indonesia!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here