[REVIEW] ASUS Zenfone 5 ZE620KL, Smartphone Super Pintar dengan Harga Terjangkau

0

2018 bisa dibilang menjadi tahunnya Zenfone karena ASUS menghadirkan cukup banyak varian smartphone yang bisa dibilang memiliki harga yang terjangkau dan juga spesifikasi yang juga tinggi. Tidak tanggung-tanggung dalam menghadirkan sebuah inovasi, ASUS menghadirkan chipset Snapdragon paling terbaru yang bisa dibilang ditunggu oleh para pecinta smartphone di Indonesia.

Nah pada beberapa waktu yang lalu ASUS baru menghadirkan sebuah smartphone dengan chipset Snapdragon 636 yang bisa dibilang terbaru dan paling canggih untuk kelas Mid-End yaitu ASUS Zenfone Max Pro M1, disusul dengan ASUS Zenfone 5 ZE620KL yang akan kita bahas dalam ulasan kali ini dan menjadi smartphone dengan Poni dengan harga terjangkau. Yuk langsung saja kita simak reviewnya.

Spesifikasi Lengkap ASUS Zenfone 5 ZE620KL

Tagar #BackTo5 dipilih ASUS bukan tanpa alasan. ZenFone 5, dulu, sukses mengegerkan pasar smartphone kelas menengah di Indonesia. Waktu itu, bersama Intel, ASUS langsung menuju posisi 2 besar pasar smartphone Indonesia. Kini, dengan nama seri yang sama, ASUS kembali menjunjukkan taringnya untuk bertarung di kelas yang lebih tinggi.

Selain mengetahui sejarah dari ASUS Zenfone 5 ada satu hal lagi yang harus kalian ketahui sebelum membeli smartphone ini. Nah, salah satu yang harus kalian ketahui dari ASUS Zenfone 5 ZE620KL itu adalah spesifikasi atau dalamannya.

Layar dan Display ASUS Zenfone 5 ZE620KL

ZenFone 5 hadir dengan rasio layar terhadap badan perangkat sebesar 90%. Angka ini cukup besar, mengingat rata-rata smartphone saat ini memiliki rasio di kisaran angka 60% sampai 70%.  Untuk yang belum tahu, rasio 90% berarti layar menempati sekitar 90% area badan perangkat. Itu juga berarti, ZenFone 5 memiliki bingkai atau frame atau bezel yang sangat tipis. Bisa dilihat langsung dari tampilannya yang memang minim area hitam di sekitar layarnya.

Bahkan, untuk meletakkan kamera dan speaker saja ZenFone 5 sampai membuat area tersendiri di tengah layar bagian atas. Banyak orang menyebutnya sebagai poni, atau notch. Kendati memiliki “poni”, bagian ini tidak akan mengganggu ketika pengguna memutar film atau bermain game. Karena antarmuka dari ZenFone 5 akan otomatis menghitamkan seluruh area “poni” untuk menyeimbangkan tampilan layar.

Prosessor ASUS Zenfone 5 ZE620KL

Snapdragon 636 adalah System on Chip (SOC) mobile terbaru dari Qualcomm yang memiliki prosesor 8-inti berdasarkan teknologi Kryo Qualcomm. Sistem ini dibangun di atas proses manufaktur 14nm (SD636) untuk kinerja baterai yang sangat baik. Selain itu prosessor ini juga mendukung kemampuan berfikir secara mandiri yang kalian kenal dengan sebutan AI atau Artificial Intelligence.

Selain kemampuan berfikir sendiri, Prosessor Snapdragon 636 juga dapat diandalkan dalam bermain game dan juga multitasking. Tentunya kalian akan merasa ragu jika tidak melihat bench ASUS Zenfone 5 ZE620KL ini, tentunya tim Futureloka sudah menyiapkan untuk para pembaca sekaligus dengan test game dari ASUS Zenfone 5 ZE620KL.

Antutu Benchmark ASUS Zenfone 5
paladins strike
paladins strike 3
PUBG Mobile
PUBG Mobile

Kamera Super Pintar dari ASUS Zenfone 5 ZE620KL

Seperti yang sudah kita bahas dalam bagian Prosessor kalau Snapdragon 636 bisa dibilang menjadi otak yang bisa berfikir sendiri untuk ASUS Zenfone 5 ZE620KL ternyata menjadikan kamera dari ASUS Zenfone 5 ZE620KL dapat berfikir dengan sendirinya. Cara lain kamera menerapkan AI untuk menghasilkan foto yang diinginkan pemiliknya adalah melalui AI Photo Learning. Melalui fitur ini, perangkat menampilkan set foto kepada pengguna yang identik dengan foto yang diambil. Pengguna kemudian dapat memilih sesuai preferensi mereka.

Terdapat juga AI Scene Detection, mode ini aktif secara default dan tidak dapat dimatikan. Dengan menggunakan algoritma khusus yang dikenal sebagai “model data AI”, sistem akan mendeteksi adegan atau subjek pemotretan dan menerapkan pengaturan ideal yang akan memberikan hasil terbaik.

ZeniMoji yang Super Lucu

ZeniMoji adalah fitur khusus di dalam aplikasi SelfieMaster yang menghadirkan cara menyenangkan untuk mengubah wajah mereka menjadi karakter animasi secara real time! Karakter animasi ini kemudian dapat digunakan dalam streaming video atau panggilan video. Pada saat artikel ini ditulis, ZenFone 5 dan 5Q adalah ponsel cerdas yang memiliki kemampuan untuk menghidupkan karakter animasi dari wajah pengguna.

Fitur Audio ASUS Zenfone 5 ZE620KL

Fitur audio di ZenFone 5 adalah hal lain yang tidak boleh dilupakan. Terlepas apakah Anda mendengarkan dari speaker, earphone atau Bluetooth, ZenFone 5 menawarkan teknologi terbaik untuk kualitas audio tertinggi. Dual speakers dengan Dual Smart Amp – Ayo!, Mainkan lagu rock favorit Anda di ZenFone 5 dengan volume maksimum. Anda akan dikejutkan dengan suara yang sangat jernih, keras, namun bebas distorsi dengan bass yang kaya.

Fitur Fingerprint dan Face Unlock Super Lancar

ZenFone 5 menawarkan face unlock sebagai keamanan tambahan. Setelah terdaftar, pemilik dapat membuka kunci ponsel dengan cepat hanya dengan melihat ke kamera. Selain itu juga terdapat Sensor sidik jari khusus untuk membuka kunci ponsel secepat 0,3 detik. Sensor sidik jari ini juga dapat digunakan untuk otentikasi oleh aplikasi lain.

Kesimpulan Review ASUS Zenfone 5 ZE620KL

Jika kalian mencari sebuah smartphone yang memiliki kamera yang powerfull dan juga untuk bermain game tentunya bisa mengandalkan ASUS Zenfone 5 ZE620KL, walau baterainya hanya memiliki kapasitas 3300 mAh dengan snapdragon 636 dapat memanjangkan durasi baterai sehingga tetap nyaman digunakan untuk harian. Harga yang dalam kisaran 4 Juta juga masih lebih masuk akal daripada merk sebelah.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here