asus zenfone live l1

ASUS bisa dibilang menjadi sebuah produsen yang sedag mengeluarkan produk terbaiknya pada tahun 2018 ini terlebih lagi pada urusan smartphone ZenFone-nya. Mengeluarkan ASUS Zenfone Max Pro M1 yang sudah menggunakan layar Full View Display, ASUS menghadirkan 1 lagi smartphone dengan layar full view display namun dengan harga yang sangat terjangkau bernama ASUS ZenFone Live L1.

Tentunya ASUS ZenFone Live L1 ini bisa dibilang sangat terjangkau namun juga memiliki banyak fitur menarik yang akan membuat kalian tidak percaya bisa mendapatkan smartphone ini hanya dengan 1 Jutaan saja. Yuk langsung saja kita simak langsung seperti apa sih fitur-fitur dan juga keunggulan yang terdapat pada ASUS ZenFone Live L1 ini lewat ulasan tim Futureloka. Cekidot!

Spesifikasi Lengkap ASUS ZenFone Live L1

ZenFone hadir sebagai perangkat ASUS untuk pasar smartphone terjangkau pada rentang harga 1 jutaan. Karenanya mereka cocok sekali bagi para pengguna muda seperti mahasiswa dan pelajar, yang mengidamkan perangkat canggih namun tetap ramah di kantong. Walaupun dengan harga yang terbilang murah, bukan berarti ASUS ZenFone Live L1 ini memiliki spesifikasi yang kurang bagus, yuk langsung kita kupas mulai dari layar, kamera, dan juga prosesor dari ASUS ZenFone Live L1 ini.

Model ASUS Zenfone Live L1 ZA550KL
CPU Qualcomm Snapdragon 425 with 64-bit Quad-core Processor @1.40 GHz
GPU Qualcomm Adreno 308
RAM LPDDR3 2GB / 3GB
Storage eMCP 16GB / 32GB + 100GB Google Drive (free 1 year)
Micro SD Yes (up 256GB)
Connectivity 802.11b/g/n, Bluetooth v4.0 +EDR, Wi-Fi direct
Network LTE Cat4: UL 42 / DL 150 Mbps

DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42 Mbps, Support VoLTE/VoWifi

SIM Card Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card

Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.

Navigation GPS, AGPS, GLONASS
Display 5.5-inch HD+ (1440 by 720) with               front 2.5D cover glass display

Capacitive touch panel with 5 points multi-touch

Video 1080p FHD video recording at 30 fps

Take still photo while recording video

Battery 3000mAh capacity with fast charging, ASUS PowerMaster technology, 2x longer battery lifespan
Main Camera 13 megapixels, f/2.0 aperture, EFL 3.519cm, 0.3 second Phase Detection Auto-Focus

LED flash, Instant cameras switching                                                                                

Front Camera 5 megapixels, f/2.4 aperture, EFL 2.34cm, 75.6° field of view                                   
Sensor Accelerator, E-Compass, Proximity sensor, Ambient light sensor, Gyroscope
OS Android™ O with new ASUS ZenUI 5.0
Dimension 147.26*71.77*8.15mm
Weight 140 grams
Warna Deepsea Black, Sunlight Gold

Display Full View Display ASUS ZenFone Live L1

asus zenfone live l1

ASUS mengusung konsep The Real FullView Design pada ZenFone Live L1 dimana layar dengan aspek ratio 18:9 masih menjadi andalan. Namun ZenFone Live tidak hanya membawa desain fullview semata, melainkan juga dipercanggih dengan resolusi layar HD+, dimana besaran angka resolusi layar menjadi tidak lazim yakni 1440×720 piksel.

Smartphone ini juga memiliki screen to body ratio alias rasio lebar layar dengan bodi sebesar 82 persen. Ini dapat diartikan bahwa perangkat memiliki bezel yang tipis dan akan nyaman untuk digunakan bermultimedia. Melalui inovasi pada desainnya, ASUS berhasil mengemas ZenFone Live memiliki bentang layar 5,5 inci dengan ukuran tubuh hanya 5 inci saja. Inti tentu saja menjadikannya lebih nyaman digenggam maupun digunakan.

Berat dan Dimensi ASUS ZenFone Live L1

asus zenfone live l1

Smartphone ini punya bodi yang tipis dengan ketebalan hanya 7,95mm. Selain itu, bobotnya juga ringan hanya 120 gram. Menyinggung perihal bentuk tubuhnya, Anda akan menemukanperbedaan dalam aspek ini. Pada ZenFone Live generasi sebelumnya, perangkat dibuat dengan bodi yang standar, dengan bentuk yang punggung yang lurus kemudian setengah bulat di bagian lis bodinya.

Namun pada desain barunya, ASUS mengemas ZenFone Live L1 dengan bentuk punggung yang agak melengkung sehingga lebih compact ketika digenggam oleh tangan. Lengkungan ini pun membuat pengguna tidak akan merasa sakit ketika menggenggam dengan kuat perangkat.

Tombol dan Sim Tray ASUS ZenFone Live L1

asus zenfone live l1

Dari sisi tata letak, ASUS menempatkan tombol power berada di sebelah kanan bersamaan dengan tombol volume. Sementara audio jack terletak di bagian atas perangkat. Di sisi kiri ada akses ke SIM tray. Di dalamnya Anda bisa memasukan dua buah kartu SIM atau memilih salah satunya dan menambahkan micro USB sebagai opsi ekspansi ruang penyimpanan data.

Untuk membuka SIM card tray tersebut, pengguna cukup menusuk lubang yang tersedia di sana dengan SIM card ejector yang sudah disediakan di paket kemasannya. Kalau hilang, tenang saja. Tray penyimpanan ini masih bisa dibuka dengan menusukkan jarum atau paper clip. Adapun slot ekspansi penyimpanan itu sendiri dapat menampung kartu Micro SD hingga kapasitas 2TB.

Sebagai informasi, perangkat telah mendukung konektivitas 4G LTE pada kedua SIM-nya. Seluruh operator jaringan telekomunikasi termasuk Bolt dan Smartfren, dapat berjalan pada smartphone ini. Adapun pada bagian bawah Anda akan menemukan akan grill speaker bersama dengan port charger. ASUS Zenfone Live mengadopsi tiga buah on screen button pada perangkat ini.

Kamera ASUS ZenFone Live L1

asus zenfone live l1

Zenfone Live L1 dilengkapi dengan kamera beresolus 13MP dibagian belakang serta 5MP pada bagian depan  untuk merekam berbagai momen. PixelMaster menjadi bagian tak terpisahkan dari seluruh jajaran ASUS Zenfone, tak terkecuali di Zenfone Live. Kamera belakang 13 megapiksel dan 5 megapiksel di depan dikombinasikan dengan apik oleh ASUS menggunakan PixelMasternya. ASUS memberikan ukuran pixel size sebesar 1.4um untuk mengisi keseluruhan sensor pada smartphone ini.

Hasil Kamera Asus Zenfone Max

Dari sisi modus pemotretan, Zenfone Live menyediakan banyak pilihan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari Auto, HDR Pro, Beautification, Potrait Mode, Panorama dan Time Lapse.  Adapun untuk kamera depan, moduse pemotretan yang tersedia adalah Beautification, dan Potrait Mode.

Prosessor dan RAM ASUS ZenFone Live L1

asus zenfone live l1

Zenfone Live L1 ditujukan untuk memadati pangsar pasar smartphone entry level yang terjangkau. Sebagai gawai yang value for money, ZenFone Live L1 memiliki sejumlah teknologi yang disesuaikan untuk kebutuhan pasar tersebut serta para calon penggunanya. System on Chip (SoC) yang digunakan Snapdragon 425, dimana yang prosesor memiliki empat inti otak (quad core processor) untuk mengolah perintah. Prosesor mampu mengolah sistem komputasi dengan kecepatan 1,4GHz. Sistem olah grafisnya ditingkatkan, dari yang sebelumnya menggunakan Adrenon 305, terkini diupdate menjadi Adreno 308.

asus zenfone live l1

ZenFone Live memiliki RAM sebesar 2GB dengan kapasitas media penyimpanan sebesar 16GB. Dengan spesifikasinya ini, boleh dikatakan gadget ini adalah perangkat yang value for money untuk perangkat smartphone di segmentasinya.  Tentunya RAM 2GB sudah bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti menonton YouTube bahkan bermain games yang cukup berat seperti Arena of Valor ataupun Mobile Legends.

Test Benchmark ASUS ZenFone Live L1

asus zenfone live l1

Untuk mengetahui seberapa besar kekuatan dari ASUS ZenFone Live L1 ini Tidak lupa juga, tim Futureloka mengujinya dengan berbagai aplikasi benchmarking populer untuk melihat seberapa baik performa sebuah smartphone. Antara lain AnTuTu, GeekBench, CineBench, dan 3DMark.

asus zenfone live l1

Baterai ASUS Zenfone Live L1

asus zenfone live l1

Setelah mengetahui kemampuan dari prosessor dan juga betapa cantiknya display dari ASUS ZenFone Live L1 kini giliran kemampuan baterai dari smartphone ini. ZenFone Live L1 menggunakan ukuran baterai sebesar 3000 mAh. Kapasitas ini mendapatkan peningkatan cukup jauh dibandingkan generasi Live sebelumnya yang hanya memiliki ukuran baterai sebesar 2.650mAh.

Fitur Face Unlock ASUS Zenfone Live L1

asus zenfone live l1

Fitur ini mula sering disematkan oleh ASUS pada perangkat-perangkat terbarunya. Sebelumnya kalau tidak salah, Max Plus M1 sudah mendapatkanya. Terkini face unlock sudah lebih dioptimalkan pada seri ZenFone 5Q. Tentunya fitur ini bisa membuat kalian terlihat lebih keren lagi dalam membuka smartphone kalian walau ASUS Zenfone Live L1 tidak memiliki fitur Fingerprint sensor.

Kesimpulan Review Lengkap ASUS Zenfone Live L1

asus zenfone live l1

Tim Futureloka tentunya melihat keunggulan dari ASUS Zenfone Live L1 ini dari berbagai macam sisi, mulai dari sisi gaming, kamera, dan juga keunggulan baterai bahkan dari sisi Full View Display yang memukau membuat kalian akan semakin ingin meminang ASUS Zenfone Live L1. Harga yang sangat terjangkau yakni hanya 1 Jutaan akan membuat kalian tidak berfikir panjang untuk “memacari” smartphone dari ASUS ini.

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here