Review Huawei Freebuds 3i, TWS Terjangkau dari Huawei dengan Fitur Super Mewah!

0

Memiliki ponsel pintar yang canggih dan terkini merupakan keharusan karena smartphone dapat menunjang segala jenis aktifitas manusia modern mulai dari bisnis hingga hiburan. Khusus untuk entertainment kebanyakan ponsel keluaran terbaru tidak lagi membekali produknya dengan earphone/ headset yang biasa digunakan untuk mendengarkan lagu atau menelepon dengan lebih privat.

Hal itu terjadi karena selain untuk memangkas ongkos produksi, perkembangan industry aksesoris handphone terutama di bagian audio semakin meningkat pesat. Saat ini sudah banyak wireless speaker maupun earphone nirkabel yang biasa disebut dengan TWS (True Wireless Stereo) berkualitas bagus dengan harga yang lebih masuk akal dari berbagai merek terkenal.

Mungkin kalau bicara mengenai TWS yang paling pertama kamu ingat adalah produk keluaran Apple yaitu Apple Airpods yang memang lebih terkenal. Kepopuleran Airpods jelas karena brand Apple yang sudah sangat kuat dan juga ia merupakan salah satu pelopor di dunia TWS. Meski demikian banyak produk serupa dengan kualitas sama yang memiliki value for money lebih baik dari merek lain, dan yang akan kita bahas adalah Huawei Freebuds 3i.

Setelah sukses dengan Huawei Freebuds 3, pabrikan asal Tiongkok tersebut langsung melakukan inovasi dan mengeluarkan Freebuds 3i bulan lalu sebagai penerus kesuksesan Freebuds 3. Lantas apa saja yang membuat Huawei Freebuds 3i ini menarik? Well, Untuk itu tim Gawai Mikro akan membedah kemampuan teknis Huawei Freebuds 3i. Mari, langsung saja kita lihat Informasi Lengkap Seputar Huawei Freebuds 3i (Spesifikasi, kenyamanan , kelengkapan, dan Harga,).

Spesifikasi Lengkap Huawei Freebuds 3i

Apa yang Huawei berikan untuk Freebuds 3i ini terbilang cukup menjanjikan karena ia dilengkapi dengan fitur ANS atau Active Noise Cancellation yang dapat membuatmu lebih nyaman ketikan mendengarkan musik atau menerima panggilan. Belum lagi kesan premium yang didapatkan saat menggunakannya karena bila dilihat sekilas, bentuk dari Freebuds 3i ini mirip dengan Apple Airpods.

Berikut kami sajikan spek umum dari Huawei Freebuds 3i dengan lengkap:

  • Speaker: 10mm dynamic driver per earbud
  • Mic: Triple mics (2 outer, 1 inner), ANC support (sampai 32db)
  • Warna: Ceramic White, Carbon Black
  • Berat: 5.5g (earbud), 51g (charging case)
  • Dimensi: 41.8 x 23.7 x 19.8mm (per earbud), 80.7 x 35.4 x 29.2 mm (charging case)
  • Charging port: USB-C, no wireless charging
  • Baterai: 37 mAh (per earbud), 410 mAh (charging case)
  • Waktu Charge : Sekitar 2 jam
  • Music playback: 3 jam (dengan ANC), 4,5 jam (tanpa ANC)
  • Total playback: 14,5 jam (dengan charging case)
  • Konektivitas: Bluetooth 5.0, mendukung codec SBC & AAC
  • Daya tahan: IPX4 tahan cipratan air
  • Fitur: awareness mode, fast pair & wear detection (EMUI 10 only)

Kenyamanan Huawei Freebuds 3i

Tentu kamu bisa berharap banyak dengan Huawei mengingat produk sebelumnya Huawei Freebuds 3 juga memiliki reputasi cukup bagus di segi kualitas dan kenyamanan. Lantas apakah produk terbaru ini berhasil mempertahankan hal itu? Untungnya iya, karena meskipun dibanderol dengan harga yang lebih murah dibanding para kompetitor di kelasnya, Huawei Freebuds 3i punya fitur unggulan seperti ANS. Bahkan beberapa TWS lain dengan harga lebih mahal belum punya fitur ini.

Active Noise Cancellation yang dimiliki Huawei Freebuds 3i ini dapat diaktifkan dengan cara menyentuh lalu tahan touchpad di salah satu earbud-nya dan fitur akan otomatis menyala. Fitur ini sangat berguna ketika kamu menggunakan TWS ini di tempat – tempat ramai seperti di stasiun, terminal atau tempat umum lainnya. ANS di Huawei Freebuds 3i benar – benar bisa meredam kebisingan hingga nyaris senyap sehingga menambah kenyamanan dan pengalaman saat mendengarkan musik atau menerima panggilan telepon.

Meski demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada Huawei Freebuds 3i ini seperti jumlah shortcut atau pintasannya yang kurang banyak. Tiap – tiap earbud hanya memberikan dua pilihan pintasan, yaitu double-tap serta touch dan hold, tidak seperti TWS lainnya yang punya opsi tambahan sekali sentuh. Jadi kalau sedang memakai satu earbud, misalnya, harus memilih antara play/pause atau forward/backward lagu, tidak bisa secara bersamaa.

Begitupun dengan baterai yang biasa – biasa saja tidak begitu superior layaknya Apple AirPods dan masih kalah dari Galaxy Buds Plus yang punya daya tahan baterai sangat baik. Dalam kondisi penuh Huawei Freebuds 3i dapat digunakan untuk mendengarkan musik selama tiga jam tanpa henti dengan fitur Active Noise Cancellation menyala. Sedangkan saat ANS dimatikan ia bisa bertahan satu jam lebih lama.

Kenyamanan selanjutnya juga didapatkan dari charging case yang cukup kompak walau ia masih belum mendukung fitur pengisian daya wireless. Meski port yang digunakan sudah USB tipe C, namun Huawei Freebuds 3i ini sayangnya belum mendukung fast charging jadi pengisian daya dari 0 ke 100% bisa memakan waktu kurang lebih dua jam.

Dimensi dari earpod Huawei Freebuds 3i ini ialah 10 mm, dan untuk kulitasnya sendiri ia cenderung balance dan lebih merata dan tergolong baik. Meskipun bass yang dihasilkan tidak terlalu dalam namun sudah lebih dari cukup saat digunakan mendengarkan lagu – lagu kebanyakan.

Harga Resmi Huawei Freebuds 3i

Dengan fitur seperti Active Noise Cancellation pasti kamu berpikir harga Huawei Freebuds 3i ini akan menjadi cukup mahal bukan? Namun ternyata di sinilah letak keunggulan terbesar Freebuds 3i, di mana ternyata ia dibanderol dengan harga tidak sampai satu setengah juta Rupiah. Tepatnya Huawei Freebuds 3i dihargai Rp1.399.000

Kesimpulan Review Huawei Freebuds 3i Indonesia

Meski secara brand ia tidak se premium Apple Airpods ataupun Samsung Galaxy Buds Plus namun apa yang Huawei berikan ternyata tidak kalah hebat. Bahkan beberapa fitur pentung seperti ANS tidak semua kompetitor dengan harga yang lebih mahal memilikinya. Ia jelas memiliki kekurangan tetapi tidak lantas menurunkan value-nya sebagai salah satu TWS terbaik yang ada di pasaran saat ini.
Demikianlah informasi mengenai Huawei Freebuds 3i, TWS terbaru dari Huawei yang akan semakin menyemarakan persaingan pada industry headset nirkabel yang semakin ramai di Tanah Air.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here