Siapa yang tidak mengenal produk POCO yang selalu menghadirkan smartphone dengan spesifikasi tidak main-main dan mematikan banyak produk saingannya. Nah, pada kesempatan kali ini tim Futureloka kedatangan salah satu smartphone yang bisa dibilang memiliki spesifikasi yang mumpuni namun harga yang sangat tidak masuk akal alias sangat murah yaitu POCO M3.

Nah, pada kesempatan kali ini tim Futureloka akan mencoba untuk mengulas Smartphone Entry Level dari POCO yang hadir dengan spesifikasi Mid-End dan pastinya sayang jika kalian lewatkan. Yuk langsung saja kita simak lebih lengkapnya.

Spesifikasi POCO M3

Spesifikasi utama dari Poco M3, smartphone ini mengusung SoC Snapdragon 662 dari Qualcomm. SoC ini difabrikasi dengan proses 11 nm, dengan konfigurasi CPU Kryo 260 + GPU Adreno 610, serta disokong dengan ISP Spectra 340T dan DSP Hexagon 683. Pada aspek memori, Opsi RAM/Storage yang tersedia ada dua pilihan yaitu 4GB/64GB dan 6GB/128GB. Pengguna masih bisa menambahkan media penyimpanan dengan slot microSD up to 512GB yang tersedia, jika membutuhkan storage yang lebih besar.

Pada aspek kamera, Poco M3 menggunakan kamera utama beresolusi tinggi yaitu 48MP f/1.79. Ini sangat jarang ditemui pada smartphone dikelasnya. Sensor ini juga dipasangkan dengan sesnor macro 2MP f/2.4, fixed focus dan depth sensor 2MP f/2.4. Tak ketinggalan dari aspek daya, smartphone ini menawarkan kapasitas baterai yang sangat besar yaitu 6000mAh. Baterai besar tersebut diisi dengan adaptor charge dengan pengisian 18W USB Type C, yang tersedia pada paket penjualan.

Desain POCO M3

Secara keseluruhan, desain yang ditawarkan oleh POCO M3 cukup menarik menurut saya. Walaupun bodinya cenderung lebar ke samping, namun masih nyaman untuk digenggam dan tidak mudah selip dari tangan. Hanya saja, mungkin akan ada beberapa pengguna yang mengira POCO M3 merupakan handphone mainan akibat warna matte yang membalutnya.

Beralih kembali ke bagian depannya, POCO M3 tampil gaya dengan layar besar berukuran 6,53 inci yang menyajikan gambar dalam resolusi FHD+ 2340 x 1080 piksel pada rasio 19,5:9. Layar tersebut pun terasa terasa lega karena memiliki rasio layar-ke-bodi mencapai 90,34% sehingga akan lebih leluasa ketika menikmati konten hiburan.

Layar POCO M3 juga sudah dilengkapi sertifikasi rendah cahaya biru dan TUV Rheinland dan Widevine L1 untuk memberikan kenyamanan semaksimal mungkin. Layar tersebut pun punya tingkat kecerahan yang cukup baik dan masih dapat dilihat dengan cukup jelas ketika digunakan di bawah terik sinar matahari.

Fitur Menarik dan Harga POCO M3

Di sisi kelengkapan sensor, Poco M3 hanya menyediakan sensor seperti Accelerometer, Proximity, Ambient Light. Sayangnya belum ada sensor Gyroscope untuk smartphone ini, melainkan hanya ada virtual Gyroscope, yang tentunya responnya tidak sekencang sensor Gyroscope hardware.

Lalu di sisi konektifitasnya, selain jaringan selular 4G LTE, juga tersedia Wi-Fi 5, Bluetooth 5.0, FM Radio, IR Blaster. Belum tersedia NFC, dan hal itu tentu wajar karena smartphone ini sendiri masih di kategori entry level.

Dibagian softwarenya, Poco M3 menggunakan MIUI 12 for Poco, dengan basis Android 10.  Poco M3 juga sudah mendukung Widevine L1, yang memungkinkan pengguna memutar Netflix atau konten lain di resolusi HD.

Untuk harga, Poco M3 model 4GB/64GB dijual dengan harga SRP Rp 1.899.000. Sedangkan model 6GB/128GB dijual dengan harga SRP Rp 2.299.000. Untuk harga perkenalan, Poco memberikan harga yang lebih terjangkau yaitu Rp 1.799.000 dan Rp.2.199.000.

Kesimpulan Review POCO M3

Untuk smartphone dengan harga di bawah 2 jutaan ini, bisa dibilang POCO M3 menjadi pilihan yang tepat untuk kalian yang sedang menjadi smartphone entry level dengan spesifikasi yang tidak main-main. Tentu saja tim Futureloka sangat merekomendasikan kalian untuk membeli dan mencoba POCO M3 ini walau hanya menjadi smartphone kedua maupun menjadi smartphone utama kalian.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here