Brand POCO bisa dibilang selalu menghadirkan banyak produk-produk yang menyasar kepada anak muda dengan spesifikasi yang tidak main-main. Salah satu seri POCO yang bisa dibilang dapat diandalkan baik untuk kamera maupun prosesor adalah POCO M4 Pro. Hadir dengan warna yang meriah, POCO M4 Pro diharapkan dapat menjangkau targetnya yaitu anak-anak muda yang kreatif.

Nah, pada kesempatan kali ini tim Futureloka akan membahas ulasan dari POCO M4 Pro. Mulai dari spesifikasi, desain, kamera, dan juga performa dari smartphone mid range yang satu ini. Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita simak pada artikel di bawah ini.

Spesifikasi POCO M4 Pro

POCO M4 Pro 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 810 5G dengan fabrikasi 6 nanometer. Chipsetnya ini diklaim setara dengan kebanyakan chipset yang dipakai smartphone-smartphone kelas flagship. Sedangkan prosesor yang ada di dalamnya adalah Octa-core dengan clock speed sampai dengan 2.4GHz serta memakai kartu grafis ARM Mali-G57 GPU.

Salah satu faktor penting pada perangkat ini tentu saja keberadaan sistem operasinya. Unit review POCO M4 Pro 4G yang kami pegang mengadopsi Helio G96. Diperkuat CPU octa-core CPU yang ditandem dengan GPU Mali-G57 MC2. Prosesor ini bekerjasama dengan baik bersama RAM 8GB serta memori internal 256GB (LPDDR4X RAM, UFS 2.2 storage). Dilengkapi teknologi Dynamic RAM Expansion Technology.

Bisa menyisipkan RAM tambahan 3GB. Jadi smartphone lebih leluasa menjalankan banyak program tanpa khawatir hang. Penyimpanan juga bisa diperluas hingga 1TB via slot microSD. Tak hanya itu, guna meredam panas berlebih, HP dilengkapi LiquidCool Technology. Prosesor ini juga berkolaborasi efektif dengan display layar yang mempunyai refresh rate 90Hz. Dengan dukungan refresh rate tinggi, clockspeed kencang dan temperatur wajar, hasilnya adalah: kinerja dan performa gesit cepat dan ngebut. Gambar pun terlihat smooth, tajam dengan transisi maupun pengoperasian yang minim lag.

Desain POCO M4 Pro

Poco M4 Pro mengusung dimensi ukuran 159.87mm x 73.87mm x 8.09mm dengan berat 179 gram. Poco M4 Pro yang saat ini kami pegang adalah varian Cool Blue dengan RAM 8GB dan ROM 256GB. Salah satu yang mencolok terletak di panel belakang, di mana ada modul kamera besar yang ukurannya kira-kira sepertiga bodi. Bingkai kamera itu berisi tiga kamera utama, logo Poco, dan tulisan ’64MP AI Triple Camera’.

Bodinya tahan debu dan cipratan air dengan sertifikasi IP53 dan bagian muka diproteksi Corning Gorilla Glass 3. Tidak ketinggalan, POCO M4 Pro masih menyediakan berbagai fitur pendukung yang mungkin sulit ditemukan di merek lain. Di sisi atas, masih bisa dijumpai lubang jack audio 3,5 mm dan IR Blaster, serta ada mikrofon dan speaker sekunder. Port USB-C, mikrofon dan speaker utama berada di sisi bawahnya.

Kamera POCO M4 Pro

Poco M4 Pro memiliki fitur sistem tiga kamera yang dipimpin oleh sensor 64Mp, yang merupakan yang pertama dari jenisnya yang muncul di seri-M. Model 5G, sebagai catatan, menggunakan sensor 50Mp. Secara default, kamera mengambil bidikan 16Mp menggunakan binning piksel 4-in-1, tetapi Anda dapat memilih untuk menggunakan bidikan 64Mp all-in jika diinginkan.

Seperti biasa, kamera utamanya mengadopsi metode 4-cell alias Quad Bayer, secara default menghasilkan foto 16 MP dengan ukuran piksel lebih besar 1,4 µm. Ditemani kamera 8 MP f/2.2 dengan lensa ultrawide 118 derajat, kamera 2 MP f/2.4 untuk bidikan macro, dan kamera depan 16 MP f/2.5.

Fitur pada aplikasi kameranya lumayan lengkap, termasuk mode portrait, night, dan pro yang menawarkan kontrol manual. Secara umum, kualitas foto yang dihasilkan di siang hari cukup mengesankan, detailnya dapat, dynamic range-nya lebar, dan warnanya juga hidup. Menurut saya, mencukupi untuk kebutuhan pembuatan konten kreatif untuk media sosial atau konten video pendek.

Performa POCO M4 Pro

Varian POCO M4 Pro yang penulis uji memiliki spesifikasi prosesor Helio G96 Gaming. Prosesor ini memang prosesor tergolong baru, tapi dengan ada huruf “G” di bagian depan membuat prosesor ini tentunya unggul untuk kebutuhan bermain game. Apalagi prosesor ini juga dipadukan dengan RAM 8 GB serta ROM 256 GB, yang rasanya sudah cukup besar untuk kebutuhan bermain game mobile yang populer saat ini. Ini merupakan varian tertinggi yang dirilis oleh POCO Indonesia.

Namun dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan POCO X3 Pro, bagaimana dengan performa yang dimilikinya? Nah untuk masalah performa, penulis sendiri juga telah mengujinya dalam sejumlah aplikasi benchmark populer saat ini. Berikut hasilnya:

Harga dan Kesimpulan POCO M4 Pro

Saat dirilis pada bulan Maret 2022 lalu, POCO M4 Pro dengan varian RAM 8 GB dan storage 256 GB dibanderol dengan harga Rp3 jutaan. Walau begitu, terdapat varian RAM dan ROM yang lebih rendah yang dibanderol dengan harga lebih murah dan masuk dalam kategori smartphone Rp2 jutaan. Secara garis besar, POCO M4 Pro memiliki empat fitur yang diunggulkan yang terpampang pada kotak belakang, di antaranya; prosesor Helio G96 Gaming, layar Ultra Smooth 90 Hz, 33 Watt Dart Charge, dan baterai 5000 mAh yang besar.

Dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan membuat POCO M4 Pro terasa value for money. Bagaimana tidak, smartphone gaming ini sudah sangat mumpuni untuk menjalankan sejumlah game mobile populer, foto-foto untuk kebutuhan sosial media, dan daya tahan baterai yang awet dan pengisian yang lumayan cepat. Membuat smartphone dari POCO ini bisa menjadi pilihan untuk memiliki sebuah smartphone dengan spesifikasi tertinggi layaknya smartphone gaming tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here