realme merupakan sebuah produsen smartphone hingga IoT. Mulai dari smartphone, TWS, Laptop bahkan TV. realme memang mulai fokus pada barang-barang IoT, tetapi tentunya kualitas smartphonenya tetap konsisten dan berkualitas. realme memiliki beberapa kelas smartphone, mulai dari entry level yang dikhususkan untuk penggunaan sehari-hari yang ringan hingga smartphone flagship yang spesifikasinya nggak main-main.

Kali ini Tim Futureloka sudah kedatangan smartphone flagship dari realme, yaitu realme GT 2 Pro. Salah satu flagship realme yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 termurah. Penggunaan chipset high-end tentunya bisa membuat smartphone ini memainkan game-game berat hingga multi tasking. Daripada penasaran, langsung saja simak review lengkap kami tentang realme GT 2 Pro.

Desain realme GT 2 Pro

Kali ini realme mengusung desain yang ramah lingkungan. Mulai dari box yang menggunakan tinta kedelai, hingga penggunaan kertas sebagai bahan baku casing ponsel ini. realme juga menggaet desainer ternama asal Jepang, Naoto Fukasawa. Naoto Fukasawa bertugas untuk mendesain ponsel flagship ini. 

Kali ini tim Futureloka mendapatkan kesempatan untuk mereview realme GT 2 Pro dengan varian Paper Green. Terdapat tiga varian warna realme GT 2 Pro, yaitu Paper White, Paper Green dan Steel Black.

Selama melakukan review, tim Futureloka merasakan feel yang berbeda ketika menggenggamnya, karena biasanya body smartphone terbuat dari plastik dan kaca yang mainstream

Penggunaan biopolimer berbahan dasar kertas membuat ponsel ini terasa lebih kokoh ketika dipegang. Body yang tidak memberikan bekas sidik jari, dan goresan kecil. Ditambah, smartphone ini didesain agar memiliki tekstur seperti kertas pada bagian pada bagian body yang didesain memiliki pola seperti kertas.

Di sebelah kamera terdapat tulisan realme yang diukir menggunakan laser, dan dapat menyala jika mendapatkan cahaya dari sudut tertentu. Serta dibawahnya terdapat tanda tangan sang desainer, Naoto Fukasawa.

Modul kamera ponsel ini mirip dengan kakaknya, realme GT 2. Terdapat 2 kamera berukuran besar dan satu kamera kecil yang diapit dengan 2 LED flash. 

Pada bagian depan, penampilan smartphone ini mirip dengan smartphone kelas flagship lainya, dengan layar fullscreen serta kamera depan pada bagian kiri atas layar. Di sisi kanan terdapat tombol power, sisi kiri terdapat tombol volume dan dibagian bawah terdapat port USB-type C. speaker, slot SIM card dan mikrofon

Spesifikasi realme GT 2 Pro

Ditenagai dengan Snapdragon 8 Gen 1, realme menjadi salah satu smartphone pertama yang menggunakan prosesor terbaru dan tercepat dari Snapdragon. 

Selain ngebut, Snapdragon 8 Gen 1 juga lebih efisien. Bahkan kinerjanya 20% lebih kencang dari generasi sebelumnya. Dipasangkan dengan RAM 12 GB dan memori internal sebesar 256 GB pastinya akan membuat pengalaman gaming lebih nyaman.

realme GT 2 Pro dibekali dengan layar 2K AMOLED. Dengan panel display berukuran 6.7 inci dengan bezel yang lebih tipis dari sebelumnya memberikan kesan layar yang lebih luas. 

Dengan adaptive refresh rate hingga 120Hz akan memberikan kenyamanan dalam melakukan multitasking hingga gaming. Layar akan menyesuaikan refresh rate agar tidak terjadi pemborosan daya baterai.

Selain itu realme GT 2 Pro sudah mendukung NFC 360 derajat, ditambah dengan Antenna Array Matrix System untuk penangkapan sinyal yang lebih baik.

Rilis Maret 2022
Network GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE / 5G
Layar LTPO2 AMOLED 6,7 inci, 1B colors, 120Hz, HDR10+, 1400 nits, WQHD+, In-Display fingerprint scanner with heart rate detection
OS Android 12, realme UI 3.0
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
GPU Adreno 730
RAM 12 GB LPDDR5
Memori 256 GB UFS 3.1
Dimensi 163.2 x 74.7 x 8.2 mm, 189 gram
Kamera Utama 50 MP Sony IMX 766 + OIS, 50 MP (ultrawide) 150°, dan 3 MP (microlens)
Kamera Depan 32 MP
Baterai 5.000 mAh, Fast Charging 65W
Konektivitas Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, NFC
Warna Paper White, Steel Black, Paper Green

Kamera realme GT 2 Pro

Dual 50 MP Matrix OIS Camera menjadi unggulan dari realme GT 2 Pro. Kamera utama 50 MP dengan OIS akan menangkap gambar dengan jernih dan matang. Dan 50 MP ultra wide yang mampu menangkap gambar hingga 150 derajat, memungkinkan menangkap objek lebih banyak dari sebelumnya. 

Selfie
Selfie
Mikroskop
Makro
Main Camera
Ultra Wide
Zoom 2x

Masih dibagian belakang, realme juga memiliki kamera mikroskop dengan sensor 3mp. sensor ini dapat membidik hingga detail terkecil layaknya microscope

Tidak hanya unggul di kamera belakang, kamera depan smartphone ini juga bisa dibilang bagus. Kamera depan dengan sensor 32 MP patut diacungi jempol. Gambar yang diambil cukup detail, dan lebih kaya warna, alias tidak pucat.

Performa realme GT 2 Pro

Snapdragon 8 Gen 1 merupakan salah satu chipset tercepat saat ini. Ditambah dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB siap mengikuti kalian untuk multitasking hingga bermain game.

Untuk menguji performa dari smartphone ini, kami melakukan test mulai dari test benchmark hingga test gaming. Untuk pengujian benchmark, tim Futureloka menggunakan beberapa aplikasi yaitu, AnTuTu 3DBench, 3D Mark dan Geekbench 5. Hasilnya pun mengesankan, skornya sangat gahar.

Untuk pengujian pada game, kami melakukan pada 3 game yang sedang populer yaitu Genshin Impact, PUBG Mobile dan Mobile Legend. Masing masing dimainkan dalam suhu normal, tidak dingin dan tidak panas dan tidak dalam kondisi di charge.

Pada game Genshin Impact, Kami mencoba dengan setting HIghest 60 fps, hasilnya ponsel ini bisa bertahan di 45 – 60 fps, baik dalam keadaan sepi atau sedang in-fight. Jika ingin stabil di 60 fps, kalian bisa merubahnya ke settingan Medium

Untuk PUBG Mobile, dengan settingan grafis Ultra HD dan frame rate Ultra, hasilnya stabil di 40 fps. Frame rate stabil di 40 fps dan bisa turun hingga 2 – 5 fps dalam keadaan ramai dan banyak player.

Pada Mobile Legend, kami menggunakan pengaturan rata kanan, alias grafis Ultra dengan Frame rate High. Hasilnya game dapat berjalan mulus tanpa adanya lag atau patah-patah, dan stabil pada 60 fps.

Kesimpulan Dan Harga realme GT 2 Pro

Meskipun body smartphone realme GT 2 Pro tipis dan stylish, tetapi spesifikasi yang diberikan cukup gahar layaknya smartphone gaming. Untuk desainnya yang anti-mainstream juga mendapatkan nilai plus oleh tim Futureloka. Warna yang cukup menarik, tetapi tidak begitu norak. Ditambah dengan body belakang yang tidak memberikan jejak fingerprint ketika memegangnya.

Untuk pengalaman gaming, tim Futureloka merasa puas dari performa gaming smartphone ini. realme GT 2 Pro siap melibas game-game besar dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1. Sayangnya ada beberapa game yang membatasi frame ratenya, sehingga game tersebut tidak dapat dinikmati secara maksimal. 

Kamera dari smartphone ini juga cukup jernih, foto dan video dapat ditangkap dengan baik bahkan dalam keadaan low light. 

Untuk harga dari ponsel ini adalah IDR 9.599.000 dari website resmi realme. Dengan harga 9 jutaan kalian akan mendapatkan banyak kelebihan dari ponsel ini. Tim Futureloka pastinya menyarankan kalian membeli smartphone Flagship dari realme yang satu ini. 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here