Sebagai penggemar gaming tentu perhatian utama kamu tertuju kepada perangkat keras atau hardware, yang memang hal itu merupakan inti untuk menjalankan sebuah aplikasi atau gim. Dengan perangkat keras yang mumpuni maka semua jenis game dapat kamu libas dengan mulus tanpa halangan.

Tapi di dunia gaming, ada banyak hal yang mempengaruhi  performa dan keasyikan bermain selain faktor hardware. Perangkat lunak atau software juga turut berpengaruh akan pengalaman bermain gim, lalu ada hal lain yaitu konektifitas yang bagus, terlebih di era online gaming dan streaming seperti sekarang,

Bayangkan, saat sedang seru bermain game atau membuat konten , tiba – tiba aktivitasmu terganggu akibat koneksi internet yang tidak stabil. Tentu hal ini sangat menyebalkan, dan hal pertama yang kamu salahkan biasanya adalah penyedia layanan internet. Bisa jadi sebetulnya koneksi internet kamu baik – baik saja namun perangkat yang menyalurkan koneksi internet tersebut yang bermasalah, dan biasanya alat ini berupa router atau modem.

Router atau modem yang bagus merupakan perangkat yang krusial terutama bagi kamu yang sering bermain game, karena perangkat ini dapat memastikan kamu untuk mendapatkan koneksi stabil dan terhindar dari lag atau delay saat berselancar di dunia maya atau saat melakukan aktifitas gaming yang intens.

Maka dari itu di artikel kali ini kita akan membahas salah satu router yang diciptakan khusus untuk para gamers. Perangkat ini diciptakan oleh sebuah brand yang sudah sangat terkenal berkecimpung di dunia PC dan gaming selama bertahun – tahun. Maka langsung saja berikut adalah review Router Gaming dengan WiFi 6 ASUS RT AX55 mulai dari spesifikasi, Jaringan, paket pembelian, dan kesimpulan.

Spesifikasi Lengkap ASUS RT AX55

Sebelum masuk ke sepsifikasi, kita bahas dahulu apa itu WIfi 5 dan WiFI 6 (teknologi yang digunakan di ASUS RT AX55. Pada Wifi gen 5 (AC) dan sebelumnya, satu channel WiFI Cuma  mampu mentransmisikan satu transmisi ke satu perangkat  di satu waktu. Kalau kamu pernah mengalami WiFI dengan koneksi lambat  pada saat pengguna sedang banyak yang menggunakan WiFI itu, maka bisa jadi router lama kamu  masih memakai  teknologi lama.

Sedangkan, dalam satu paket transmisi data, WiFI gen 6 bisa menandai paket data yang ditransmisikan, sehingga tidak terjadi antrian dalam seperti WiFI generasi sebelumnya. Tentu hal ini akan berakibat pada meningkatnya konektivitas internet secara drastis.

Berikut adalah spesifikasi umum dari WiFi 6 ASUS RT AX55

  • Antenna External antenna x 4
  • Transmit/Receive 2.4 GHz 2 x 2 5 GHz 2 x 2
  • Processor 1.5GHz quad-core processor
  • Memory 128 MB Flash / 256 MB RAM
  • Internet connection Type: PPPoE, PPTP, L2TP, Automatic IP, Static IP

Kekuatan Jaringan ASUS RT AX55

ASUS RT AX55 ini mendukung standar Wifi terbaru 802.11AX (Wi-Fi 6) dan bandwidth 80MHz untuk kapasitas dan efisiensi yang lebih baik, serta perangkat buatan pabrikan asal Taiwan ini sudah mendukung kecepatan Wi-Fi Ultra Cepat – RT-AX55 mendukung bandwidth 80MHz dan 1024-QAM untuk koneksi nirkabel yang jauh lebih cepat. Dengan total kecepatan jaringan sekitar 1800Mbps – 574 Mbps pada band 2.4GHz dan 1201 Mbps pada band 5GHz.

Tidak hanya itu saja, router ini juga menggunakan sistem NitroQAM ™ (1024-QAM yang) memungkinkan kecepatan data lebih besar sampai 25% dibanding teknologi  standar yang lebih lama dibatasi hingga 256-QAM.

Test Kecepatan ASUS RT-AC86U AC2900

Modem Bawaan Myrepublic
ASUS RT AX55

Kelebihan dari Fitur WiFi 6 Pada ASUS RT AX55

Perbedaan router gen 6 dibandingkan gen 5 dan sebelumnya terletak pada :

MU-MIMU : pada gen 4 dan sebelumnya tidak support, pada gen 5 support hanya downlink, sedangkan pada wifi 6 support untuk downlink dan uplink.

BSS Color : Dalam satu paket transimisi data, wifi gen 6 mampu menandai paket data yang ditransimikan, sehingga tidak terjadi antrian dalam seperti wifi gen sebelumnya. Pada wifi gen sebelumnya, dalam satu transmisi paket data, hanya melayani 1 client saja, sedangkan dalam wifi 6 bisa multi user secara simultan berkat teknologi BSS Coloring.

Target Wake Up Time : Dengan teknologi in gadget akan lebih menghemat baterai secara signifikan. Kuncinya adalah gadget akan mengatur seberapa lama dan seberapa sering melakukan transmisi dengan router sehingga jika tidak membutuhkan status wifi akan sleep dan baterai dan daya pun akan lebih di hemat

OFDMA : Teknologi ini adalah pengembangan dari teknologi OFDM sebelumnya yang sama-sama mampu membagi paket transmisi data, dan kemudian OFDMA membagi channel menjadi alokasi fekuensi dalam bentuk lebih kecil yang disebut subcarrier. Dengan pembagian channel tersebut maka transmisi dapat dikirimkan pada saat yang bersamaan dan tidak perlu menunggu antrian. Latency adalah hal utama yang akan mendapatkan impact langsung dimana latency akan lebih cepat dibandingkan wifi generasi sebelumnya serta daya tahan baterai dari gadget akan lebih hemat dikarenakan tidak perlu menunggu lama dan bisa segera masuk ke sleep mode.

Paket Pembelian ASUS RT AX55

Bila melihat dari kemasan ukurannya tidak dapat dibilang mini untuk sebuah ukuran karton kemasan dari router dan pastinya kita akan berharap perangkatnya pun berukuran besar. Akan tetapi usai dibuka ukurannya ternyata cukup kompak.

Sedikit lebih besar bila kita sandingkan dengan router pada umumnya dengan garis khas RoG yaitu merah dan hitam. Router mainstream di kelas AX ini memiliki empat buah antenna yang tidak bisa di-detach yang berarti kamu tidak bisa mengganti antenanya dengan antena lain.

Kesimpulan Review ASUS RT AX55

Dengan segala teknologi canggih yang dimiliki ASUS RT AX55 lantas apakah worth untuk mengganti router lama kamu dengan router gaming ini? Well, bila kamu menginginkan semua hal terbaik untuk pengalaman gaming yang maksimal. Termasuk untuk konektivitas, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan router berlabel gaming ini.

Meski tidak berdampak secara langsung dengan performa bermain game, tetapi mempunyai router yang bisa membuat koneksi internet stabil secara terus menerus tentu akan menambah pengalaman menyenangkan saat bermain gim.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here