Review Samsung Galaxy A31 – Cukup Bagus, Tapi Apakah Pantas Dibeli?

1

Review Samsung Galaxy A31 Indonesia

Meskipun berstatus sebagai salah satu raksasa di industri ponsel pintar, bahkan di industri elektronik secara umum, Samsung tidak lantas bermalas-malasan dalam hal inovasi. Justru pabrikan asal Korea ini terus menerus melakukan terobosan terbaru untuk membuat dirinya semakin besar.

Yang terbaru ialah, meskipun di tengah pandemi yang melanda dunia, tetapi Samsung tetap meluncurkan produk terbaru mereka, yaitu Samsung Galaxy A31. Samsung Galaxy A31 akan menjadi senjata teranyar Samsung untuk bermain di kelas low-mid dan juga meneruskan seri Samsung Galaxy A30 yang sebelumnya berhasil mendulang sukses.

Lantas apa yang membuat Samsung Galaxy A31 menarik? Mengingat kompetitor di kelasnya yg sudah ada terlebih dahulu juga mengusung kelebihannya masing – masing. Untuk itu langsung saja seperti apa ponsel yang baru saja meluncur secara global pada 26 Juni? Untuk itu tim Futureloka akan membedah kemampuan teknis Samsung Galaxy A31. Mari, langsung saja kita lihat Informasi Lengkap Seputar Samsung Galaxy A31 (Spesifikasi, Layar, Kamera, dan Harga,).

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A31

Bicara soal spek yang diusung Samsung Galaxy A31, sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa. Meski demikian bukan berarti apa yang dibawa Samsung Galaxy A31 tidak bagus, namun harus diingat bahwa para pesaing juga memiliki spesifikasi yang hampir serupa.

Walau demikian ada beberapa hal yang layak untuk di-highlight seperti, RAM raksasa hingga 12GB, empat buah kamera belakang, hingga baterai yang berukuran cukup besar untuk menunjang pemakaian sehari – hari.

Oleh karena itu, langsung saja lihat spek Samsung Galaxy A31.

Perbandingan Samsung Galaxy A31
Chipset Mediatek MT6768 Helio P65 (12nm)
Memory 64GB 4GB RAM, 128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM
Battery Non-removable Li-Po 5000 mAh battery

Layar Samsung Galaxy A31

Menjadi bagian paling sering dilihat oleh pengguna, maka wajib hukumnya sebuah handphone memiliki layar yang bagus, terlebih, untuk pemain di kelas ini. Untungnya, layar Samsung Galaxy A31 sudah dipersenjatai Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors. Sehingga secara estetika, tampilan Samsung Galaxy A31 menjadi sangat menarik dan seolah mendongkraknya ke kelas yang lebih tinggi.

Untuk itu tim Futureloka akan menyajikan spek layar Samsung Galaxy A31 Yuk, kita langsung saja tengok.

Samsung Galaxy A31
Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors

6.4 inches, 98.9 cm2 (~84.9% screen-to-body ratio)

1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~411 ppi density)

Kamera Samsung Galaxy A31

Berbicara mengenai sektor kamera, seperti layaknya hape di segmen yang sama, Samsung Galaxy A31 dibekali empat buah kamera di bagian belakang dengan masing – masing berkekuatan 16, 8, dan dua buah dengan masing – masing 2MP.

Sedangkan untuk bagian kamera selfie, Samsung memberikan kamera tunggal dengan kualitas 13MP, biasa saja sebenarnya, namun tertolong dengan model kamera punch-hole yang saat ini menjadi tren di banyak ponsel pintar.

Samsung Galaxy A31
Kamera Depan 20 MP, f/2.2, (wide)
Kamera Belakang 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 123˚, (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
5 MP, f/2.4, (macro)
5 MP, f/2.4, (depth)

Harga Samsung Galaxy A31

Dengan segala spek serta fitur yang diusungnya, lantas berapa harga yang ditawarkan Samsung untuk produk terbarunya tersebut? Sayangnya, di Indonesia, Samsung belum mengumumkan harga resmi untuk penerus Galaxy A30 itu. Meski demikian berkaca dari harga global, maka kemungkinan besar harga Samsung Galaxy A31 tidak akan jauh dari angka IDR 3.500.000 untuk RAM 6GB dan IDR 4.000.000 untuk RAM 8GB.

Namun, jika bisa memilih tim Futureloka tentunya memilih merk sebelah yaitu Xiaom* paling terbaru karena dengan harga segitu mendapatkan banyak fitur dan juga spesifikasi yang tinggi. Kembali lagi sih untuk selera tentunya subjektif.

 

SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here