Informasi Harga, Tanggal Rilis Resmi, dan Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Note FE

Tentunya kita semua masih ingat apa yang terjadi pada Samsung Galaxy Note 7, bukan. Tidak mau mencelakakan penggunanya, Samsung pun akhirnya menarik seluruh Galaxy Note 7 dari pasaran. Akan tetapi, hal yang menarik adalah masih banyak sisa bahan dasar untuk memproduksi Samsung Galaxy Note 7 yang belum diproduksi menjadi smartphone utuh. Jelas saja Samsung tidak mau membuang percuma sisa produk yang belum selesai diproduksi. Oleh sebab itu, (dengan perbaikan di sisi baterai tentunya) Samsung melanjutkan produk tersebut sebagai Galaxy Note FE atau Galaxy Note Fan Edition. Galaxy Note FE adalah produk yang dijamin lebih aman untuk pengguna dengan penyesuaian yang telah dilakukan Samsung.

Seperti apa kemampuan dari Galaxy Note FE? Apakah benar-benar aman di tangan pengguna, dan masihkah produk ini layak untuk dimiliki pengguna setelah Samsung juga merilis Galaxy Note 8 tahun ini? Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Note FE

Tentunya siapa yang tidak menginginkan smartphone dengan spesifikasi yang tinggi dan juga harga yang murah? Banyak yang mengincar smartphone keluaran Samsung karena memiliki beragam fitur menarik dan juga tidak lag saat digunakan multitasking. Nah, oleh karena itu Samsung menanamkan spefisikasi yang serba modern untuk smartphone Samsung Galaxy Note FE yang akan kita bahas lewat segmen di bawah ini.

Produk Samsung Galaxy Note FE
Layar 5,7” Quad HD (1440 x 2560p)
SoC/Processor Exynos 8890 Octa-Core (4×2.3 GHz & 4×1.6 GHz)
GPU Mali-T880 MP12
Memory/Storage 4 GB/64 GB
Baterai 3200 mAh
Konektivitas Dual-SIM Nano (Hybrid), Micro SD, 2G/3G/4G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac MI-MO, Wi-Fi Hotspot, Wi-Fi Sharing, Bluetooth 5.0, NFC, Qi/PMA wireless charging
Kamera Kamera belakang: 12 MP F/1.7 DualPixel PDAF, Dual-Tone LED Flash, OIS
Kamera selfie: 5 MP F/1.7
Sistem Operasi Android 7.1 “Nougat” UX Samsung Grace
Harga Rp 7.999.000 – 8.499.000

Desain Samsung Galaxy Note FE

Pada dasarnya Galaxy Note Fe adalah produk yang sama dengan Galaxy Note 7. Tentu sudah tak asing dengan wujud Galaxy Note 7 yang sempat diluncurkan oleh Samsung dibulan Agustus 2016 silam. Galaxy Note Fe tentunya masih memiliki desain classic seri Galaxy Note yang masih memiliki bezel pada bagian atas dan bawah. Berbeda dengan Infinity Display yang ditawarkan oleh Samsung pada seri Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 dengan rasio layar 18:9, Galaxy Note Fe masih menggunakan layar dengan rasio 16:9.

Perangkat ini memiliki layar lengkung yang nyaman ditangan pengguna, karena layar ‘Edge’ pada Galaxy Note 7 atau Note Fe ini tidak terlalu melebar ke sisi yang akhirnya menjadi cikal bakal dari Infinity Display. Berbeda dengan saudara segenerasinya yaitu Galaxy S7 Edge yang memiliki lengkungan layar melebar. Panel bagian depan juga sudah dilengkapi dengan pelindung layar Gorilla Glass 5. Frame bermaterial metal pun tampak kokoh membingkai perangkat.

Layar Samsung Galaxy Note FE

Tentunya tidak ada perubahan dari segi spesifikasi dari Galaxy Note 7 ke Galaxy Note Fe. Perangkat ini dibekali dengan layar SuperAMOLED 5,7 inci, dengan resolusi maksimal QHD 2560×1440. Pengguna juga dapat memilih resolusi lain pada layar, baik resolusi paling rendah yaitu HD 720px1280atau resolusi FullHD 1080×1920 yang tersedia di menu Display.

CPU dan GPU Samsung Galaxy Note FE

Beralih ke dapur pacu perangkat ini dibekali SoC Exynos 8890 yang terbilang masih sangat mumpuni untuk tahun 2017. SoC ini memiliki prosesor Octa-core 4×2.3 GHz Mongoose +  4×1.6 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-T880 MP12. Kapasitas RAM yang tersedia yaitu 4GB serta internal storage sebesar 64 GB.

Paket Penjualan Samsung Galaxy Note FE

galaxy-note-fe

Paket penjualan dari Galaxy Note Fe pun semakin lengkap. Diantaranya buku panduan dan kartu garansi, adaptor pengisian daya (Adaptive Charger), kabel USB Type C, USB TypeC OTG, USB Type C Converter serta headset. Namun untuk Galaxy Note FE masih menggunakan headset standard Samsung, berbeda dengan seri Galaxy S8 dan Note 8 yang dilengkapi unit headset AKG.

Satu tambahan yang paling menarik adalah aksesoris clear view cover, hardcover bermaterial polycarbonate yang memiliki wujud semi transparan dan warna sepadan dengan varian produk. Saat casing ditutup secara otomatis layar akan menampilkan menu Always on Display, sehingga pengguna tetap bisa melihat widget jam dan notifikasi. Casing ini lebih dikenal dengan nama Samsung Clear View Case, yang harganya cukup tinggi (sekitar 500 ribuan rupiah).

Uji Performa Samsung Galaxy Note FE

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik.

Performa dari Galaxy Note FE terbukti masih sangat mumpuni untuk saat ini. Berbekal SoC Exynos 8890, hasil performanya sangat mengakomodir segala kebutuhan, mulai dari aktivitas sehari-hari, multi-tasking hingga menjalankan game dengan grafis tinggi. Hanya saja  dari segi performa grafis, Exynoss 8890 memang belum sehebat generasi terbarunya yaitu Exynos 8895. Kendati demikian performa GPUnya masih tetap mumpuni untuk menjalankan game-game dengan kualitas grafis tinggi.

Selain itu dari manajemen suhu, tentunya tidak lebih baik dibandingkan generasi terbarunya Exynos 8895. Karena fabrikasi yang digunakan masih menggunakan litografi 14nm, jika dibandingkan dengan Exynos 8895 yang telah menggunakan litografi 10nm. Namun tidak serta merta membuat perangkat ini dalam kondisi overheating, Galaxy Note FE tetap nyaman digunakan saat aktivitas berat.

Kamera Samsung Galaxy Note FE

Beralih ke fitur kamera, Galaxy Note FE memiliki kamera utama dengan sensor beresolusi 12 MP dengan bukaan F/1.7, dan ukuran piksel 1.4 µm yang notabene sama dengan yang digunakan pada kamera Galaxy S8. Jadi untuk kualitas gambar tentunya tidak diragukan lagi. Hasil tangkapan gambar memiliki detail yang maksimal serta tingkat kontras yang sangat baik. Berkat aperture yang besar, pengambilan gambar dalam kondisi gelap sekalipun akan tetap menghasilkan gambar yang minim noise. Namun sedikit kekurangannya yaitu tidak pada perangkat seri Galaxy S8 atau Note 8, dimana software kamera telah memiliki peningkatan fitur seperti Filter Mask. Berikut gambar yang diabadikan menggunakan kamera utama Galaxy Note FE.

Hasil Kamera Oppo A37

Sedangkan kamera depan dibekali dengan sensor beresolusi 5 MP juga dengan bukaan yang sama yaitu F/1.7. Kemampuan rekam video maksimal yaitu resolusi 4K dan juga telah didukung dengan Optical Image Stabilization.

Kita simak mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy FE ke halaman selanjutnya.

1
2
SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here