[SPECIAL REVIEW] Notebook Gaming Spesifikasi Gahar ASUS AMD dengan Harga Terjangkau, ASUS X550IK

1

Beberapa waktu yang lalu tim Futureloka.com menghadiri launching acara ASUS #LaptopForEveryone dimana ASUS menghadirkan jajaran laptop AMD yang bias dibilang memiliki spesifikasi tinggi namun hadir dengan harga yang sangat terjangkau. Salah satu laptop yang akan tim Futureloka ulas kali ini adalah ASUS X550IK yang merupakan seri paling tinggi dari ASUS AMD saat launching kemarin.

ASUS X550IK adalah generasi terbaru dari notebook ASUS berbasis prosesor AMD FX yakni AMD FX-9830P yang merupakan prosesor seri tertinggi pada jajaran prosesor AMD APU Mobile. Dibanding model sebelumnya, perangkat ini membawa update pada komponen kartu grafis dari yang sekarang telah menggunakan AMD Radeon RX560.

Tentunya ASUS X550IK merupakan notebook gaming value for money yang ditawarkan ASUS pada konsumen di Indonesia yang berniat untuk memiliki notebook gaming, namun terkendala dengan budget. Namun begitu kemampuannya dalam mengolah grafis, menghasilkan frame-rate yang tinggi serta mengolah gambar dengan mulus, tidak bisa dikesampingkan begitu saja berkat fitur-fiturnya yang luar biasa.

Prosessor ASUS X550IK, 7th Generation AMD FX™-9830P Quad-Core APU Siap Tempur!

Prosessor generasi ke 7 dari AMD ini bisa dibilang sangat powerful untuk digunakan dalam banyak situasu, salah satunya untuk gaming, editing foto atau video, ataupun untuk melakukan banyak hal lainnya dengan sangat lancer. CPU Quad-Core AMD FX™-9830P  yang ditanamkan pada ASUS X550IK ini merupakan pilihan yang tepat untuk menunjang beragam aktivitas kalian.

Tim Futureloka juga sudah mendapatkan hasil dari Benchmark yang bisa dibilang cukup mengejutkan. Skor yang cukup tinggi didapatkan dengan mudah saat melakukan test menggunakan CInebench dan juga Futuremark 3D tanpa ada halangan sedikitpun. Kalian bisa melihatnya pada hasil benchmark dibawah.

Benchmark Futuremark 3D
Benchmark Cinebench

Tentunya dengan hasil yang menakjubkan kalian bisa menggunakan notebook gaming ini dengan beragam kebutuhan. Kemudian yang paling menarik adalah hadirnya fitur low-overhead API DirectX12 yang mampu memanfaatkan multi-core CPU lebih baik. Selain itu untuk para gamers juga dapat memanfaatkan fitur yang telah disediakan AMD seperti Multi-Threaded Command Buffers, Async Shaders, hingga Explicit Multiadapter dimana ketiga fitur tersebut juga dapat mendongkrak performa dari chip grafis AMD.

GPU AMD Radeon RX560, Kekuatan Menakjubkan ASUS X550IK

Siapa sih yang tidak mengenal AMD yang menjadi satu-satunya pencipta prosessor yang juga menciptakan GPU atau VGA. ASUS menanamkan salah satu GPU yang bisa dibilang sangat powerful yaitu AMD Radeon RX560 untuk dapat menunjang aktivitas gaming dan juga editing dalam waktu bersamaan, ditambah lagi harganya yang sangat terjangkau untuk mendapatkan sebuah notebook gaming.

Sama seperti varian X550I terdahulu, model terbaru ini juga diperkuat dengan prosesor AMD AMD FX™-9830P. Selain itu ASUS X550IK juga menggunakan grafis Polaris AMD Radeon RX 560 yang mempunyai VRAM berbasis GDDR5 sebesar 4GB. AMD Radeon RX560 terbukti memiliki performa yang lebih baik sekitar 31,6% dibandingkan pendahulunya. Grafis tersebut merupakan GPU dengan arsitektur Graphic Core Next generasi keempat dengan 14 buah compute unit dan 1024 stream processor.

Graphic Processing Unit atau GPU ini juga memiliki peningkatan sekitar 6 persen pada clock speed VGA menjadi 1.275 Mhz untuk boost dan 1.175 Mhz pada base clocknya. Dan pada kecepatan maksimal tersebut, ia mampu memproses hingga 2,6 Tera floating-point operations per detik.

Untuk mengetahui kemampuan dari AMD Radeon RX560 ini tim Futureloka juga tidak segan-segan untuk mencobanya pada beberapa game yang cukup berat. Simak beberapa screenshot game berat yang sudah tim Futureloka coba yang pastinya sangat smooth dan lancer pada ASUS X550IK.

PUBG
Player Unknown Battleground
The-Witcher-3-Gameplay-Screenshot-3-1024x576
The Witcher 3
Overwatch

Setelah membahas mengenai Prosessor dan juga GPU kini saatnya kita membahas mengenai desain dan juga model dari ASUS X550IK.

Desain Futuristik serta Dinamis dan Minimalis untuk Para Gamers!

Tentunya kalian sudah pernah Notebook Gaming ASUS ROG yang memiliki desain hitam misterius dibalut dengan warna merah yang pastinya keren, Nah untuk varian ASUS X550IK ini juga tidak kalah menarik, bahkan ditambah dengan desain futuristic masa depan yang menambah keren notebook yang satu ini.

Bodinya yang tipis, yakni 5 persen lebih tipis disbanding notebook X Series generasi sebelumnya, masih dilengkapi dengan area touchpad yang luas. Tak hanya leluasa, touchpad ini juga dilengkapi input multitoch dan smart gestire untuk memudahkan penguna melakukan berbagai aktivitas tanpa bantuan mouse. Tak hanya itu, Fitur Icecool Technology juga membuat kawasan palm rest tetap dingin dan sejuk.

ASUS X550IK
Keyboard ASUS X550IK

Perangkat yang memiliki layar dengan ukuran 15,6 inch serta beresolusi full HD 1920 x 1080 tersebut juga dirancang dengan body yang sangat ringan yakni 2,45 KG. Tentunya tujuan dibuat ringan untuk memudahkan para gamers untuk bermain dimana-mana tanpa harus mengeluhkan membawa laptop yang berat dan secara leluasa bermain game dimanapun serta kapanpun.

Selain itu juga terdapat port yang lengkap ditambah DVD-ROM yang bisa kalian manfaatkan pada ASUS X550IK. Berikut foto-fotonya.

Garansi 2 Tahun dan Windows 10 Asli Untuk ASUS X550IK

Tidak tanggung-tanggung ASUS menghadirkan garansi secara penuh selama 2 Tahun dimana kalian tidak perlu khawatir jika terjadi kesalahan dan bisa membawanya ke ASUS Service Center terdekat yang tersebar di kota kalian. Selain itu kejutan juga datang dimana ASUS menghadirkan Windows 10 asli dimana kalian tidak perlu repot membelinya lagi karena kalian bisa mendapatkannya secara gratis untuk ASUS X550IK.

Notebook gaming ASUS X550IK ini juga dilengkapi dengan Storage yang cukup besar yakni 1TB dimana kalian tidak perlu khawatir lagi saat menginstall game-game. Ditambah lagi dengan RAM 8GB DDR4 yang dapat membantu proses multitasking menjadi lebih mudah dan juga lebih cepat. Selain itu baterai pada ASUS X550IK ini juga cukup awet dan tahan lama sehingga kalian tidak perlu berulang kali charging.

Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi ASUS X550IK

Main Spec ASUS X550IK
CPU 7th Generation AMD FX™-9830P
OS Windows 10
Memory 8GB DDR4 2133M
Disk Drive 8x DVD Super-Multi
Storage 1000 GB
Display 15,6 inch Full HD
GPU AMD Radeon RX 560 (Polaris 21) 4GB GDDR 5
MSRP IDR 10.299.000
Warranty 2 Tahun Global

Di Indonesia, ASUS X550IK dipasarkan di harga Rp10.299.000. Adapun varian X555QG A12 di harga Rp8.199.000 dan yang dengan AMD A10 di harga Rp7.649.000. Seri terjangkau, yakni X555QA diperkuat prosesor AMD A10 dipasarkan di harga Rp6.099.000. Adapun X555BP di kisaran mulai dari Rp5.599.000. Seluruhnya lengkap dengan garansi global selama 2 tahun serta mendapatkan free backpack seharga Rp299.000.

Kesimpulan Review Notebook Gaming ASUS X550IK

Tentunya untuk kalian yang ingin mencari notebook gaming namun tidak memiliki budget yang besar dapat menjadi pilihan yang tepat pada ASUS X500IK. ASUS X550IK menggunakan 7th Generation AMD FX™-9830P Quad-Core APU dan juga GPU AMD Radeon RX560 yang pastinya powerful dan bertenaga. Selain itu juga terdapat berbagai macam fitur yang bisa kalian dapatkan saat membeli ASUS X550IK ini.

Tentunya tim Futureloka.com merekomendasikan kalian untuk membeli Notebook Gaming ASUS X550IK ini.

REVIEW OVERVIEW
Spesifikasi
9.8
Desain
9.5
Layar
8.8
Garansi
9.5
SHARE

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here