Tidur dan istirahat merupakan kegiatan yang terlihat sederhana namun penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari semua orang. Saat ini, ada banyak orang yang memiliki masalah tidur, seperti insomnia dan sleep deprivation, yaitu kondisi di mana seseorang mengalami kekurangan tidur secara kualitas maupun kuantitas. Menurut Philips Global Sleep Survey yang dilakukan pada tahun 2019, sebanyak 62 persen orang dewasa di seluruh dunia mengatakan bahwa mereka tidak tidur sebaik yang mereka inginkan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Scott AJ, Webb TL, Rowse G. pada tahun 2017 menemukan bahwa kurang tidur merupakan konsekuensi dari kondisi kejiwaan. Sebaliknya, kesehatan mental juga dapat memperburuk tidur yang tidak berkualitas. Menyambut Hari Kesehatan Mental Sedunia (World Mental Health Day) yang jatuh pada 10 Oktober 2022 mendatang, IKEA Indonesia memiliki tips agar kamu dapat tidur cukup dan berkualitas, sehingga kesehatan mental kamu tetap terjaga. Salah satu caranya adalah dengan memanjakan kelima indra dengan menggunakan produk perabot rumah tangga dari IKEA.

Yuk, simak tips dan rekomendasi produk dari IKEA!

  1. Biarkan mata kamu beristirahat dengan membatasi penerangan

Agar dapat tidur dengan nyenyak, penting untuk mempertimbangkan kondisi penerangan di kamar. Pastikan semua lampu yang ada di kamar dimatikan atau diredupkan, dan tutuplah tirai agar mengurangi masuknya cahaya dari luar ruangan. Walaupun mata dalam keadaan terpejam, cahaya yang terang dapat mengganggu kualitas tidur. Apabila kamu atau mungkin anak-anak kamu tidak dapat tidur dalam kondisi yang sangat gelap, kamu juga dapat menggunakan night light yang tidak terlalu terang agar dapat tidur lebih nyaman.

BENGTA & UPPLYST, Dok: IKEA.

Untuk membantu memanjakan indra penglihatan dengan mengurangi konsumsi cahaya, kamu bisa menggunakan tirai BENGTA yang dapat menggelapkan ruang dengan mengurangi cahaya yang masuk ke ruangan. Kamu juga dapat menggunakan lampu tidur UPPLYST yang memiliki cahaya halus dengan desain lampu yang unik yang cocok untuk kamar tidur anak.

  1. Kurangi suara-suara yang dapat mengganggu kualitas tidur

Indra pendengaran cukup sensitif dalam mendengar suara-suara tertentu, terlebih lagi ketika tertidur. Saat beristirahat, akan ada suara yang dapat mengganggu kualitas tidur kita. Suara tersebut dapat datang dari luar rumah, atau dari dalam seperti suara detik jam yang bisa mengganggu ketenangan dan menimbulkan rasa cemas ketika tidur.

NUFFRA & SKÄRIG, Dok: IKEA.

Jam dinding NUFFRA dengan desain vintage atau jam dinding SKÄRIG dengan desain minimalis dari IKEA hadir dengan mekanisme jam tanpa suara, cocok untuk diletakkan di kamar tidur yang membutuhkan suasana yang tenang.

  1. Buat nyaman indra peraba dengan bantal ortopedi dan seprai lembut

Penting untuk memanjakan indra peraba yang bisa dilakukan dengan menggunakan material yang terbuat dari bahan breathable atau sejuk, dan lembut di kulit. Kulit merupakan salah satu indra yang sensitif, dengan menggunakan material tersebut, tidur kita pun akan semakin nyaman karena mengurangi risiko kepanasan dan gatal-gatal di kulit yang akan mengganggu dan membuat kita terbangun. Selain kenyamanan pada kulit, perhatikan juga bagaimana posisi kamu tertidur, jangan sampai kamu punya masalah lain ketika terbangun seperti sakit leher.

KLUBBSPORRE & NATTJASMIN, Dok: IKEA.

Kamu bisa menggunakan KLUBBSPORRE, bantal ortopedi dari IKEA yang terbuat dari busa memori dengan lapisan gel yang membuat permukaan tidur yang sejuk dan menenangkan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kenyamanan dari seprai NATTJASMIN yang sejuk dan lembut karena terbuat dari bahan alami, agar kamu dapat tidur lebih nyenyak!

  1. Manjakan lidah dengan makanan dan minuman yang dapat membantu tidur nyenyak

Ada banyak hidangan lezat yang dapat kamu nikmati untuk meningkatkan kualitas tidur kamu. Seperti kacang almond, buah kiwi, teh chamomile, susu hangat, dan cokelat yang tidak hanya memiliki banyak manfaat, tetapi juga meningkatkan hormon melatonin yang berperan penting dalam membantu mengatur pola tidur.

ANEKA COKLAT, STILENLIG, Dok: IKEA.

IKEA memiliki produk ANEKA COKLAT yang hadir dengan tujuh varian cokelat yang unik dan berkualitas tinggi, cocok untuk membantu meningkatkan hormon Melatonin kamu! Untuk menikmati hidangan lezat yang akan membantu tidur kamu lebih nyaman, gunakan perabot porselen koleksi STILENLIG dari IKEA yang memiliki desain daun hijau yang minimalis dan nyaman untuk dipandang.

  1. Manjakan penciuman dan tenangkan suasana dengan wewangian aromatik

Kamu juga dapat memanjakan indra penciumanmu dengan menggunakan berbagai wangi-wangian aromatik yang dapat kamu letakkan di kamar tidur untuk menciptakan suasana yang lebih tenang dan rileks. Wewangian ini juga berguna ketika kamu ingin menutupi bau tidak sedap yang dapat mengganggu.

 

Lilin Aromaterapi HEDERSAM, dan Potpourri STÖRTSKÖN, Dok: IKEA

Untuk itu Kamu bisa menggunakan lilin aromaterapi dan potpourri atau campuran bahan-bahan kering organik yang memiliki aroma atau wangi tertentu. IKEA memiliki banyak pilihan lilin aromaterapi seperti HEDERSAM dengan aroma rumput segar. Jangan lupa untuk mematikan lilin terlebih dahulu apabila kamu ingin tidur, ya. Selain itu, IKEA juga memiliki beragam pilihan potpourri seperti STÖRTSKÖN yang memiliki aroma buah beri!

Itulah beberapa tips dan produk rekomendasi untuk memanjakan kelima indra agar kamu dan keluarga dapat tidur lebih baik secara kualitas maupun kuantitas. Tidur yang baik akan memberikan manfaat pada kesehatan jasmani dan mental, serta produktivitas kamu akan meningkat. Coba terapkan tips di atas agar kamu dapat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Kamu juga dapat menemukan produk di atas di toko IKEA Indonesia terdekat atau mengunjungi website IKEA.co.id dan official store IKEA Indonesia di Tokopedia. Jangan lupa untuk bergabung menjadi bagian dari IKEA Family dengan mengunduh aplikasi IKEA Indonesia secara gratis di App Store atau Google Play Store untuk mendapatkan sejumlah rewards menarik seperti: gratis kopi setiap berkunjung ke toko IKEA Indonesia, mendapatkan buku edisi terbatas IKEA, ‘Us & Our Planet: This Is How We Live’ dan kesempatan untuk mengikuti acara-acara inspiratif dari IKEA Indonesia!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here