Samsung Electronics Co., Ltd. baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah mengukuhkan kembali posisinya sebagai lima besar merek terbaik di Interbrand’s Best Global Brands 2021.

Menurut daftar Best Global Brands yang diumumkan oleh firma konsultan global Interbrand pada 20 Oktober (waktu setempat), Samsung berada di peringkat kelima dengan brand value USD 74,6 miliar, meningkat 20% dibandingkan tahun lalu. Di atas kinerja keuangannya yang kuat, yang telah pulih hingga mencapai tingkat pra-pandemi, brand value perusahaan melonjak sebesar 20% tahun ini, dua kali lipat rata-rata pertumbuhan brand value dari 100 merek teratas pada tahun 2021.

Sejak memasuki peringkat lima besar untuk pertama kalinya pada tahun lalu, Samsung telah mempertahankan posisinya selama dua tahun berturut-turut dengan peningkatan nilai merek terbesar sejak tahun 2013.

Menurut Interbrand, faktor-faktor utama yang mendorong pertumbuhan Samsung antara lain:

  • Transisi Samsung ke sistem manajemen yang berfokus pada konsumen, tampak pada pembentukan tim CX (customer experience) baru yang didedikasikan untuk memprioritaskan pengalaman dan value yang dimiliki konsumen.
  • Berbagai upaya untuk keberlanjutan, termasuk berbagai kampanye yang berdasar pada visi CSR-nya, ‘Together for Tomorrow! Enabling People,’ serta inisiatif di seluruh lini perusahaan yang mendukung keberlanjutan, seperti kemasan ramah lingkungan (eco-packaging) untuk TV dan program Galaxy Upcycling.
  • Peluncuran produk-produk inovatif termasuk Galaxy Z Flip3, Neo QLED TV, dan jajaran home appliances
  • Memimpin pengembangan teknologi canggih seperti Artificial Intelligence (AI), 5G, otomotif, dan robotika melalui investasi yang konsisten.

“Sangat menggembirakan melihat Samsung Electronics meraih peringkat lima besar global pada tahun lalu dan kemudian mencapai pertumbuhan dua digit yang besar pada tahun ini—lompatan terbesar kami dalam brand value sejak tahun 2013,” ucap YH Lee, CMO, Samsung Electronics. “Kami berjanji untuk memanfaatkan model manajemen kami yang berfokus pada konsumen untuk terus mendengarkan pendapat mereka. Inilah cara kami untuk membalas dukungan besar yang kami terima dari konsumen di seluruh dunia.”

Interbrand mengevaluasi brand value perusahaan berdasarkan analisis komprehensif dari berbagai faktor termasuk kinerja keuangan, pengaruh merek terhadap pembelian, dan daya saing merek.

Sementara itu, pada 12 Oktober, Samsung juga memperoleh peringkat No.1 dari Forbes sebagai World’s Best Employers 2021 selama dua tahun berturut-turut. Sebagai organisasi global dengan karyawan dan bisnis di seluruh dunia, Samsung, sekali lagi, telah dipilih sebagai perusahaan nomor satu.

Setiap tahunnya, Forbes melakukan survei kepada sekitar 150.000 karyawan dari 58 negara yang bekerja untuk perusahaan yang beroperasi di banyak negara atau wilayah, dan tahun ini Forbes meminta responden untuk memberi peringkat kepuasan mereka terhadap perusahaan masing-masing dalam menghadapi dan merespon COVID-19, juga menilai perusahaan mereka berdasarkan citra, jejak ekonomi, pengembangan karyawan, kesetaraan gender, dan tanggung jawab sosial.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here