Samsung Electronics Co., Ltd. mengumumkan perluasan kemitraan dengan Google untuk membawa interoperabilitas rumah pintar ke tingkat berikutnya. Dalam beberapa bulan mendatang, pengguna ponsel dan tablet Samsung Galaxy akan dapat dengan mudah menambahkan perangkat yang kompatibel dengan Matter ke ekosistem SmartThings dan Google Home.

Hingga saat ini, pemilik smart home telah mengalami tantangan saat menggunakan perangkat mereka melintasi berbagai ekosistem. Menghubungkan perangkat antar ekosistem sering kali melibatkan banyak langkah di berbagai aplikasi untuk menautkan akun, yang tidak selalu berfungsi dua arah. Ini berarti pengguna harus mengingat aplikasi mana dan antarmuka mana yang dapat mereka kontrol atau otomatisasi pada perangkat tertentu. Kemampuan multi-admin standar Matter memberikan dasar untuk menghubungkan perangkat secara langsung ke beberapa aplikasi dan ekosistem, memberi konsumen lebih banyak fleksibilitas dan pilihan. Samsung dan Google memanfaatkan multi-admin, memungkinkan pengguna menemukan, memilih untuk menghubungkan, dan mengontrol perangkat yang mendukung Matter dengan mulus melalui aplikasi SmartThings atau Google Home di Android.

Saat pengguna masuk ke aplikasi SmartThings, mereka akan diberitahu tentang perangkat Matter yang telah terpasang dengan Google Home dan akan diberikan pilihan untuk dengan mudah memasukkan perangkat tersebut ke SmartThings, dan sebaliknya. Kini, ketika pengguna ingin mengontrol smart home di aplikasi SmartThings ataupun di Google Nest Hub, perangkat Matter akan selalu ada. Pengguna tidak perlu secara manual menambahkan setiap perangkat mereka satu per satu atau khawatir tentang di ekosistem mana perangkat mereka terpasang.

“Sebagai developer Android terbesar, Samsung menghargai kemitraan yang kuat dengan Google. Memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada pengguna melalui fitur multi-admin baru ini adalah perkembangan alami dalam evolusi kami sebagai mitra, memungkinkan kami untuk mendukung basis besar pengguna kami yang saat ini ada dan potensial secara lebih baik melalui produk Samsung dan Google,” kata Jaeyeon Jung, Corporate Vice President and Head of SmartThings, Mobile eXperience Business, Samsung Electronics. “SmartThings dan Google berkomitmen pada pilihan pengguna dan memberi konsumen kemampuan untuk mengontrol perangkat mereka sendiri. Kolaborasi ini melanjutkan komitmen itu dengan meningkatkan pengalaman pengguna dan mempromosikan transparansi antar ekosistem.”

“Dengan peluncuran Matter, kami memahami akan ada ekspektasi baru dalam hal konektivitas smart home. Kami bangga bermitra dengan Samsung Electronics untuk menawarkan pengguna rumah pintar saat ini sekilas pandang tentang masa depan smart home dan kemudahan penggunaan yang menyertainya,” kata Matthew McCullough, Vice President, Product Management, Android Developer, Google.

Fitur multi-admin Matter dari Samsung dan Google akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang. Untuk informasi lebih lanjut tentang SmartThings, silakan kunjungi www.smartthings.com.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here