Samsung-Galaxy-Grand-Prime-Plus-696x412

Samsung Galaxy Grand Prime Plus atau Samsung Galaxy Grand Prime Value Edition (VE) di perkenalkan oleh Samsung pada bulan Juni 2015 yang lalu. Dengan memiliki nomer kode SM-G531H suksesor dari Samsung Galaxy Grand Prime ini hadir dengan beberapa peningkatan spesifikasi terutama di sisi operasi sistemnya yang sudah berjalan dengan OS Android Lollipop berbeda dengan pendahulunya yang masih menggunakan OS Android KitKat.

Selain sudah menggunakan OS Android Lollipop, Samsung Galaxy Grand Prime Plus juga sudah membawa antarmuka TouchWiZ UI terbaru. Di sektor dapur pacu, Samsung Galaxy Grand Prime Plus juga mengalami peningkatan yakni tidak lagi dibekali chipset SnapDragon 410 seperti yang terdapat pada Galaxy Grand Prime standart tetapi dibekali dengan chipset Marvel PXA 1908.

Tim Futureloka akan membahas tentang spesifikasi lengkap dan harga resmi Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H di Indonesia.

Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H

Tabel di bawah adalah spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H yang berhasil kami rangkum:

Network 2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bands HSDPA 850 / 900 / 2100
4G bands LTE 2100 / 800 / 1800 / 2600 / 850 / 900
Speed HSPA+, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
BODY Body dimension 145 x 73 x 8 mm
Body weight 156 g
SIM Dual SIM – Dual Standby (Micro-SIM)
DISPLAY Display type TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Display size 5.0 inches
Resolution 540 x 960 pixels (~220 ppi pixel density)
Multitouch Yes-TouchWiz UI
Protection To Be Confirmed
SOUND Alert type Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5 mm jack Yes
MEMORY Internal memory 8 GB, 1 GB RAM
Card slot microSD up to 64 GB
PLATFORM OS Android OS v5.0 Lollipop, upgradeable v5.1.1
Chipset Marvel PXA 1908
CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPU Vivante GC7000
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct. Hotspot
Bluetooth v4.0
USB microUSB v2.0
NFC Yes
GPS Yes, with AGPS, GLONASS
Radio FM Radio
CAMERA Primary camera 8 MP, 3264 x 2448 pixels, Autofocus, LED Flash
Features Touch focus, Face detection, Smile detection, HDR, Face beauty, geo-tagging, Panorama
Video 1080p
Secondary camera 5 MP, [email protected]
FEATURES Sensors Proximity sensor, Accelerometer, Ambient Light Sensor, G-Sensor
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Java No
Colors Black, White, Gold
– SNS integration
– MP4/WMV/H.264/H.263 player
– MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
– Organizer
– Photo/video editor
– Document viewer
– Voice memo/dial/commands
– Predictive text input
– Samsung Preloaded Apps
– 64-bit processor
BATTERY Li-Ion 2600 mAh battery
Stand-by Up to 330 h
Talk time Up to 9 h
Music play Up to 33 h
Video playback Up to 7 h

Dimensi dan Layar Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H

Dari segi dimensi dan layar, Samsung Galaxy Grand Prime Plus tidak berbeda jauh dengan pendahulunya, Galaxy Grand Prime SM-G530F, layarnya tetap memiliki luas 5 inci beresolusi 960 x 540 piksel dengan teknologi layar sentuh TFT Kapasitif.

Layar Samsung Galaxy Grand Prime Plus ini masih cukup jernih dan tajam serta memiliki kemampuan mulitouch yang responsif namun nampaknya belum didukung lapisan anti gores dengan harga terjangkaunya.

Samsung Galaxy Grand Prime membawa back cover berbahan polikarbonat dalam warna putih. Dimensi Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H ini adalah 144.8 x 72.1 mm serta memiliki ketebalan bodi mencapai 8.6 mm dan bobot 156 gram yang nyaman dalam genggaman.

Memori Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H

Dari segi memori, Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H sudah dibekali dengan RAM yang cukup besar yakni sebesar 1 GB dengan memori internal sebesar 16 GB dan memori eksternal sebesar 64 GB. Anda dapat menyimpan banyak file atau foto dan video maupun aplikasi hanya dalam satu ponsel pintar saja.

Kamera Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H

Dari segi kamera, Galaxy Grand Prime Plus memiliki kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel dengan fitur LED Flash dan auto focus, sedangkan kamera depannya berkekuatan 5 megapiksel yang bagus untuk berfoto selfie dan video call.

Hasil Kamera Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H

Hasil kamera belakang Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H

Setelah melihat hasil gambar Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H, dapat disimpulkan bahwa kamera 8 megapiksel Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H ini cukup dapat diandalkan untuk mengabadikan momen. Gambar yang dihasilkan cukup jernih dan tajam untuk ukuran ponsel pintar.

Baterai Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H

Dari segi baterai, Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar, yakni 2600 mAh. Dengan kapasitas yang besar itu, Anda dapat menelepon tanpa henti selama 17 jam lamanya.

Harga Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H

Dari segi harga, Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H dapat dikategorikan sebagai ponsel low end yang diciptakan untuk kalangan menengah ke bawah. Sebab, hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar 2,2 jutaan saja sudah dapat memiliki ponsel pintar ini dalam kondisi baru. Sementara untuk harga bekas, Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H berada di kisaran 1,6 jutaan saja. Cukup murah, bukan?

Kelebihan dan Kelemahan Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H

Kelebihan Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H

  • Bergerak di jaringan GSM GSM yang telah mendukung 3G HSDPA sehingga dapat menyajikan akses internet yang cepat. Selain itu, ponsel ini dilengkapi juga dengan GPRS dan EDGE untuk user yang berada di luar area 3G, sehingga mereka tetap bisa terhubung ke internet meskipun pada kecepatan di bawah 3G. (slot sim yang digunakan adalah jenis micro sim)
  • Menyediakan dua buah slot sim card GSM, yang bisa aktif bersama-sama, pengguna dapat melakukan panggilan telepon dan sms secara bergantian untuk masing-masing slot
  • Memiliki penampang visual yang luas yaitu layar 5 inci, jadi pengguna bisa lebih leluasa dalam menavigasi menu menu yang ada pada layar ponsel, memainkan video game atau menonton video menjadi lebih puas.
  • Memiliki penyimpanan internal dengan kapasitas yang cukup besar yaitu sebesar 8 GB
  • Terdapat slot penyimpanan eksternal jenis micro SD, dengan ini pengguna bisa menambah kapasitas simpan hingga 64 GB
  • Mengusung sistem operasi teranyar yaitu android KitKat versi 4.4.2, yang menampilkan tampilan antar muka lebih lembut, konsumsi daya yang lebih hemat dan beberapa perbaikan fitur
  • Sektor dapur pacu yang menawarkan kinerja responsif yang power dengan ditenagai prosesor quad core berkecepatan masing-masing 1,2 Ghz, prosesor yang diusung adalah buatan qualcomm yaitu seri MSM8916 Snapdragon 410.
    GPU atau unit pemrosesan grafis mengusung Adreno 306 sehingga mampu menghasilkan kinerja grafis yang baik.
  • Menyediakan RAM dengan kapasitas 1 GB, sehingga memberikan yang cukup nyaman
  • Fitur fotografi yang baik dengan adanya kamera utama berkekuatan 8 mp  dengan resolusi maksimum 3264 x 2448 pixels, yang dilengkapi dengan lampu flash led dan auto focus, dengan tambahan fitur seperti Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, panorama, HDR
  • Kamera utama di atas mampu melakukan perekaman video HD pada [email protected]
    Adanya kamera depan yang bisa digunakan untuk video chat dan foto foto selfie yang lebih baik karena kamera depan berkekuatan 5 mp
  • Fitur wifi yang telah mendukung hotspot, sehingga bisa untuk berbagi koneksi dengan perangkat lain yang memiliki wifi, mendukung wifi direct untuk mengirim data secara langsung dengan perangkat lain yang memiliki wifi, dan DLNA untuk sharing file multimedia seperti video atau mp3
  • Adanya fitur bluetooth versi 4 yang mampu mentrasfer data lebih cepat dan konsumsi daya yang lebih rendah
  • Adanya fitur NFC, sebuah teknologi transfer data yang bisa untuk melakukan pembayaran elektronik
  • Fitur navigasi yang telah mendukung GPS (teknologi amerika) dan GLONASS (teknologi rusia), sehingga mampu lebih akurat dan cepat dalam mengunci titik lokasi
  • Adanya fitur radio FM, sehingga pengguna bisa memutar siaran berita atau musik dari stasiun radio favoritnya
  • Kapasitas baterai yang sedikit lebih besar, yaitu 2600 mAh, dengan ini Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H bisa melakukan panggilan suara hingga 17 jam.
  • Sensor yang cukup lengkap yaitu accelerometer, proximity, dan compass
  • Memiliki baterai yang cukup besar yaitu 2600 mAh

Kelemahan Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H

  • Layar yang digunakan adalah layar sentuh kapasitif standar TFT, belum mengusung IPS
  • Lebar layar 5 inchi, resolusi yang dimiliki layar tergolong kurang tinggi yaitu 540 x 960 pixels, 5.0 inches dengan kerapatan piksel 220 ppi
  • Memiliki ukuran fisik yang luas, sehingg kurang nyaman apabila dimasukkan dalam saku pakaian, ini bisa dimaklumi karena memiliki layar yang luasnya 5 inchi
  • Tidak suport USB OTG

Setelah melihat spesifikasi lengkap serta harga dari Samsung Galaxy Grand Prime Plus SM-G531H. Jangan lupa untuk terus update informasi seputar teknologi dan gaya hidup di laman futureloka.com. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here