Perbandingan Bagus Mana HP Samsung Galaxy J2 VS Apple iPhone 4 Segi Harga, Kamera, dan Spesifikasi di Indonesia

0

Perbandingan Bagus Mana HP Asus Zenfone 5 VS Apple iPhone 4 3

Apple dan Samsung? Mana lebih unggul? Samsung dengan seri Galaxy J2 ini membawa beberapa peningkatan spesifikasi bila dibandingkan dengan Galaxy J1, seperti: layar 4,7 inch dengan resolusi qHD 540 x 960 pixels, CPU Quadcore , RAM 1 GB ditambah lagi sudah berjalan diatas OS Android v5.1 Lollipop.

Sedangkan Apple iPhone 4 penyempurnaan dari generasi-generasi pendahulunya, yang dikembangkan dengan merujuk pada berbagai permintaan konsumen usai evaluasi yang dilakukan terhadap iPhone 3GS.

Pada kesempatan kali ini tim futureloka akan membahas tentang perbandingan smartphone mana yang lebih bagus antara Samsung Galaxy J2 dan  Apple iPhone 4 dari segi harga, kamera, dan spesifikasi yang berhasil kami rangkum.

Perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy J2 VS  Apple iPhone 4

iPhone 4 Samsung Galaxy J2
General
Sim Type GSM GSM+GSM
Dual Sim No Yes
Sim Size Micro SIM
Device Type Smartphone Smartphone
Release Date June, 2010 September, 2015
Design
Dimensions 114.3 x 58.6 x 9.3 mm 136 x 69 x 8.3 mm
Weight 137 g
Form Factor Classic (Candybar)
Display
Type Color LCD screen, 16M colors Color Super AMOLED screen, 16M colors
Touch Yes, with Multitouch Yes, with Multitouch
Size 3.5 inches, 640 x 960 pixels 4.7 inches, 540 x 960 pixels
PPI ~ 330 PPI ~ 234 PPI
Memory
RAM 1 GB
Internal 16 GB inbuilt 8 GB inbuilt
Card Slot No Yes, upto 128 GB
Connectivity
GPRS Yes Yes
EDGE Yes Yes
3G Yes, 7.2 Mbps Download, 5.76 Mbps Upload Yes
4G Yes
VoLTE Yes (Supports Reliance Jio)
Wifi Yes Yes, with wifi-hotspot
Bluetooth Yes, v2.1 Yes, v4.0
USB Yes, Proprietary v2.0 Yes, microUSB v2.0
Camera
Camera Yes, 5 MP with autofocus Yes, 5 MP with autofocus
Dual Camera No No
Features Geo tagging, Touch to focus Face detection, Geo tagging, Touch to focus
Video Recording Yes, 720p @ 30fps Yes
Flash LED LED
Front Camera Yes, supports video calling Yes, 2 MP
Technical
OS iOS, v4. Android, v5.1.1 (Lollipop)
CPU 1 GHz, Apple A4 Processor 1.3 GHz, Quad Core, Exynos 3475 Processor
GPU Mali-T720
Java No
Browser Yes, supports HTML Yes, supports HTML
Multimedia
Supports MMS, Instant Messaging, Voice Recording, Voice Commands, Calendar, YouTube Player MMS, Instant Messaging
Email Yes Yes, with Push Mail
Music MP3, AAC, eAAC, WAV, M4A (Apple lossless) MP3, WAV, eAAC+
Video MPEG4, H.264, Motion JPG, MOV MP4, H.264
FM Radio Yes, with FM recording
Document Reader Yes Yes
Social Networking Youtube
Extra
GPS Yes, with A-GPS Support Yes, with A-GPS Support
Sensors Accelerometer, Gyroscope, Compass Accelerometer
3.5mm Headphone Jack Yes Yes
Battery
Type Non-Removable Battery
Size 2000 mAh, Li-ion Battery
Standby time 12.5 days, 12.5 days on 3G
Talk time 14 hours, 7 hours on 3G
Music Playback time 40 hours

Dimensi, Desain, dan Layar

Dari segi dimensi dan layar, Samsung Galaxy J2 ini membawa beberapa peningkatan spesifikasi bila dibandingkan dengan seri sebelumnya, seperti layar 4,7 inci dengan resolusi qHD 540 x 960 pixels.

samsung galaxy j2 dynamic gold

Sementara itu, layar Apple iPhone 4 mendapatkan peningkatan cukup drastis. Dari sisi resolusi, layar itu sekarang menampilkan 960×640 pixel, sedangkan kepadatannya mencapai 326 pixel per inci ditambah teknologi layar IPS dengan rasio kontras 800:1, gambar yang dihasilkan pada layar 3.5 inchi itu diklaim menjadi sangat jernih. Apple menyebut teknologi ini Retina Display.

Dari segi desain, kedua smartphone ini memiliki desain yang elegan dan berkelas. Desain iPhone 4 jelas berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Selain lebih tipis (kini 9.3mm), iPhone 4 menggunakan panel kaca di bagian depan dan belakangnya.

iphone4

Dari sisi desain bagian dalamnya, Apple merancang antena yang mengitari seluruh tubuh ponsel tersebut. Itulah mengapa pada bagian tertentu iPhone 4 terlihat semacam celah yang tampak di luar kebiasaan Apple menghadirkan produk mulus.

Memori

Dari segi memori, Samsung Galaxy J2 dibekali dengan RAM sebesar 1,5 GB dengan memori internal sebesar 8 GB dan eksternal yang dapat menampung hingga 128 GB. Sementara itu, Apple iPhone 4dibekali dengan RAM sebesar 1 GB dengan memori internal sebesar 8 GB, 16 GB, 32 GB, atau 64 GB

Dengan memori internal dan eksternal yang dapat menampung kapasitas yang sangat besar itu membuat kedua smartphone ini dapat digunakan untuk menyimpan semua data dan aplikasi dalam satu ponsel pintar saja.

Kamera

Dari segi kamera, amsung Galaxy J2 juga disenjatai dengan dua buah kamera beresolusi 5 MP untuk kamera belakang yang dilengkapi Autofocus dan LED Flash serta Kamera depan beresolusi 2 MP untuk menunjang aktifitas selfie.

Sementara itu, kamera pada iPhone 4 ada dua buah. Satu di depan dan satu di belakang, dengan kamera di belakang memiliki tambahan lampu kilat LED.

Kamera dengan resolusi 5 megapixel itu juga memiliki kemampuan zoom digital 5x dan backside illumination untuk memperbaiki sensornya. Sedangkan untuk video, kamera itu bisa menangkap hingga 720p pada 30 fps

Perbandingan hasil kamera Samsung Galaxy J2 VS  Apple iPhone 4

Hasil Kamera Belakang Samsung Galaxy J2

Hasil Kamera Belakang Apple iPhone 4

photo

Hasil kamera belakang Samsung Galaxy J2 terlihat jernih dan tidak pecah, smartphone yang dilengkapi dengan autofocus sehingga langsung dapat fokus pada objek secara otomatis.

Pada hasil kamera belakang Apple iPhone 4, Anda dapat melihat ketajaman warna yang dihasilkan oleh smartphone ini. Foto yang dihasilkan juga tidak pecah dan terlihat jernih dan menghasilkan foto yang lebih kaya warna dibanding pesaingnya, Samsung Galaxy J2.

Perbandingan dari segi harga Samsung Galaxy J2 VS  Apple iPhone 4

Dari segi harga, Samsung Galaxy J2 mematok harga yang cukup ramah di kantong yaitu di bawah 2 jutaan atau di kisaran 1,6 jutaan. Sementara itu, Apple iPhone 4 untuk memori 64 GB mematok harga di kisaran 1,4 jutaan. Terbilang masih mahal untuk smartphone keluaran 7 tahun lalu ini.

Perbandingan dari segi baterai Samsung Galaxy J2 VS  Apple iPhone 4

Dari segi baterai, amsung Galaxy J2 dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 2600 mAh. Sementara itu, Apple iPhone 4 harus mengakui kekalahannya, karena smartphone ini hanya dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 1440 mAh saja. Perbedaan yang cukup signifikan dari segi baterai pada kedua smartphone ini.

Kelebihan dan Kelemahan Samsung Galaxy J2 dan Apple iPhone 4

Kelebihan Samsung Galaxy J2

Samsung Galaxy J2 memiliki desain yang stylish dengan layar sebesar 4,7 inci. Selain itu, smartphone ini juga sudah dibekali dengan jaringan 4G untuk akses internet super cepat. Memori internal smartphone ini dapat menampung hingga 8 GB, serta kamera depan sebesar 5 MP dan baterai sebesar 2000 mAh.

Kekurangan Samsung Galaxy J2

Resolusi smartphone ini hanya sebatas 540 x 960 piksel saja, dengan kamera depan yang hanya 2 MP serta RAM yang hanya 1 GB menjadikan smartphone ini tidak dapat menyimpan banyak dokumen.

Kelebihan Apple iPhone 4

Video Call dengan two sided cameranya, Retina Display, HD Video Recording, A4 Processor, OS4 dengan multitaskingnya yang menjadi kelebihan smartphone besutan Apple Inc ini.

Kekurangan Apple iPhone 4

Lemahnya sinyal ponsel. Hal tersebut disebabkan karena Apple membenamkan antena di bagian bawah kiri, sehingga ketika digenggam sinyal akan mengganggu penerimaan sinyal. Cacat pada layar, Meskipun  telah melakukan pengaturan warna, namun pada sejumlah iPhone 4 masih terdapat beberapa titik berwarna kuning.

Desain iPhone 4 yang menggunakan bahan stainless steel disinyalir juga mudah tergores. Dilaporkan, pada sejumlah iPhone terdapat bekas goresan.

Keluhan-keluhan mengenai iPhone 4 juga diunggah para pembeli ke situs berbagi video, YouTube. Bahkan ada video yang menampilkan hasil speed test dengan membandingkan kecepatan saat dipegang tangan dengan tidak menggunakan tangan alias handsfree.

Setelah membandingkan kedua smartphone tersebut, mana yang akan dipilih? Semua tergantung kepada budget dan kebutuhan.

Jangan lupa untuk terus update informasi Anda seputar teknologi dan gadget di futureloka.com.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here